Hebatnya Blogwalking

”Kalau ingin trafic blognya ramai, rajin-rajinlah blogwalking”

Sudah 3 hari ini saya selalu full online di rumah dari pagi sampai malam. Bukan karena saya sudah full time untuk mengarungi dunia di dunia maya ini untuk tujuan bisnis. Tapi karena saya sedang tersandung masalah (sesuai dengan psotinagnku yang kemarin). Sekarang dengan mata bengkak aku mencoba menyapa teman2 narablog dengan salam hangat dan jabat erat selalu.

Mungkin dengan keterbatasan yang kualami beberapa hari ini aku bisa mengambil sisi positifnya. Aku jadi bisa menyapa sahabat narabloger dengan lebih pagi dan tidak perlu antri dengan anggota keluarga yang lain.

Secara kuantitas jumlah kunjungan lebih banyak hampir dua kali lipat. Meski dengan materi postingan yang tidak terlalu mengandung nilai-nilai SEO. Yang jelas kunjungan balik sahabat narabloger bukan karena menenukan kata kunci di mesin pencari ataupun nyasar kesini karena terprovokasi, karena aku tidak pernah memasang kata-kata yang mengandung link di Mesin pencari. Namun kunjungan itu sebagai etika sesama bloger yang wajib membalas blogwalking apablila dikunjungi. (adakah aturang itu sudah disahkan oleh undang-undang sehingga para narablog berusaha mematuhi dan menjalankan nya❓😕 )

Aku sendiri jarang mengunjungi para sahabat narabloger meski di sisi samping blog ku ada blog roll yang terpampang disana. Mestinya sih bloger yang baik (diriku termasuk bloger yang rada-rada bener, berarti setengah gak bener😆 ) akan mengunjungi sahabat blogger sesuai dengan link blogroll yang ada. Namun untuk ukuran diriku yang bloger setengah gak benar ini, mungunjungi sahabat narabloger (blogwalking) tidak harus sesuai dengan blog roll yang ada. Kebanyakan aku kalau lagi blogwalking selalu menunggu umpan dari kunjungan sebelumnya.

Jadi meski blog roll ku menjulang tinggi dari atas sampai bawah, tidak semuanya saya sempatkan mengunjungi. Karena banyak alasan yang terlontar. Aku ambil gampangnya saja, blogwalking setelah dikunjungi. Mungkin caraku ini dianggap licik, curang atau mau menag sendiri dalam blogwalking. Tetapi aku mempunyai alasan, yang sudah berkunjung itu biasanya sudah mengapdate postingan nya. Jadi kunjunganku itu pasti akan menemukan sesuatu yang baru. (koq disamaain dengan keadaanku ya, males BW karena gak pernah update blog).😆

Jadi intinya kalau mau kunjungan di blognya banyak, rajin-rajin lah blogwalking. Ini tidak untuk narablog newbie saja, seorang pakar blog dan seorang master SEO pasti akan tetap melakukan nya. Karena itu juga menunjukan bahwasanya si empunya blog masih eksis di dunia maya dan untuk mempererat silahturahmi (mengundang) narabloger yang lain untuk sekedar mampir dirumah nya.

Kalau menurut anda sendiri bagaimana❓❓❓

55 Balasan ke Hebatnya Blogwalking

  1. Vulkanis mengatakan:

    Betul dan setuju dengan trikna Mas
    Terimakasih dan salam sukses selalu

    Lha ini dia pakar blogwalking😆
    makasih pak dadang telah mampir

  2. cameras compare mengatakan:

    mantap tipsnya…setuju banget…

    makasih telah mampir😆

  3. yuwaku mengatakan:

    Setuju.setuju..

    🙄

  4. Epenkah mengatakan:

    betul sekali mas Sugeng, BW adalah tekhnik SEO paling mudah dan manjur yg paling saya kuasai hehe😀

    he…he…he… cuma menjalin silahturahmi aja mas😀

  5. Ifan Jayadi mengatakan:

    Oh begitu ya triknya. Oke juga nih dan bisa diikutin kayanya

    aku sih juga ngikuti para blogger sukses😆

  6. TuSuda mengatakan:

    Saya selalu berupaya BW balik ke blog sahabat yg telah berkunjung dan berkomentar, apalagi kalau koneksinya lancar, bisa BW ke blog lainnya. Tksi ya mas.

    iya pak, kebetulan juga ada kesempatan dan dan kemauan😆

  7. wildanr mengatakan:

    Saya juga lagi liburan ni pak, makanya sehari-hari blogwalking terus ;D

  8. A MOBILE BLOGGER mengatakan:

    Suatu kehormatan bisa membalas komentar mas di blog ku..dan sangat membanggakan juga bagi saya bisa bertemu seseorang yang sangat menghargai kemurnian jalinan silaturahmi antar blogger melalui blogwalking,..trimakasih telah berbagi ilmu dan pendapat y yg sangat berharga bagi kita semua,..salam hangat dan jabat tangan erat selalu…

    satu kehormatan juga bagiku telah dikunjungi dan ngomeng disini😆

  9. bibi criwis mengatakan:

    Betul.. betul.. betul…
    Tapi saya sendiri jarang blogwalking…😦
    Trims sudah berbagi tipsnya ya Mas.. sukses selalu..😉

    Iya Bi’ meski postingan banyak kalau gak jalin silahturahmi ya seperti nyimpen buku harian di bawa kasur😆

  10. aldy mengatakan:

    Dibalik setiap kejadian selalu ada hikmah yang tersimpan.
    Semoga lekas sembuh dan beraktifitas seperti biasa Mas.

    makasih do’anya pak😆

  11. BlogMixOnline mengatakan:

    ok mas kunjungan balik ini ya

    sukses mas🙂

    makasih telah mampir😉

  12. tyan's mengatakan:

    dengan blogwalking kita bisa menjaga silaturahmi….,

    siippp deh😀

  13. Cahya mengatakan:

    narabloger?😀.

    😕❓ kurang GE nya pak😆 biasa, kesusu ……………

  14. Kurtubi mengatakan:

    kalau pun juga sakit matanya sudah sembuh blogwalking tetap terjalin kan mas. semoga tersandungmasalahnya segera sirna.

    masalahnya ini karena sakit mata pak😆 Insya Allah akan tetap terjalin pak

  15. ahsanfile mengatakan:

    Setuju… itu akan memperbanyak sahabat blog…
    Tapi kadang kalo lagi bosen atau sibuk maka duhh rasanya ,,,,

    rasanay capek deh …………..😆

  16. unting mengatakan:

    walaupun masih kunjungan perdana tetap kumen
    salam kenal pak…

    salam kenal kembali😆 makasih telah mampir

  17. winant mengatakan:

    persahabatan lewat blog
    tak terbatas ruang dan waktu

    salam kenal

    salam kenal kembali mas, trim’s telah berkunjung😀

  18. ornget mengatakan:

    bner bnget tuh blogwalking snjata mpuh meningkatkn traffik blog kita,thanks infonya,nice post

    sama-sama mas, trim’s telah mampir🙂

  19. Usup Supriyadi mengatakan:

    Kalau saya rada menurun nih intensitas BW-nya…

    terus kunjungan nya gimana pak❓

  20. andry sianipar mengatakan:

    Blogwalking memang saya jadikan sebagai ajang silaturahim… sekaligus ajang menambah ilmu…

    http://andrysianipar.com

  21. Asop mengatakan:

    Saya setuju, kalo mau banyak pengunjung ya harus BW. Tapi pas BW gak usah minta2 “ditunggu kunjungan baliknya” segala…😐

    nah itu juga tips jitu, karena secara otomatis si empunya blog ada beban moral tersendiri dengan kunjungan sahabat (kalau gak mau disebut utang kunjungan)😀

  22. ardhadedhali mengatakan:

    bener-bener mas..
    jalan-jalan blog itu menyehatkan dan menguntungkan, hihi..

    menambah persahabatan😆

  23. aldy mengatakan:

    Yang punya blog blogwalking mulu, sampai komen disini gak terbalas😀

    ups….. waduh koq …….. maaf pak. lagi semangat sih😆😀

  24. HALAMAN PUTIH mengatakan:

    Sama nih, yang saya klik gak melulu yang ada di blogroll. Kadang ada beberapa sahabat baru yang saya kunjungi bahkan mungkin blog mereka yang masih sedikit dikunjungi orang.

    Ya, silaturrahmi sambil cari teman baru. Namanya juga online…

    setuju yang penting jalin persabahatan😆

  25. budiastawa mengatakan:

    Yup, benar mas Sugeng. Terasa sekali kalau kita jarang blogwalking. Seperti saya ini, saya lihat trafik blog saya turun karena saya malas berkunjung. Terima kasih pencerahannya.

    yups sama-sama pak, ini aja karena full 4 hari dirumah jadi bisa keman-mana😆

  26. Reza mengatakan:

    Bener gan, kemaren saya konsultasi dengan blogger bandung, dia punya blog berpage rank 5 dalam waktu satu tahun saja, setelah saya tanya ternyata dia rajin blogwalking, puih jadi iri saya. tapi yang penting kita jangan salah mindset, blogwalking untuk meningkatkan pagerank, namun untuk mempererat tali persahabatan antar blogger…

    tapi bagiku BW iu cuma untuk mepererat silahturahmi, masalah nambah PR itu efek positifnya😆

  27. olanuxer mengatakan:

    saya juga blogwalking nih…sukses untuk belajar linuxnya🙂

    makasih mas telah mampir, saya juga telah ke blognya wira, semoga cepat direspon😆

  28. tunsa mengatakan:

    sudah sembuh pak?

    masih mas, tapi sudah agak mendingan dari pada kemarin. Insya Allah besok sudah bisa beraktifitas😆

  29. Wempi mengatakan:

    Wempi sudah berkurang nih rutinitas blogwalkingnya…
    karena waktu offline skarang lebih banyak dari online.😀

    berarti sudah naik karier nya dong, sudah nyari rumah❓😕

  30. udienroy mengatakan:

    Kalau aku membuat khusus link. RSS Atau Feeds yang berisi banyak blog teman2 di blogspot. Jadi saya bisa tahu siapa saja hari ini yang update. Tak perlu langsung mengunjungi blog masing2 dan jika ingin mengunjungi postingnya maka tinggal Klik judul postingnya saja.

    wah bagus juga tuh, coba nanti kalau ada waktu aku coba utak-atik😆

  31. netmild mengatakan:

    wah semoga komentarku bukan yang paling akhir..wah kalo aku jarang banget blogwalking..soale sibuk banget…tapi kalo ada waktu pasti saya blogwalking..bayangin aja pak kerja kuliah dan mengelola beberapa situs..hmmm 24 jam masih kurang

    masa muda kerja keras, masa tua kaya raya😆 kalau 24 jam masih kurang bisa koq minta tambah quota lagi😎🙄

  32. Aulia mengatakan:

    tentu ajang silaturrahmi sesama narablog juga penting, selain masalah trafik, banyak ilmu dan wawasan yang kita dapat🙂

    setuju, masalah trafik iyu cuma sekedar efek samping yang positif😎

  33. darahbiroe mengatakan:

    oleh karena itu aku juga blogwalking kesini hahaha

    selamat pagi blogwalking😀

    semangat pagi juga pak😆

  34. melianaaryuni mengatakan:

    BW kesini, Pak🙂

    monggo Jeng😉

  35. facastriot mengatakan:

    Walau saya blm punya koneksi inet di rmh, tp tetep berusaha blogwalking walaupun mobile😛

    numpang lewat pak😀

    aku yang mobile itu malah gak bisa, jadi orang rumahan😆

  36. sedjatee mengatakan:

    dari blogwalking, saya ketemu panjenengan
    terima kasih telah rawuh ke tempat kami
    semoga menjadi sahabat senantiasa
    salam sukses…

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

    sami-sami pak, matur suwon sanget mampir mriki😆

  37. Debby mengatakan:

    sudah seharusnya dan sewajarnya memang pak ^^
    salam persahablogan ^^

    salam persahablogan kembali😆

  38. BidanDesa ™ mengatakan:

    dengan jalan-jalan selain nambah wawasan juga mempererat silaturahim…

    jabat erat selalu

  39. imadewira mengatakan:

    saya akui, frekuensi blogwalking kita mempengaruhi jumlah komentar di blog kita sendiri, tapi menurut saya itu bukanlah satu-satunya faktor.

    faktor lainnya isi dari postingannya😀

  40. sunarnosahlan mengatakan:

    akhir-akhir ini saya juga jarang BW, banyak yang harus diselesaikan secara offline

    tapi masih disempat-sempatkan mampir kesini. makasih pak😆

  41. Agung Pushandaka mengatakan:

    Kalau saya, untuk blogwalking biasanya menyediakan waktu khusus. Karena cukup banyak blog yang harus saya kunjungi. Kadang-kadang saya juga ber-blogrunning. Hehe!

    blogrunning tanpa meninggalkan jejak ??? ntar yang punya blog gak tahu gimana😕

  42. bee_linux mengatakan:

    Salam kenal….pak.

    maksih telah mampir😎

  43. asia mengatakan:

    maka
    aku pun blogwalking kemari
    salam kenal

    monggo-monggo🙄😎

  44. PanDe Baik mengatakan:

    Saya sendiri bisa dikatakan jarang malah gak pernah blogwalking ke sobat blogger yang ada dalam daftar blogroll saya… termasuk kemari… hahaha… lebih suka menyapa via update status FB…

  45. PanDe Baik mengatakan:

    tapi jujur aja, saya salut tiap kali mampir ke blog ini ataw miliknya wira… yang selalu mendapat tanggapan diatas 20-an… berbeda dengan blog saya yang mendapat kunjungan 20-an orang saja sudah syukur… hahahaha…

    makasih bli, sudah mampir. itu kan karena bli pande gak mau direpotin kita2😆

  46. alisnaik mengatakan:

    selamat pagi.

    wwwoww !!! 3 hari full online.
    pasti puas sekali tuh.
    blogwalking sampe tangan dan mata pegel, hehehe.

    pantesan aja yg komen di sini banyak bener😉

    keep ngeblog.

    terima kasih dan mohon maaf😮

  47. bundadontworry mengatakan:

    bunda selalu berusaha agar BW dan tdk menjadi silent reder, hanya krn alasan silaturahim dan senang membaca tulisan2 para sahabat2 , dan gak ngerti ttg SEO SEO an segala🙂
    salam

  48. arka mengatakan:

    Setuju… itu akan memperbanyak sahabat blog…
    tapi ya itu, kita harus banya bersilaturahmi. ga pap ya… dengan banyak silaturahmi mengundang banyak rejeki ” trafik blog kita bertambah salah satunya”

  49. massigit mengatakan:

    mantapp mas.. blogwalking memang oke..

  50. Red mengatakan:

    blogwalking memang penting mas, untuk menjalin pertemanan dan menjaring traffic juga, jika dicombine dengan tukeran link pasti lebih mantap!

  51. prinsipberbagi mengatakan:

    Memang hebat tuh blogwalking.

    mari kita blogwalking bersama-sama😆

  52. isdiyanto mengatakan:

    pengennya sih blogwalking terus…

    kalau keenakan blogwalking terus kadang lupa rumah nya🙄

  53. vanovic mengatakan:

    betul sangat mas, saya termasuk orang yg malas wolking2, hehehe… tp sudah mulai menerapkan cara ini, terbukti efektif🙂 salam kenal mas

    ini trik jitu untuk mendpat kunjungan balik😆

  54. […] terselip di angan bahwa agar tulisan itu bisa di liat orang banyak, tentunya harus di awali dengan blogwalking. Dan pancingan blogwalking itu berhasil dengan banyaknya komentar yang […]

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

