Jaga Oktan Motormu

Sudah lama sekali aku pingin menuliskan tentang hal ini namun sampai sekarang koq belum juga😆 . Mungkin karena aku sering membaca postingan di forum2 komunitas biker yang membahas hal ini,  tapi gak ada salahnya kalau aku menuliskannya disini. Karena toh hal ini memang merupakan pekerjaanku pada dunia offline. Cekidot . . . . . . he..he..he.. apa itu cekidot itu ya, aku gak tahu maksudnya asal comot aja .

Langsung aja deh, beberapa saat yang lalu aku sempat direpotkan dengan sepeda motor Vario yang sering mogok dan mati mendadak. Sudah banyak cara dan penanganan pada kasus ini tapi hasilnya sampai beberapa bulan masih belum maksimal. Karena inti penyebab permasalahan nya belum kesentuh. Tapi setelah sering aku mengedukasi customer yang sering berkunjung di tempat aku bekerja, keluhan mogok dan mati di jalan itu sudah berkurang banyak.

Seperti yang kita ketahui bahwasanya Vario itu merupakn motor dengan tehknologi tinggi yang di usung pabrikan Indonesia pada saat peluncuran pertamanya (sekitar pertengahan 2006). Salah satu keunggulannya adalah perbandingan kompresi yang tinggi. Dan korelasi perbandingan kompresi yang tinggi itu adalah efisiensi mesin & menaikan power mesin. Namun ada aturan yang baku untuk engine dengan compression ratio gede. Semakin besar perbandingan kompresinya, nilai oktan yang di konsumsi bahan bakarnya semakin besar pula. Ilustrasinya adalah semakin besar tenaga yang dimiliki mengharuskan mendapat asupan gizi yang tinggi. Begitpun di mesin, semakin besar tenaga yang bisa keluar membutuhkan nilai oktan (di engine ibarat gizi) yang besar pula.

Sekarang sudah banyak sepeda motor dengan nilai oktan tinggi (diatas 10:1). Sedang cara mendapatkan nilai angka 10:1 adalah dengan membandingkan volume ruang bakar di atas piston pada saat TMA dengan volume ruang di dalam silinder saat piston berada pada TMB + volume ruang bakar di atas piston pada saat TMA. Selain Vario (10,7:1), motor dengan perbandingan kompresi tinggi adalah Honda CS1 (10,7:1), Yamaha V-ixion (10,4:1), Yamaha xeon (10,9:1) ini contoh untuk motor yang ada di Indonesia.

Sedangkan nilai oktan yang cocok untuk engine dengan perbandingan kompresi yang ada sebagai berikut:

Jenis Bensin Angka Oktan Rasio Kompresi
Premium 88 7:1 – 9:1
Pertamax 92 9:1 – 10:1
Pertamax Plus 95 10:1 – 11:1

kenapa engine dengan perbandingan kompresi tinggi membutuhkan bahan bakar (bensin) dengan nilai oktan tinggi❓ hal ini tidak lain karena jika kita mengunakan BBM (bensin) dengan nilai oktan yang rendah bensin tersebut akan terbakar duluan daripada percikan busi (lebih gampang terbakar serta meninggalkan kerak karbon pada sisa pembakaran akibat adanya zat timbal yang ditambahkan).
Akibatnya kadang-kadang terjadi ngelitik dan tidak ada tenaga, kadang mesin jadi mati.

Sekarang terserah anda mau pilih yang sesuai dengan karakteristik engine motor anda atau cari yang ekonomis dengan resiko mati / mogok dijalan❓😆 .

42 Balasan ke Jaga Oktan Motormu

  1. udienroy mengatakan:

    Selamat malam. Maaf nih kunjungan ini cuma sekedar ingin berbagi bingkisan, tolong di ambil ya. Visit to http://awe.sm/57fOn Dan sebelumnya terima kasih

    makasih award nya mas, tapi kapan ya bisa aku pasang😕

  2. fansnatural mengatakan:

    saya baru tahu perbedaan oktan diantara bahan bakar… makasih infonya mas… maju terus dan salam kenal

    makasih mas dah mampir, salam kenal juga

  3. fansmaniac mengatakan:

    Halo mas sugeng… info yang anda berikan ini bermanfaat sekali… saya juga baru tahu akan angka2 itu.. selama ini saya suka pake Pertamax Plus, ntah mengapa rasanya sreg aja tetapi saya tidak tahu banyak akan fungsi dan kelebihannya..

    Salam Kenal😀

    teruskan kebiasaan yang baik dan ramah lingkungan ini mas😆

  4. Siti Fatimah Ahmad mengatakan:

    Assalaamu’alaikum Mas Sugeng

    Dengan hormat dan takzimnya, saya berharap sahabat sudi menerima AWARD PERKASA – KAU ADALAH YANG TERBAIK, sempena sambutan HARI BAPA di Malaysia pada 20 Jun 2010. Ia sebagai menghargai persahabatan dalam perkongsian ilmu di ruang maya dan mengenangi jasa para bapa dalam memperjuangkan kehidupan yang harmoni untuk kebahagiaan keluarganya.

    http://websitifatimah.wordpress.com/2010/06/21/20-jun-2010-selamat-hari-bapa-untukmu-malaysia-dan-indonesia/

    makasih bu siti telah mampir, aku sudah TKP tapi belum ada action yang aku ambil😆

    Salam mesra dari saya.

  5. Cahya mengatakan:

    Saya menggunakan Jupiter lawas yang masih cocok dengan premium, itu alasan saya ndak ganti motor baru yang lebih cocok diberi pertamax atau pertamax plus.

    Jadi motor lawas lebih hemat😀

    pasti lebih bandel juga ya dok😆

  6. nagagembel mengatakan:

    Oh..ngono toh..
    #manggut2

    karo turu ZzZzZz…………. ~_~

  7. budiarnaya mengatakan:

    wah hebat mas ini…tapi saya masih menggunakan jupiter z mas, meski tua namun masih baik dia heee

    sudah berapa tahun dia ngayah dengan bli arnaya❓

  8. deny marisa mengatakan:

    ga ngerti.. :s

    apa nya yang gak ngerti❓❓😕

  9. joe mengatakan:

    wah, ternyata bgitu yah…

    ya iya lah…..

  10. cahayabali mengatakan:

    waaah baru tau ne aku, alnya sekarang lagi pake vario juga…jadi mesti ganti bahan bakar donk ini

    bisa koq pake premium tapi dengan resiko ditanggung sendiri😆
    makasih dah mampir

  11. idana mengatakan:

    oooh gitu yaaa….baru tau ini. thx yaaa

  12. Abdul Hakim mengatakan:

    siang pak,, dah share

  13. omiyan mengatakan:

    Alhamdulillah Skywave saya minum oktan yang rendah alias Premieum sampai sekarang jarang rewel kecuali dikerjain ama SPBU nya alias Premiumnya tercampur dengan sesuatu hehehe

    salam

    skywave perbandingan kompresinya 9,6:1 masih bisa koq pake premium. aku gak yakin kalau sekarang kios pertamini kalau besar jadi pertamina nyampur pake mitan karena harga campuran nya lebih mahal😆

  14. gobankgocir mengatakan:

    kalo Jupiter Z nilai oktannya berapa bos??

    jupiter z perbandingan kompresinya 9,5:1 bagusnya sih pake pertamax tapi kalau minum premiun juga gak papa karena yang bermasalah itu kalau perbandingan kompresi diatas 10:1 tapi masih pake premium😆

  15. Nanang Abdullah mengatakan:

    Kalau masalah otomotif, mas sugeng emang ahlinya.

    😆😀 kalu masalah utek-utek Hp sampean ahlinya

  16. andipeace mengatakan:

    keren infonya sobat..
    sampai saat ini saya merasa ga nyaman kalo makai motor sejenis mio (ga biasa) karena kontrol giginya otomatis..biasa pake kopling atau kontrol gigi manual pake kaki😀 sekarang ini saya pake scorpion z..ada tips ga mas buat cara ngirit bensin tapi ga membuat mesin menurut kualitasnya…?? soalnya tiap sore pulang pergi kuliah dari bogor kepondok gede menghabiskan BBM 2 setengah liter.

    salam adem ayem

    emang bogor-pondok gede berapa kilo ??? maklum gak ngerti blas wilayah jakarta kalo irit tanpa ada efek ke mesin kaya’nya mustahil deh tapi mungkin dari habit pemakaian aja yang dirubah. jangan sering mengeber-geber pas lampu merah, pakai gigi sesuai dengan kecepatan motor, gas-rem sangat berpengaruh pada boros enggaknya bbm dll yang intinya membuat mesin gak ngos-ngosan😆

  17. agus mengatakan:

    kalau pake bioetanol gimana?
    apa nilai oktannya lebih tinggi ya??
    tapi masih mahal ya,,😀

    salam

    nilai oktan bioetanol 117, kalo dicampur tentu akan menaikan nilai oktan. tapi masalah harga juga jadi kendala juga sangat merusak karet. maksudnya kalau kena bahan yang terbuat dari karet bisa melar😆

  18. julianusginting mengatakan:

    akan saya jaga mulai dari sekarang….

    oke….. laksanakan😀

  19. Fuvenanda mengatakan:

    Apakah sama antara vario dengan mio mas??

    perbandingan kompresinya beda, mio 8,8:1 sedang vario 10,7:1. konsumsi BBM nya juga beda tapi sama-sama maticnya😆

  20. Rani mengatakan:

    aku pake blade…suka pake premium tapi mesinnya jadi cepet rusak..itu kira2 knapa yah??
    apa karna sering beli bensin pinggiran..huehhe

    mesin cepet rusak😕 rusaknya bagaimana sih, apa sekarang bladenya sudah gak bisa dipake❓ yang penting rutin ganti oli aja engine merk apapun akan awet. kalau sekarang pertamini (yang sering jualan bensin di pinggir jalan) jarang yang pake campuran mitan, karena harga mitan lebih mahal😆

  21. blogger terpanas mengatakan:

    makasih infonya ya. salam kenal dari semarang

    salam kenal kembali, makasih telah mampir😆

  22. TuSuda mengatakan:

    Perawatan motor seperti ini, sepertinya apakah tergantung dari jenis motornya ( 2 tak atau 4 tak, motor bebek atau laki), kira-kira begitukah ya Mas…

    tidak tergantung dari 2 tak atau 4 tak pak, tapi dari perbandingan kompresi nya karena itu menentukan minuman nya pake premium, pertamax atau pertamax plus😆

  23. bayuputra mengatakan:

    ia benar juga yah … tetapi untuk sekarang saya masih 50 : 50 … alias Bensin 50 : Pertamax 50 supaya kinerja mesin motor tetap terjaga … maklum di desa saya .. antrian bensin lama .. kalau di POM Bensin … kalau ngisi pertama sebentar maklum mahal jadi antriannya pendek .. heeee..

    bener mas, kalau gak bisa 100% pertamax diselang-seling juga bisa koq. biar ruang bakarnya tetap bersih.😀

  24. Agus Siswoyo mengatakan:

    waduh, saya kok malah kurang peduli angka oktan ya. selama ini cuma pakai dan servis rutin. makasih infonya Pak.

    sekedar sharing pak,semoga ada manfaatnya😆

  25. Agung Pushandaka mengatakan:

    Artinya, yang pakai vario harus pakai pertamax plus?

    kalo gak terlalu merepotkan kantong pertamax plus lebih baik. kalau gak pertamax aja sudah cukup😀

  26. ilyasafsoh.com mengatakan:

    menarik infonya

    semangat !!!

  27. Ayahnya Ranggasetya mengatakan:

    Kalo Supra Fit saya pake petramax plus pasti lebih hebat, ya.

    hebat itu maunya gimana pak, apakah larinya lebih kenceng seperti jet❓ jelas ak bisa kalau gak ada rubahan di jeroan mesin nya. tapi yang kelas mesinnya jadi lebih bersih lagi dan ramah lingkungan.

  28. Kopral Cepot mengatakan:

    tararengkyu infoyah nih … jd sedikit ngertos🙂

    btw … klo mio gimana ? samakah?

    perbandingan kompresinya beda juga konsumsi bahan bakarnya.

  29. Ifan Jayadi mengatakan:

    Ini informasi yang sangat bermanfaat sekali bagi pengendara motor, khususnya motor matic. Tapi sayang, motor yang aku miliki bukan jenis matic dan mereknya juga bukan yamaha tapi suzuki

    semua engine pasti ada perbandingan kompresinya gak peduli merk apa karena itu menunjukan performa dari engine tersebut. makasih dah mampir😆

  30. Meliana Aryuni mengatakan:

    Ada cara yang bagus, Pak untu menaikan Octan kendaraan yaitu pake bahan tambahan coba ke sini deh http://www.ruhindo.wordpress.com ^^ or http://www.octane-cetrol.com

    oke bu, saya langsung ke TKP. Makasih telah mampir😆

  31. budies mengatakan:

    di tempatku belum ada yang jual pertamax, saya paling-paling hanya pernah baca di komentar saja…duh kasihan luar jawa/kalimantan tengah

    sampean selalu kalah cepat sama mas alamendah kalo masalah pertamaxxx😆

  32. budisastro mengatakan:

    kalau dicampur (premium+pretamax) apa gak masalah pada mesin

    masalah besar pak 😯 , karena harga mahal pertamaxx jadi gak ada artinya. mending premium aja deh kalo begitu😆

  33. BeLajaR mengatakan:

    Wah,,, baru tau…
    Trnyata saya kurang perhatian dgn si dia yg slalu menolong saya kemana2.😛

    Klo supra x 125 yg paling biasa, alias remny tromol aj,,,
    Nilai oktanny berapa?
    Selama 4 tahun sy pke premium, bru be2rapa saat yg lalu sy mencoba pake pertamax gara2 dikompori temen. Dikatain malu2in aj bujangan udah kerja tpi pke bahan bakar yg msih disubsidi.😀

    ha…ha….ha…. berarti bujang itu gak pantes dapat subsidi ya😆
    yang namanya motor kalau sama jenis dan merk nya meski pake tipe brake beda perbandingan kompresinya sama. supra 125 itu 9,5:1 jadi masih pantes pake premium tapi awas jangan sampai diledekin teman2 nya

    • BeLajaR mengatakan:

      saya udah bilang ke temen yg dulu promosiin pake pertamax,,,
      trus dia bilang, ga papa tetep pke pertamax, membantu pemerintah katanya. si dia emang gaya banget.😀
      yah, kami ini bujang yg sudah bekerja, tpi makan, minum, tidur, masih numpang ortu.😀

      😆😀 kita untung bangsa untung

  34. agung mengatakan:

    RX King saya jika lagi suka obrak-abrik jeroan mesin, ganti Piston Racing, ganti setang seher pasti penginnya isi Pertamax Plus jika ingin kebut-kebutan hehe🙂.

  35. […] kemarin saat aku pulang kerja. Lagi-lagi kejadian ini terjadi karena aku mengantuk saat mengendarai sepeda motor. Tiba-tiba setang motorku terasa bergeser kekiri dan sialnya disebelah kiri ada rombong penjual […]

  36. Cloth Diaper mengatakan:

    trims infonya. padahal udah terlanjur beli vario nie. Taunya pas buka jok, e…ada tulisan gunakan BBM tanpa timbal. minimal Pertamax donk ^_^

  37. Darjatun mengatakan:

    “(bensin) dengan nilai oktan yang rendah bensin tersebut akan terbakar duluan daripada percikan busi”

    ini gimana ceritanya? bukannya yg membakar tu bensin adalah percikan busi?

  38. Agus mengatakan:

    gmn cr seting nya gan?? tank’s gan..

  39. Ariy Bangly mengatakan:

    pak tapi kenapa motor vario yang lainya ga ada yang mogok di jalan sedangkan dia juga pakai premium.,,, saya mau pakai pertamak tapi yang jual g ada ya terpaksa pakai premium. tolong jelaskan trims…..

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: