Selamat Iedul Fitri 1431 H

Selalu saja mementukan jatuhnya tanggal 1 Syawal menimbulkan perbedaan.

Tanggal 1 Syawal 1431 H telah diputuskan oleh pemerintah, yaitu bertepatan dengan tanggal 10 September 2010. Sebelum palu di ketok sebagai tanda keputusan sudah diambil selalu saja ada cerita tarik ulur dalam menentukan nya. Saya gak tahu sebagai orang awam dalam menentukan tanggal tersebut. Dan yang sering menjadi pertayaan dan tanda tanya besar dalam benak ini adalah kenapa yang selalu jadi perdebatan di Indonesia ini hanya tanggal 1 Syawal padahal kalau dipikir hari raya Islam dan tergolong dirayakan secara besar selain Iedul Fitri ada juga Iedul Adha. Mungkin yang jadi trademerk puasa di Indoneisa ini adalah 1 Syawal nya yang identik dengan mudik kaleee ya ……….😆


Kembali kepada topik yaitu penentuan tanggal 1 Syawal, masalah ini menurutku berhubungan dengan astronomi (falak) dan ilmu2 turunannya. Saya gak paham ilmu2 dengan ini namun yang jelas dengan ilmu2 tersebut kita (selama ini) bisa menentukan kapan akan adanya gerhana bulan, kapan akan ada gerhana matahari yang lengkap beserta jam nya akan terjadi. Penentuan itu bisa tepat beserta jam, detik dan posisi dimana saja yang akan dilewati oleh gerhana tersebut. gerhana koq bisa jalan-jalan nya, kaya’ aku aja. dan yang lebih ekstrem lagi, para pakar dalam ilmu2 tersebut bisa mempredeksikan kalau nanti tahun 2012 bumi yang kita tumpangi ini kan bertabrakan dengan sebuah komet besar.😦 Dan kebanyakan orang tidak mempermasalahkan dengan ilmu2 perhitungan secara teori tersebut karena memang bisa di pertanggungjawabkan. (tapi aku pribadi tidak percaya dengan prediksi yang mengatakan tahun 2012 akan kiamat, bullshit)

Dan yang jadi pertanyaan dalam hati ini, kenapa penentuan tanggal 1 Syawal tersebut tidak bisa dilakukan dengan limu2 tersebut❓😕 padahal secara keakuratan bisa dihandalkan karena memang sudah melalui pengujian2 oleh para pakarnya. Dan mereka semua setuju dengan ilmu astronomi itu, tapi yang jadi masalah kenapa selalu menjadi pertentangan ???. Kalau penentuan tanggal 1 Syawal melalui metode Rukyat dan melihat hilal secara langsung, bisa jadi saat pengamatan tersebut ada awan dan mendung yang menghalangi pengamatan tersebut. Padahal saat itu hilal sudah terlihat dan memenuhi syarat2 untuk memasuki bulan baru. Apakah nanti bulan baru harus mundur 1 hari❓ aku gak tahu karena aku cuma sekedar mematuhi keputusan dari umaro (pemerintah).

Tapi itu semua hanya opini pribadiku dalam menyikapi penentuan tanggal 1 Syawal, semoga saja kita bisa mengambil hikmah dari perbedaan tersebut.
Selamat merayakan Iedul Fitri 1431 H semoga kita bisa menjadi pribadi2 yang fitri. Mungkin kalau aku ada salah kata dan tulisan, saya selaku pribadi memohon maaf sebesarbesarnya dan setulustulusnya. Taqobalallahu minna waminku……………..

62 Balasan ke Selamat Iedul Fitri 1431 H

  1. andre mengatakan:

    bener mas, selalu menjadi masalah kalo udah masalah penentuan kapan waktu yang tepat untuk idul fitri nya. di daerah saya karang (jgja) aja beda2 hari ngerayaainnya. biasanya beda sehari. selamat idul fitri mas. :sungkem:

    ini yang masih menjadi resahan jiwa dalam hati😦

  2. tafridefraaz mengatakan:

    Minalaidzn wall fai’dzn…
    Mohon m’af lahir batin

    sama-saa mas😆

  3. Gugun mengatakan:

    Mohon maaf lahir batin juga ya pak

  4. saipuddin mengatakan:

    renungilah dalam hati, apa yang telah terjadi, selama bulan Ramadhan ini, sambut idul fitri ini dengan suka hati, cerminkan kemenangan dalam diri.
    SELAMAT IDUL FITRI
    MINAL AIDZIL WAL FAIDZIL
    MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

    mas, bisa tukeran link, link mas sudah dipasang.

  5. isdiyanto mengatakan:

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 Hijriyah,
    Minal Aidzin Wal Faidzin,
    Mohon Maaf Lahir dan Bathin.
    Mulai dari nol lagi ya…

  6. teguhsasmitosdp1 mengatakan:

    Sejalan dengan berlalunya Ramadhan tahun ini
    Kemenangan akan kita gapai
    Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi
    Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa
    Dalam kesempatan hidup ada keluasan ilmu
    Hidup ini indah jika segala karena ALLAH SWT
    Kang Guru Blog’s sekeluarga menghaturkan
    Selamat Idul Fitri 1431 H
    Taqobalallahu minna wa minkum
    Mohon maaf lahir dan bathin

  7. Kelabang's Blog mengatakan:

    Mohon maaf jika ada langkah yang menoreh luka, jika ada kata yang merangkai dusta jika ada tingkah yang membuat kecewa. Selamat Idul fitri. Minal Aidzin Wal Faidzin. Taqabalallahu minna wa minkum.

  8. اسوب سوبرييادي mengatakan:

    belum lama terasa
    untaian-untaian dari batok kepala ini
    tertulis dibelantara dunia maya, melalui sarana yang bernama, blog
    tak butuh waktu lama, ‘tuk memikat para penikmat
    bahagianya hati ini, tiada terkira…
    .
    .
    aku pun sama
    kususuri untaian dari blogmu, sahabat!
    banyak terasa, hikmah yang dapat kupetik
    jika pun tiada, kadang tawa menjadi kesan atas untaian-untaianmu
    .
    .
    tak akan pernah ada kata sesal yang akan terucap
    aku senang sekali berjumpa dengamu…meski hanya, lewat kata-kata….
    tak pernah cukup keberanian untuk berkata jujur siapa aku sebenarnya…
    cukuplah kau tahu….
    bahwa dibalik pemegang de Go Blog
    ada seseorang yang memujamu…
    .
    tentunya, karena
    I am only a human

    Pasti pernah menorehkan komentar yang tiada berkenan,
    maka, dengan momentum menjelang hari raya iedul  fitri 1431 H kali ini
    aku haturkan permohonan maaf,
    sudikiranya dirimu mengulurkan maaf lahir dan batin😀

  9. dedekusn mengatakan:

    Sama-sama mas, Seamat Idul Fitri…

  10. kanvasmaya mengatakan:

    Assalamualaikum..

    Kamay dan keluarga mengucapkan met idul fitri 1431 H
    Minal Aidzin Wal Faidzin..
    Mohon maaf lahir batin..
    maaf jika ada salah baik tulisan, kata maupun perbuatan..
    makasih🙂

    salam slalu kamay🙂

  11. milimeterst mengatakan:

    mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H
    mohon maaf lAhir Batin

  12. MENONE mengatakan:

    Menone sekeluarga mengucapkan:
    Selamat Hari RAYA IDUL FITRI ………………………….MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN……………. salam persahabatan

  13. Gede Lumbung mengatakan:

    Selamat hari raya Idul Fitri…
    Mohon maaf lahir dan batin…

  14. budies mengatakan:

    makasih gema takbirnya pak sugeng
    met lebaran, kosong-kosong ya

  15. Puspita mengatakan:

    Selamat merayakan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 H. Mohon maaf lahir dan batin.

    Salam persahabatan dari Kertosono, Nganjuk, Jatim.

  16. Sempulur mengatakan:

    Dengan kerendahan hati dan penuh keikhlasan, Komunitas keluarga miskin mengucapkan Taqabbalallohu minna wa minkkum. Kullu am wa antum bikhairiin.
    Selamat hari raya idulfitri mohon maaf lahir dan bathin…

  17. kopral cepot mengatakan:

    Taqoba lallahu minnaa wa minkum
    Shiyamanaa wa shiyamakum
    Minal ‘aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin

    Hatur tararengkyu n semangat alway’s😉

  18. agnes sekar mengatakan:

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H Mohon maaf lahir dan batin, terima kasih telah berbagi tentang penetuan 1 Syawal, semoga senantiasa dapat disingkronkan dengan baik, trims ya ?

    Regards, agnes sekar

  19. masndol mengatakan:

    taqobbalallahuminna waminkum
    minal aidin wal faizin maaf lahir batin🙂
    salam juga buat pak sugeng sekeluarga

  20. Ifan Jayadi mengatakan:

    Semoga kedepannya tidak ada lagi perbedaan dalam penentuan 1 Syawal.

    Pada kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan SELAMAT IDUL FITRI 1431 H. Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Semoga amal ibadah puasa yang kita laksanakan selama 1 bulan diterima Allah SWT. Juga mohon dimaafkan apabila selama ini ada komentar-komentar saya yang saya utarakan di blog kerabat tidak berkenan di hati kerabat. Semata-mata karena ketidaktahuan dan ketidakpekaan saya. Semoga persahabatan dan silaturahmi ini selalu berkekalan🙂

  21. Vulkanis mengatakan:

    Saatnya bermaaf-maafan
    Saatnya kembali ke fitri
    Saatnya menyambut kemenangan
    Selamat hari raya idul fitri 1 syawal 1431 H
    Minal Aidin Walfaidzin
    Mohon Maaf Lahir dan batin
    Kang Dadang Sekeluarga

  22. Catatan SederhaNa mengatakan:

    “Taqabbalallahu minnaa wa minkum. Taqabbalallahu yaa kariim”

    triiz a.k.a Catatan SederhaNa mengucapkan

    Selamat Idul Fitri 1431H, Mohon Maaf Lahir Batin

    maaf jika selama ini goresan Catatan SederhaNa pernah melukai hati para sahabat sekalian

  23. Asop mengatakan:

    Mas Sugeng, Maap lahir batin ya…😳 ^__^

    Moga tahun depan kita masih bisa bertemu bulan ramadhan lagi. Amin!

  24. Selamat idul fitri
    terima kasih sudah jalan2 ke blog saya ^^

  25. foto pinrang mengatakan:

    Sejalan dengan berlalunya Ramadhan tahun ini
    Kemenangan akan kita gapai
    Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi
    Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa
    Dalam kesempatan hidup ada keluasan ilmu
    Hidup ini indah jika segala karena ALLAH SWT
    Foto Pinrang Blog’s sekeluarga menghaturkan
    Selamat Idul Fitri 1431 H
    Taqobalallahu minna wa minkum
    Mohon maaf lahir dan bathin

  26. tomi mengatakan:

    pak, saya ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H
    Mohon Maaf Lahir Batin

  27. manutdid mengatakan:

    meskipun kita tak jabat tangan dan bertatap muka langsiung, kampus blog ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H
    Mohon Maaf Lahir Batin

  28. edratna mengatakan:

    Selamat Idul Fitri
    Mohon maaf lahir dan batin

  29. aldy mengatakan:

    Dihari yang Fitri ini, saya datang dengan tangan sedakap didada, mohon maaf dan ampunan.
    Selamat Raya Idul Fitri
    Mohon maaf lahir dan bathin.

    Aldy dan Keluarga.

  30. TuSuda mengatakan:

    Buat Mas Sugeng sekeluarga di Tabanan, Bali, kami ucapkan:
    SELAMAT merayakan Idul Fitri 1431 H.
    MOHON MAAF Lahir dan Bathin.
    SALAM Hormat kami dari Kendari..

  31. HALAMAN PUTIH mengatakan:

    Itu semua disebabkan penentuan kriteria wujudnya hilal yang berbeda pak. Bahkan sesama penganut hisab pun bisa mengalami perbedaan.

    mohon maaf lahir batin kalau ada komen2 yang tak berkenan selama ini.

    Selamat merayakan lebaran 1431 H

  32. Reza Saputra mengatakan:

    Admin Rezasaputra.com memohon maaf atas segala kesalahan. Selamat merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1431 H / 2010 M.

  33. susiloadysaputro mengatakan:

    Dihari nan fitri ini, ijinkan saya untuk meminta maaf atas segala salah dan khilaf..

    Minalaidzin wal faidzin
    Mohon maaf lahir dan batin.

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H
    “Raih Berkah Kesucian”

  34. BENY KADIR mengatakan:

    Selamat Hari Raya Idulfitri buat Mas Sugeng dan keluarga di Tabanan.
    Mohon maaf lahir dan bathin.
    Salam hangat dan jabat erat selalu dari bumi Flores.

  35. monda mengatakan:

    Selamat idul fitri, mohon maaf lahir batin

  36. tukangpoto mengatakan:

    Mohon maaf lahir batin mas Sugeng..

  37. Abdul Hakim mengatakan:

    mohon maaf lahir bathin pak, maaf baru sempat berkunjung

  38. Abdul Aziz mengatakan:

    Assalamu’alaikum,

    Terima kasih sudah mampir ke tempat saya.
    Saya sekeluarga mengucapkan Selamat Idul Fitri.
    Mohon maaf atas segala hal yang mungkin membuat hati kurang nyaman.
    Taqabbalallahu minna wa minkum.

    Salam hangat dari Cianjur.

  39. TRIMATRA mengatakan:

    SELAMAT LEBARAN HARI RAYA IDUL FITRI 1431 H, MAAFKAN SEGALA KHILAKUH YAAA,,,,

  40. pututik mengatakan:

    Mohon Maaf Lahir dan Batin dari Kami Sekeluarga

    Salam Hormat

    Putut dan Tutik

  41. Pakde Cholik mengatakan:

    Selamat Idul Fitri 1431 H
    Maaf lahir dan batin
    Salam hangat dari Surabaya

  42. karzanik mengatakan:

    betapa indahnya perbedaan…

    minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin ya kang…

  43. Akhta mengatakan:

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431H. Mohon maaf lahir dan bathin.

  44. si~j@ya mengatakan:

    taqabalallahhu minna wa minkum..

    semoga kita dipertemukam kembali dg ramadhan 1432 H
    amin ..

  45. TUKANG CoLoNG mengatakan:

    tanpa banyak basa basi lagi saya kesini mau mengucapkan: selamat idul fitri 1431 H.

    met lebaran juga..

    mohon maaf atas semua kesalahanku ya..:)

  46. Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi,
    Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa,
    Dalam kelembutan lidah ada juga keterlanjuran kata,
    Dalam gurau tentu ada ikhlaf dan dosa,
    Segenap Keluarga Besar Indra Kusuma Sejati dan
    “Ejawantah’s Blog”
    Mengucapkan
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H / 2010 M
    Taqobbalallahu minna wa minkum
    Mohon Maaf Lahir Dan Batin

    Salam untuk keluarga.

  47. budiarnaya mengatakan:

    Dalam keindahan dan kesucian hati berpadu dalam hembusan nafas di hari yang Fitri, melapangkan dada dan membersihkan noda yang mengotori,perlahan kusandarkan perahu pada lautan yang Fitrah.

    Atas rasa yang begitu tulus kuucapkan …..

    Minal Aidin Walfaizin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin, Selamat hari Raya Idul Fitri 1431 H, Semoga Allah menjadikan kita umatNYA yang Mulia.

  48. budiarnaya mengatakan:

    Mas sugeng…saya sudah kirim sesuatu di email ini…kebetulan hari ini mau ke DPS

    sudah aku terima bli, maaf baru buka malam harinya😛

  49. […] Idul fitri 1431 H ini masih belum banyak yang bisa di sharingkan tapi ada satu kejadian menjelang berkahirnya Ramadhan kemarin. Kejadian ini menimpa anakku yang kecil. Kalau bapaknya yang mengalami ini mungkin akan […]

  50. bundadontworry mengatakan:

    kami sekeluarga mohon maaf lahir dan bathin ya Mas Sugeng
    selamat Hari Raya Idhul Fitri 1431 H.
    salam

  51. sandy mengatakan:

    Selamat Lebaran
    Mhn maav lahir dan bathin


    Sama-sama mas, mungkin aku punya salah tolong di maafkan😉

  52. Sawali Tuhusetya mengatakan:

    selamat idul fitri juga, mas sugeng, minal aidin walfaizin, mohon dimaafkan segala kesalahan dan kekhilafan saya selama ini.

    Saya juga meminta dibukakan pintu maaf selebar-lebarnya😛

  53. boyin mengatakan:

    selamat lebaran, pulang kampung apa di bali aja? selamat liburan juga yah..

    Aku di rumah saja mas, gak ikut pergerakan manusia yang memenuhi pulau Jawa😆 . Sampean sendiri apa gak mudik atau gak dapat cuti😕❓

  54. gadgetboi mengatakan:

    SELAMAT IDUL FITRI
    MINAL AIDZIL WAL FAIDZIL
    MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN untuk mas sugeng dan keluarga:mrgreen:

    rangga aditya dan keluarga

    Sama-sama mas😉

  55. nandini mengatakan:

    Alhamdulillah tahun ini ga ada perbedaan. Kalo tahun kemarin2, saya selalu ikut pemerintah,… saya kan anak negeri, bukan anak golongan tertentu.. hehe..

    Selamat Idul Fitri Om, mohon dimaafkan segala salah prasangka, sikap dan ucap..🙂

    Iya mbak, ikut pemerintah aja lebih afdol dan ada penanggung jawabnya😆

  56. cobaberbagi mengatakan:

    mohon maaf lahir batin mas
    semoga kita semua kembali fitrah

  57. wi3nd mengatakan:

    Mohon maaf Lhir dan bathin juga yaaa..

    aku bingungnya,kok dikalender uda ditentuin kapan hari rayana,,
    sementara setiap hari raya pasti pemerintah baru kasih pengumuman?
    jadi gimana yaaa??

  58. Cahya mengatakan:

    Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

  59. imadewira mengatakan:

    selamat Idul Fitri buat teman2 yang merayakannya

  60. […] sudah aku libur lebaran padahal aku gak mudik. Bukan karena sengaja namun karena rencanaku untuk pulang menghadiri reuni […]

  61. Andy MSE mengatakan:

    biarpun terlambat tetap saya ucapkan Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin

    salam hangat dari Solo

    sama-sama pak, mungkina aku ada salah dengan Kecakot mohon di maafkan😆

  62. Minal aidzin wal faidzin
    Mohon maaf lahir & batin…

    belum terlambat kan?
    ini kan masih bulan syawal🙂

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: