Cara Menyetel Kones Sepeda Motor

Hari Minggu semestinya harus dipergunakan dengan beristirahat karena mumpung libur. Tapi apa mau dikata karena kesibukan di dunia offline sudah menumpuk. Belum lagi aktivitas sosial kemasyarakatan di lingkungan ku sudah memanggil-manggil minta diberi atensi lebih. πŸ˜† Maklum jadi selebritis kelas kampung

Seperti hari ini ada yang datang kerumah dengan berbagai macam keluhan tentang motornya. Hei…. !!! aku lagi libur coy. Masak sudah 6 hari disibukan dengan masalah motor sekarang maunya nyantai di hari minggu koq masih ada lagi persoalan di motor. Capek deh πŸ˜•

Tetapi setelah dipikir gak papa juga dari pada temannya gak bisa make sepeda motornya, itung2 sebagai tambahan amal πŸ˜† . Keluhan nya bagiku sepele (karena sudah merupakan keseharian dunia offline) namun akan terasa sangat menguatirkan bagi orang yang awam tentang dunia perbengkelan. ”Pak pengendaraan nya berat dan kalau dipake berbelok selalu seperti mau jatuh (melawan) ” begitu kata temanku. Oalaaa gitu thok ta pak, sini bawa kemari. Paling cuman 5 menit semua sudah beres.

TAK…! TOK…!TAK…! TOK….! TAK-TAK-TAK…! TOK-TOK…! TAK !!!. Sudah pak, bawa pulang motornya dijamin sudah beres. Koq cepet ❓ πŸ˜• ya iya lah, lha yang disetelkan cuma kones nya doang. Pengendaraan menjadi kaku karena setelan konesnya terlalu seret. Hal ini dikarena kan baut pengunci di atas konesnya yang tidak dikencangkan sehingga setelan konesnya berubah.

KONES MOTOR

Nampak seperti gabar diatas, bahwa untuk menyetel kones yang tepat ada 2 komponen penting (selain gotri nya sendiri yang harus benar pemasangan nya). Yaitu penyetel kones dan baut pengunci. Masing2 mempunyai fungsi dan kegunaan sendiri-sendiri. Penyetel kones, sesuai dengan namanya fungsinya untuk menyetel kesesuaian dudukan gotrinya. Usahakan dalam mengecangkannya, gotri tidak keluar dari jalurnya atau jangan sampai gotrinya menumpuk. Hal ini akan berakibat setangnya kendor dan terasa ”jedhock-jedhock” meskipun melewati jalanan yang tidak rusak.

Baut pengunci sendiri berfunsi mengunci setelan yang sudah jadi (setelannya sudah pas baru diseret / dikencangkan) sehingga baut setelan kones/set tidak berubah lagi meskipun terkena goncangan saat lewat jalanan yang rusak. Untuk megampangkan uraian diatas, fungsi 2 komponen kones itu seperti 2 baut setelan rantai seperti gambar dibawah ini.

SETELAN RANTAI

Baut Setelan Rantai

Dimana baut yang besar (baut yang pertama / didepan) berguna untuk menentukan titik setelan yang pas sedang baut kedua (yang lebih kecil / dibelakang) berguna untuk mengunci agar setelan nya tidak berubah lagi.

Demikian postingan ku kali ini, semoga ada gunanya bagi narabloger yang keseharian nya jarang bersentuhan dengan komponen2 tersebut. πŸ˜€

Iklan

21 Responses to Cara Menyetel Kones Sepeda Motor

  1. makasih infonya,,,salam hangat,,,

  2. alamendah berkata:

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Bisa ikutan jadi bengkel, ki….

    jangan mas alam, ntar aku ada saingan nya πŸ˜†

  3. ryodimas berkata:

    waduh ane gak ngerti mesin nih…

    belajar bongkar aja mas gak apa, ntar kalo masangnya bawa ke rumah. makasih telah mampir πŸ˜†

  4. Wempi berkata:

    Wempi juga biasanya nyervis sendiri dirumah, kecuali bongkar mesin wempi bawa ke bidan πŸ˜†

    jadi beranak dong mesin nya πŸ˜€

  5. ai berkata:

    ga ngerti mesin pak… tapi makasih atas infonya πŸ˜€

    sekedar ngasih pencerahan aja πŸ˜†

  6. imadewira berkata:

    kalau saya sih serahkan ke bengkel aja, hehe

  7. julianusginting berkata:

    wah.bagus tuh…patut dipraktekkan sob..

