Bagaimana sih Harusnya Bela Negara ?

Didalam situasi seperti sekarang ini memang rasa patriotisme kita kadang selalu diusik. Tidak saja oleh faktor external dari luar negeri, faktor internal dalam negeri sendiri bisa membangkitkan rasa patriotisme itu. Contohnya kemarin pas ada teror bom (semoga menjadi) terakhir di hotel JW Marriott dan Ritz Cartlon. Banyak sekali twiter dan facebooker yang ikut memposting kejadiannya sehingga banyak netter lain di seluruh Indonesia yang mengetahui dengan cepat.

Mungkin yang dilakukan para facebooker dan twiter itu Cuma sekedar hobi dari suatu rutinitas harian. Namun ada dampak yang berguna bagi orang lain sehingga kejadian yang belum sempat terekspos oleh media bisa diketahui dengan cepat.

Kalau dari faktor external mungkin kejadian yang sempat ramai beberapa waktu lalu bisa menjadi contohnya. Ya soal blog yang melecehkan Indonesia dari tetanggan serumpun dan pengklaiman kekayaan budaya Indonesai oleh negara tersebut.

Kita semua mungkin merasa kebakaran jenggot dengan kejadian tersebut namun mungkin action dari masing-masing kita bisa berbeda. Mungkin bagi seorang purnawirawan TNI dan pernah bersinggunan langsung dengan mereka bisa mengadakan action lain. Namun bagi seorang hacker yang selalu bersinggungan dengan berbagi script program IT mungkin bisa melakukan hal lain demi menjaga gengsi negaranya. Seperti kemarin  sewaktu negara tetangga sedang merayakan ulang tahun kemerdekaan nya. Mereka ramai-ramai secara sistimatis dan terencana menyerang situs-situs milik pemerintah dan yang berasal dari negara tetangga tersebut. Hasilnya, mereka bisa menunjukan eksisitensi mereka dan pesan yang disampaikan bisa diterima dengan jelas😆 .

Sekarang tergantung dari kita semua, bagaiman kita bisa memberi arti bela negara bagi negara tercinta ini. Karena masing-masing dari pribadi kita bisa berbeda-beda dalam mengartikan nya. Mungkin bagi seorang yang mempunyai jiwa militer, aplikasi dari bela negara ya harus dengan membawa bedil dan berjibaku secara langsung. Bagi seorang pelajar mungkin arti bela negara yang maksimal ya harus bisa membawa nama Indonesia di kancah internasional dengan menjadi juara.. Bagiku sendiri ….. karena diriku bukan militer dan bukan pelajar yang sedang getol-getol nya menuntut ilmu, arti bela negara ya dengan ikut menyemangati muda-mudi Indonesia agar tidak terjurus di dalam keadaan yang tidak berguna.😆 he…he….he… Tapi yang jelas sebelum melakukan hal itu, kita harus bisa memberi contoh yang baik mulai hal-hal kecil dari diri kita sendiri. Waduh gimana maksudnya ya, jadi kacau begini jelasinnya😕 . Begini loh maksudnya,aku memberi arti bela negara itu dari diri sendiri. Kebetulan di lingkungan perumahan tempat tinggalku aku dipercaya menjadi ketua pengajian. Nah dari sana aku mulai berkontribusi tentang bela negara, aku mengajak seluruh warga di lingkungan ku untuk berbuat baik bagi linkungan nya. Juga menjaga generasi mudanya dari hal-hal yang dilarang agama, karena aturan agama itu untuk membuat hidup kita menjadi lebih baik dari hari kemarin.

Karena menurutku sesuatu yang besar harus dimulai dari terkecil. Sesuatu yang baik di negeri tercinta ini harus dimulai dari hal-hal baik yang dilakukan oleh diri pribadi masing-masing warganya.

Mungkin bagi orang lain kontribusi yang aku lakukan sangat kecil artinya diantara 200juta warga Indonesia, tapi aku yakin seyakin-yakin nya kalau semua warga negara melakukan hal-hal yang baik dari diri sendiri, maka akan terlahir suatu negara yang baik di kancah dunia.

Bagimana arti Bela Negara bagi anda❓

Tulisan ini aku buat sebagai urun rembug tentang bela negara yang diadakan oleh Pakde Cholik. Semoga urun rembug yang setitik ini bisa memberi arti bagi semua..:mrgreen:

9 Balasan ke Bagaimana sih Harusnya Bela Negara ?

  1. alamendah mengatakan:

    (maaf) ternyata masih kebagian mengamankan PERTAMA.
    Selamat menikuti Bukan Kontes Bela negara dari Pakde Cholik. Mari tunjukkan kepedulian kita pada usaha2 bela negara.
    Sukses selalu

  2. diazhandsome mengatakan:

    bela negara itu suatu hal yang dilakukan untuk membuat negara ke arah positif. misalnya tidak membuat kericuhan dunia, dll. bisa dengan cara mengharumkan nama Indonesia dengan menjadi juara olimpiade atau sebagainya.

  3. wira mengatakan:

    bela negara emang banyak caranya, dengan mencintai kebudayaan dan melestarikanya juga termasuk bela negara.

  4. Wempi mengatakan:

    bantu tetangga yang kena musibah.

  5. adi dzikrullah mengatakan:

    SaLm kwnL TEMAN…semoga makin mantap..amien

  6. boyin mengatakan:

    mulai dari diri sendiri aja, spertiaktif dalam kegiatan kemasyarakatan

  7. nurrahman18 mengatakan:

    bela negara bisa dan harus dilakukan oleh siapa saja, berbeda2 tergantung posisi nya. kalau pelajar bisa dengan rajin belajar😀

  8. Pakde Cholik mengatakan:

    Bela Negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara Indonesia yang dijamin oleh UUD 45.
    Bela negara bersifat serba muka, bukan hanya mukanya TNI dan Polri saja. Melalui bidang masing-masing rakyat Indonesia dapat berperan serta dalam bela negara.
    Guru dimasa pembangunan sama halnya dengan tentara diwaktu perang : ini antara lain contohnya.
    Terima kasih atas partisipasinya mas.
    Salam hangat dari Surabaya.

  9. mikha_v mengatakan:

    Setuju. Bela negara dimulai dari hal-hal yang kecil.

    Kalo hal yang kecil seperti buang sampah saja tidak bisa pada tempatnya (banyak sekali orang indonesia yang begini, termasuk mobil pelat merah pernah saya lihat buang sampah dari jendela), bagaimana mau melakukan perkara besar seperti bela negara?

    Setubuh, memang semua harus bermula dari diri kita sendiri

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: