Waspadai Jika Motor 4 Tak Mulai Ngebul

Kalau motor kita RX King atau Ninja 150 yang berbasis mesin 2-tak, pasti biasa dengan asap yang mengepul keluar dari knalpot. Tapi kalau yang kita pakai itu Honda Supra atau Tiger, Shogun 125 dan seterusnya yang menggunakan mesin 4-tak?

Motor Ngasap

Jangan buru-buru bingung jika motor 4-tak kita berasap alias ngebul. Walaupun memang tetap saja ada ketidakberesan terjadi pada mesin motor. Lihat dulu warna asapnya. Kalau asap berwarna kehitaman atau abu-abu pekat, ini dapat dimungkinkan karena campuran bensin di karburator kebanyakan. Hal ini bukan berarti ada kerusakan, cukup atur setting karburatornya. Namun jangan dicuekin, bisa-bisa merembet. Paling cepat yang kita rasakan akibatnya adalah boros bensin atau busi cepat lemah.

Tapi bagaimana kalau ngebulnya putih kaya motor 2-tak?? Pada motor 2-tak, oli samping sekaligus berfungsi sebagai pelumas sekher. Jadi ikut terbakar hawa bensin di ruang bakar. Sehingga asap berwarna putih dengan ikut terbakarnya oli samping tadi. Untuk motor mesin 4-tak, kalu begini kejadiannya baru kita boleh panik.. Ini berarti ada oli mesin menetes masuk pengapian /  ruang bakar. Akibatnya, oli itu ikut terbakar.

Kok bisa oli masuk kesitu? Ada beberapa kemungkinan, bisa dikarenakan seal klep sudah rusak akibat kurangnya suplai oli kekepala silinder. Hal ini menyebabkan  komponen aus akibat bergesekan dengan klep secara terus-menerus tanpa dibarengi cukup pelumas. Penggantian seal cukup untuk mengatasi problem.

Kemungkinan kedua, ring sekher  minta diganti karena sudah tak sanggup menahan oli dari kruk as agar tidak masuk ruang bakar. Segera ganti ring sekher untuk mencegah kerusakan yang lebih dahsyat. Tapi kalau kerusakan sudah parah dan menular kemana-mana, apa boleh buat. Kita kudu bayar lebih buat ganti piston dengan ukuran lebih besar (oversize).

Yang wajib kita ingat pada mekanisme motor bermesin 4-tak, peran oli mesin sangat sangat penting.. Kepekatan/kekentalan oli makin lama makin encer hingga daya lumasnya pun makin kurang. Jadi… jangan sampai telat ganti oli mesin…

P.S : Gambar diambil dari http://oto.detik.com/

About these ads

133 Balasan ke Waspadai Jika Motor 4 Tak Mulai Ngebul

  1. alamendah mengatakan:

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Untung motor saya gak ngebul. Jaga-jaga, ah.

    Top margotop buat mas alam :lol: . Jaga-jaga sampe pagi

  2. Mamah Aline mengatakan:

    wah belum merhatiin samapi ke warna hitam atau putihnya, mau cek dulu siapa tau gak ngebul

    Kalo gag ngebul brarti motor nya mati :)

  3. yans'dalamjeda' mengatakan:

    kalau banyak orang merasa harus memperhatikan knalpot kendaraannya apakah ngebul atau tidak, hmmm…pasti polusi dan panas bumi banyak berkurang.

    betul mas, itung2 ngurangi dampak global warming

  4. plr gratis mengatakan:

    oke…siap ganti oli mesin sebulan sekali…kemarin abis ganti oli mesin

    ganti oli mesin setiap 2000KM sekali aja mas, jangan pake bulan kecuali memang motornya gag pernah hidup sebulan, mekasih tlah mampir :lol:

  5. z4nx mengatakan:

    jadi tau dhe.. mtorku minta ganti ring seher kayanya nih, makasih mas

    tapi cek dulu biar gag salah ganti :lol:

  6. arsumba mengatakan:

    suwun pak.. seringkali saya panik kalo motor lagi ngebul..

    Yang bikin panik lagi adalah dapur gag ngebul :mrgreen:

  7. Halaman Putih mengatakan:

    Motor saya pernah ngebul, asapnya putih. Menurut mekanik, skur klepnya kena akibat bensin yang waktu itu saya beli eceran bercampur minyak tanah (waktu minyak tanah masih disubsidi). Sekarang kalo isi bensin ya di pom bensin, kecuali karena sangat terpaksa.

    Salam perdana,
    HALAMAN PUTIH

    sekarang pom bensin pertamini gag curang kaya’ dulu mas. gimana mo curang lha harga minyak tanah lebih mahal dari bensin :lol:

  8. BENY KADIR mengatakan:

    Semakin mampu membaca hal2 yg tdk beres pada setiap barang yg kita miliki membuat kita semakin lebih mengenal dan mengakrabinya.
    Benda mati itu pun seakan-akan punya roh.

    Iya mas, karena memang itu satu-satunya tunggangan kita :lol:

  9. jalandakwahbersama mengatakan:

    Assalamu’alaikum,
    Terima kasih infonya, saya memang nggak ngerti mesin motor, jadi info ini berguna sekali. (Dewi Yana)

    Sama-sama mbak ;D

  10. Ayahnya Ranggasetya mengatakan:

    terima kasih nih Pak, mengingatkan saya pada si Supra-Fit. Agaknya sekarang dia kurang fit, musti diperiksa ke bengkel. Wah, baru ingat, dua bulan engga ganti oli, setengah tahun ndak ganti busi.

    Mending pake acuan kilometer pak, ganti oli setiap 2000KM ganti busi (standard pabrikan) setiap 8000KM

  11. perigitua mengatakan:

    haddiirrr… gan…

    kalo itu biasanya seh karna ring sheker je… hihihi… plagi ketiban apess beli olie mesin yang aspal… nasib2…
    thx ilmunya ya…

    cu…

    oli aspal memang banyak makan korban, mending pake oli sesuai dengan standar dari pabrikan motor nya aja. Dan jangan lupa belinya di jaringan merk motornya. Makasih tlah mampir :lol:

  12. sabjan mengatakan:

    ya, info menarik. banyak sekali aku lihat motor 4 tak yang ngebul dengan asap putih.

    Brarti banyak rejeki untuk bengkel motor :lol:

  13. suzannita mengatakan:

    weleh-weleh… mulai hati – hati nih :D

    Awas jatuh mbak….. ;)

  14. Deka mengatakan:

    Sayang saya masih belum punya motor, hehehe..

    Tapi masih punya impian untuk sukses di internet kan :?: ;)

  15. liudin mengatakan:

    kalau saya pasti akan menuju ke bengkel dengan segera. lebih baik memberikan pekerjaan kepada yang lebih proffesional. resiko lebih kecil

    sepeda motor yang ngebul suatu perkara apabila diberikan kepada liudin yang bukan ahli nya tunggulah akan kerusakan nya :lol:

    • liudin mengatakan:

      gimana mas ya, karena kurangnya pengetahuan saya mengenai sepeda motor atau mesin terkadang juga pernah ditipu sama pemilik bengkel. padahal saat itu hanya mengalami sedikit kerusakan saja tetapi katanya mesti ganti ini dan itu.
      NB:saat ini saya juga mengajak kepada teman seluruh blogger indonesia untuk tidak meninggalkan komentar spam. terima kasih jika Anda mau bergabung dengan program anti spam yang ingin saya populerkan ini.

      Saya dengan rela hati akan bergabung, makasih atas kunjungan nya :lol:

  16. pushandaka mengatakan:

    Wah, saya baru tau tentang ini. Dan setelah saya cek, sepeda motor saya ndak ngebul knalpotnya. Hehe..

    brani taruhan waktu ngecek mesin nya pasti mati :cool: ya pasti gag ngebul :lol:

  17. Ongki mengatakan:

    Saya aja ndak pernah pakai motor,, hehe, paling cuman ngamati motor yg suka ngepul asapnya

    jangan lupa pake masker kalo ngamati asap motor ma :roll:

  18. bluethunderheart mengatakan:

    makasih tuk post yg baik ini
    salam hangat dari blue

    kunjungan singkat dari blue inantikan kembali :cool:

  19. yangputri mengatakan:

    saya gak bisa naek motor 4 tak pak, bisanya naek motor bebek doang…

    motor bebek :???: ada juga lho yang 4tak

  20. larejawi mengatakan:

    sek..sek..sek..bentar..
    kok judulnya rada janggal ya…
    kenapa kl motor 4 tak g ngebul malah waspada.?
    motorku 4 tak ku g ngebul gimana dong… :D

    kamsute, yang harus di waspadai kalo sudah ngebul karena ada kebocoran oli yang masuk di ruang pembakaran. mestinya mesin 4 tak pembakaran nya sempurna karena ada 4 langkah siklus untuk menjalankan satu putaran mesin yaitu :
     Langkah Isap > Mengisi silinder dengan campuran yang mudah terbakar
     Langkah Kompresi > Menekan campuran tersebut sampai pada volume tertentu
     Langkah Usaha > Menyalakan campuran sehingga mengembang dan menghasilkan tenaga
     Langkah Buang > Mengeluarkan gas – gas yang telah terbakar dari dalam silinder .
    dengan 4 langkah itu gas buang dari motor 4 tak seharusnya gag ngebul. Wah terlalu banyak ngomong nih :mrgreen:

  21. Eyangresi313 mengatakan:

    Salam menyapa untuk sahabat baruku

    Cerahkan hati dengan pancaran sinar Illahi
    Tebarkan kedamaian dengan cinta kasih dan kelembutan.
    Tetaplah berkarya mengisi kreatifistas dengan pancaran cahaya Illahi
    Karyamu tetap dinanti…….

    makasih kunjungan nya yang, ati-ati jalan nya eyang gang nya sempit & licin :lol:

  22. A.J.I mengatakan:

    kejadian ini udah 1 kali ngerasain n jangan sampe oli mesin 4 Tak habis karena oli mesin 4 tak ibarat darah pada manusia

    betul mas, karena pelumasan nya jadi satu antara transmisi dan piston nya

  23. Bhirawa mengatakan:

    Dengan hormat disampaikan bahwa BlogCamp ( http://abdulcholik.com ) masih dalam tahap perbaikan karena roda pendarat mengalami gangguan.he he he.
    Beberapa tehnisi sedang kerja keras untuk mengembalikan kondisinya.
    Saya sementara berada di Posko Bhirawa ( http://mbahcholik.info ) dan saat ini sedang menggelar promosi kaos loreng.
    Silahkan para sahabat berkunjung sebelum waktu promosi habis.
    Salam hangat dari Bhirawa.

    Info telah diterima dengan baik, selajutnya mohon ditunggu kunjungan tuk mengambil kaos nya :lol: .

  24. Hariez mengatakan:

    kebetulan saya seorang pengguna kendaraan roda 2 juga nih Om.. :oops: dan 4tak pula hehe jadi tambah wawasan bisa mengenali sebab-sebab knalpot ngebul :mrgreen:

    selamat malam & selamat beristirahat

    -salam-

    senang dengan kunjungan nya semoga gag membosankan :mrgreen:

  25. sawali tuhusetya mengatakan:

    wah, terima kasih banget infonya, mas sugeng. jujur saja, saya sering kurang mencermati hal2 semacam ini. yang penting masih bisa jalan, hehe …

    yang penting bisa jalan dan motornya sehat, makasih kunjungan nya pak :lol:

  26. Eka Situmorang-Sir mengatakan:

    sodorin artikel ini ke suamiku ah :)

    kamsute misua e suruh betulin motor e gitu ?!? :D

  27. edda mengatakan:

    saya mah kurang ngerti ma motor, bisanya cm make duank :P

    Mulai besok intip-intip kenalpot nya neng, kalee aja suah ngebul :lol:

  28. annosmile mengatakan:

    kadang juga kenalpot diberi oli mas..
    katanya biar awet..
    jadi keluar asap pas dipake di jalan..

    asap knalpot yang diberi oli beda dengan asap kebocoran di ring piston. sekarang motor produk2 baru malah gag merekomendasi si mekanik ngasih oli pada knalpot. takut menyalahi aturan euro2 :mrgreen:

  29. Iseng Ngeblog mengatakan:

    yahaha paling nyebelin kalo motor 4 tak dah gitu, siap2 keluar duit deh

  30. darahbiroe mengatakan:

    makasih inpona

    nice postt

    berkunjung n ditunggu kunjungan baliknya makasih :D

  31. bange mengatakan:

    tanks yah. . .
    .. soalnya motor gw keluar asap putih kaya motor 2 tak.

  32. Pardi mengatakan:

    Motor sy karisma pake oli supreme.xx,waktu sy geber kira2 20km ,tenaga mesin jd lonyo kyk mrebet2 gitu,itu terjadi berulang kali tiap berpergian jauh.ap yg slah ya mas.?Thank’s

  33. Pardi mengatakan:

    Motor sy karisma waktu sy geber kira2 20km ,tenaga mesin jd lonyo kyk mrebet2 gitu,itu terjadi berulang kali tiap berpergian jauh.ap yg slah ya mas.?Thank’s

    motor brebet itu biasanya karena BBM atau karena pengapian, kalau selama ini pengapian gak ada masalah bisa jadi karena BBM nya. Bisa karena ada air yang masuk di tangki atau karburatornya.

  34. kaito mengatakan:

    mtor gue ngbul juga tapi mkanik blang ring sekhernya perlu dganti

    klow gnti ring sher kan perlu ganti stang skher

    berikan pnjelasan dunkds

    Kalau ngebulnya karena ring sekhernya aus, gak perlu ganti stang sekher. Namun kalau ngebulnya karena kekurangan oli, sampai menganggu pelumasan nya saya rasa stangnya juga harus diganti sekalian. Kalau ganti stang sekher pasti melepas bearing cankshaft, agar yakin bagus ya sekalian ganti bearingnya. Semoga membantu.

  35. budi mengatakan:

    Mau tanya, motor saya beberapa hari bunyi pada block, spt ada kitiran, dipikir stelan gas kebesaran, tp suara dlm block, kata org bengkel krn stang sekher, taunya tuh kerusakan pada stang sekher palaing umum apa ya, posisi asap sejak blok berbunyi baunya sangat tajam dan blok sangat panas, apa bener spt itu? Trima ksh

    cara gampang mendeteksi benar gak stng sekher yang kena, nyalakan mesin dan masukan ke gigi 3. Terus tekan pedal rem belakang sampai menahan putaran roda dan putar gas lebih besar (RPM dinaikan). Kalau ada suara tek-tek-tek saat RPM dinaikan itu berarti stang sekhernya sudah aus. Tapi sayangnya kalau orang awam jarang memperhatikan noise seperti ini.
    Semoga membantu.

  36. bayu purnomo mengatakan:

    kemarin belum lama saya habis overhaul mesin shogun 110 cc.ganti stang seker,seker,laker bandul. Setelah jadi knalpotnya ngebul luar biasa sampai-sampai saya ganti seker lagi dan seal klepnya pun juga sudah saya ganti 2 kali orisinil malahan.tetapi kok ngebulnya masih banyak banget ya…?kira-kira itu penyebabnya apa mas…?

  37. gepenk mengatakan:

    harga ring seher berapa ea????????

  38. hanz mengatakan:

    mo tnya neyh..
    karisma sy jg ngepul nih,klo ud pnes.
    gmna ney solusinya??
    klo gnti seal kleap ma ring seher kra” brp..duit? mksi.


    Berapa duit itu tergantung dari yang di ganti, untuk lebih kelasnya bia konsultasi dengan bengkel terdekat :lol:

    • hanz mengatakan:

      tpi,klo dbawa jrak jauh gmna?thx


      Yang jelas asap itu timbul disebabkan karena ada oli yang terbakar, kalau dipake perjalanan jauh tentunya akan banyak oli yang terbakar dan itu akan menguranggi volume (banyaknya) oli yang merendam sekher di dalam mesin. Efeknya pelumasan mesin akan tidak sempurna. Semoga membantu :cool:

  39. deni mengatakan:

    Bos,ane mau tanya motor ane vega 2007 , pertama nyala asapnya banyak warnanya putih tapi klo udah 1 menit asapnya hilang. itu rusaknya kenapa bos. makasih

  40. andi mengatakan:

    mas saya mau nanya. knp ya kalo motor saya pada saat pns yg berlebihan suka ngebul padahal baru ganti ring sekher dan skir klep. tapi tetap juga ngebul.

  41. Maynard Dana mengatakan:

    Mau tanya2 nih mas sugeng. Motor saya juga sudah seminggu ini mengeluarkan asap putih, tidak terlalu ngebul sih. Tetapi asep tersebut mulai keluar pada saat motor panas (dipakai jalan +/- setengah jam). Pada saat mesin dingin asap tidak keluar. Kalau gejalanya seperti itu bagaimana ya? Motor saya honda tiger. Mohon infonya. Thanks.

  42. rendy mengatakan:

    mu tanya tanya soal motor gann

  43. faiz mengatakan:

    mau tanya nih mas bro?

  44. Bank bhagol mengatakan:

    Mas bro mao tanya nie.saya punya shogun 110 thn 2003.
    Mtr sya qo msh nebul aja yck, setelah ganti ring seher,skir klep, ganti oli, n bobok knalpot.lari si enak kg ngempos tp qo ngebul qlo dibawa jarak jauh.
    Tipe ngbulnye.abu abu.bau bensin kebakar plus bibir knalpot becek.becek tp gw kentel kya oli.tp bensin
    tolong infonye
    please di tunggu

  45. koko saputra mengatakan:

    Motor saya supra X 125 tahun 2007 mas,,bru2 n ad asap abu2 gt klwar dr knlpotx jka hbiz jlan jauh,,kra2 t ad mslah m msinx/hnya hal bsa j??

    Bisa jadi emang ada masalah dengan enggine nya. Ring seker ada ada kebocoran seal nya, suara enggine nya ada kelainan gak ???

  46. Ridan Nrimo Ing Pndum mengatakan:

    Makasih bozz…bagus banget infonya….

  47. dhayat mengatakan:

    mau tanya nih Bang…….motor sy shogun NR 125 selalu kluar asap putih kalau RPM nya rendah,tp kalau RPM nya tinggi asap nya hilang….kira2 apa ya penyebabnya..? trims

  48. aydon cule mengatakan:

    sya pnya mtor shogun 110cc,tiap di pke jalan asep ngebul trus,suara mesin juga kasar..kira2 it knpa y mas?mhon di blz..

  49. kawasaki binter joy mengatakan:

    motor saya belum ganti seal klep yg exauhs tp yg in dah ganti.pantes kalo dah panas mesin nya,kebul asap putih d knalpot…….thx atas ilmu nya mas…

  50. Maskijun Ngacengterus mengatakan:

    Motor gw apa yah? gw naik motor apa ojek?

  51. Maskijun Ngacengterus mengatakan:

    postingannya kok sama dengan yang ini :

    http://sgharjono.blogspot.com/2009/05/waspadai-jika-motor-4-tak-mulai-ngebul.html

    siapa yg nyontek???

  52. MBAMBON mengatakan:

    numpang tanya dunk,…?
    motor saya supra 2003,…koq aneh banget ya, klo motornnya pelan knalpot ga negubul, tapi pas di pake kenceng,…tiba2 ngebul banyak bgt….asapnya warna putih….?

    tolong ya… kira klo di bengkelin pantesnnya habis berapa ya…?

    Yang jelas asap putih itu ada karena olinya terbakar.Jadi bisa jadi seal / ring piston di mesin ada yang bocor

  53. Mustoni mengatakan:

    Pusing knalpot warna whiteee_

  54. joko wi mengatakan:

    mau tanya gan ?
    motor saya habis turun mesin,ganti seker sm temen2 nya,
    tpi asapnya masih putih gan..
    kata tukang bengkel,itu masalh knalpotnya,krna ada oli yg mash nempel d knalpot.
    tu gmn gan solusinya ??

    • Sugeng mengatakan:

      Yang jelas kalau asap berwarna putih, berqartia da kebocoran oli yang masuk ruang bakar. Bisa sjadi juga itu karena sisa dari oli yang nempel di knalpot tapi itu biasanya tidak lama. Paling lama cuma beberapa hari sampai seminggu. Tapi kalau asapnya masih keluar terus, berarti seal klep bocor atau ring sekher tidak pas over size nya. Jadi masih ada oli menerobos masuk di ruang bakar.

      Semoga bias membantu.

      • Nugroho wahyu outsider mengatakan:

        Kenapa ya motor fu ku kalo keadaan dingin trus di hdupin mesin nya dri lubang knalpot bwah keluar air berwarna hitam .

  55. aries mengatakan:

    thaks banget bagi ilmunya.

  56. Gizord mengatakan:

    Mkasih ilmunya supraku siap ganti oli dan busi..

  57. chris mengatakan:

    Permisi mas mau tanya saya punya jupiter Z 110, barusan ini dipriksa bengkel ternyata bengkel yg lain salah pasang piston waktu oversize ke 50, pertanyaan saya:
    1. Apa akibatnya kalo pasang piston terbalik?
    2. Mengapa habis saya ganti ring piston & seal klep motor masih tetap berasap?

    Yang jelas, efek salah pasang piston akan mengakibatkan ada kebocoran oli. Akibatnya ya ngebul lagi (berasap).

  58. zenko.zainuri mengatakan:

    makasih ya. tiger ku berasap karna aku telat ganti oli.motor langsung mati.mungkin ini dah penyakit nya.tolong kasih masukan dong ni belum ku benerin masalah nya.

    Ini masih untung, ada kasus yang telat menganti oli piston nya macet. Solusinya turun mesin :sad:

  59. Dindin mengatakan:

    Ass…Atasi asap hitam pada motor revo dengan menyetel main,pilot jet tak kunjung dapat.lalu langkah ke2 apa yg hrus dilakukan…wslm

  60. gogo mengatakan:

    nice infonya, tanda ada yg tidak beres di jeroan bisa dilihat dari munculnya asap putih.. kudu rajin lagi ganti oli

  61. asep mengatakan:

    motor saya VG r new th 2006 asap putih keluar ring seher maupun sil klep udah saya ganti bahkan seher sudah saya ganti dngan yang lebih besar tapi kenapa masih mengeluarkan asap putih tolong knapa

  62. abd. Rahman allhasby mengatakan:

    knapa yah mtr aq klw ganti oli kykx olix kurang skali, pdhl aq ganti olix tu setiap 1000 km sekali?

  63. [...] memperhatikan, atau sudah beberapa minggu belakangan, ternyata setiap awal motor dipanaskan keluar asap yang banyak berwarna putih dan ngebul. Menariknya, setelah dibawa jalan, lama-kelamaan asapnya berkurang dan hilang seperti normal-nya [...]

  64. Metalasia mengatakan:

    Thankz 4 info mas…cman maw nnya bnyak…skarang ne..m0tor LC/MX gw.,makin kuat asap putihny keluar.,biasany kalaw start engin d waktu pagie.,kan jd takut.,kalaw2 ada leaking bgian mesin…pdhal m0tor bru 1 thun lebh,…kira2 apa ya mas…harap pencerahan lebih detail..peace

  65. Agus mengatakan:

    Bravo…

  66. budy mengatakan:

    Trim infonya,mtr sy busi tiap 3-5 hari harus dibuka karena basah akibatnya mtr tak mau hidup.kadang ada asap putih tapi sikit trus ilang.apakah itu jg tanda2 piston udah aus?

  67. Krisna mengatakan:

    Motor jupi mx 2007 harusnya disisi oli 800 atau yg 1l..mslhny mtr sy tak isi 1l trz smnjak dblg m bngkel biar kopling nya terkena oli,tapi sampai sekarang ko malah ngebul pa karna oli nya kebanyakan ya tolog dong.

  68. fai mengatakan:

    mas mau tanya motor saya 4tac kok kluar asap padahal udah saya ganti ring seker ya gmana caa mengatasi ya

    • willykk mengatakan:

      bawa ke bengkel brot.. paling disuruh turun 1/2 dicek klo udah baret linernya mau gamao kudu di korter, apalagi klo udah ngeloss sehernya otomatis kudu di over ma yg lebih gede.. :cry:

  69. Tri mengatakan:

    Motor MX ane udah ganti blok ama seher, kok masih berasap yah..
    tambah lagi mesin cepat panas…
    tolong pencerahanya mas..

    • adibaseng mengatakan:

      Kemungkinan menggunakan oli encer SAE 10w30,seharusnya Standar bawaan motor oli ber-SAE 20w50(kental).akibatnya oli ngerembes naik jd keluar nalpot berasap putih.

  70. mazid mengatakan:

    mas mo nnya motor saya honsa kharisma ngebul asep putih, terus di bensin boros kira2 apanya tuh, dan klo diservice kira-kira abis berapa?

    Mas broo, kalau asapnya putih itu berarti ada oli yang ikut kebakar dalam sekher. Bisa jadi ring sekher sudah aus dan sekher baret-baret. Biayanya, ya tergantung bengkelnya yang pasti yang diganti sekher beserta ringnya, perbesar lubang cylinder (boring) dan kalau motornya sudah berumur sekalian saja ganti stang stang sekhernya.

  71. mojoo mengatakan:

    misii mas numpang nanya nii, motor saya jupi z tapi ko kadang” ngebul yaa klo abis saya bejeg ( ngebut ) ??
    knp yaa ??

  72. adit mengatakan:

    numpang tanya Gan…. Motor baru saya kalo di Stater Pagi keluar asap putih, Apa itu juga masalah…..????

  73. kris pamungkas mengatakan:

    mas mau nanya nih, saya pakai motor vega 2001
    kejadiannya rute pemakaian kebon jeruk – rawamangun (±20km)
    ketika motor jalan kecepatan stabil 60km, tiba2 seperti kehilangan tenaga. paginya susah stater dan ketika motor bisa stater ada asap putih tebal dari knalpot selama beberapa saat kemudian tidak berasap lagi dan motor kembali normal lagi

    kira-kira kenapa ya dengan motor saya?
    kenapa bisa ada oli masuk ke ruang bakar?

    terimakasih masukkannya mas

  74. aulia rahmat, SH mengatakan:

    halo bro, aku uda ganti Karbu Thunderku dngan krbu RX King, kecepatannya bertambah, Tapi saya ga tau apa ada Hubunnganx apa Ga, pas aku coba jarak jauh skitar 114 KM semakin lama asapx kluar Hitam, aku singgah ganti busi 3 kali, kira2 masalahnnya apa ya ??? tadi pagi uda aku bawa ke bengkel besok baru aku ambil…………………..Makasih sblumnnya

  75. ngaryo saja mengatakan:

    motor baru beli, cash..
    seminggu kemudian ketika dinyalain, bensin mancur dari buangan karbu, stel sana sini tetep mancur, masakk iya, motor baru jarum pelampung ngadatz…? aneh? hasil terawang mbah gogel nyaranin agar karbu digetok dikit, sapa tau pelampung nyangkut (masuk akal jg) tp tetep aneh… lawong motor baru je..
    setelah kugetok2 ternyata mampet tuh (jadi tambah aneh) sepele skalee… tapi yang super bikin bingung nape ngebul hitam kaya solar… pliss anvisnya ditunggu… soale mau ke ahass jauh.. padahal tuh motor dihidupin semenit aja kaya bakar sampah asepnya.. palagi on the road? tengsin dung gwe..
    tengs sebelum n sesudahnya
    ngaryo solo karta

  76. achmadzaenuddin mengatakan:

    Selamat pagi bos..

    bos mw tanya ni,,saya pny motor Vega R New 2007..Motor saya suka ngebul di saat mesin lagi panas tapi ga setiap saat aja ngebul’a tapi kadang2x gtu boz..

    trus saya bawa ke bengkel u/ service ganti ring piston, packhing, pen piston sama piston ukuran 0.50. selama 2 minggu tidak ada masalah boz tapi pas 3 minggu’a motor saya kambuh lagi boz..itu kenapa ya bos?

    apa seal klep’a kena gtu bos? atau kendala lainnya..

    mohon solusi’a ya bos,,saya udah pusing bgt boz masalah motor blm slsai..

    Terima Kasih

  77. hermawan mengatakan:

    selamat pagi mas brow ..
    mw nanya mtor shogun 125 kenapa yah keluar asap putih trus, padahal shaker +ring shaker udah d perbesar (over ces), seal kelep, udah d ganti juga ??
    apakah mungkin d sebabkan oleh noken as ??

    please mohon bantuan’y N ksh solusi dunk …

    • achmadzaenuddin mengatakan:

      Klo mang sudah diganti smua’a seal klep’a Coba deh mas bro ganti KLEP yang original’a kemuningkan KLEP anda sudah tipis kurang bagus.

      Wktu kemarin saya pnya masalah sprti anda,,tapi saya bnyak nanya akhir’a saya ganti KLEP Jupiter Z motor saya Vega R.

      Coba anda datang ke Bengkel resmi’a..kemungkinan’a KLEP anda kena di blok mesin’a..

  78. dadang mengatakan:

    saya mau konsultasi ni, motor smash saya ngebul dan bersuara nglotrok pd mesin sudah saya bawa k bngkel smp turun mesin 3X dng bengkel berbeda pula, tp paling lama kuat 1 minggu penyakitnya kayak gitu lg…udah ganti 3x bagian klep semua’y dan ring seher serta stang seher tap masih begitu, knp ya?….

  79. Sepweee mengatakan:

    Knp y motor jupiter z sya ngeluaerin asep tapi sedikit.
    Gmn solusinya?

  80. antoni nasaminto mengatakan:

    satria fu sy kalo d gas gede ada asap putih tipis keluar
    tu knapa y
    please your comment ..

    • achmad zaenuddin mengatakan:

      w saranin ya bro buru2x service aja takut’a kena menyebar seher’a..
      motor ane sama kyk ente dlu klo di gas dia keluar asep..alhamdulilah motor saya sudah fress bgt gak ada asap putih tagi..

  81. Noerdinz mengatakan:

    Motor ane gan skarang kyk gtu,,minta turun mesin kali y?

  82. awang mengatakan:

    bray ane mau tanya, motor ane honda win thn 2002. kasusnya motor ane ada 2. Yang pertama karburator banjir terus sehingga netes mpe lewt selangnya. yang kedua stang seher sdh ganti, seher,ring seher ganti tpi tetep ja ada bunyi pada blok mesin.

  83. iswadi mengatakan:

    Motor saya kanzen 120cc produk 2008, setelah 3 tahun saya pakai olinya menguap dari sil kpling, merembes dari sil kontrol gigi.
    mungkin gara2 di isi oli berlebih, biasa 0,8 saya isi 1 liter krn kata bengkel g apa2, namun tak lama timbul gejala rembesan di sil. akibatnya sempat ganti rantai klep 1 x, dan skrg saya pakai PP Palembang OI mesin motor mati.
    setelah saya ganti oli hanya merembes tinggal seloki.
    saya kick starter hidup lagi namun tenaganya molorot hanya bs 40km/jam saja, asap buang dua arah dari knalpot dan gas buang mesin. mengatasi hal tsb bgman yach Pak trims.

  84. mastoni mengatakan:

    mau tanya om kalau dipendakian motor 4 tak berasap itu apa yah, yang salah? mesti di ganti apanya!

  85. Amyn doank mengatakan:

    Motor kehabisan oli mesin jalan pelan ada asap warna putih pkat law keluar. Kencan tidak… Suara mesin seperti biasa didengar…. Apa kendla ea mas blas motor supra…

  86. Yono suryono mengatakan:

    Kenapa mesin f150 saya jika mesinnya d panaskan d pagi hari.suka keluar asap.jika mesin sudah panas tidak apa penyebabnya?

    • Yono suryono mengatakan:

      Apa penyebabnya mesin f150 saya jika d panaskn di pagi hari suka keluar asap.tapi kalo mesin sudah panas tidak keluar asap?


      Bisa jadi itu sisa oli yang ada di ruang bakar atau di knalpot brow. Setelah mesin panas gak ada asap lagi ya akrena oli yang tersisa tadi sudah gak ada, makanya saat mesin panas asapnya hilang.

  87. wahyuasta mengatakan:

    Gan motor tiger ane klau digas kluar asap hitam itu knapa ya? Udah trjadi slama skitar 4 bulan

  88. Aall Gie mengatakan:

    motor saya bajaj 135 kluar asap putih kbiruan trus busi kiri ber oil tp yg kanan kagak trus knalpot ber oil
    apanya ya
    plis saya butuh jwbnnya

  89. yudi mengatakan:

    klo dh kluar bunyi block seher knp th gan???
    tlong dong dksih tau,knp???

  90. Nugroho wahyu outsider mengatakan:

    Kenapa ya kenalpot fu ku keluar air warna nya hitam dri lubang knalpot bwah ?



    Keluar air :? pasti habis lewat genangan air atau dicuci dan ada air yang masuk dari knalpotnya. Lubang bawah itu kan memang dibuat untuk membuang air bilamana ada air yang masuk dari ujung knalpot

  91. barry mengatakan:

    klo ane motornya kok gas’a jdi kgk stabil alias langsam ye gan??? trus suaranya agak beriik pula,asep kluar pas dinyalain pertama,a seterurnya ngak kira2 gmne solusinye ya ??mohon pencerahan dri nyang tahu….heheheh



    Motornya apa brow, tahun berapa :?

  92. akhmad irwan mengatakan:

    thanks banget info. banyak manfaatnya tuk saya dan banyak orang lain. semoga tetap exsis dan ga bosan menginformasikan masalah kerusakan dan solusi motor.

  93. agus suhendar mengatakan:

    Saya mau tanya kenapa motor Honda new megapro tahun 2012 mengeluarkan asap diknalpotnya hujannya mesin keadaan panas dan Jalan macet padahal motor saya baru 3000km? Mohon sarannya
    Saya sudah ke ahass namun jawaban ahass tidak memuaskan
    Terima kasih



    Asapnya itu keluar dari mana ?!? kalau kena hujan atau banjir ada asap yang keluar dari mesin atau sekitar knalpot ya wajar mas. Itu kan benda panas, kena air otomatis keluar asap.
    Beda lagi kalau keluarnya dari ujung knalpot. Tapi kalau keluar dari ujung knalpot mestinya setiap waktu, tidak nunggu hujan baru keluar :lol:

  94. richy mengatakan:

    Mas …motor saya shogun 125RR …
    Motor sya masih ngasap knp ya ???
    Padahal sdh ganti piston+ring nya …
    Sy pke piston thunder …
    Baru aja korter,,,baru pake 2 bulan,motor dh ngasap lg …
    Cuma karbu sya yg besar …
    Pke PE28 …
    Apa karbu itu mempengaruhi …?

  95. jejen jaenal mengatakan:

    seher n klep motor dah di ganti tapi masih ada asap putih keluar dari knalpot padahal udah seminggu digantinya ?

  96. dodi mengatakan:

    motor ane Vega r 2004, saat dipanaskan harus selalu di chuke kalau ngga di chuke ga bisa langsam, dan di rpm rendah pansti ada brebet? knpaya

  97. asep osex mengatakan:

    maaf mas saya mau tanya ni,,, saya punya motor yamaha jupiter Z,,low dalam keadaan dingin ketika di hidupkan suka ngeluarin asap putih padahal saya sudah ganti seher+ring seher dan saya juga sudah ganti klep+sil klep…kira-kira penyakinya apa ya mas…?? mohon di bantu

  98. dwi mengatakan:

    gan saya pnya motor supra 125 R.ngebul tipis n sudah makn oli.saya oversize 50,krna ring piston sudah macet n boring uda baret,,ni msh masa rayen,pertnyaan saya apa efek dr oversize ya

  99. Jupri mengatakan:

    Astrea ane suara mesin udah brebet2.. bensin sering keluar gitu. oli juga sering netes2. Kira2 kenapa ya gan?! yg punya bengkel bilang itu ring sekher’a udah kena,’tul gak gan?! trus soal budget brapaan yak?!
    Salam kenal.

  100. Friz Pinkz-plane mengatakan:

    bro.aku mw nanya ne..

    aku punya motor satria f .mesin bunyi mendesir..kadang2 berasap ketika di gas..masalah nya ap ??

  101. leppang ippank mengatakan:

    ok broe…thankz tpi loe mtor qw kok cman pda saat d,hidupkan baru klwar asapnya (yamaha mio, bore up 58)

  102. ifan mengatakan:

    saya punya motor blade repsol mode lama,,
    ketika motor sudah berjalan jarak jauh,,,
    kemudian motor di matikan .kira-kira15 menit, setelah di hidupkan/menSTATER MOTOR Mau NGEbul .setelah jalan NGEBUL nya hilangg????

    np yah ADMIN

  103. Sandi Saputra mengatakan:

    putn kang,
    mau ikt nanya.. piston dan ring piston dah ganti, sil klep dh ganti, dikorter udah, skir udah, bos klep msih kokoh, tp kdang msih ngebul meskipn gx tebal,,
    kra” apanya tuh ??

  104. Noormaz mengatakan:

    mau tnya,tanda tanda kl sekher shogun 110 itu rusak gmn?

  105. Novriadi mengatakan:

    Vega r new saya tahun 2006 dah siap bongkar mesin..setelah dibongkar saat di hidupin keluar asap..keluarnya pas awal hidup saja..apa tubro yg perlu di perbaiki lagi..

  106. Anto mengatakan:

    Mas Bro mau nanya nih motor ane 4tak habis diservis
    dibengkel pas lagi jalan tiba2 mati dan satu lagi pas motor ane distater bunyi mesin bunyi klek2 apanya ya mas bro ? ditunggu jawabannya

  107. saiful mengatakan:

    klo asap keluar dari slang mesin masalah nya dari apa??

  108. idha mengatakan:

    motor saya matic berasap hitam kira* apa.y yang rusak itu mas…????

  109. Dewi mengatakan:

    Wadoooh kayaknya motorku sudah harus ganti nih sekhernya….

  110. heru Sandria mengatakan:

    Mas motor ane Jupiter MX 2008..
    motor ane kalau di gas,,,Asap nya udah wrna putih,suara msin nya berisik, ngk kayak biasa nya..,kalau jalan kra kra 3km mesinnya udah trsa lmayan panas..truss kra kra 7 km mesin nya udah sangat panas…kalau jalan lbih jauh lagi,,bau mesin nya keluar,,,dan lampu merah di amper keluar.. ……saya rasa itu krusakan nya udah parah..kalau di perbaiki ke bengkel ,kata orng nya mesin jupiter mx tidak bisa bngkar mesin secara manuall…..kira kira apa yg harus saya lakuakan mas…??kalau di perbaiki ke dialer … berapa biaya nya…..makasih sebelum nya..

  111. ady mengatakan:

    mas bro….supra fit q stiap 1 minggu kudu ganti busi……trus ngasapnya ky kereta api gt ………..solusinya gmn ma s bro tlong bantuannya

  112. arif hidayat mengatakan:

    mas motor karisma saya ada suara kaya besi beradu di bagian mesin nya, tapi tidak keluar asap hitam atau putih di knalpot nya…kenapa ya??

  113. perombak motor sport mengatakan:

    Gan motor saya vega zr 2010 db ..
    Setelah bbrapa lama Dan sekarang penyakitnya ngebul dan ada suara tik tik kalo di gas di bagian tengah piston ..
    Kira 2 apa .. Ia masalahnya ,, ?

  114. aryfitriyanto mengatakan:

    Mau tanya bos,kenapa satria fu saya kalo pagi ngebul putih

  115. Yuli mengatakan:

    Lewat

  116. Yuli mengatakan:

    Knp ya mesin mx ane ad kluar angin dibagian atas kiri dket kalborator???

  117. Yuli mengatakan:

    Sip

  118. Yuli mengatakan:

    Mak nyos

  119. alviyanto mengatakan:

    Saya mu tanya bos lo motor saya yamaha vega 2001 ada mslh d pengapian apinya kecil kadang ilang kadang dateng tu knp bos dan gimana solusinya

  120. M Ridho Hafiedz mengatakan:

    Kalau fu ngebul putih,terus kadang2 gk mw hdup istilahnya mblebeb,itu apa Йÿ̲̣̣̣̥a gan,n ciri2 motor fu minta lemer gmna. . .thx gan . . .jwb yo . . .

  121. Luthfi mengatakan:

    pantes aja keluar asap putih banyak dari knalpot, eh pas di cek piston nya udah longgar :((( mana belum punya duit buat oversize :’(((

  122. derifebrian mengatakan:

    gan , numpang nanya ? motor ane supra fit 2005 kalo di panasin suka ngebul tipis , padahal udah di servis sendiri , pas udah di servis emang engga ngebul , tapi besok ny pas di panasin keluar asap tipis , cuman engga lama keluar asap nya

    mohon bantuannya

    mohon bantuan nya

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 105 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: