Tahun Baru Hijriyah, Aku Harus Bisa Berubah

Bagaimana mau memimpin orang lain kalau dalam keseharianku sendiri masih banyak hal-hal yang tidak bisa menjadi panutan

Tak terasa sudah bulan Desember 2010 berarti sudah 2 tahun aku selalu terhubung di dunia maya ini. Ada banyak pengalaman yang bisa saya peroleh dalam mengarungi kedalaman dunia yang tanpa sekat dan tanpa rongga waktu ini. Memang ada sedikit perubahan perilaku dalam menjalani kehidupan (dunia nyata) ini. Dari yang positif maupun yang negatif, semua nya pernah saya dapatkan dari dunia internet. Tapi syukur sekarang aku sudah jarang online (waduh…… koq jadi malah bersyukur) karena sekarang onlineku meskipun tetap malam hari tapi tidak sampai semalam dan selarut saat pertama kali bisa online dari rumah.

Semestinya dunia internet ini jauh dari anganku saat makan bangku sekolah dulu aku memang sempat menghancurkan bangku sekolah karena kenakalanku. Jangankan dunia internet, dunia seluler saja saja aku anti, sampai saat aku memang harus berinteraksi dengan keduanya karena beban naluri. Yups…. beban naluri saja. Maksudnya bukan karena beban kerja (karena kerjaanku tidak sama sekali bersentuhan dengan dunia internet) namun semua berawal dari kesenanganku pada hal-hal baru, termasuk dunia IT. Padahal dulu, jangankan untuk mengoneksikan komputer pada jaringan internet, untuk mematikan saja aku gak tahu dan gak berani. Yang ada di pikiranku dulu adalah kalau salah dalam memencet (ingat memencet bukan nge”klik” karena saat itu aku gak kenal dengan klik) akan berakibat BUMMM…… dan aku terkenah serpihan nya :lol:

Sampai suatu saat aku mempunyai PC sendiri, namun saat awal pertama kali mempunyai PC kerjaanku cuma 3 saja yang sering aku lakukan. Pertama maen game, kedua main game, dan ketiga mainan game sampai larut malam. Mungkin masih ingat dengan game startegi membangun kerajaan (empire state), game itu yang seringa aku mainkan sampai pagi. Kalau main game ini, waktu satu jam pasti akan terasa kurang. Jadi meskipun besok masuk kerja kerja tetap saja perang sampai pagi :razz:

Saat itu aku belum bisa ngonek ke internet karena eskpektasiku tentang internet ya harus mempunyai line telepon kabel dulu. Karena lokasi rumahku termasuk perumahan baru, tel**m belum investasi dengan membuka jalur baru didaerahku. Jadinya PC ku cuma sendirian tanpa bisa terhubung di dunia luar. Sampai bulan akhir Desember 2008 aku mengenal jaringan internet wireless. Meski perkenalanku dengan dunia internet wireless bisa dikatakan terlambat, namun hal itu tidak mengurangi semangatku dalam mengekploitasi ada apa dengannya.

Pertamanya aku cuma sekedar mampir sana mampir sini, nengok sana-baca disini, sampai saat aku mengenal blog dari kegiatan berselancarku di internet dikala mencari kata kunci tertentu. Semua artikelnya merujuk pada blog personal meskipun ada kalanya sumbernya dari media offline yang melebarkan sayap didunia online. Blog personal…. :?: hm, ada apa denga blog personal ini sehingga bisa jadi rekomendasi dari pencarianku di internet.

Ternyata yang namanya blog personal isinya macam-macam tergantung dari si admin blognya. Segala macam artikel tentang blog ini saya lumat habis sampai saat mau mengomentari artikel blog dan ada form pengisian untuk URL nya. Waduh….. :shock: apa yang akan aku isi, lha wong blog aja gak punya. Dari sinilah aku memulai memasuki dunia blogger, berbagi tidak pernah rugi. Karena bagi seorang blogger berbagi tidak harus dengan uang ataupun dengan barang tapi dengan beropini serta memberi dan berbagi sedikit ilmu kepada sesama, itu juga termasuk berbagi.

Saat awal membuat blog pun aku masih bingung mau diisi dengan tulisan apa :?: karena dunia offline ku memang tidak mengharuskan diri ini bersentuhan dengan dunia tulis menulis. Bulan pertama bikin blog masih banyak melompong nya setelah hello world :lol: bulan kedua dan ketiga juga sama malah lebih parah, gak nongol satupun tulisan. Bulan berikutnya baru bisa rutin aku isi meskipun cuma satu tulisan dalam sebulan.

Dari kegiatan ngeblog dan blogwalking ini aku semakin sering menjadi pendekar malam. Onlinenya pun bisa hampir sepanjang malam sampai pagi mau berangkat kerja. Pulang kerja sebelum mandi dan makan nyalain PC langsung bablas lagi berselancar sampai malam. Dari sini aku merasakan ada yang lain dalam hidupku. Ada yang hilang setelah sekian lama berinteraksi dengan dunia maya ini. Tapi sayang kesadaranku ini timbul setelah sekian lama aku menjadi internet addict dan cenderung akut.

Dulu aku yang senang berkumpul dengan teman di pos kamling mendadak tidak pernah nonggol lagi disana. Dulu aku yang senang berlama-lama membahas materi setelah kegiatan pengajian, tiba-tiba aku langsung beranjak pulang setelah kegiatan selesai. Dulu aku yang sering bertandang ke rumah tetangga, malah berubah menjadi menjadi orang rumahan yang senang duduk manis di pojok ruang keluarga. Dan yang paling parah adalah sholat lima waktu menjadi terbirit-birit saat waktunya hampir habis serta sholat tahajud hampir terlupakan.

Dan itu terjadi hampir satu setengah tahun lamanya semenjak aku mengenal internet. Awalnya sih aku tidak merasakan ada yang salah dengan perilaku ku namun setelah sering blogwalking ke blog-blog yang religius koq aku baru merasa dengan kesalahanku. Sudah sering mojok di ruang keluarga, gak punya teman ngobrol offline (tapi online banyak), sholat jadi keteteran malah sekarang diberi amant oleh teman2 di rumah menjadi ketua pengajian. Waduh……. apa gak salah nih memilih orang :???: karena aku secara basic agama sangat, sangat, dan sangat kurang. Bagaimana mau memimpin orang lain kalau dalam keseharianku sendiri masih banyak hal-hal yang tidak bisa menjadi panutan. Saya sudah bersikeras menolak amanah jabatan itu, karena yang saya tahu jabatan sosial itu selain berat juga akan menjadi sorotan kesalahan kalau kita tidak bisa memanajemen diri kita sendiri.

Momentum tahun baru hijriyah saat yang tepat untuk berubah

Sekarang sudah berjalan jabatan itu saya sandang, dan sudah hampir dua tahun pula aku sering ngelayap di dunia maya ini. Namun masih banyak kekuranganku yang harus diperbaiki, terhadap diri sendiri maupaun kepada orang-orang yang memberi amanat kepercayaan kepadaku. Rasanya semakin berat saja, namun dengan momentum tahun baru Hijriyah 1432 ini (dan akhir tahun Masehi ini) aku meniatkan diri akan merubah semua kebiasaanku dalam menjalani aktivitas online ini. Dalam angan ini kepingin bisa seperti pakdhe yang bisa menjalankan ibadah haji meski masih tetap eksis dalam dunia online, yang saya tahu bahwa tanggung jawab seorang haji ini sangat berat. tidak hanya di dunia online saja tapi dunia offline dan dunia akhirat juga :lol: .

Kedepan nya share waktu antara aktifitas online akan aku imbangi dengan aktifitas offline agar apa yang telah menjadi tugasku bisa terlaksanakan. Dan juga manajemen waktuku untuk menjalankan perintahNYA bisa sesuai dengan syariat. Karena senang aktivitas online tidak akan ada manfaat yang berguna kalau perintah NYA tidak dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun di Blogcamp.

Gambar saya ambil dari sini


About these ads

34 Balasan ke Tahun Baru Hijriyah, Aku Harus Bisa Berubah

  1. ahsanfile mengatakan:

    Aku turut mendoakan Pak, semoga di tahun yang baru ini semakin sukses dan berubah memperbaiki kekurangan-kekurangan tahun yang lalu…

    Selamat tahun baru

    makasih mas, semoga bisa mewujudkan angan yang terpendam :razz:

  2. Sukadi Brotoadmojo mengatakan:

    Semoga dengan hadirnya tahun baru hijriyyah ini bisa memberi semangat baru untuk hijrah, dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi…

    *semoga sukses dengan kontesnya, dan bisa mendapatkan satu dari sekian hadiah yang disediakan Pak.. :)
    terimakasih.

    makasih mas, tahun baru momentum yang baik untuk meninggalkan yang buruk2 :lol: btw, masalah kontes cuma sekedar ikut2an karena memang ada niat untuk bermuhasabah.

  3. inge mengatakan:

    semangat untuk kontesnya, dan juga keinginan untuk merubah kebiasaan… dunia online memang bisa menambah wawasan dan juga teman, tp jangan sampai dunia offlinenya jadi terbengkalai… semoga bisa mengimbangi disemua sisi…

    makasi juga, posting ini sekaligus mengingatkan aku… untuk lebih mawas dalam membagi waktu ^^

    samasama mbak inge, semoga kita semua bisa bermuhasabah ;)

  4. @rosadicted to me mengatakan:

    buat resolusi yg baik. masih banyak kesempatan :)

    betul mbak, masih banyak kesempatan tapi yang gak kita tahu apa kita masih dipertemukan dengan kesempatan itu :sad:

  5. Shohibul K.U.M.A.T mengatakan:

    Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam K.U.M.A.T – Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun di BlogCamp.
    Akan dicatat sebagai peserta

    Salam hangat dari Markas Blogcamp di Surabaya

    makasih pakdhe sekedar ikut meramaikan hajatan nya :lol:

  6. Tip Trik Blogger mengatakan:

    Selamat Tahun Baru Islam Kawan

    Sama-sama sob…..

  7. Desy mengatakan:

    Selamat Tahun Baru

    semoga bisa berhijrah dari kesenangan lama :mrgreen:

  8. Pendar Bintang mengatakan:

    Pagi Om…..

    Semangat selalu, engkau emang diam-diammenghanyutkan Om…arusmu sederas sungat Cieterum (sok tahu banget!)

    Semangat n sukses ya Om…

    waduh jadi kaget dengan kehadiran Hani, sukses juga dengan hari ini. Masih liburkan :?:

    • Pendar Bintang mengatakan:

      Om…jangan lebay dech….Om, jarang update, Hani masih setia ngunjungin Om…..

      Hani gak dapet libur bahkan pas 1 Muharram, harus ngalah sama yang Galungan….

      Tapi ak apa, bisa di tabung buat tahun baruan,,,,,

      eng ing eng…Kopdaran lagi dah kita, haaaaaaa

      dimana akan kopdar :?: calling juga dong biar bisa ngumpul bareng ;)

  9. wempi mengatakan:

    berubahnya ke arah yang lebih baik yaaa, muwahaha,,,..

    tentunya dong, karena kalau ke arah sebaliknya dikira atret :razz:

  10. tunsa mengatakan:

    blogger juga bisa berbagi pulsa, hehe

    minta dong pulsanya :cool:

  11. mandor tempe mengatakan:

    Selamat mengikuti Kumat, semoga dengan resolusi yang ada akan membawa kepada keadaan yang lebih baik.

    kumat nya sekedar partisipasi doang karena yang lain sudah sangat mumpuni :roll:

  12. Ann mengatakan:

    Amin

    makasih do’a nya mas ;)

  13. feat mengatakan:

    sayapun juga merasa bingung mau nulis apalagi diblog baru saya.
    mohon kehadirannya disana ya pak..saya tunggu.
    salam sejahterah dan sukses selalu buat pak sugeng

    Kalau mau nulis apa keknya itu relatif karena menurut isi tema dari blog nya. Kalau disini, cuma sekedar kata yang tak terucap jadi ya semau gue sendiri :lol: :mrgreen:

  14. andipeace mengatakan:

    kumat..saya ingin mengikutinya,tapi masih belum ada pencerahan ide untuk menulis apa yaang akan saya tulis,kumat dan pak sugeng, semoga sukses selalu baik saat ini maupun ditahun mendatang..
    amien..

    Mas andi, aku cuma sekedar menuliskan muhasabah akhir tahunkunyang kebetulan ada kumat, semua itu nice inovasinya pakdhe saja :razz:

  15. bocah lapindo mengatakan:

    hayooo buruan siapa yang belum ikutran kumat..??? :D saya juga belum nulis untuk apresiasin kumat dari team pakde kholik.
    salam

    Jujur saja dulu saat pertama kali kenalan dengan bocah lapindo pikiranku, sampean itu memang bermukim di Porong-Sidoarjo sana. Yapi sekarang koq nonggol di mercusian, emange sampean itu dimana sih bermukim nya :???: . Makasih kunjungan borongan nya mas :cool:

  16. eser mengatakan:

    Semoga sukses dengan kontes yang diikuti bro

  17. PusKel mengatakan:

    saya doakan selalu agar bisa menjadi pemimpin yang lebih baik dari waktu ke waktu…
    selamat ikutan kontes, semoga sukses… 8)

    Do’a pertama, makasih pak. Kalau yang kedua cuma sekedar ikut hajatan nya pakdhe :roll:

  18. TuSuda mengatakan:

    melalui muhasabah diri, semoga Mas Sugeng bisa memperoleh yang terbaik khususnya dalam dunia blogging.

    SALAM hangat dari Kendari. 8)

    Makasih pak atas kunjungan nya :mrgreen:

  19. eser mengatakan:

    Semoga suksesuntuk kontesnya bro

    Makasih kembali :cool:

  20. Sebuah Tips mengatakan:

    Semoga Kita Bisa menjadi Insan yang Lebih baik dari sebelumnya :)

    makasih pak, semoga sampean juga begitu adanya ;)

  21. aiysna mengatakan:

    met tahun baru hijriyah. mga ditahun ini lebih baik dan sukses untuk kontesnya….
    salam hangat dari jombang… :)

    sama-sama mbak sukses juga untuk anda :razz:

  22. aiysna mengatakan:

    met tahun baru hijriyah. mga sholatnya lbih ontime dan tambah rajin shalat tahajudnya ….
    salam hangat dari jombang… :)

    makasih mbak ;)

  23. andry sianipar mengatakan:

    meski terlambat saya juga mau mengucapkan selamat tahun baru Hijriyah 1432. semoga tahun ini lebih banyak kebaikan yang kita kerjakan dibanding tahun lalu. Denpasar tampak sepi saat galungan seperti ini…he he he..

    sama mas, di komplek rumahku juga sepi tapi sepinya bukan merayakan hari raya tapi jualan di tempat2 keramaian hari raya :lol:

  24. farandyryan mengatakan:

    tahun baru , resolusi baru .. :D

    membawa semangat baru :razz:

  25. M Mursyid PW mengatakan:

    Meski agak terlanbat, Met tahun baru 1432 H. Semoga tahun ini membawa berkah pada kita semua, Mas.

  26. Muslim Traveler mengatakan:

    selamat tahun baru hijriyah…semoga kita makin disayang Allah

  27. bayuputra mengatakan:

    selamat tahun baru hijriyah.
    Sukses selalu untuk Bapak sekeluarga …. Amin.

  28. Yulis Samoa mengatakan:

    Semoga menang untuk Kontes K.U.M.A.T nya yah mas… Dan jangan lupa diupdate mas kalau menang…hehehe

    Salam …

  29. Kumpulan Informasi mengatakan:

    semoga menang kontes ya sob

  30. unggulcenter mengatakan:

    betul pak! harus bisa berubah.. dan tentu ke arah lebh baik!

    Makasih mas ;)

  31. Ifan Jayadi mengatakan:

    Wah, benar2 kecanduan ya online nya. Berarti memang internet punya dampak yang positif dan negatif. Tinggal bagaimana cara kita untuk menyikapinya. Kalau punya tekad yang kuat untuk melakukan perubahan yang baik, maka harus punya langkah/perencanaan yang tepat tentunya. Apapun itu, semoga bisa berhasil dalam kontes tsb.

  32. mampir silaturahmi sambil mencatat artikel peserta dan melakukan penilaian.
    Salam hangat selalu.

  33. purwanto mengatakan:

    walah…walah…walah… merinding baca tulisane mas Sugeng, seolah-olah saya juga berkaca pada sebuah cermin.. memang butuh perjuangan mas untuk bisa tawazun antara dunia nyata dan dunia maya, kedua-duanya punya nilai sendiri-sendiri di sisi Nya… semoga tahun baru ini bisa menjadi ajang muhasabbah kita semuua agar hidup yang akan kita jalani semakin baik, seimbang dan tambah berkah tentunya. Amiin ya Allah….
    salam

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 103 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: