Komentar Panjang

……………. jangan ramai-ramainya, ada rumor bahwa yang ikut ngirim SMS Komodo akan menjadi pendukung JK

Niatan awal memang cuma menuliskan uneg-uneg di hati tanpa ada keinginan menjadi selebblog. Terkenal sih boleh tapi cuma di ranah blog (online) tapi kalau di luar itu aku menjadi diriku sendiri. Yang selalu berpacu dengan debu dan deru yang setiap hari harus aku taklukan demi mencari sesuap nasi dari dunia nyata. Dan saat tulisan saya yang terakhir kemarin yang ngebahas tentang komodo, saya sampai geleng2 kepala dengan kualitas komentar yang masuk. Ada yang sampai komentar itu karena panjangnya bisa dijadikan postingan sendiri di blognya. :lol:

Dan dalam beropini di sebuah blog pribadi, semua menjadi sah-sah saja karena memang yang tertulis disana memang hasil pemikiran pribadi dan tidak ada sangkut pautnya dengan orang lain. Dan dalam menanggapai komentar yang masuk, diri ini juga tidak pernah menjawab sambil bersunggut2 dan mencoba mencari pembenar pribadi. Tapi hanya sekedar menjawab komentar agar tidak ada benang merah yang hilang dari komentarnya.

Kalaupun ada komentar yang ngajak “berkelahi” bagaimana dong ?? he…he…. he…. diri ini tidak bakat untuk diajak berkelahi. Dan kalaupun ada yang ngajak “berkelahi” orang itu bakalan kecewa karena memang diri ini tidak mencari musuh dalam mengapai dunia maya ini. :razz: Ada banyak sahabat yang bisa kita dapatkan dalam pergaulan yang tidak kasat mata ini. Meskpun dalam bergaul itu norma-norma dunia offline juga harus tetap dijaga. Tapi ada juga sahabat blogger yang memang ber-idealis dalam menulis di blog nya. Meskipun kadang2 saya juga (pernah) tidak setuju dengan komentarnya yang bisa membuat merah telingga blogger. Tapi ya …. memang itu keberagaman dalam dunia online, dan itu tidak ada yang salah.

Kembali kepada tulisan ku yang kemarin, saya masih tidak habis pikir dengan komentar yang masuk (he…he….he…. kembali lagi padahal sudah tertulis diatas). Secara diri ini sendiri, memang tidak berbakat untuk membuat tulisan yang provokatif. Tapi saat memposting nya sempat terselip di angan bahwa agar tulisan itu bisa di liat orang banyak, tentunya harus di awali dengan blogwalking. Dan pancingan blogwalking itu berhasil dengan banyaknya komentar yang masuk.

Malah semalem sempat nemu di blognya Priyadi’s tentang kemarahan Hitler atas kejadian SMS gratis yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang di subsidi oleh mantan wapres. Saking marahnya, sampai Hitler membanting pensil :lol: tapi jangan cemas ini hanya joke dan tidak ada maksud apapun terhadap kandungan isi dari video tersebut.

## ssstttt……………. jangan ramai-ramainya, ada rumor bahwa yang ikut ngirim SMS Komodo akan menjadi pendukung JK dalam pencalonan nya di pemilu yang akan datang :roll:

40 Balasan ke Komentar Panjang

  1. Cahya mengatakan:

    Ha ha…, netral saja Pak :D.

    Identik dengan aman :cool:

  2. Imelda mengatakan:

    aku sih sejak awal tidak “bicara” apa-apa, tidak mendukung juga. hehehe

    Masih terjadipergulatan bathin, mau pro atau kontra :razz:

  3. lozz akbar mengatakan:

    saya idem dengan mas cahya dan mbak Imel.. enggak akan berbicara terlalu jauh jika itu bukan bidang saya.. kalau ngomongin kopi. ayo wis tak layani ampe pagi ;)

    Cak pesen satu Kopi capucino yang specy :lol:

  4. nique mengatakan:

    sudah resiko mas, kan yg ditulis yg lagi hot, kontroversial pula :D

    Secara aku gak hot, hot banget dech Jeng Nike :?

  5. goest_wid mengatakan:

    kalau saya sudah menjadi kebiasaan pak,jarang sekali saya memberikan komentar pendek untuk suatu artikel yang menarik,karena jika memang artikel itu tidak menarik,walaupun berkunjung 7x sehari saya tidak akan meninggalkan komentar…

    saya juga hampir tak pernah meninggalkan komentar “setor muka” yang hanya berisi 4atau 5 kata,maklum pak,tidak berbakat menjadi penjilat,kalau memang artikel nya bagus ya saya bilang apa adanya,kalau memang jelek dan tidak sesuai dengan realitas,ya saya katakan jelek serta tidak segan untuk mengkritik…

    bukan lantas karena sudah kenal,semua artikelnya walaupun jelek saya lantas akan akan bilang “nice inpoh,nice artikel,nice blog ..bla..bla…”..kalau memang nggak menarik,tak perlu saya komentari,thats it..

    mengapa komentar saya di beberapa blog cenderung panjang?..nggak tahu juga pak,mungkin karena mood yang timbul setelah melihat isi artikel..

    mungkin sikap saya bagi beberapa blog di anggap arogan,sombong atau apalah,EGP,sudah banyak manusia di Indonesia yang menjadi penjilat,ABS dsb,saya tidak mau menambah daftar panjang sebagai penjilat,masih banyak yang bisa di sampaikan atas nama sahabat jika itu yang di inginkan,daripada komentar sampah dan kentut….

    cenderung melawan arus?yupz betul,saya sengaja melawan arus,mencoba merubah budaya komentar kentut macam “pertamax..nice inpoh..bla..bla…” agar bisa berubah menjadi komentar yang bisa memberi value bagi artikel itu sendiri…

    Saya setuju banget mas, dengan sampean. Tapi kadang memang tidak semua blogger mau melawan arus seperti itu apalagi bagi yang masih ngejar trafic kunjungan. Tapi kalau sudah terlanjur panjang tapi ketangkep satpam gimana dong :lol:

    • widodo mengatakan:

      kadang memang tidak semua blogger mau melawan arus seperti itu apalagi bagi yang masih ngejar trafic kunjungan

      tidak sepenuhnya benar pak,blog saya malah dapt limpahan pengunjung dari beberapa blog,seperti dari blog pak Sugeng,gara-gara arus yang saya lawan,tapi itu bukan tujuan pak,mau ada pengunjung atau tidak,yang penting tetap nulis aja…anggap saja pengunjung sebagai bonus…

      Ha…ha…ha…. masa sih ada limpahan pengunjung dari sini :?: tapi dengan komentarnya sampean di beberapa blog yang sempat saya temui pasti akan mengundang orang untuk mampir di wongnganjuk :lol: . Secara saya sendiri kalau menemui komentar seperti itu pasti langsung ngeklik tautan url nya. Dan berarti lagi pancingan nya sampean (meskipun bukan itu tujuannya) mengenai target.
      Walallhu alam bishowab

  6. nandobase mengatakan:

    Hahaha… Komentar saya kepanjangan, ya? Maap, yaaa……… :)

    Jujur saja mas, semenjak ngeblog baru tulisan kemarin yang memuat komentar panjang lebar. Saya sendiri sampai geli melihat komentar yang masuk, ternyata tulisanku juga bisa membuat orang terlecut untuk komentar balik. Gak papa mas, jadi bisa bersilahturahmi dan saling berkunjung ;)

  7. saya ikut nyimak saja pak. :D

    kalo saya ingin komentar panjang, mending saya buat postingan yang link-nya mengarah ke sini. :lol:

    meskipun saya bukan seorang blogger, tapi dlm dunia perblogan saya selalu menghargai setiap blog, setiap tulisan, karena itu hak masing2 orang/blogger.

    Salam.

    Hah !!! sampean bukan seorang blogger, terus yang selama ini ada macan mlaku2 kui punya sapa :?:

  8. Lidya mengatakan:

    no komen aja deh :)

    Singkat dan aman :mrgreen:

  9. Masbro mengatakan:

    Hehehe..

    Pokoknya tetap semangat Mas..!

    Alhamdulillah mas, semangat nulisku masih ada meskipun ikutan blogger post a week :razz:

  10. Mabruri Sirampog mengatakan:

    sama seperti yg di atas, ga akan berkomentar kalau memang saya ga ngerti…
    lebih baik diam….. :D

    Diam adalah emas, wani piro :?:

  11. Djangan Pakies mengatakan:

    tulisan sampean kemarin memang tegas namun memberikan alasan yang menguatkan, jadi itulah sebuah opini yang tentu saja akan mendapatkan komentar yang aneka sesuai dengan pemahaman pengunjung terhadap artikel kita.
    tetap semangat Kang, teruslah berkarya dengan pemikiran yang menarik

    Ha… ha…. ha….. masa sih Pak, tapi watak ku gak berniat membuat opini nyeleneh koq :cool:

  12. Una mengatakan:

    Hahaha resiko menulis yang beda dari kebanyakan pemikiran orang.
    Keep blogging om!

    Siippp mbak ;)

  13. Adi Nugroho mengatakan:

    sama kayak mas Mabruri. No comment,, aku ndak ngerti..

    :razz: :mrgreen: :lol:

  14. ded mengatakan:

    Saya khawatir kalau SMS seperti itu akan merugikan kita, karena tanpa diminta kita akan dikirimi SMS setiap hari, dengan biaya pulsa yg harus kita tanggung.

    Resiko mendukung itu mas, ada harga yang harus disetor :lol:

  15. Bung Eko mengatakan:

    Apa yang Bung sampaikan soal komodo kemarin memang benar, tapi itu satu sisi. Dan, ketika dua sisi yang berbeda bertemu dalam satu laman, jadilah diskusi berupa posting yang ditimpali komentar panjang. Btw, saya kemarin termasuk yang berkomentar panjang, kan? Hehehe…

    Gak papa Bung Eko, saling diskusi itu merupakan kebisaanku di dunia offline. :idea:

  16. Graha Nurdian mengatakan:

    Justru itu mas tulisan yang berkualitas, tegas, dan bisa menjadi penjembatan komentator dalam berdiskusi. Semakin panjang komentar berarti kan menunjukan kesungguhan komentator dalam mengomentari artikel anda. Justru jauh lebih baik daripada komentator abal – abal yang bisa dibilang mungkin kurang patut menyandang nama sebagai komentator dikarenakan komentarnya yang sungguh terkesan sangatlah malas, dan hanya bertujuan meninggalkan jejas saja.

    Dan kalo menurut saya pribadi saya lebih suka menerima komentar tajam karena akan langsung menusuk saya, seperti pepatah “Gajah dipelupuk mata tidak kelihatan, sedangkat semut diseberang lautan terlihat” karena dengan hal itu lah kita bisa mengetahui kekurangan kita maupun blog kita. :)

    Anyway salam kenal mas :)

  17. CahNdeso mengatakan:

    Dukung “Komodo” dan “Komentar Panjang”, saling berkait; tapi Intinya berbeda…. Biar gak ditendang keluar, komentar saya singkat saja. Thanks, and salam sahabat, Bro…

  18. jarwadi mengatakan:

    ya, namanya blog itu kan opini/pandangan subyektif pemilik blog itu sendiri. jadi kalau suka ya suka saja dan tidak usah menuntut macam macam.

    eh, ini kan komentar subyektif saya ya, hehe

  19. abi_gilang mengatakan:

    Maap akang mah nggak bisa komen panjang2, sekedar ninggalin jejak dan mo kenalan atau istilahnya ikut nimbrung…terima kasih!

  20. die mengatakan:

    Beropini hukumnya sah, “gimana saksi, sah?” sepanjang tidak terlalu menjungkirkan pihak lain. Akan berbeda hasilnya jika opini bertujuan untuk mendiskreditkan seseorang….

  21. mandor mengatakan:

    komentar menunjukkan tingkat berpikir penulisnya. Setidaknya itu yang saya rasakan dengan tulisan blog saya. Ketika saya menulis ceria, maka komentar pun setidaknya ceria. Ketika saya menulis serius maka komentar setidaknya serius juga. Ketika saya mengajak diskusi, mari kita berdiskusi dengan baik.
    Tidak ada salahnya berseberangan karena hasil pikiran orang tidak akan sama. yang pasti etika dalam berkomentar sama dengan etika ngomong di depan orang banyak.
    Mari kita ngeblog dengan berkualitas dan berkomen dengan bijak. Berseberangan itu tidak masalah asal santun.

  22. irfan handi mengatakan:

    Tetap Damai Pak. Peace!!! :-D

  23. kaget mengatakan:

    Kadang2 memberikan komentar panjang juga perlu, apalagi kalau fikiran lagi fresh dan ngga Oot. Artinya selain menghargai juga akan membuat blog semakin meriah dan hidup :)

  24. Zippy mengatakan:

    Saya netral lho mas :D
    Saya dukungnya ikhlas lahir batin, gak ada maksud apa2 :D
    Dan…bukan pendukungnya pak JK kok :D

  25. Abed Saragih mengatakan:

    Kita tuh jangan berpikri negatif,masa kalau dukung komodo berarti dukung JK,,berarti Pak JK…..???

    Kunjugan dan komentar balik gan sekalian tukran link

    http://diketik.wordpress.com

  26. andipeace mengatakan:

    hatduh kok malah ribet gini ya masalah deskripsikan dukungan komodo….
    salam sejahterah selalu

  27. Mood mengatakan:

    Mesti ke TKP dulu nih, biar tau lebih jelas :P

  28. Baha Andes mengatakan:

    ngakak aku euy…
    wah blog ini pastinya akan menjadi salahsatu blog favorit nih….

  29. Zonapedia mengatakan:

    Hahaahaha………… Netral pak…… gak pilih kanan kiri, belum cukup umur soalnya…..

  30. Flash Disk yang digunakan sering mengalami serangan virus ataupun malware, trojan yang merupakan program jahat lainnya yang berasal dari USB Flash Disk. Virus-virus tersebut dapat merusak…

  31. iyoxdeva mengatakan:

    hahaah netral aja saya,,,,,and ternyata saya belom mengirim sms 1 pun hehe,,,

    • purwanto mengatakan:

      Bener banget mas … kita urang mahh ,,, NETRAL ajjj …. selagi dia mempunyai visi & misi buat bikin bangsa ini makmur mah …. SOK Atuh …. Kita uranG paSTi dukung ….
      salam kenAL ,,,, Omm ….

  32. Asop mengatakan:

    Hmmmm… Kalau memang JK lebih baik dari SBY, mengapa tidak? :P

  33. HALAMAN PUTIH mengatakan:

    Boleh2 saja orang berkomentar panjang atau pendek dalam blog kita. Tapi kalau terlalu panjang mungkin sampai satu artikel bisa mengganggu para komen yang lain. Komentar menurut saya sih yang wajar2 aja. Kalau pun panjang tak lebih dari satu paragraf pendek. Kurang lebih ya seperti yang saya lakukan ini.

    Makasih mas, komentarnya langsung disertai contoh langsung :lol:

  34. Ejawantah's Blog mengatakan:

    Terkadang dalam kehidupan ini kita harus dapat menjadi yang kontroversial Kang dalam membuat suatu karya, agar kita dapat mengerti apa yang sebenarnya terjadi. Seperti kita melihat suatu peristiwa dalam suatu arena turnamen. Bila hanya satu arah tentu saja hidup ini akan jenuh bahkan opini tidak akan berkembang menjadi suatu hal yang lebih positif dan menyegarkan.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    Saya kepingin menulis yang selalu membuat kontroversi namun saya takut sendiri dengan cara pandangku yang kadang berlawanan dengan kebanyakan :razz:

  35. yayats38 mengatakan:

    Pro Kontra ini makin seru .. dan video di atas di-private ternyata akibat dari twitwar …
    Kalaupun dukung saya sih tanpa kepentingan apapun apalagi politik. Dan tidak merasa dikibulin he he karena toh momen ini ternyata membuktikan betapa rakyat indonesia jadi tergugah dan tersadar kalau memiliki komodo dan pulau komodo. Itu benang merah yang saya peroleh.

  36. yayats38 mengatakan:

    Tentang komentar panjang … saya setuju dengan @Mas Goest_Wid ..
    Trims

  37. bensdoing mengatakan:

    ngomong2 komen terpanjang…..bukan sya khn P Sugeng :-D

  38. sofyana mengatakan:

    calmy guys lam knal.081586717939

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 101 pengikut lainnya.

