Usahaku Untuk Belajar Linux

Keinginanku untuk memperdalam linux berhaga mahal

Seminggu sudah aku libur lebaran padahal aku gak mudik. Bukan karena sengaja namun karena rencanaku untuk pulang menghadiri reuni SMP berantakan. Padahal menurut kata hati menginginkan ikut serta namun ada satu dan lain hal masalah yang membuat aku membatalkan keberangkatanku ke Surabaya.

Dengan hati yang agak sedikit kecewa kau mencari kesenangan sendiri di sela-sela kegundahan hati. Aduh, ….. !!
ceritanya koq malah curhat😆 back to topic, setelah explorer ku pada OS linux khususnya ubuntu terhenti karena CD live install dipinjam teman, pada hari selasa tanggal 14-9-2010 aku meluncur ke Baliwae tokonya maniak linux di Bali. tanpa kesulitan aku meneukan toko tersebut. Tanpa banyak percakapan dengan si penjaganya langsung saja aku memesan CD live ubuntu 10.04 serta blankon ombilin 6. Ternyata disana gak ready stock, masih menunggu beberapa menit untuk membuat CD installnya. Gak lama sih paling 5-10 menit sudah kelar.

Dengan hati berbungga karena mendapatkan CD install yang selama beberapa minggu ini aku unduh di website nya namuan saat aku bakar di CD gak mau respon dengan baik. Aku pulang dengan harapan di rumah bisa aku install secara permanen di PC ku sebagai OS kedua setelah XP bajakan ku😆 . Namun lagi2 harapan ku untuk membuatnya secara permanen tanpa bantuan CD nya lagi gagal total. Setelah aku coba dengan berbagai cara masih saja saat aku restart ulang (dengan mengeluarkan CD livenya) kembali masu ke XP.😈

Dengan kembalinya ke XP berarti usahaku yang hampir 1 jam-an untuk install itu berakhir sia-sia. Hal ini berlaku untuk ubuntu dan blankon, sampai rasa penasaran ini memuncak akhirnya aku plih opsi kedua (dari 3 opsi pada langkah ke 4 saat install linux). Karena aku memilih opsi kedua yang ada keterangan nya ” Gunakan seluruh cakram. Opsi ini akan menghapus OS yang ada di cakram”. Karena ada rasa dongkol karena sudah berulang kali install namun tidak berhasil, aku langsung mengklik pada langkah ke 4 tersebut. Langsung masuk ke langkah kelima, disinilah aku kembali menenui jalan buntu karena meminta di partisi mana OS linux ini kan di simpan. Setelah klik sana-sini manamun tidak membuahkan hasil, akhirnya aku cancel dan keluar dari install permanen.

Langkah Ke 4 dari 8 langkah install linux

Ini gambar langkah 4 dan saya pilih opsi kedua.

Kembali masuk ke trial dengan CD livenya, aku seperti biasa browsing ke dunia tanpa batas ini. Namun saat aku unduh file dan diminta menempatkan dimana file tersebut, koq ada yang aneh. Partisi hardisk ku koq ada yang gak kelihatan. Aku cek di icon My computer ternyata memang tidak ada partisi D. (PC ku ada 2 hardisk, satu 40 GB dan dibagi menjadi 2 partisi dan hardisk satunya besarnya 250 GB dan dibagi menjadi 2 partisi juga). Padahal di partisi tersebut berisi file2 keluarga dari tahun 2003 saat aku pertama kali mempunyai PC ini dirumah. Diantara file tersebut. Foto keluarga, administrasi surat-menyurat dan file kerjaan.😦 . Ada gak ya yang bisa memberitahu caranya agar file2 ku tersebut bisa kembali💡

Langkah ke  dari 8 langkah install linux

Langkah ke 5, dan disini aku selalu gagal.

Ternyata keinginan ku untuk memperdalam linux berharga mahal. Aku kehilangan file2 yang sangat berharga, karena file2 itu sangat berarti bagiku. Sampai sekarang linux (ubuntu dan blankon) masih belum bisa saya install secara permanen. Kalau saya browsing di internet tetap saja CD live nya aku gunakan.

52 Balasan ke Usahaku Untuk Belajar Linux

  1. Terapi Urin mengatakan:

    yg sy tahu ttg linux adalah sftnya open source.. dulu kbrnya mau dimasyarakatkan di indo krn sgt murah (gratis?), namun stlh bill gates berkunjung lha kok tdk jadi malah microsoft smkn perkasa.. piye to?

    mungkin karena penetrasi dari bill gates yang kemana-mana namun saya yakin pemakai si pinguin ini banyak juga di Indonesia😛

  2. ilyasafsoh.com mengatakan:

    semangat

    empat lima

  3. riFFrizz mengatakan:

    saya juga sedang belajar LINUX

    sudah bisa install di PC belum❓😕

  4. wahyu nurudin mengatakan:

    komputer bapak linux ya?
    pakai antangin aja. biar nggak ina-inu.

    sudah aku cekokin dengan jamu kunir asem koq

  5. teguhsasmitosdp1 mengatakan:

    Ada niat untuk hijrah ke linux ya ? wah, sama kalau begitu….semoga sukses

    niatnya sudah ada pak tapi masih banyak kendala yang menghadang😦

  6. Artha mengatakan:

    saya juga pertama belajar kayak gitu, semestinya pada langkah 4 pake opsi Tentukan Partisi secara manual dan saran saya sih buat terlebih dahulu partisi yang khusus buat instalasi ubuntu (biar kagak jadi buntu) bisa pake partition magic, untuk recovery info dari teman yang punya toko komputer biasanya dia pake miniPE (live on cd Win XP) atau on trec saya sih belum pernah coba

    makasih bli, ntar aku coba lagi meski dengan hati was-was😯

  7. Denuzz BURUNG HANTU mengatakan:

    gak ngerti deh … denuzz gak make linux soalnya …
    gak tau kenapa, denuzz masih setia sama windows nih …

    ~~~ Salam BURUNG HANTU ~~~

    aku juga masih setia dengan windows kalau saja punyaku bukan bajakan😦

  8. TuSuda mengatakan:

    Secara personal saya masih sangat “buntu” untuk urusan program komputer alias amat gaptek sekali.
    MAAFKAN ya Mas, sy tidak bisa banyak membantu.
    Semoga masalahnya segera ada solusinya…
    SALAM hangat dari Kendari…😉

    meski tidak ada saran namun ini sudah menghibur sekali dok. makasih kunjungan nya😆

  9. joe mengatakan:

    hm, sama sekali saya masih blank dengan linux, tapi kalau ada kesempatan pingin juga sih belajar….

    asal jangan sampai salah jalan aja belajarnya:mrgreen:

  10. wah kalo masalah linux sepertinya saya harus belajar dari awal secara perlahan hehe…jadi penasaran seperti apa

    Sukses Slalu!

    tak kenal maka tak sayang😆 cuma OS yang free dan tak kalah dengan OS yang berbayar koq

  11. Andank mengatakan:

    Saya juga pernah gitu mas,seluruh file di partisi G: ku ilang semua,dan harta berharga ku saya letakan disana,semua hilang dan sampai saat ini belum juga kembali. . . . .

    jadi ikut sedih😥

  12. Cahya mengatakan:

    Wah, gimana ya Pak Sugeng, bawa ke servis saja dulu. Itu memang bahayanya ngutak-atik partisi. Saya sendiri masih ndak berani melakukan dual-boot dengan Linux (OpenSUSE) jika salah satu sistem operasinya Windows XP, minimal Vista yang sudah memiliki sistem operasi yang baik.

    Saya sarankan untuk ke depannya, pencadangan data penting dilakukan via media eksternal saja Pak Sugeng, saya punya 2 eksternal Hard disk untuk berjaga-jaga.

    hm …. selama ini saya liat koment bli cahya juga sering make linux itu masih make live CD juga toh❓ baru ngerti aku😆

  13. HALAMAN PUTIH mengatakan:

    Terkadang pelajaran memang mahal harganya pak. Tapi hal itu masih bisa kita antisipasi dulu sebelumnya, misalnya dengan mengamankan file2 penting sehingga bila belum berhasil file kita tetap aman dan terkendali.

    Semoga filenya masih bisa selamat dan gak hilang begitu saja

    mengamankan (backup) file2nya berarti sudah paham resiko, tapi aku ini modal nekad karena mengandalkan system restore PC ku ternyata gak bisa😦😥

  14. alief mengatakan:

    coba dicek dulu,
    sudo fdisk -l
    liat yang filesistem ama ukuran sesuai,terus kalo ketemu yang sesuai dimount partisinya.

    kalo mau install si aku biasanya membuat partisi kosong di ujung belakang(untuk menghindari kres partisi) make gparted,terus pada tahapan instalasinya milih diinstall di partisi kosong yang terbesar

    masih mencari-cari info cara nginstall nya, semoga bisa di install dan ketemu permata partisi yang hilang

  15. Andy MSE mengatakan:

    dulu saya juga pernah begitu, pak! memang belajar itu mahal harganya, namun setelah tahu banyak hal menjadi enteng…
    soal partisi itu, coba boot dengan livecd, tilik partisinya liwat disk utility atau gparted. kalau masih ada partisinya, artinya masih bisa diselamatkan datanya…
    yang penting jangan patah semangat…

    salam hangat dari Solo

    ya ini pak masalahnya, aku gak ngerti masalah ini. tapi keknya saat aku pake system restore partisinya gak ditemukan😯

  16. SITI FATIMAH AHMAD mengatakan:

    Assalaamu’alaikum Mas Sugeng

    Mudahan usahanya berhasil. Terkadang ilmu yang kita inginkan selalu menjadi ujian oleh Allah swt kepada kita untuk melihat kesabaran kita menakluki ilmunya. hasil usaha yang disertai sabar pasti membuahkan kejayaan yang tak terduga.

    Semoga sukses dan sentiasa bersemangat.
    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

    maksih Bunda, semoga aku bisa menjalankan amanat dari ilmu-ilmu yang deberikan Allah SWT padaku😉

  17. JoO mengatakan:

    wah saya gag begitu familiar ma linux hehehe…
    dulu sih sempet belajar tapi gitu langsung males…
    mungkin karena repositorynya yang bingungin waktu itu heheh….

    keknya sampai sekarang masih membinggungkan banyak orang tapi yang penting masih mau mencoba😆
    ***mencoba menghibur diri

  18. wahyu nurudin mengatakan:

    kursus aja pak. banyak ilmunya langsung dipaket. kalao coba-conba takutnya tambah eror.

    saya rasa mungkin karena kurang familier dengan hal-hal ini, karena menurutku ini juga ilmu katon. saat pertama belajar komputer dulu kau juga gak ngerti apa-apa. bahkan untuk mematikan nya saja aku gak tahu😆

  19. akhta mengatakan:

    Nah kalo sudah terlanjur terhapus data bapak, coba saja pakai software recovery data. Bisa di dapat disini http://siaf-aceh.com/article/114/download-recover-my-files-v3986220-full-version.html tidak menjamin berhasil tetapi setidaknya dicoba. Jika ingin menggunakan ubuntu ada baiknya diinstall di partisi yang kosong. Selamat mencoba, semoga berhasil.

    maksih pak, langsung ke TKP➡➡➡

  20. Dangstars mengatakan:

    Saya coba Mas

  21. Dangstars mengatakan:

    Salam hangat dari medan

    salam hangat kembali pak:mrgreen:

  22. Abdul Hakim mengatakan:

    sukses terus pak….. belajar tanpa henti

    makasih mas😆

  23. intan mengatakan:

    om-om, aku pegel linux nih om.😦

    tolong dong di pijetin😆

  24. budiarnaya mengatakan:

    Jujur saya tidak berani utak-atik isi dalam karena Ilmunya belum kesana, mungkin ada baiknya kita bawa ke tempat yang layak Mas… salam hangat dari Jembrana

    ha… ha… ha……. tapi yang jelas kalau salah gak akan ada tuntutan malpraktek😆

  25. Nohara mengatakan:

    seminggu yang lalu sempet bingung waktu nginstal ubuntu di wondows vistaku..kok semalaman gak kelar2, akhirnya sampe hari ini pun belum terinstal..

    ternyata bukan aku saja ya yang mengalami hal itu😆

  26. alisnaik mengatakan:

    selamat pagi.

    pecinta linux ya, pak😉

    terima kasih dan mohon maaf😮

  27. septarius mengatakan:

    ..
    Setahu saya ada linux portabel yg gak perlu di install, mungkin itu bisa buat belajar untuk pemula..
    ..
    Mas Sugeng pengen pake’ dobel os ya..?
    ..

  28. FaDhLi mengatakan:

    Hehe…sabar pak,,, atau konsultasi aja sma org yg menjual CD tersebut..😀

  29. purwanto mengatakan:

    waduh… pengerobanan dikau untuk belajar linux luar biasa. Untuk recovery lebih baik diserahkan ke servis tertentu yang menyediakan jasa recovery karena butuh waktu yang lama. Saya pernah merecovery 1 files excell yang berisi data demam berdarah 5 tahun butuh waktu semalam mas.
    setelah direcovery sekalian pesan ke servis untuk mempartisi hadisk jadi beberap bagian, dan khusus linux disiapkan juga 10 gb saja, supaya mudah waktui memilih partisi manual karena biasanya dikenali sebagai dev.1 dev.2 dst 10gb utk linux dibuat unik (mis. 11gb) nah dipartisi unik itulah kita install ubuntu, plus satu partisi lagi sekitar 5gb untuk swap.
    Selamat mencoba dan jangan putus asa

  30. tunsa mengatakan:

    aku nggak kenal blasss sama linux pak…
    hehe…
    salam

  31. jarwadi mengatakan:

    saya jadi tambah semangat nih, dapat tambah teman sedang belajar linux

  32. Bali Villa mengatakan:

    Saya dulu juga pernah waktu pkL,
    tiba-tiba, disutu seluruh program diganti pake Linux. jadi bingung, karena belum pernah pake Linux.

  33. teguhsasmitosdp1 mengatakan:

    di tempat kerja mau hijrah ke linux nih Pak, terima kasih infonya buat referensi. Salam persahabatan dari Pekalongan

  34. Masdin mengatakan:

    Sayang sekali yah mas… seharusnya sebelum itu mas mem-backup dulu semua file ke CD atau DVD biar aman. Ada teman sya yang pernah mengalami hal serupa, cuma dia lebih parah sebab seluruh partisi windows terhapus. Tetapi partisi yang hilang beserta data-datanya bisa dia recover kembali hanya dengan bermodalnya searching informasi di google. Mas bisa lacak keyword “mengembalikan patisi windows yang hilang” di Google.

  35. Pencerah mengatakan:

    saya juga gak mudeng kang

  36. Aneh Indah mengatakan:

    semoga cepat kelar masalahnya

  37. suarakelana berbisik mengatakan:

    saya lihat udah banyak saran2 yg bagus mas. Udah dicoba belum ? Semoga berhasil menyelamatkan file2 yg hilang.

    sudah pak, saran dari pak aktha diatas sudah aku aplikasikan. ketemu memang file2 yang hilang itu tapi hasilnya file nya corupt jadi tetap saja gak bisa dibuka😦

  38. aldy mengatakan:

    Hmmm, sepertinya partisinya sudah tertimpa partisi linux jika opsi yang dipilih opsi kedua.

    coba mas sugeng, lepaskan dulu salah satu harddisk yang tidak memiliki OS (lihat lagi system operasinya install diharddisk mana). Data kemungkinan bisa diselamatkan jika replace pada harddisk yang ada WinXP. Masalahnya menjadi kacau jika data juga tersimpan pada harddisk yang sama dengan OS.

    Saya install 3 OS pada satu laptop nggak masalah mas, WindowsXP, Ubuntu 10.04 dan Windows7.
    Yang mas sugeng alami, mungkin harddisk tidak cukup untuk install tambahan OS Linux. Apalagi jika di harddisk yang hanya 40GB plus data bertahun-tahun yang lalu.

  39. Pojok Pradna mengatakan:

    wah…ada 1 lagi kawan belajar linux

    tetap semangat, ya Pak Dhe.
    Banyak temen belajar linux, jadi semangat nih ^_^v

  40. Sawali Tuhusetya mengatakan:

    saya juga pakai dual boot, mas sugeng, satu si jendela 7 dan satunya lagi ubuntu 10.04 lts. memang butuh trik trial and error. setidaknya, kegagalan isntalasi bisa dijadikan pengalaman menarik utk waktu2 mendatang. saya malah pernah instal ubuntu sehari 3 kali, mas, hehe … saking penasarannya. alhamdulillah, sekarang enjoy pakai ubuntu.

  41. sunarnosahlan mengatakan:

    kalau berbahasa indonesia begini sepertinya mudah untuk dipelajari ya, semoga sukses

  42. sedjatee mengatakan:

    Sahabat sejati..
    Dalam nuansa hari yang suci ini
    Dengan semangat hati yang bersih
    Sedjatee dan keluarga menyampaikan:
    Mohon maaf lahir dan batin
    Semoga sukses selalu

    Sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

  43. Ass…

    Tetap semangat ya bro !

    Sukses selalu

    Salam

  44. kyra.curapix mengatakan:

    aku sudah nyerah belajar linux
    heheh

  45. PLPBK Jepara mengatakan:

    jangan menyerah…Belanda masih jauh

  46. […] dalam beberpa minggu ini aku masih disibukan dengan urusan perut setelah lebaran install ubuntu yang gak kunjung selesai dan malah memakan korban. Tapi semangatku untuk sekedar menuliskan apa yang ada di kepala ini masih […]

  47. Techy Girl mengatakan:

    yup betul.. belanda masih jauh..jgn menyerah mas.. kalo saya belajar yg sifatnya coba2 mending pake virtualbox aja dulu

  48. […] partisi secara manual di Ubuntu. Besaran partisi tidak bisa dijadikan rujukan. Gambar dari Blog Sugeng Harjono. Related Posts14/07/2010 — Mencoba Blangkon (47)05/07/2010 — Convert NRG ke ISO di Ubuntu […]

  49. asep kusumah mengatakan:

    nitip lapak yang mw belajar linux . .

    http://megalibraryonline.com/me1/linux

    dengan senang hati mas, lagsung ke TKP➡

  50. amrikarisma mengatakan:

    boleh juga😀
    http://kentos.web.id << ada apa disana ??

  51. isdiyanto mengatakan:

    wah harganya teramat mahal sekali tuh, harus dituker dengan ilangnya segudang arsip file…

  52. […] aku berkutat dengan duniaku sendiri (karena untuk online aku gak bisa lihat apa2) aku berusaha dan memahami dengan dunia linux ku. Hei…hei…. hei….. !!! jangan berprasangka aku berkutat dengan repository linux […]

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

