Bagi2 Info Kondisi Jalan Denpasar – Mojokerto

Kemarin tanggal 12-14 Agustus 2009 aku melakukan perjalannan darat dari Tabanan, Bali sampai ke Pacitan, Jawa Timur. Mestinya perjalanan ini sudah aku rencanakan karena pada tanggal tersebut aku harus menjemput anak yang libur sekolah (di pondok pesantren Tremas). Sekarang aku mau bagi2 info kondisi jalan Denpasar – Mojokerto review untuk para pemudik sebelum lebaran. Karena perjalanku kemarin memang aku lakukan seperti touring Jawa Bali.

Perjalanan ini aku lakukan mulai tanggal 11 Agustus 2009 jam 23:00 malam . Kenapa aku lakukan malam ? dengan pertimbangan kalau malam situasi jalan agak sepi (dan benar2 sepi karena tengah malam, siapa yang mau jalan tengah malam gini 😆 ). Tentang keamanan jalan malam di sepanjang jalur Jawa-Bali sangat di jamin aman. Jadi anda tidak perlu cemas (seperti perjalanan darat jalur trans Sumatra) karena pos polisi dan pompa bensin sangat banyak bertebaran di sepanjang jalur ini. Jadi sewaktu2 jika capek dan butuh bantuan polisi, kita tinggal cari yang terdekat. 😆

 Sepanjang jalur Bali jalanan sangat mulus (mungkin Pemprov Bali banyak duit sehingga pembangunan infrastruktur jalan bisa menjadi prioritas utama 😆 ) bahkan bisa aku katakan susah cari jalan rusak. Tapi memasuki jalur di Jawa Timur, mulai kita harus waspada. Sepanjang jalur Banyuwangi sampai Asembagus banyak jalan yang sudah di perbaiki namun karena kita tidak tahu situasi nya jadinya ya memang harus ekstra hati-hati. Apalagi memasuki jalur alas Baluran yang sepanjang ± 21 KM. Kalau tidak salah ada 2 lokasi jembatan yang melintas jalan di perbaiki. Disini oleh pelaksana proyek diberlakukan system buka tutup jalan secara bergantian sehingga bagi anda yang membawa mobil harus sabar antri 🙂 .

 Keluar dari Asembagus kembali banyak jalan yang sudah di perbaikai oleh pihak pemda setempat namun sayang nya perbaikan jalan tersebut belum semua jalan tertutupi. Maksudnya cuma setengah jalan yang tertutup aspal hotmix baru, sedang setengah jalan nya masih dengan kondisi aspal yang lama. Jadi ada perbedaan ketinggian jalan sekitar 5-7 cm di kanan kiri nya. Ini sangat berbahaya bagi pengendara yang memakai sepeda motor. Dengan perbedaan ketinggian ini potensi kendaraan jatuh (bila meliwati nya) sangat besar apalagi melintas dengan kecepatan tinggi ❗ . Dan keadaan ini ada di sepanjang jalur Asembagus sampai Probolinggo.

Tapi untuk kedepan nya, di sepanjang jalur ini kita akan mendapat lebar jalan yang bertambah. Karena sekarang sedang ada pengerjaan pengerasan bahu jalan di sebelah kanan jalan nya (dari Bali). Dan sudah banyak yang dalam tahap pengerukan jalan. Nah ini juga perlu diwaspadai oleh para pemakai jalan yang tidak tahu situasi dan kondisi jalannya karena banyak bahu jalan yang berlubang besar.

Memasuki wilayah Probolinggo kondisi nya relatif lebih baik karena tidak ada proyek perbaikan jalan. Sedang kondisi jalan nya memang agak lumayan dalam artian tidak ada jalur yang berlubang namun tidak berlubangnya ini cuma sekedar tambal sulam. Jadi cuma jalan yang sebelumnya berlubang di bongkar sepanjang yang rusak dan di tutupi (di tambal). Dengan kondisi tersebut otomatis mengakibatkan keadaan jalan tidak mulus. Hal seperti ini terjadi sampai memasuki kota Mojokerto.

Untuk Mojokerto sampai dengan Pacitan jalanan yang aku lalui sangat tidak layak di sharing kan karena memang tidak bisa dipake referensi karena aku naik bis 😆 dari mojokerto sampai rumah (pacitan).

Namun yang jelas kondisi yang seperti ini sangat mungkin tidak akan bisa selesai pada hari H lebaran. Untuk itu bagi yang mau mudik melalui jalan darat, aku berpesan harap hati-hati bila telah memasuki wilayah tersebut. Mungkin hanya ini yang bisa aku sharing kan semoga bisa menjadi bahan referensi bagi yang mau mudik lebaran 2009. Dan tak lupa aku ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa.

38 Balasan ke Bagi2 Info Kondisi Jalan Denpasar – Mojokerto

  1. wira berkata:

    info ini sangat bagus untuk temen2 yang mau mudik ke jawa dengan kendaraan pribadi… nice post 🙂 selamat menyambut lebaran

  2. a! berkata:

    aduh, sayangnya perjalanan itu malam hari. kalo malam aku malah ngeri, mas. soale ketemu bis gede2 itu.

    yg siang dong kalau ada.

  3. diazhandsome berkata:

    sayangnya, gw gak lewat jalan itu. hehehe…

    lewat Pantura lebih enak kayaknya buat mudik nanti. lagian belom boleh bawa mobil gw… (under 17 nih!)

  4. awi berkata:

    hehe saya mah nggak mudik kemana2
    tapi thanks untuk sharing info nya
    bagus untuk mereka yg akan mudik lewat jalur itu

  5. made gelgel berkata:

    salam kenal mas Sugeng 🙂

  6. Mus berkata:

    Selamat menunaikan ibadah puasa, jika berkenan sudilah kiranya menautkan nama Rusli Zainal Sang Visioner di bagian blogroll blog sahabat.

    • Sugeng berkata:

      Makasih bang Rusli yang telah sudi mampir, tapi masalah nya adalah aq gak tahu caranya kasi tautan blogroll. Lah wong aku bikin ini aja cuma modal klik-sana klik sini. Maklum katrok 😆 .

  7. alamendah berkata:

    Kalau perjalanan malam (kayak isra’ aja…) mungkin lebih baik jalan Banyuwangi-Asembagus lebih aman, ya?. Soale banyak yang rusak jadi ngantuknya hilang, dong!

    he.. he..

    • Sugeng berkata:

      Betul mas tapi sekarang sudah banyak yang di tambal tapi ya itu jadinya tinggi sebelah. Kalo gak hati-hati malah bisa bikin jatuh sepeda motor bahaya ❗ .

  8. RitaSusanti berkata:

    Salam kenal mas!
    Wah info yang bermanfaat tuh buat para pemudik nanti…Kalau saya sih beda jalur mudik mas:). Terima kasih sudah berkunjung ke tempat saya ya…

  9. Siti Fatimah Ahmad berkata:

    Salam kenal Mas..
    Wah..emangnya mas suka “menyalahi” perkataan ya…Gembira dapat membalas ziarah ke laman ini serasa sudah berada di Bali walau hanya melalui maya…Salam hormat dari Malaysia.

  10. udienroy berkata:

    Sugeng anggene ngelampai Kewajiban injih meniko sasi poso Engkang wonten Sasi romadhon Mugi-mugio Menopo engkang kito lampai sak jeruning wonten eng sasi poso meniko kersa-aken pikantuk luweh ganjaran Marang Eng gusti engkang ngaryo jagad. Cekap semanten anggene kula ngaturaken bebasan kula sak langkungnipun kula nyuwun pamit. sembah kulo penjengan kersaaken.
    Eh eh salam kenal bro!

  11. nyegik berkata:

    Selamt beribadah puasa dan mudik lebaran dengan lancar

  12. Wah memang harus waspada dan hati-hati ya,
    makasih infonya sangat bermanfaat kok.
    semoga saja perbaikan jalan dan pembangunan jalan segera selesai dan mereta di seluruh indonesia.
    selamat menjalankan ibadah puasa juga!
    kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang

  13. bluethunderheart berkata:

    malam bang
    met puasa dan berbuka puasa ya bang
    tahu tidak bang, blue senang jika dapat sahabat beru di blog.
    salam hangat selalu

  14. rampadan berkata:

    perjalanan jauh nich pak? saya masih tanggal 7 mudiknya. dari kalimantan ke banyuwangi. makasih infonya, semoga perbaikan jalan banyuwangi udah selesai pas saya mudik.

  15. indra1082 berkata:

    yo…yang mau mudik…
    salam semangat………. 🙂

  16. ILYAS AFSOH berkata:

    MUDIK HEBOH
    DENGAN persiapan prima

  17. udienroy berkata:

    Hmm berkunjung lagi nih. saya di sumatra jalan penuh lobang. tapi saya suka jalan penuh lobang. ohya “Baca berita Malaysia lecehkan lagu Indonesia Raya klik tautan ini http://wp.me/pjtej-6C

  18. RitaSusanti berkata:

    Semoga tetap semangat puasanya ya mas..
    Hmm, jadi kapan nih mas mudiknya he he:)

  19. Wah,, jadi ingat rumah…
    Kapan ya saya pulang?

  20. […] karena acara rutin tahunan ku setiap menjelang bulan Ramadhan. Ya, setiap menjelang Ramadhan aku selalu menjemput putriku yang sekolah (mondok) di pesantren Tremas Pacitan. Kebetulan tahun ini dia lulus dari MTs nya […]

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