  8. wigati10 berkata:

    hmmmm….kalau ada masalah sama motor, aku gak ngeh mas hehehe, suka dijelasin sih sama tukang bengkelnya tapi ya kadang gak nyambung tuh :D..tau beres aja, padahal penting ya

  9. budiarnaya berkata:

    Wah..saya buta dengan mekanik mas…paling kalau sakit saya bawa ke bengkel, tapi bugus juga untuk dibaca, dan pastinya sangat bermanfaat, trims

  10. aldy berkata:

    Ops…
    kalau urusan motor saya angkat tangan mas Sugeng, biasanya saya bawa ke dukun motor, biar ditangani oleh ahli. Saya cuma bisa membetulkan komputer saja.

  11. DikMa berkata:

    saya bisanya tambal ban .. πŸ˜†
    tapi yang paling saya benci, dengan motor saya yang sering bocor bannya … 😦

  12. rian berkata:

    kones itu bagian yang mana yaa..??

    rian sangat tidak mengerti motor sih.. hehehe

  13. ardian berkata:

    saya punya keluhan ni…saya baru aja modivikasi sendiri honda sg dgn menggunakan ban ukuran 140/70 14..tapi saya tdk tau cara menyetel rantenya blakang ke gir depan karena miring….tolong dibantu

  14. bang,, motor sya jg kyak gt. udah k dealer,, bngkel. tp ttep aja g ada perubhan.

    posisi abang dmn????

    Koq gak ada perubahan ❓ emang sudah diapain sahja oleh dealer nya ❓
    Aku ada di rumah, maksudku ada di Tabanan πŸ˜†

  15. kones.y smpek d ganti baru. kt.y dealer.y kones.y haus. pdahal motor masih 6bulan k skg. dan skg mau d ganti baru. gmn solusi.y bang???
    kones.y d seretin = kakuh sma nyetir.r,, g d sereti = eh,, malah jedhot – jedhot. mskipun lewat jalan bagus 😦

    tabanan??? d mana bang??? πŸ™‚
    ada no tlp,, FB, ato twiter??? biar enak bang curhat.y. πŸ˜€

    saya bingung bang:(

    Aduh…. kalau tulisan yang begini aku gak bgerti. Emang Arkan tinggal dimana ❓

  16. q d malang aja bang. km????

    da yg bsa d hubungi kh bang???? pgen nanyak lebih detil.y lg 😦

    lewat YM saja 😐

  17. girl dresses berkata:

    Yes many thanks that was an excellent study. I’ve been considering this recently myself. It is fascinating that I happened to study this right now.

  18. Barnaby berkata:

    This is certainly Wonderful! Many thanks.

  19. hoody berkata:

    Trus cara nyetel yang tepat tuh kones gimana bro?? gak boleh terlalu seretatau gimana ukurannya?? baut penguncinya apa digetok pake palu juga?? tolong lebih didetailkan. trims ilmunya..

    • Sugeng berkata:

      Intinya baut bawah untuk menyetel, seberapa seretnya atau kendornya. Sedang yang atas berfungsi untuk mengunci agar setelan yang telah kita buat tadi tidak berubah. Mestinya ada kuncinya sendiri, kalau palu dan obeng itu hanya sebagai senjata terakhir dan pamungkas πŸ˜†

  20. sam berkata:

    mas bro.,mau tanya ni , kones buat scorpioz itu, ada yg KW gk ?
    terus apakah kones itu gg bisa diperbaiki ?

    sola ny kalau yg ori mahal bgt heheh πŸ˜€

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: