Tingkah Pola Para Kepiting

Aku sudah lama tidak bermain di pantai, gak tahu kenapa tiba-tiba ada keinginan yang besar melihat pantai. Langsung saja aku pasang peralatan untuk koneksinya, emangnya ke pantai memerlukan koneksi ya โ“ gak tahu aku, pokoknya pasang aja biar acara liat pantainya tambah jelas. Hanya dalam hitungan detik, sampailah aku di pinggir pantai yang penuh dengan gejolak ombak dan bermacam pernik2 permasalahannya. Lho… makin lama tulisan ku ini koq tambah melebar, tidak melulu cerita nuansa pantai namun semua yang berkaitan dengan pantai. Tapi ada satu sisi pantai yang membuat pandangan dan konsentrasiku lebih banyak tertuju padanya.

Kepiting senang liat kepiting lain susah

Sisi yang membuat mataku tertuju itu adalah penjual kepiting. Ya kepiting rawa yang bercangkang ijo. Gak tahu sedang musim atau memang habis panen si penjual membawa banyak sekali kepiting yang ditaruh didalam keranjang. Iseng2 aku tanya pada si penjual karena aku melihat kepiting yang di jualnya ini tidak seragam besarnya. Ada yang besar sekali kaya’ preman , ada yang sedang kaya’ bunglon , namun ada yang kecil bahkan sangat kecil sekali seperti orang yang baru lulus kuliah. ๐Ÿ˜† “Pak kenapa kepiting yang dijual tidak seragam besarnya ??” begitu tanyaku pada si penjual. “Mas jangan anggap enteng kepiting-kepitingku ini, semuanya telah lolos seleksi ketat dan ini merupakan kepiting pilihan dari kepiting2 yang ada di rawa ini” jawabnya sambil tangannya melintir kumis.

Waduh, koq sewot jadinya si bapak penjual itu padahal aku cuman sekedar tanya dan itu merupakan kenyataan yang aku lihat di dalam keranjangnya. Tapi saat aku lihat di dalam keranjang tersebut aku sempat berpikir, kenapa gak bisa lari ya para kepiting itu padahal keranjangnya tidak tertutup. Setelah aku perhatikan dengan seksama ternyata tidak bisa larinya para kepiting tersebut dikarenakan sifat gak mau kalah dan selalu mencari kesalahan kepiting lain dari kepiting2 itu sendiri. Baru ada satu kepiting yang mau merangkak naik kepiting yang lain langsung mengaitkan kaki nya pada kepiting yang akan naik tersebut. Alhasil kepiting yang mau naik tersebut langsung jatuh karena langkahnya terganggu dan di bebani berat tubuh kepiting yang lain.

Sepertinya para kepiting2 itu tidak mau ada kepiting lain bisa bebas dari keranjang, kalau di bahasa manusia kan mungkin kurang lebih Senang liat orang susah, Susah kalau liat orang senang. ๐Ÿ˜€ Bener loh, itu hasil pengamatan selama beberapa saat melihat tingkah pola para kepiting tersebut. Namun aku melihat ada satu kepiting yang bisa survive dan akan bisa lolos dari jebakan para kepiting yang lain. Lolosnya pun bukan karena kebetulan tapi memang dengan ketrampilan & skill dari kepiting tersebut.

Aku yang awam tentang masalah per-kepiting-an melihat hal itu menjadi bangga dan sedikit tersenyum melihat kejadian itu. Karena memang aku melihat kepiting ini sangat lincah dan memang sangat bisa di andalkan. Dan yang membuat aku lebih bangga dan hormat dengan kepiting itu adalah kepiting perempuan (yang sanggup mengalahkan kepiting jantan dan banyak omong) dan bernama “Sri Mulyani Indrawati”

P.S: Tulisan ini aku apresiasi dengan segala hormat untuk Ibu Sri Mulyani Indrawati yang di tawari jabatan sebagai managing director pada world bank per 1 juni 2010. Maju terus bu, jangan hiraukan orang yang sirik padamu.

gambar saya pinjam dari sini

Iklan

35 Responses to Tingkah Pola Para Kepiting

  1. budiastawa berkata:

    Ha ha ha, ujung-ujungnya ke Sri Mulyani. Lucuuuu, he he he. Yang jelas kepiting ini jalannya miring lho mas.
    Kalau pas air surut di pantai selatan rumah saya, saya sering cari kepiting; rajungan itu paling enak lho.

  2. alamendah berkata:

    (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Wah…. nyampai juga pada Bu Sri M.
    Btw, yang pasti keluarga saya demen banget makan kepiting, Pak.

  3. Asop berkata:

    Yap, terus maju ya, Bu Sri. ๐Ÿ˜€
    *sok tahu dan sok mendukung* :mrgreen:

    Ngeliat fotonya kok geli juga ya… kayak laba2… ๐Ÿ˜Ž

  4. arsumba berkata:

    loh pak.. sama-sama susahnya kok ya pada seneng kepiting-kepiting itu… hihi..
    i’m back pak.. ๐Ÿ˜€

  5. Wempi berkata:

    lucu juga ya tingkah mereka jadi gemes dan pingin makan tuh kepiting ๐Ÿ˜†

  6. jumialely berkata:

    wakakakaka

    udah di sewotin ama tukang kepiting

    tapi buntutnya itu log mas, wakakak mbak sri juga

  7. rose berkata:

    kepiting2nya lucu banget tuh mas… ^^ kirain mo posting kuliner ttg kepiting

  8. sunflo berkata:

    betul tuh mas… seneng liat org susah tapi susah liat org seneng… ^^ dimana-mana pasti ada pro kontra

  9. marsudiyanto berkata:

    Gajinya besar mana ya, dibanding jadi menteri…

  10. ario saja berkata:

    wew… enak banget nih klo di bakar rame2…

  11. delia4ever berkata:

    pak.. semalam lia juga abis dari pantai lihat kepiting.. eheheh lucu2 memang lihat tingkahnya…bisa diartikan juga dalam kehidupan manusia.. ๐Ÿ™‚

    numpang pesan Juga.. :
    Selamat untuk Ibu Sri Mulyani…Nasionalisme tidak akan hilang walau pergi jauh….Semoga ibu bisa bawa nama baik indonesia dimata dunia.. ๐Ÿ™‚ Sukses bu.. jangan kecewakan saya..
    Halahhhhhhhhh ngomong apa nih.. (kabur sebelum kena timpuk pak sugeng ๐Ÿ˜€

  12. mastyodion berkata:

    wah enak mas…kepiting asam manis…slurrrrppp…hhhmmm

  13. PakOsu berkata:

    wekekeke…ujungnya itu,lho….

  14. Vulkanis berkata:

    Asik dan lucu aja tuh

  15. Dangstars berkata:

    Memaang mengasikan juga kalo kita perhatikan

  16. marisa berkata:

    mba..ada hadiah dari saya..diambil yaโ€ฆ ๐Ÿ™‚

  17. deny marisa berkata:

    kepiting??saya suka……
    tp ribet ya cara makannya.. ๐Ÿ˜ฆ

  18. Abdoorahman berkata:

    Mas Sugeng kayaknya pinter ngelawak… ga minat bikin blog yang khusus isinya joke :D.

    Tadi saya pikir ceritanya beneran, taunya….

    Salam kenal mas ‘n makasi udah mampir di blog saya…

  19. jun berkata:

    saia kira bahas total soal Mr. Crabs, tak taunya malah soal sang menkeu yang mendunia ๐Ÿ˜‰

  20. Mansuka life berkata:

    Bukanya kepiting to juga mainan tuyul ya? Oya di tempatku gy heboh ada tuyul. . Tapi gak tau tuyul setan apa tuyul manusia,yg jelas ada yg kehilangan uang. .
    Mampir mas . .Sory gak nyambung . .Ha ha ha

  21. Moblogger United berkata:

    iya ya penjual kepitingnya kenapa marah2 bro? trus sebenernya bela bu sri apa ngritik nih wkwkwk ๐Ÿ˜€

  22. BENY KADIR berkata:

    Kepiting bisa juga berkelit dan pada saatnya akan menggigit,hehehe

    Lama ya,aku tdk datang.

  23. Cahya berkata:

    Saya dulu sering cara kepiting air tawar untuk dijadikan lauk, tapi sekarang sudah jarang ada kepiting di sungai-sungai, heran juga ๐Ÿ˜ฆ

  24. Tary Sonora berkata:

    wahhh kepiting enaknya di pindang sarani tuh, sama nasi putih anget….walahhhh

    oya mengenai bu sri, semoga ini langkah terbaik buat dia, maju terus meski di negeri sendiri di hujat.

  25. Nanang Abdullah berkata:

    Banyak banget kepitingnya mas?

  26. Hary4n4 berkata:

    Bikin ternak keriting aja mas, banyak yg suka tuh…hehehe

  27. Hary4n4 berkata:

    Yach..mau nulis kepiting aja kok keliru keriting…hihihi

  28. BENY KADIR berkata:

    Selamat malam,Mas.
    Moga kabar baik.
    Terimakasih ya, kemarin sempat berkunjung ke blog adikku Renatto.

  29. alisnaik berkata:

    selamat pagi.

    woow ๐Ÿ˜ฏ
    cerita yg hebat. bermula dari kepiting, ternyata berujung pada Sri Mulyani.

    saya suka nih cerita kiasan ini.

    terima kasih dan mohon maaf ๐Ÿ˜ฎ

  30. [3] berkata:

    aline-aline terakhir saya sudah mau kasi komen, kok seperti anggota gedung miring.. eh ternyata buntutnya…

  31. bibi criwis berkata:

    Hihihi.. pada akhirnya, kisah yang sesungguhnya terungkap.. saya suka kepiting masak rendang Mas Sugeng.. ๐Ÿ˜›

  32. Aulia berkata:

    kepiting berarti masih suka pakek semboyan SMS juga ternyata..hahaha

    Senang Melihat kawan Susah ๐Ÿ˜€

  33. Mas Ben berkata:

    Selamat berkarya cemerlang Bu Sri, buktikan Engkau memang brilian yang patut dipertahankan ๐Ÿ™‚

    Salam bentoelisan
    Mas Ben

  34. rainbroccoli berkata:

    Gimana ceritanya dari kepiting bisa sampe Ibu Sri Mulyani ? heheee
    Anyway tulisan yang inspiratif…

    he…he….he…. gak tahu pokoknya ngalir sampe jauh……..

  35. novrika berkata:

    kepiting saos enak thuh……..apa persamann bu sri da kepiting??

    persamaan nya sama-sama ada di warung seafood ๐Ÿ˜Ž

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: