Pertolongan Pertama Pada Stroke

Dalam postingan ku kali ini yang menjadi sumber inspirasiku adalah orang yang sering menyiapkan makan siang kami ditempat kerja. Sebelumnya aku mohon maaf  kepadanya karena mengambarkan keseharian nya di dalam blogku ini. Mungkin kalau yang bersangkutan gak terima, aku bisa dilaporkan dan dijerat oleh undang-undang ITE serta bernasib sama dengan Prita. 😆

Maklum aja orangnya sendiri sudah sepuh (beberapa tahun lagi kan pensiun) dan sudah pernah terkena serangan stroke ringan, tapi yang membuat kami semua teman kerja sekantor menjadi agak sedikit meradang adalah kelakuan nya yang sok nyambung dalam setiap obrolan. Padahal dalam kenyataan nya orangnya bolot tulen, ada orang ngomong A eh…. dia ikutan nimpalin omongan ke B. Malah kadang gag nyambung sama sekali.

Jaman sekarang segala penyakit bisa menyerang siapa saja tidak mengenal umur lagi. Dulu orang yang sakit jantung selalu dikaitkan dengan orang yang sudah berumur tapi sekarang 😕 , orang yang sakit jantung bisa menimpa siapa saja. Anak kecilpun (baca: bayi) bisa terserang sakit jantung. Apalagi dengan penyakit yang satu ini stroke. Di Indonesia sendiri penderita penyakit stroke menempati urutan pertama terbanyak seluruh dunia. Weleh-weleh…… 😕 😕 .

Langsung aja aku tanya pada mbah gogel tentang penyebab dan cara penanganan serangan penyakit stroke karena aku takut akan kejadian yang menimpa teman kerja tersebut akan berlanjut ke session II 😆 .

Penyakit Stroke terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Berkurangnya aliran darah dan oksigen ini bisa dikarenakan adanya sumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah.

Biasanya tanda tanda serta gejala stroke antara lain :

  1. Kelemahan otot (hemiplegia), kaku, menurunnya fungsi sensorik  pada system saraf pusat.
  2. Menurun kemampuan membau, mengecap, mendengar, dan melihat parsial atau keseluruhan, refleks menurun, ekspresi wajah terganggu, pernafasan dan detak jantung terganggu, lidah lemah.
  3. Daya ingat menurun, hemineglect, kebingungan.

Jika tanda-tanda dan gejala tersebut hilang dalam waktu 24 jam, dinyatakan sebagai Transient Ischemic Attack (TIA), dimana merupakan serangan kecil atau serangan awal stroke.

Sedang faktor resiko  antara lain hipertensi (penyakit tekanan darah tinggi), kolesterol, aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah), gangguan jantung, diabetes, riwayat stroke dalam keluarga, serta migrain.

Untuk faktor resiko perilaku antara lain merokok (aktif & pasif), makanan tidak sehat (junk food, fast food), alkohol, kurang olahraga, mendengkur, kontrasepsi oral, narkoba, juga obesitas. 80% pemicu stroke adalah hipertensi dan arteriosclerosis. Pemicu stroke pada dasarnya adalah, suasana hati yang tidak nyaman (marah-marah), terlalu banyak minum alkohol, merokok dan senang mengkonsumsi makanan yang berlemak.

Pertolongan pertama pada orang yang terkena serangan stroke itu adalah dengan cara
mengeluarkan darah pada setiap ujung jari tangan dan ujung daun telinga). Ini merupakan cara terbaik untuk memberikan pertolongan pertama kepada orang yang mendapat serangan stroke. Cara ini selain dapat menyelamatkan nyawa si penderita, juga tidak menimbulkan efek sampingan apapun.

Pertolongan pertama ini dijamin merupakan pertolongan gawat darurat yang dapat berhasil 100%. Sebagaimana diketahui, orang yang mendapat serangan stroke, seluruh darah di tubuh akan mengalir sangat kencang menuju pembuluh darah di otak. Apabila kegiatan pertolongan diberikan terlambat sedikit saja, maka pembuluh darah pada otak tidak akan kuat menahan aliran darah yang mengalir dengan deras dan akan segera pecah sedikit demi sedikit.

Dalam menghadapi keadaan demikian jangan sampai panik tetapi harus tenang. Si penderita harus tetap berada ditempat semula dimana ia terjatuh (mis: dikamar mandi, kamar tidur, atau dimana saja). JANGAN DIPINDAHKAN !!! sebab dengan memindahkan si penderita dari tempat semula akan mempercepat perpecahan pembuluh darah halus di otak.

Penderita harus dibantu mengambil posisi duduk yang baik agar tidak terjatuh lagi, dan pada saat itu pengeluaran darah dapat dilakukan. Untuk yang terbaik menggunakan jarum suntik namun apabila tidak ada maka jarum jahit / jarum pentul / peniti dapat dipakai dengan terlebih dahulu di sterilkan dulu dengan cara dibakar diatas api. Segera setelah jarum steril, lakukan penusukan pada 10 ujung jari tangan.

Titik penusukan kira-kira 1 cm dari ujung kuku. Setiap jari cukup ditusuk 1 kali saja dengan harapan setiap jari mengeluarkan 1-3 tetes darah. Pengeluaran darah juga dapat di bantu dengan cara dipencet, apabila darah ternyata tidak keluar dari ujung jari.

Dalam jangka waktu kira-kira 10 menit, si penderita akan segera sadar kembali. Bila mulut si penderita tampak mencong / tidak normal, maka kedua daun telingganya harus ditarik-tarik sampai berwarna kemerah-merahan. Setelah itu lakukanlah 2 kali penusukan pada masing-masing ujung bawah daun telingga sehingga darah keluar sebanyak 2 tetes dari setiap ujung daun telinga.Dengan demikian dalam beberapa menit bentuk mulut si penderita akan kembali normal. Setelah keadaan si penderita pulih dan tidak ada kelainan yang berarti, maka bawalah si penderita dengan hati-hati ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Semoga postingan ini bisa memberi sedikit manfaat bagi semua terutama semua teman-teman kerja agar siap-siap bila sewaktu2 kejadian ini terjadi dilingkungan kerja kita. 😆 😆 :mrgreen: :mrgreen:

Stroke sangat dapat dicegah,
Hampir 85% dari semua stroke dapat DICEGAH

Iklan

44 Balasan ke Pertolongan Pertama Pada Stroke

  1. Wempi berkata:

    Jangan lupa bawa ke rumah sakit atau panggil dokter. moga-moga tidak panggil ambulan. 😆

    malah ada juga yang manggil dukun untuk ngusir roh jahat 😆

    • Henny Faridah berkata:

      Oksigennya dulu kali ya??? kan kekurangan oksigen hehehe…

      kamsute bukan oksigen yang dihirup lewat hidung tapi dalam aliran darah juga trdapat oksigen yang di supply ke otak 😆 maaf mbak, sekedar berbagi info .

  2. arsumba berkata:

    tips yang bermanfaat pak..
    bahaya juga ya penyakit ini.. mudah-mudahan terhindar dari penyakit ini..
    salam hangat selalu dari arek sumbawa…
    😀

    aku juga berdo’a selalu agar gag sampe segitunya :mrgreen:

  3. anna berkata:

    dari tulisan bpk ini sngt bermanfaat bg org yg membthkan disaat kepanikan, smg akan menjd ladang amal bg bpk

    makasih mbak anna atas kunjungan nya, tapi koq gag ada link nya ya 😕

  4. cobaberbagi berkata:

    tips yang bermanfaat pak
    berlama2 d depan laptop atau komputer bisa kena stroke juga loh

    masak sih 😯 ….. wah aku harus kurangi waktu tidurku nih 😆

  5. BENY KADIR berkata:

    Sangat berguna Mas buat jaga2.
    Kebiasaan dan pola makan cukup berpengaruh terhadap timbulnya stroke dan berbagai jenis penyakit lainnya.
    TERIMAKASIH Mas,sudah berbagi hal yg bermanfaat ini.

    sama2 mas ben…………. makasih kunjungan nya 😉

  6. alamendah berkata:

    Wah tips yang mantab sekali, Pak. Selama ini saya sendiri sering bingung kalau menghadapi kejadian seperti ini. Di tolong bisa-bisa malah menimbulkan bahaya.

    yang lebih membuat ngenes adalah jatuhnya di sekitar sumur. karena kita tahu dibiarkan saja (sambil kasi pertolongan) tetapi bagi yang gag tahu …… malah kita dikira gag menghiraukan 😦 serba salah memang.

  7. Hary4n4 berkata:

    Terimakasih sekali utk tulisannya, sangat bermanfaat banget..
    Kebetulan saya punya kenangan dgn penyakit yg satu ini.. Penyakit ini telah perantara pulangnya Bapak saya ke HadiratNya..
    Semoga hal ini tidak menimpa pada para sobat dan keluarganya…

    Salam hangat dan damai selalu..

    almarhum bapak mertua saya juga sama dengan almarhum bapak e sampean, malah beliau sempat menjadi bunga kasur selama 2 tahunan sebelum dipanggil oleh NYA 😦

  8. zipoer7 berkata:

    Salam Takzim
    Mohon izin menyampaikan undangan acara di humberqu via batavusqu ya
    Salam Takzim Batavusqu

    makasih info nya kang, langsung ke TKP ➡ ➡ ➡ ➡

  9. aguskusuma berkata:

    emang mengerikan seandainya terserang stroke, sampai mulutnya mencong segala,………..
    kira2 pencegahan yg paling efektif spy terhindar dr penyakit ini apa mas?….

    mencegah nya lewat makanan yang kita konsumsi mas, tapi yang paling penting adalah cegah yang menjadi pemicu nya yaitu suasana hati yang tidak nyaman (sering marah-marah)

  10. arsumba berkata:

    ngomeng lagi ah.. hehehe..
    nah itu ada blogroll nya pak.. link saya sangkutin juga dunk pak.. link njenengan sudah terpasang di blog saya.. heheheh..

    di tunggu aja pak link nya, masih dalam proses 😆

  11. BENY KADIR berkata:

    Selamat pagi,Mas!
    Sehat,ya?
    Mampir lagi ni,Mas mau cermati lagi ulasan ttg strokenya.
    Rupanya,P3Knya blm memasyarakat ya,Mas?
    Yg ada justru pertolongan yg mencelakakan dan mematikan.
    Di daerah saya, ada 2 kasus yg terjadi pada tempat dan waktu yg berbeda.
    Ketika penderita merasa pusing,dia minta dipijiti di bagian tengkuknya.
    Yg terjadi selanjutnya,mulut penderita berbusa dan akhirnya maut menjemput.

    kalo dulu sewaktu aku msih kecil, penyakit begitu disebut “kena sawan” ato yang lebih memakutkan kagi “angin duduk” 😀

  12. Mr.o2n° berkata:

    Berkungjung di pagi buta hanya untuk mengucapkan selamat pagi 🙂

    makasih mas mampir di tengah malam

  13. masridwan berkata:

    supaya tdk kena stroke, berarti ndak boleh marah2 ya 😀

    setidaknya mengurangi pemicu serangan stroke, makasi mas telah mampir 😉

  14. sda berkata:

    artikel bagus, sangat membantu, tapi biasanya ya panik kalau ada yag seperti itu, apalagi pakai menyuntik dan mengeluarkan darahnya. hmmm sanggup tidak ya?

    aku juga gag bisa ngebayangin kalo ada keluarga sendiri yang korban 😆

  15. narti berkata:

    ternyata ada langkah2 pertama yg harus segera dikerjakan untuk menolongnya….
    makasih sudah berbagi tipsnya.

    😉 😉 😉

  16. mandor tempe berkata:

    tips yang bagus untuk keadaan darurat seeorang yang terkena stroke. Mekanisme mengalirkan darah melalui ujung jari dan daun telinga itu merupakan cara-cara yang mudah.
    Kok tidak dijelaskan sekalian mengapa dengan mengeluarkan darah 1 -3 tetes dari jari bisa mengurangi serangan stroke? Apa pengaruh tetesan darah terhadap aliran oksigen ke otak ?

    tujuan mengeluarkan darah itu agar tidak terjadi pengumpalan / penyumbatan darah di otak karena stroke disebabkan oleh berkurangnya aliran darah dan oksigen hal ini bisa dikarenakan adanya sumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah. karena darahnya gag lancar macet makanya dibuatkan saluran baru dengan ditusuk jarum kalo gag begitu pembuluh darah bisa pecah karena kuatnya pompa aliran darahnya, semoga membantu 😆

  17. agnes sekar berkata:

    Selamat malam Sugeng, postingan yang bagus, karena kita dapat mengantisipasi hal-hal yang kita tidak tau minimal dapat , menolong orang lain jika terkena stoke. Alangkah bahayanya jika tidak cepat ditangani. Namun satu tips untk mencegahnya, biasakanlah dengan pola hidup sehat, tidak makan terlalu banyak lemak, 4 sehat lima sempurna dan selalu olah raga serta tidur sesuai porsi. Terima kasih postingan yang bagus, Sukses untuk Sugeng.

    Regards, agnes sekar

    makasih atas tambahan masukan nya jeng agnes :mrgreen:

  18. antokoe berkata:

    tip yang sangat berguna. sedari sekarang harus mulai hidup sehat….
    [baru niat nih…]

    seandainya semua blogger mempunyai nia yang sama …. 😆 tapiterkadang pas ngeblog selalu ditemani oleh beberapa puntung rokok 😦

  19. Iseng Ngeblog berkata:

    Memang stroke ga pandang umur, anak yg masih kecil juga bisa kena dan banyak yang ga menyadari karena datangnya tiba2

    betul Gan, tentunya kita juga berusaha untuk menghindarinya dengancara hidup sehat 😉

  20. Narzis Blog berkata:

    Saya baru tau malah kalo seseorang terkena stroke sebaiknya jangan dipindahkan…
    Tips yang berguna mas…
    Makasih 🙂

    makasih mas telah mampir, cuma sekedar info karena berbagi tiak akan rugi 😆

  21. mikha_v berkata:

    Kalau CPR itu menolong stroke apa tidak?

  22. citromduro berkata:

    pijat refleksi juga bisa dipergunakan sebagai antisipasi
    mencegah lebih baik dari pada mengobati

  23. Mr.o2n° berkata:

    Artikel di atas perlu di simpan nih,buat jaga2,karna mencegah lbh baik dari pada mengobati.

  24. ndop berkata:

    ini harus dibaca oleh semua orang, nggak harus orang tua… apalagi ternyata di Indonesia ranking 1 penderita stroke… wow.. prestasi yang memalukan…

  25. Dangstars berkata:

    Makasih Mas infonya

  26. watisulis berkata:

    Bgs mas ,kpn ada tips 2 yg lain ditunggu nie ….

  27. sauskecap berkata:

    weks.. nomer satu penyakit stroke… tanda2 banyak orang stress kali ya…

  28. aldy berkata:

    Selamat Malam Mas Sugeng,
    Samapi sejauh ini belum pernah sih berhadapan dengan teman/tetangga ataupun orang lain yang tiba-tiba stroke dan berharap jangan pernah.
    Tetapi dengan postingan ini, membuat saya harus mawas diri siapa tahu suatu saat ketemu hal yang demikian.
    Terima kasih mas.
    Jadi ikutan rame-rame di humberqu ?

  29. BENY KADIR berkata:

    Selamat pagi,Mas.
    Moga tetap sehat dan lebih bersemangat dari biasanya.
    Selamat menjalankan tugas di hari yg baru.

  30. didtav berkata:

    makasih tips nya ya, jangn lupa mampir ke blog saya meski sebentar

  31. agnes sekar berkata:

    Hallo Tabanan apa Khabar ? Mana postingan barunya ? saya Blog walking berharap ada tulisan baru, masih sibuk Ya ? Mengunjungi sahabat nan jauh di Tabanan.

    Regards, agnes sekar

  32. guskar berkata:

    cara yg sangat sederhana, tp jarang sekali diketahui oleh publik. terima kasih mas atas tips yg sangat bermanfaat ini 🙂

  33. edda berkata:

    weleh, mudah2an aja semua kluarga gw sehat walafiat
    amiiin 😀

  34. melianaaryuni berkata:

    Oh, bisa jadi yang dilakukan si Bapak itu akibat dari stroke ya….Kita coba memahaminya, berbuat baik tidak kan pernah salah kok 🙂

  35. BENY KADIR berkata:

    Selamat pagi dan selamat berhari Minggu Mas.
    Harap hari ini menyenangkan buat kita semua.

  36. darahbiroe berkata:

    nice posttt makasihhhh

    berkunjung n ditunggu kunjungan baliknya makasih

  37. imadewira berkata:

    tulisan ini sangat bermanfaat 🙂

  38. Mas Ben berkata:

    Dikeluarkan darah lewat jari dan telinga, sakit no.
    Wah ngeri juga ya stroke ternyata.

    Mas Ben
    http://bentoelisan.blog.com

  39. Agung Pushandaka berkata:

    Wah, bagus nih tipsnya. Yang paling penting sih, jangan panik kalau ada orang yang terserang stroke di dekat kita. Kalau kita sudah keburu panik, pasti semua tips di atas jadi ndak bisa kita lakukan dengan baik.

  40. lyna riyanto berkata:

    alhamdulillah
    tipsnya sangat bermanfaat Pak
    memang yang paling baik adalah menjalankan pola hidup sehat
    semoga tidak terjadi pada kita ya Pak..
    jadi takuut

    sama-sama pak, yang penting makan yang berimbang serya kurangi junkfood

  41. tian berkata:

    bermanfaat sekali

  42. robby berkata:

    Apakah dunia medis kita (indonesia) tidak mengajarkan hal hal seperti itu bagi calon calon tenaga medisnya? soalnya waktu alm.ibu saya mengalami stroke di situ ada seorang perawat senior (soalnya sudah umur40an).dia tidak melakukan hal hal seperti di atas,bahkan dia buru buru mengantar alm. kerumah sakit swsata tempat dia bekerja.akhirnya ibu saya meninggal begitu sampai di rs tersebut,dan saya harus membayar biaya perawatan dan ongkos ambulan yang cukup ,mahal.

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: