Massage Untuk (terhindar dari) Sakit Mata

Setelah lama berada dan selalu menghantui kegiatan anak2 ku, akhirnya jebol juga pertahanan nya. Ya… anakku serta istriku sudah terserang sakit mata yang sekarang lagi musim. heran koq sakit mata juga punya musim ya, kaya’ durian aja😆 Padahal sudah sekian lama orang-orang di lingkungan kami sudah terserang sakit mata tapi keluargaku (yang serumah) tidak ikutan panen di musim ini. Dan yang menjadi keheranan saya adalah musim sakit mata ini tidak kenal batas teritorial. Ada temanku yang domisili di daerah Jakarta sempat berkabar kalau dia dan keluarganya sekarang lagi sakit mata.

Sakit mata yang di derita oleh anak dan istriku kali ini lumayan berat. Selain mata yang sakit memerah, selalu keluar ”belekan” (kotoran mata) yang berwarna hijau juga sekeliling mata meradang dan bengkak sehingga kelopak mata tidak bisa dibuka. Hal ini cukup serius bagiku. Karena satu anggota keluarga yang terkena sakit mata, akan mudah menularkan pada orang lain. Karena sakit mata ini lebih sering disebabkan oleh bakteri yang menimbulkan infeksi.

Ada beberapa tips agar kita tidak tertular (karena mencegah lebih baik daripada mengobati), yang pertama adalah Sesaat setelah berinteraksi dengan orang yang sakit mata (bersalaman atau memegang barang yang baru dipegang oleh orang yang sakit mata), jangan sekali2 mengucek-ngucek mata. Kalau memungkinkan cuci tangan setelah berinteraksi dengan orang-orang berpontensi menularkan penyakit mata. Karena meskipun tangan anda terlihat bersih belum tentu tangan anda bebas dari kuman dan bakteri.😆

Yang kedua, Menghindari berbagi barang pribadi dengan orang yang sedang terkena sakit mata, meskipun itu istri /suami /keluarga anda sendiri . Barang-barang pribadi itu meliputi handuk, sapu tangan, kaca mata, lensa kontak dll.
Dan yang terakhir lakukan massage terhadap mata . Caranya dengan melakukan gerakan memutar yang dimulai dengan tangan kanan-kiri. Jari tangan yang akan digunakan untuk memijat ditaruh diatas dahi, selanjutnya turun dan memutar pas di bawah mata dan berhenti di tengah-tengah mata dan memutar kebalikan dari arah piojatan tadi. (ini aku ada videonya tapi gak bisa aku upload karena jaringan sibuk).
Massage Mata

Cara yang ketiga ini sudah aku praktekan dengan hasil yang sangat memuaskan. ”Sangat memuaskan” ini bagi diriku karena sampai sekarang aku belum tidak terserang penyakit mata yang sedang musim-musimnya😆 . Dan semoga sampai berakhirnya musim mata ini (maksudnya musim penyakit mata ini) aku tidak ikut-ikutan ngunduhnya.

Terus yang membuat aku gak habis pikir dengan orang yang sedang sakit mata. Begitu terasa agak reda sakit yang dideritanya, langsung dia keluar rumah dan berkatifitas dengan lingkungan. Dengan memakai kaca mata hitam ala terminator mereka dengan enaknya beraktifitas. Padahal kaca mata hitam itu tidak ada efek apapun terhadap sakit matanya. Malahan yang menjadi korban adalah orang orang yang berada disekitarnya. Karena dengan begitu akan terjafi interaksi antara si sakit mata dengan orang yang sehat.  Kalau sudah begitu, tunggu saja orang yang sehat tersebut akan ikutan merasakan belekan di mata.😆😦😕

Bagusnya orang yang sedang sakit mata itu tidak usah keluar rumah dengan memakai kaca kaya’ terminator. Sembuhkan lah dulu penyakit matanya tersebut, setelah sembuh baru beraktifitas lagi seperti biasa karena orang lain yang akan jadi korban anda😕 .  Terus sekarang sedang musim apa di daerah anda😕❓

51 Balasan ke Massage Untuk (terhindar dari) Sakit Mata

  1. aldy mengatakan:

    Mas Sugeng,
    ditempat saya ada semacam kepercayaan, jika ada gejala sakit mata, dioles dengan air seni yang pertama kali keluar pada pagi hari ( serius ), dan seumuran saya baru satu kali sakit mata sampai bele’an.

    aku juga pernah mendengar rumor seperti itu pak, tapi gak tahu apa ada pengaruh secara medis.😆

  2. HALAMAN PUTIH mengatakan:

    Pake kacamata yang rapat bisa terhindar dari kejangkitan sakit mata. Itu menurut tetanggaku, tapi entahlah saya juga belum membuktikannya

    kalau pake kaca mata terus jalan2 kemana2 gak akan ngefek karena angin yang mau masuk itu memaksa & nerobos kemana2😆

  3. bintangtimur mengatakan:

    Bukan sedang musim sakit mata, tapi musim mendung…maksudnya, cuaca disini mendung terus😀
    Sakit mata memang menular dengan cepat, apalagi kalau yang tertular orang serumah, biasanya sakit mata itu akan jadi wabah yang menghebohkan…mudah2an pada cepet sembuh ya!

    Iya bu, nularnya bukan dalam hitungan hari tapi menit. Beberapa menit setelah terkena bakteri yang mengandung virus, langsung memerah dan belekan😆

  4. budies mengatakan:

    kalau ibu saya dulu pernah menganjurkan dan kami praktikan yaitu pakai air liur pertama waktu habis bangun tidur malam

    aduh ada pengobatan cara baru untuk sakit mata nih pak. Baru tahu aku kalau bisa juga pake iler😆😀😎

    • cobaberbagi mengatakan:

      saya juga pernah dengar metode itu, cuma belum pernah lihat hasilnya cz belum pernah mengalami n semoga tak mengalami. saya doakan cepat sembuh aja dech

  5. Cahya mengatakan:

    Jangan lupa juga pakai masker😀.

    Dok, … dokter cahya. Kemana dok ?!?
    **Gak liat dokter cahya lewat karena mata tertutup masker**😆

  6. edratna mengatakan:

    Sakit mata ini memang menyebalkan..kita tak sakit, tapi nggak bisa ngapa-ngapain gara2 mata tak bisa dibuka karena belekan….juga awalnya terasa kemeng(bengkak)…

    menyebalkan dan memalukan karena merah matanya plus belekan yang super ijooo😆

  7. budiarnaya mengatakan:

    Heeee saya sering melakukan seperti yang dikatakan Bang Aldy namun demikian tetap membeli tetes mata cendocetrol itu ampuh banget

    cendocentrol😕 begitu di tetesin langsung tenggorokan kering.

  8. gobankgocir mengatakan:

    sakitnya siy biasa2 saja, tapi malunya itu yang jadi luar biasa..😀
    thanks infonya.. coz mata sudah mulai gatal2 niy.. hehehe
    semoga ga tambah parah.

    betul mas, malu-maluin😆 makasih telah mampir

  9. omiyan mengatakan:

    Makasih infonya…..saya baru tahu dan Alhamdulillah kemaren ga keserang walau atasan saya kena hihihihihiih

    syukur mas, berarti bakterinya takut sama sampean😆

  10. Mbah Jiwo mengatakan:

    waduh, penyakit ini menyebar lewat blog ngga? *nutup mata*

    salam hangat dari MALANG🙂

    sangat bisa mbah, jejaknya mata merah tapi gak sampai belek en (cuma terlalu lama mentelengin monitor)😀

  11. nh18 mengatakan:

    Betul sekali pak …
    Sakit mata itu menular secara cepat …

    terima kasih tips-tipsnya ya

    Salam saya

    ini jejak dari NH18 atau pak Aldy ya😕😆

  12. septarius mengatakan:

    ..
    Kunjungan perdana, salam kenal mas Sugeng..
    Mas ato Belhi ya..?
    ..
    Kalo dikampung saya ada penyembuhan tradisional..
    Pake’ uap panas air daun sirih, yg dimasukin gelas..
    Tp awas hati2 ketumpahan air panas..:-D
    ..
    Ps: semoga keluarga yg sakit mata cepet sembuh..
    ..
    -AtA-
    ..

    Makasih Ata trelah mampir, kalau pake air panas kaya’nya enggak deh. Mungkin pake yang angget aja biar enak, gatel2 nya bisa ilang😆

  13. bali bicara mengatakan:

    terima kasih telah komen di bali bicara. jabat persahabatan dari jauh. salam semangat dan kreatif selalu.

  14. delopadi mengatakan:

    wah.. sudah dikompres dan diberi obat tetes mata??
    biasanya teman2 saya kalau terkena sakit ini matanya langsung ditutup sebelah dengan kasa untuk menghindari kontak dengan debu dan air yang kotor.

    kalau ditutup pake kasa dua-dua nya gimana mau ngintip orang lewat❓😆
    makasih telah mampir.

  15. Tamba Budiarsana mengatakan:

    saya setuju..beberapa minggu kemarin juga sempat mewabah di tempat saya kerja, tapi untungnya bisa dicegah.. Makasi infonya…tukar link ya..

    link sudah nangkring di blog ku, makasih bli tamba telam mampir😆

  16. Blogger Cikarang mengatakan:

    kunjungan perdana nie mas🙂
    ada juga yang bilang untuk mencegah wabah penyakit mata yaitu dengan memakai eye shadow yang dari arab itu yang dari batu hitam (kalo di tempatku orang bilang sifat mekah).

    ditempatku disebuk “celak arab” hasilnya aku juga gak tahu. tapi yang jelas setelah memakai itu sorotan matanya jadi tajam seperti deddy combuzer😆

  17. tutinonka mengatakan:

    Saya kenal sakit mata ‘belekan’ itu waktu kecil dulu, tapisetelah itu kok jarang ya lihat orang disekitar saya sakit mata seperti itu? Atau yang sakit tahu diri, nggak keluar rumah sehingga saya nggak lihat?😀

    Iya, waktu kecil dulu (jaman dulu belum banyak obat) ngobatinnya pakai air rendaman daun sirih yang dituang di gelas khusus untuk mata, terus wajah ditengadahkan dan gelas mata dibalik, sehingga mata terendam air sirih.

    iya bu, tapi kalau sekarang cari gelas yang begitu dimana ya❓ adanya gelas teh

  18. ai mengatakan:

    kaca mata hitam itu supaya dia ga malu ketahuan orang kalo dia lagi sakit mata😀

    mungkin iya tapi kalau untu penyembuhan keknya enggak deh😆

  19. M Mursyid PW mengatakan:

    Di tempat saya juga belum lama banyak yang kena penyakit itu. Alhamdulilah saya dan keluarga gak kena.

    semoga gak kena pak😆

  20. KangBoed mengatakan:

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  21. Ayahnya Ranggasetya mengatakan:

    Sakit mata memang bikin malu, jadi nggak pede berhadap-hadapan sama lawan bicara. Jadi, memang penyandang sakit mata musti di rumah saja. Tips pijatannya oke juga.

  22. nikenmakki mengatakan:

    salam kenal, mas sugeng🙂

    wahaha, dapet tips baru nih, alhamdulillah sih kalo ada org sakit mata, cukup tdk kontak langsung udah bisa menghindari tertular, tapi apa salah nya pijet mata toh bisa dipake buat relaksasi juga😀 makasih mas info nya

  23. kopral cepot mengatakan:

    dipijit yah … tararengkyu infonyah berharga buat keluarga😉

  24. krupukcair mengatakan:

    wah, makasih tipsnya..

  25. Abdul Hakim mengatakan:

    musim apa ya?? lagi sepi nih pak, mungkin sebentar lagi musim rambutan..wkwkwk

  26. febriy mengatakan:

    ya, kyknya emang lagi musim, di tempat saya agak jarang sih, soalnya desa, kalo di kotanya kyknya mewabah…..:mrgreen: semoga ga terserang pak, pake kacamata las…..😀

  27. bundadontworry mengatakan:

    semoga sekarang ini sudah sembuh matanya yg sakit ya Mas Sugeng
    salam

  28. melianaaryuni mengatakan:

    Di tempat saya udah 3 bulan kemarin,Pak….Semoga sehat kembali ya….

  29. teguhsasmitosdp1 mengatakan:

    Terima kasih infonya, sangat bemanfaat. salam kenal dari saya

  30. tunsa mengatakan:

    kunjungan balik pak…
    waaah, kebetulan sma postingannya dgku, soal sakit mata…
    hehe..🙂
    makasih…

  31. nanaharmanto mengatakan:

    Sakit mata memang menyebalkan… seputar mata jadi pegel-pegel… penyakit yang sebenarnya “ringan”, tapi memalukan dan bikin nggak pede, karena mata jadi merah banget, terpicing terus dan berair serta belekan terus…

    Semoga kita terhindar dari sakit mata ini ya Mas..

    salam hangat selalu…

  32. bayuputra mengatakan:

    Selamat malam pak …
    salam hangat dari Kalimantan Tengah.

  33. zarod mengatakan:

    jalan jalan malam pak🙂

  34. haritsmugni mengatakan:

    Yang paling disebelin kalau lagi sakit mata itu setelah bangun tidur, karena mata tidak bisa dibuka *melek karena mata itu ketutupan kotoran air mata alias belek.

  35. udienroy mengatakan:

    Wah kenapa ya sehat itu tak bisa menular. Kok malah penyakit yang bisa menular. Coba saja jika sehat bisa menular. Ketika sakit dekat2 ama orang sehat. Pasti ketularan sehatnya hehe😀

  36. BENY KADIR mengatakan:

    Sama di flores,byk org tertular mata merah.serem!
    Mudah2an,saya aman sampai musimnya berakir.
    Terimakasih tips pencegahan yg Mas Sugeng tulis.
    Salam hangat selalu.

  37. Moblox d'James Wafers mengatakan:

    terakhir x kena skt mt merah wkt kecil. alhmdlillah spi skrg tdk prnh terjangkit n jgn spi dah!

  38. pendarbintang mengatakan:

    Kalau mampir di blog yang keluarganya sakit mata bakal tertular tidak yah?
    😀

    Salam dari Seminyak, ya Pak!

  39. Anex curut mengatakan:

    sakit mata cepat sekali menularnya,
    kenapa ya,..?

    karena bakteri nya seneng loncat sana loncat sini😎

  40. Zippy mengatakan:

    Jadi inget waktu sakit mata dulu.
    Tetep nekat masuk kampus dengan pake kacam

    ata item, hahaha…
    Rajin amat yah saya😀
    *Tapi untung gak ada yang tertular😀

    seperti terminator dong😎

  41. Epenkah mengatakan:

    ampun deh mas Sugeng, sakit mata ini memang bukan penyakit keturunan tapi cukup memalukan hahaha😀 Semoga pertahanannya tdk jebol mas😀

    memalukan❓😕 memang benar mas, karena belekan nya bau😎

  42. kurtubi mengatakan:

    Mata bermasalah biarin mas Sugeng, yg penting silaturahmi maya gak putus … terima kasih sudah nampir di blog saya. Salam kenal

    betul pak, sampai lupa minum obat dan ngasih obat tets mata😆

  43. Reza mengatakan:

    Alhamdulillah saya belum ernah mengalaminya, semoga saja tidak, paling sakit mata saya dikarenkan sering terus-terusan di depan layar monitor…

    yang penting jaga kondisi badan mas😆

  44. ahsanfile mengatakan:

    Kayaknya sakit mata itu menular juga lewat sinar mata yah
    eh maksudnya tatapan mata. soalnya pernah cuma melihat doang tapi ketularan juga

    kalau menurutku bukan tatapan matanya, tapi karena bakteri nya loncat. karena kecilnya, pas jatuh bersamaan dengan air mata nempel di pipi. mengering ketiup angin, pas sampean di depannya. kena deh …❗

  45. boyin mengatakan:

    wah makasih nih atas tips nya berguna banget untuk mengantisipasi kedepannya

    he…he….he…. aku sudah merasakan mas. mata merah, berair, pandangan kabur😆

  46. alisnaik mengatakan:

    di kota saya lagi musim angin dingin bang.

    semoga sakit matanya cepat sembuh😮

  47. Marisz mengatakan:

    Di desa saya sekarang lagi musim Sakit mata GAN

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: