Sudah Benarkah Arah Qiblat Kita ?

Bagi umat Islam tentu gak asing dengan kata qiblat (. Karena 5 kali sehari pasti menghadapkan muka / wajahnya kepada NYA dengan menghadap qiblat. Menurut arti harafiah nya qiblat bisa juga berarti arah yang merujuk ke suatu tempat dimana bangunan Ka’bah di Masjidil Haram, Makkah Saudi Arabia berada. Namun sampai sekarang ini sudah benarkah arah qiblat yang selama ini kita yakini tersebut😕

Mestinya kita bisa menyakini arah qiblat kita kalau memang sudah ada panduan yang memang sudah diketahui keakuratan nya dalam penghitungan arah qiblat yang benar. Akhir akhir ini ada saja kabar satu masjid dengan legowo mengakui namun ada juga yang gonthok-gonthokan sebelum akhirnya mengakui ada yang salah dengan arah qiblat yang selama ini ditetapkan.

Agar kita tidak salah dalam menentukan arah qiblat kita, ada baiknya kalau kita tahu bahwa letak Ka’bah berdasarkan pengukuran Global Positioning System (GPS) terletak di 21° 25′ Lintang Utara serta 39° 50′ Bujur Timur. Jadi kalau kita sedang sholat dan menghadap qiblat, sesungguhnya kita menghadapkan wajah kita ke titik tersebut. Tapi permasalahan nya, apakah sudah benar arah qiblat kita😕 tentunya tidak gampang memastikan dengan yakin arah yang sedang kita tuju. Mungkin artikel ini bisa membuat kita sedikit yakin dengan arah qiblat kita karena sudah dilakukan percobaan dan perhitungan yang detail oleh para ahlinya.

Berdasarkan arah bayangan matahari

Dalam satu tahun ada waktu dimana matahari posisinya berada pas tegak lurus diatas Ka’bah (istiwa’ / kulminasi). Sehingga kita bisa dengan mudah memastikan dimana arah qiblat tersebut. Waktu tersebut adalah pada tanggal 28 Mei sekitar pukul 16.18 WIB (09.18 GMT) dan pada 16 Juli sekitar jam 16.28 WIB (09.28 GMT). Caranya dengan menempatkan satu batang tongkat / tiang tegak lurus di permukaan tanah. Untuk memastikan tegak lurusnya bisa mempergunakan bandulan yang digantung, terus kita sesuaikan tegak lurusnya bandulan dengan tongkat / tiang trersebut. Nah, arah qiblat yang benar adalah arah bayangan yang menuju tongkat / tiang itu. Pada tanggal dan jan tersebut bayang-bayang objek tegak di seluruh dunia akan lurus ke arah kiblat.

menentukan qiblat dengan tiang

Yang jadi permasalahan sekarang adalah tidak semua tempat di belahan bumi ini pada waktu tersebut sedang di sinari oleh matahari😕 . Untungnya bumi ini bulat ya iya la😳, jadi pada satu titik akan terjadi matahari tepat di balik / bawah Ka’bah (antipoda). Jadi bagi sebagian orang yang berada di belahan bumi /dibalik / dibawah Ka’bah, bisa menentukan arah qiblat nya. Itu terjadi pada tanggal 29 November sekitar pukul 04.09 WIB (28 November  21.09 GMT) dan pada tanggal 17 Januari sekitar pukul 04.29 WIB (16 Januari 21.09 GMT).

Berdasarkan software pencari arah qiblat

Kalau sudah begini kita bisa menentukan arah qiblat dengan yakin karena memang pada saat (waktu) tersebut bayangan matahari menuju ke arah Ka’bah. Namun sekarang ada pertayaan, “Sekarang masih tanggal 31 Januari 2010 masa kita harus menunggu tanggal tersebut ?!?” wah benar juga, kalau kita menunggu saat matahari tepat di atas Ka’bah bisa kita lumutan kelamaan nunggu😆 . tapi ada koq software pencari arah qiblat yang akurat. Ada banyak web / situs yang bisa dipake acuan nya. Dengan masuk di web tersebut kita bisa menentukan dengan benar arah qiblat kita. Dengan fasilitas gambar satelit yang membuat kita dengan jelas melihat lokasi tempat tinggal kita. Anda bisa klik disini (bahasa indonesia), disini, disini serta banyak yang lainnya.

Arah Qiblat Rumahku

Nah sekarang kita bisa menentukan arah qiblat setiap saat tanpa perlu menunggu tanggal tersebut. Mengenai keakuratan nya sudah teruji namun kalau kita akan menentukan arah qiblat (seumpama) untuk pembangunan masjid, kita harus tetap mengunakan kaidah-kaidah yang telah ditentukan agar apa yang kita tentukan tersebut bisa dipertanggung jawabkan di akhirat kelak karena selisih 1° saja akan menyebabkan pergeseran sebesar 140 kilometer di Utara atau Selatan Mekkah (jarak Indonesia dengan Ka’bah yang hanya sebesar 12 x10.5 x15 meter ± 8000 km).

Semoga bermanfaat.

PS : Dirangkum dari berbagai sumber😀

48 Balasan ke Sudah Benarkah Arah Qiblat Kita ?

  1. Mr.o2n° mengatakan:

    Pertama lagi daa,wah terimakash byk ni infonya,artikel ini tak simpan dan meluncur ke TKP.

  2. Mr.o2n° mengatakan:

    Tapi asal kita yakin dan niat menghadap kiblat,itu bukan masalh.

    betul mas, tapi kalo kita sudah tahu arah yang sebenarnya tapi masih tetap dengan keyakinan nya😕 bisa2 nyasar ke spanyol😆

  3. Mr.o2n° mengatakan:

    Mumpung jadi pertama ke dua kaga lngkap,kalo tak cukup 3 kmentar😀

    makasih mister telah berkunjung:mrgreen: btw blog nya cuma support opera ya😕 karena kalo aku buka lewat mozila, IE, serta chroom jadi ilang.

  4. Mr.o2n° mengatakan:

    Kan bikin nya juga pake opera jadinya begitu tu😀
    Justru aku kaga tau tu mas blogq kaga bisa di buka pake browser lain,thanks da di ksh tau.
    Oy,tdi malem aku smpet add YM dan GTALK nya,tapi mungkin mas jarang ol ya.

    aku juga sudah add mas, aq tunggu obrolan nya:mrgreen:

  5. ridwan mengatakan:

    saya lebih biasanya pakai google earth. Kalo bisa mengetahui secara lebih pasti arah kiblat, insyaallah itu bisa menambah timbangan pahala. Dari niat dapat pahala, dari ikhtiar mendapat arah kiblat yg akurat juga dapat pahal😀

    coba aja mas, aku juga sudah nyoba untuk liat qiblat masjid di sekitar kotaku:mrgreen: biar tambah yakin

  6. melianaaryuni mengatakan:

    Postingan yang informatif,Pak….
    Kalau saya ngikut aja kiblat disini dan mencoba untuk meyakininya. Lah kalau kita ragu2 terus, sholat kita kapan didirikan. Keraguan akan terus ada karena syaithon yang menghembuskannya.

    setubuh bu !!! memang syaithon dari segala penjuru menghembuskan keraguan di hati tapi kalo tahu arahnya membuat hati tambah yakin😆

  7. Oyen mengatakan:

    nais inpoh gan…kalo gak ati2 bisa nyasar ke stadionnya MU di old traffod..he..

  8. Oyen mengatakan:

    thanks udah mampir ke blognya Oyen..salam kenal juga

    makasih juga untuk mbak tari yang sudah mampir kesini😀 jangan kapok bu😉

  9. doelsoehono mengatakan:

    Salam ‘

    waduh meni komplit-plit mantap and kerent ,semoga kita tidak arah kiblat ke selatan ataupun ke utara selama masih di Inds.

    makasih infonya

  10. doelsoehono mengatakan:

    E..datang lagi ,,, kunjungan perdana berniat jalin talisilaturahmi ,saya tunggu kedatangannya di …

    makasih pak tlah mampir, aku sudah mampir kesana pak. semoga tali silahturahmi bisa terjalin terus😆

  11. Wempi mengatakan:

    Dah kehabisan bandwith tuh qiblalocator bahasa indonesia nya😆

    betul wem… padahal kemarin aku coba masih lancar, eh sekarang😦 mungkin diobok-obok kaleeee sama samanarabloger yang laen. btw bwsok sudah tanggal 1 koq jadi pasti bisa buka lagi😀

  12. Mamah Aline mengatakan:

    selain mencari arah kiblat yang tepat saya pun harus meyakini juga bahwa kiblat yang selama ini saya jadikan arah untuk sholat sudah tepat, semoga benar adanya. makasih mendapat informasi berharga mas sugeng

    semoga cepat ketemu qiblat yang di yakini bu😀

  13. alrisblog mengatakan:

    Saya ikut kiblat yang berlaku umum. Kalo bawa kompas kemana-mana lalu nyocok-nyocokin arah kiblat yang bener, wah repot…
    Salam

    salam hangat serta jabat erat kembali😆 . kalo kita sering mobile dan sering mampir di masjid, ya gag usah nyocokin qiblat, sesuaikan dengan yang ada tapi kalo di rumah harusnya pas karena memang itu homebase nya😀

  14. Agus Siswoyo mengatakan:

    Informasi yang bagus bagi umat Islam…

    makasih pak sudah mampir tapi maaf pak gag ada suguhan yang cocok untuk perut lapar😆

  15. Aspirasiputih mengatakan:

    Wah. .thanks atas pencerahannya, emang repot jg yah klo shalat tanpa qiblat yg jelas.

    smoga sekarang sudah jelas ……..😀

  16. arsumba mengatakan:

    thanks pak informasinya..
    mudah2an setelah ini saya bisa menentukan arah qiblat yang bener…

    jangan lupa bedo’a serta ikhtiar

  17. BENY KADIR mengatakan:

    Selamat pagi!
    Ini inforamasi yg bermanfaat,Mas.

    Selamat beraktivitas di hari ini.
    Salam!

    makasih tlah mampir😀

  18. didtav mengatakan:

    saya tidak tau

    makasihmbak sudah mampir, aku sudah ngunduh naruto dan isnuansah untuk anakku:mrgreen:

  19. liza mengatakan:

    wah wah
    saya juga pernah menulis tentang pemanfaatan teknologi salah satunya google earth dalam penentuan arah kiblat

    salam kenal ya mas sugeng

  20. Wandi thok mengatakan:

    Itulah batas kemampuan buatan manusiwa mas. Nabi aja nggak pernah makai model ginian, ini kan masalah ke kinian (bid’ah, hal baru nyang diada-adaken manusiwa sekarang) dan akhirnya menjadi pada bingung. Padahal kita nggak perlu bingung. Kemana kita meyakini arah kiblat, di situ Alloh sudah memakluminya mas. Donot worry.

  21. Mariska Ayu mengatakan:

    Mariska setuju dengan pak Wandi di atas kak.

  22. Perawan Desah mengatakan:

    Saya sepakat dengan pendapat pak Wandi itu mas, Alloh maha pengampun kok, Maha Melihat, Maha Mudah dan maha segalanya. Kadang manusia sendiri yang mempersulitnya.

  23. zee mengatakan:

    Kami di kantor pernah kiblatnya salah, lalu dibetulkan. Eh setelah 2 tahun, tahu2 kemarin kiblatnya kok kembali lagi ke awal. Saya bingung juga, kenapa ada beberapa orang yg ragu ya?

  24. Aldy mengatakan:

    Mas Sugeng,
    Kalau saya sih mengikuti masjid yang saya masuki saja mas, biar nggak bikin mumet.
    Trus kalau sedang bertugas dihutan (survey), saya meyakini saja bahwa arah kiblat saya sudah benar ( dengan bantuan kompas ).

  25. sauskecap mengatakan:

    wah nice tips, jadi ga perlu kompas buat nentuin arah kiblat

  26. BENY KADIR mengatakan:

    Pagi2 kunjungi sahabat utk mengucapkan SELAMAT PAGI sekalian mengabari bahwa kita masih ada napas.
    Bersyukurlah pada-Nya!
    Salam!

  27. zulhaq mengatakan:

    simple juga nentuinnya
    saya sering salah untuk hal yang satu ini

  28. darahbiroe mengatakan:

    saya sendiri juga tidak begitu tahu sudah benar atau belum meskipun saya memakai sajadah yg ada kompasna, oleh2 dari babe naik haji hehe

    berkunjung n ditunggu kunjunganb balikna makasih

  29. avartara mengatakan:

    Informasi yang bermanfaat Pak,… memang benar, kadang saat shalat bisa saja arah kiblat kita salah,…. eee tahunya udah nyampe Afrika arahnya

  30. Ardyan mengatakan:

    Makash banyak ni infonya
    Salam kenal🙂

  31. dc mengatakan:

    hmmm..udh bener blm ya…maksih infonya diingatkan u/menjadi benar🙂

  32. ok mengatakan:

    tulung periksain arah kiblat saya ^^

  33. bayuputra mengatakan:

    setuju sekali pak…..

  34. wongiseng mengatakan:

    Kreatif juga yang bikin tools pencari kiblat, itu sebenernya mashup dari google maps ya ?😛 Selama ini saya secara manual menarik garis dari google map ke Mekah😛

  35. Aulia mengatakan:

    kalau intinya di pedoman hidup orang muslim (al quran) hadapkan muka mu ke rumah Allah (baitullah) dimana pun kita berada.

    dengan teknologi tentu ini lebih memudahkan kita🙂

  36. Iseng Ngeblog mengatakan:

    info menarik, coba liat langsung ah kaya apa ya hasilnya

  37. nurhayadi mengatakan:

    Assalamu’alaikum pak Sugeng, wah ketemu waris nih…asli pacitannya mana pak? Blognya pak sugeng dah tak buat link di blog saya agar memudahkan silaturahim.

  38. Sugeng mengatakan:

    Makasih utk smua narablog yg tlah brkunjung, mohon maaf aq blum dpt blogwalking krn PC jadul q ngadat lagi gag tau smpai kapan akan smbuh😦😥 ini aq pake moblog ngìkuti mr o2n😉 .

  39. dykapede mengatakan:

    kebetulan saya [pernah] melaksanakan ibadah wajib dan selesainya si yang punya rumah bilang “kamu salah kiblat”…”gubrak”…

  40. Larejawi mengatakan:

    saya termasuk yang pernah salah kiblat.
    ketika sholat kelar..yang punya tempat baru bilang arah kiblatnya.

  41. Gravisware mengatakan:

    ho.ho..ho.. saya malah baru tau ada software ginian nih.. thanks infonya.. langsung menuju TKP..

  42. BENY KADIR mengatakan:

    Selamat malam,Mas.
    Apa kabar,Tabanan?
    Moga sehat ya,Mas.

    Salam hangat selalu.

  43. mandor tempe mengatakan:

    dengan teknologi maju ternyata arah kiblat bisa diukur degnan benar ya. Informasi yang sangat bermanfaat pak

  44. Mr.o2n mengatakan:

    Berkungjung di pagi hari .😀

  45. BENY KADIR mengatakan:

    Berkunjung lagi sama sahabat di Tabanan.
    Harap masih dlm keadaan segar bugar,ya.

  46. rizal mengatakan:

    dizaman canggih sekarang ini memang mbanyak cara menentukan arah kiblat, kalau orang dulu-dulu berdasarkan arah matahari terbenam..

    good post..

    salam kenal

  47. putriastiti mengatakan:

    di bali emang sulit nentuin kiblat, kita emang harus berusaha lebih keras. kalo di jawa tinggal tanya tetangga sebelah, barat sebe;ah mana. hjeheheh!!

  48. Yahya Adi Mulya mengatakan:

    Blog walking.

    Salam kenal.

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: