Indonesia Hujan Gol

Apabila ada orang yang memuji terlalu berlebihan, dia seperti sedang memenggal leher yang dipuji.

Sudah lebih dari setahun terakhir ini aku tidak pernah melihat pertandingan sepak bola di TV. Meskipun musim world cup kemarin sempat ramai tapi aku sekalipun tidak pernah nonton. Malam ini aku secara iseng nonton pertandinagn sepak bola Indonesia melawan laos. Tak tanggung2 kesebelasan Indonesia hujan gol melawan kesebelasan Laos. Sampai tulisan ini saya buat kemenangan 6-0 untuk Indonesia.

Yang akan saya tanggapi bukan kemenangan secara telak yang di alami kesebelas kita, namun efek dari euforia kemenagan ini. Bukan saya sirik dengan kemenagan ini, saya juga bangga karena mereka membawa merah-putih di dadanya. Tapi yang sering aku saksikan saat atlit olah raga (kesebelasan sepak bola) kita berjaya di pentas dunia, segala puja puji meluncur dari bibir semua orang. Dari pejabat sampai penjahat, dari rakyat sampai birokrat namun begitu pujian ini meluncur tiba-tiba prestasi nya jeblok. Mereka seperti terlempar ke bawah dari apartemen tingkat 15, dan langsung menghujam bumi. :sad:

timnas Indonesia

Timnas Indonesia (gak tahu apa formasi ini yang menjadi pahlawan di piala AFF 2010)

Setiap tangkah pola mereka selalu disalahkan, sepertinya mereka salah semua dari atlitnya, pelatihnya, offisialnya serta pengurusnya. Disalahkan tanpa ada kesempatan untuk membela diri. Jujur saja saya bukan masyarakat Indoneisa yang cinta sepak bola (apalagi melihat aksi anarkis para suproternya yang sering malak-in orang dan tawuran sesama penonton), tapi kalau melihat atlit yang sudah bersusah payah membela merah putih tapi masih disalahkan jaga rasanya koq gak fair. Maklum di indonesia ini penonton selalu lebih pinter dari pemain nya (kalau lagi ngomentarin) tapi kalau pas disuruh turun laga sendiri bisa lari terbirit-birit. :lol:

Intinya, jangan terlalu menyanjung kalau kesebelasan Indonesia baru menang dalam pertandingan awal, namun saat prestasinya merosot langsung saja hujatan datang bertubi-tubi. Seakan-akan apa yang telah dilakukan oleh mereka sampai titik itu tidak ada harganya. Karena sesuai hadist nabi Muhammad SAW, apabila ada orang yang memuji (temannya) terlalu berlebihan, ibarat dia sedang memenggal leher temannya yang dipuji. Maka lemparkan batu kepada teman yang memuji itu. :razz:

Kalau kita terlalu memuji hasil dari 2 pertandingan awal kesebelasan kita, itu sama dengan kita memenggal leher semua anggota team kesebelasan kita. Bagaimana dengan anda :?:

gambar saya ambil dari sini

About these ads

44 Balasan ke Indonesia Hujan Gol

  1. Ikkyu_san mengatakan:

    Pujian memang layak, tapi secukupnya
    Makian itu tidak layak, justru yang diperlukan adalah dorongan untuk lebih maju.

    Sesudah hujan abu, ada hujan gol, besok-besok hujan apa ya? (Hujan duit sih pengennya hihihi)

    EM

    engak deh bu, hujan duit membuat aku males kerja :lol:
    Btw, bu aku selalu tidak bisa berkunjung di Twilight express. Kalau lewat HP tangan ku kriting semua tapi tetap susah komeng :sad:

  2. alamendah mengatakan:

    (Maaf)izin mengamankan KEDUAX dulu. Boleh, kan?!
    Semoga prestasi ini bukan pretasi angin-anginan

    iya kang semoga terus begini prestasinya, tapi ini kan Indonesia kang :???: semua bisa berubah dengan ……………..

  3. ahsanfile mengatakan:

    Mantap, semoga ketemu negara-negara lain selalu gitu

    aku menunggu yang sama malaysia

    kan sudah, dibabat habis 5-1 untuk kita :lol:

  4. sawali tuhusetya mengatakan:

    meski belum teruji benar, penampilan tim pssi piala aff memang cukup menjanjikan, mas sugeng. semoga mereka bisa tampil konsisten.

    semoga saja pak, itu harapan kita semua :lol:

  5. Cahya mengatakan:

    Saya netral saja deh :).

    boleh netral asal gak anarkis :mrgreen:

  6. nh18 mengatakan:

    penonton selalu lebih pinter dari pemain nya (kalau lagi ngomentarin) tapi kalau pas disuruh turun laga sendiri bisa lari terbirit-birit …

    saya tersenyum membaca kalimat ini Pak …

    Dan memang ini betul sekali …
    Kita semua ini (cenderung) ahli berkomentar … tapi belum ahli berbuat …

    MAri kita berbuat apa yang kita bisa … sebaik-baiknya

    Salam saya Pak
    Hidup Indonesia

    memang begitu adanya pak, jago komentar no action :twisted:

  7. Fadhly mengatakan:

    Hehe…saya juga nonton mas, semoga indonesia bisa lebih berprestasi lg dlm dunia olah raga… :)

    asal gak seperti lawan uruguway kemarin :sad:

  8. Shohibul K.U.M.A.T mengatakan:

    Selamat siang sahabat tercinta
    Saya datang untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Teriring doa semoga kesehatan,kesejahteraan,kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa tercurahkan kepada anda .
    Semoga pula hari ini lebih baik dari kemarin.Amin

    Dengan bangga saya mengundang anda untuk mengikuti K.U.M.A.T ( Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun ) di BlogCamp. Tali asihnya sih tidak seberapa tetapi sensasinya sungguh ruaaaaaarrrrrrrr biasa.
    Silahkan simak artikel pengantarnya dengan meng-klik.

    http://abdulcholik.com/2010/11/16/kontes-unggulan-muhasabah-akhir-tahun/

    Terima kasih.
    Salam hangat dari Markas BlogCamp Surabaya

  9. aciid mengatakan:

    wah sbenerna seh indo skarang tmbah nyaman mainna..
    kayagna alamat bakal msuk final neh :D

  10. Manado Site mengatakan:

    Majuu Trus Indonesia …..I love Indonesia..:)

    nice post..salam knl mas…:)

  11. lozz akbar mengatakan:

    Harusnya di segala kondisi kita harus dukung terus Timnas kita.. oh ya tuh gambarnya timnas skuad lama mas.

    salam hangat dari Jember

  12. Asop mengatakan:

    Semoga bisa bertahan terus sampe final ya, Mas Sugeng… :)

    Dan juga, semoga bukan Indonesia yang dihujani gol. :D

  13. fitr4y mengatakan:

    qu gak suka bola mas .. dan gak suka muji atlit na juga .. hehe :)

  14. imadewira mengatakan:

    semoga timnas Indonesia tetap down to earth, tidak sombong dan besar kepala, jalan masih panjang..

  15. Fir'aun NgebLoG mengatakan:

    terkadang kita terlalu berlebihan dalam memberikan apresiasi… ya itu memang kebiasaan bangsa kita :D

  16. Semoga ke depan bisa lebih baik…
    mempertahankan kemenangan itu lebih sulit.. :)

  17. sedjatee mengatakan:

    semoga hujan di gawang orang
    prestasi untuk tim indonesia
    maju terus sepakbola indonesia
    salam sukses..

    sedj

  18. phoneblog mengatakan:

    semoga bsk melawan thailand, indonesia bs menang kembali

  19. tomi mengatakan:

    indonesia memang keren banget maennya.. mantabbb dah pokoknya..
    tp smg gak trus lupa diri.. harus ttp semangat

  20. waroeng ubuntu mengatakan:

    memang benar jangan senang dulu karena lawannya main ga bagus serta lapangannya jelek :mrgreen:

    ga kebayang kalau indonesia juara…krn itu bisa jadi alasan nurdin halid bertahan :D

    Waduh !!! kalau yang ini aku gak setuju, bukan karena apa tapi memang melihat track rekord nya bisa membuat sekuad merah putih ikut menanggung beban moral :sad:

  21. kanvasmaya mengatakan:

    betuul bang.. perjalanan maih panjang, semoga pujian pujian yang saat ini tersedia gak menjatuhkan mereka nantinya.. amiin..

    salam hangat dari situbondo

  22. Botzzz mengatakan:

    Indonesia jgn senang dulu coz banyak tantangan yang menunggu di depan…..but INDONESIA hebattt uuooyyy…

  23. HALAMAN PUTIH mengatakan:

    Pujian seharusnya bisa membuat semangat lebih membara dalam berprestasi, bukan sebaliknya justru melorot atau mencapai antiklimaks. Kalau terjadi demikian berarti para atlit belum siap menerima kemenangan alias hanya euforia sesaat yang bikin terlena lupa dengan perjuangan selanjutnya.

  24. dedi mengatakan:

    sementara patut dibanggakan..kita liat aja …mudah2an terus maju persepakbolaan dindonesia..
    salam dari bandung.

  25. Agung Pushandaka mengatakan:

    Mas, fotonya jadul amat?! Hehe! Dari foto itu, cuma 2 pemain yang tampil di AFF 2010 kali ini, yaitu kiper, Markus Maulana dan pemain no 15, Firman Utina.

    Tapi saya setuju, kita ndak perlu berlebihan memuji timnas. Justru sebaiknya kita tambah waspada karena calon lawan di semifinal pasti akan extra siaga untuk menghadapi Indonesia. Apalagi besar kemungkinan kita akan menghadapi Singapura/Vietnam di semifinal. Keduanya pernah mengalahkan Indonesia.

  26. MENONE mengatakan:

    intinya jalan didepan masih berat sobat…….jangan berbangga dl ya ga?>

  27. Pendar Bintang mengatakan:

    Om….perasaan Hani udah comment dech di sini kok ternyata belum ada yah?

  28. Pendar Bintang mengatakan:

    Ya sudahlah…
    :cry:

  29. mylitleusagi mengatakan:

    he…he…he..
    indonesia menang di awal..
    kalahnya belakangan,,
    ha…ha…ha..
    bukannya pesimis..tapi selalu seperti itu kan,,
    makanya kita harus hati-hati sama euforia yang ada… :)

  30. Danu Akbar mengatakan:

    Indonesia mulai menunjukkan kemacanannya dalam dunia persepakbolaan. Semoga ini menjadi jawaban atas pertanyaan dan kepenasaran para penikmat dunia sepak bola di Indonesia.

    Salam, Danu Akbar.

  31. bintangair mengatakan:

    saya lihat berita tadi pagi, timnas jadi juara setelah mengalahkan thailand
    alhamdulillah saya ikut senang
    semoga kemenangan ini ga bikin timnas gedhe kepala tapi tetap terus berlatih semoga meraih kemenangan lainnya

  32. husin mengatakan:

    semoga indononesia bisa menang terus…

  33. Teras Info mengatakan:

    pujian itu hal yang wajar, tapi kalau berlebihan,,..janganlah….he..he….

    saya dukung terus pokoke indonesia ….biar juara di piala AFF…

  34. advertiyha mengatakan:

    Betul banget tuh pak, kalo menyanjung keterlaluan malah jadinya beban buat pemain dan akhirnya prestasi merosot, menyedihkan… :(

    Itulah Indonesia Ku, tapi semoga kali ini bisa membawa berkah :razz:

  35. farandyryan mengatakan:

    dukung indonesia Untuk AFF 2010 ..
    saatnya youngster indonesia menembus piala dunia …

    saya rasa naturalisasi + dukungan rakyat & pemerintah + pembinaan pemain muda yang baik = WORLDCUP !! ;)

    setujuuuuuu…………………. IN-DO-NE-SA…… IN-DO-NE-SA……. !!!!

  36. r10 mengatakan:

    nah sudah seharusnya timnas kita tdk dipuji berlebihan…. gaya main mereka masih suka salah umpan dan salah posisi :mrgreen:

  37. boyin mengatakan:

    yah maklum aja mas, namanya juga udah lama gak bersinar, mudah2an mereka makin profesional walaupun dipuji..

  38. wajidi mengatakan:

    Itulah penonton. Semoga pujian bisa meninabobokan dan timnas tidak terlena

  39. tuyi mengatakan:

    smoga menang lagi di pertandingan berikutnya…

  40. salesman jogja mengatakan:

    Namanya saja eforia…pas menangan …kalau pas kalahan..wow dihujat habis habisan tuch

  41. sunarno2010 mengatakan:

    semoga sukses di final nanti
    mohon maaf saya lama tak berkunjung dan kini pindah ke kampungmanis

  42. [...] Sudah lama tidak melihat trafic di blog selama beberapa hari kemarin, yang pasti tidak ada aktifitas blogging dan blogwalking. Prediksi saya sih paling yang mampir ataupun nyasar di blog ku ini cuma puluhan saja. Namun setelah aku sempat mantengin dashboard nya, ternyata yang mampir disini memang orang2 yang nyasar dan kesasar. Kenapa saya bilang begitu, karena saya “merasakan” sendiri kesasaran nya mereka di dalam trafic blogku. Mereka membuat trafic yang tinggi namun tidak ada meninggalkan jejak blas. Dan yang menjadi rujukan mereka dalam ampiran nya di blog ku adalah di tulisan Sepak bola. [...]

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 110 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: