Komentarku di Moderasi

Gara-gara ini aku kehilangan semangat ngomeng

Pernah mendapati komentar kita di blog tetangga di  moderasi❓😕 aku mah sering. Gak tahu apa si empuya blog memang seorang silibritis blog yang terkenal sehingga sering mendapat komentar bernada spam atau memang sengaja dibuat untuk tidak memenuhi borang komentarnya dari ancaman terorist blogger lain. Aku gak tahu. Namun yang jelas dengan di moderasi seperti itu sangat menganggu keasyikan saya saat memberi komentar.

Memang sih dalam membuat (otoritas) diterima atau tidaknya sebuah komentar dalam blog adalah hak preogatif dari si admin nya. Gak tahu itu admin tunggal ataupun admin yang berkelompok. Namun yang jelas sikap dari si admin itu (mungin) mempunyai alasan tersendiri yang orang lain tidak bisa menolak. Gak tahu karena takut di spam (memang spam itu bikin masalah dimana-mana ya😦 )  atau takut ada komentar yang masuk dari orang yang gak dikenal (kalau yang ini mungkin kebiasaan dari FB tertular di blog🙄 ) atau takut menerima komentar yang berjibun atau juga si admin blog tidak sadar kalau blognya memang ter moderasi.

Kalau alasan yang terakhir mungkin masih bisa saya terima, lha wong gak nyadar mau gimana lagi. Tapi kalau alasan nya seperti alasan yang pertama😕 tentunya itu yang membuat komentarku jadi ilang semangat. Padahal kalau dibuat moderasi terbuka (maksudnya gak usah pake moderasi) kita tinggal merubah pengaturan di setiap bawah tulisan / postingan. Kalau di settingan pengaturan yang di side bar sebelah kiri cari pengaturan => diskusi. Tinggal hilangkan centang (tanda rumput) nya, yang jelas semua settingan itu masuk di tautan diskusi.

Klik semua tautan di diskusi

Klik semua tautan di diskusi

Buat aku sendiri sih, memang sengaja membuka moderasinya biar orang yang berkomentar bisa sebebas-bebasnya. Toh kita juga punya hak yang bisa mengatur komentar itu sesuai dengan kita atau gak. Kalau sesuai ya biarkan tapi kalau memang dianggap menggangu yang tinggal delete saja. Toh kita juga sebagai admin blog sehingga bisa seenaknya kita sendiri saja asal jangan komentar yang benar2 bagus di delete.

Itu menurutku, bagaimana dengan blognya sahabat semua❓

38 Balasan ke Komentarku di Moderasi

  1. TuSuda mengatakan:

    Biasanya kalau kunjungan perdana seringkali otomatis dimoderasi, ya Mas.
    Saya setujua, sebaiknya diatur diskusi terbuka saja, agar para sahabat pengunjung lebih leluasi berkomentar.

    • TuSuda mengatakan:

      BTW, semoga saat Mas Sugeng berkunjung ke blog tusuda tidak mengalami hambatan komentar khan Mas..

      • TuSuda mengatakan:

        AYO Mas, selamat lagi kasi komentar, apalagi di blog tusuda, setiap harinya ada postingan baru, bisa komentar bebas terbuka kok..😆
        (*promosi dikit nih..*)😀

        kalau di rumah Bli Tusuda sih aku senang2 saja gak pernah kehilangan kesenangan ngomeng disana😆

  2. pandebaik mengatakan:

    Huahahahaha… saya malah baru tau… kirain Moderasi itu wajib hukumnya untuk pemberi komentar yang tumben berkunjung… :p

    kalau dirumah bli pande aku bebas teriakteriak disana:mrgreen:

  3. alamendah mengatakan:

    Di tempat saya tidak, kan?

    OOT:
    Mohon bantuannya untuk ikut menerjemahkan kata “Hutan, Binatang, dan Tumbuhan” dalam BAHASA DAERAH yang sobat kuasai. Ditunggu bantuannya di Menyebutkan Kata Hutan, Binatang, dan Tumbuhan dalam Bahasa Daerah | Alamendah’s Blog

    aku sudah kesana pak😎

  4. Aldy mengatakan:

    Ditempat saya bebas kok mas, mau komentar, mau kritik, mau memberikan masukan (bisa saran atau uang tunai), yang dilarang dikolom komentarku adalah link iklan dan komentar yang menyinggung SARAP (daniiswara).

    orang SARAP gak boleh ngomeng gitu pak😛

  5. budiarnaya mengatakan:

    Semoga di rumah saya mas Sugeng tidak mengalaminya, jika terjadi kesalahan dia masuk spam mohon dimaafkan ya mas…

    kalau ditangkap bang sat pam akismet tolong ditebus pak ya🙄

  6. Cahya mengatakan:

    Kalau saya memang melakukan kontrol, karena kalau menilik UU ITE, katanya kan isi blog adalah tanggung jawab pemilik, kalau ada isu SARA, ya yang ditangkap nanti bukan pemberi komentar tapi pemilik blog😀.

  7. jarwadi mengatakan:

    komen komen di blog saya saja pak, dijamin tidak ada moderasi, kecuali bawaan wordpress, askimet, jadi asal tidak memasukan link mencurigakan dalam komentar kemungkin setiap komentar akan langsung unjuk gigi

    salam

  8. Fir'aun NgebLog mengatakan:

    blogku pernah mengijinkan semua komentar [tanpa moderasi], tapi ternyata banyak komentar mesin yang masuk tuch… jadi banyak sampah komentar di blognya dech… cape dech!

  9. Bukan Teroris mengatakan:

    mentang-mentang muka gw kayak teroris, komentarku sering kena razia dech… :p hehehe

  10. wah… jd kesindir nih.😆

    di blogku memang sengaja aku moderasi dulu, dengan tujuan setiap komentar yang masuk bisa aku jawab semua. dulu banyak yg ngasih komentar di sana sini, aku malah jadi bingung sendiri, ada yang saya jawab, ada yg tidak saya jawab, karena ada komentar di mana-mana.

    ada lagi…

    bukannya saya sok seleb😆
    tp dari pengalaman, dulu blog saya buat seperti punya sampean ini, siapapun bisa ngasih komentar, tp pernah ada komentar yang cara bicaranya tidak sopan & tidak mengenakkan hati. sejak saat itu saya buat moderasi.

    Maafkan kami…🙂

  11. BENY KADIR mengatakan:

    Kalo saya malah kabur dari blog bermoderasi.
    Yg saya mau adalah kita bebas berkomentar dan mendapat tanggapan dlm waktu singkat dari si adminnya.
    Bukan menunda-nunda sampe basi.
    Salam hangat Mas.

  12. neo renggana mengatakan:

    sebenarnya tergantung tujuan dari pemilik blog itu ngeblog.😀

  13. memang admin mempunyai sistem tersendiri dalam moderasi komentar hal ini tentu atas dasar petimbangan tertentu, kalau buat saya ya free aja dengan catatan berkomentar dengan tetep memegang etika dalam dunia blogsphere
    Sukses Slalu!

  14. indahkasihku mengatakan:

    Blog Indah juga terbuka tanpa moderasi.
    jika ada yang tidak sesuai komentarnya, pemilik blog punya hak untuk mendelete atau mengubah ayat tersebut.

    Ingatan dan teguran yang sangat bermakna buat Indah sebagai orang baru. Terima kasih.

  15. Denuzz BURUNG HANTU mengatakan:

    nah … denuzz malah baru tau sekarang cara agar blog gak dimoderasi lagi …
    coba bapak ke blog denuzz, ada gak?
    eh, denuzz sering banget tuh dapat komen spam yang nulisnya gak jelas … menyebalkan bangetdah

    ~~~ Salam BURUNG HANTU ~~~

  16. Agung Pushandaka mengatakan:

    Saya memoderasi komentar dari seseorang yang baru pertama kali berkomentar di blog saya. Tapi bagi orang yang sudah pernah berkomentar, sehingga nama dan emailnya sudah dikenali oleh blog saya, maka komentarnya akan langsung tertayang.

    Saya sendiri ndak mempermasalahkan apakah komentar saya dimoderasi atau ndak. Yang jadi masalah untuk saya kalau komentar saya ndak ditampilkan kecuali karena memang masuk folder spam. Hehe!

  17. mamah Aline mengatakan:

    biasanya komentar yang masuk ke blog saya langsung ada, kalau ada yang dimoderasi biasanya komentar dari blog yang baru berkunjung tapi langsung saya approve

  18. NURA mengatakan:

    salam sobat
    memang di blog saya,setiap komentar saya moderasi dulu ,untuk mengetahui tulisan yang baik dan buruk,karena dulu pernah ada komentar tak senonoh dari luar negeri dengan kata2 porno.
    walau sudah lewat.minal aidin walfaidzin mas Sugeng.
    maaf baru berkunjung kesini,setelah mudik.

  19. This is the wonderful thing i spend long time to find it.

  20. adin mengatakan:

    masalahnya kalo kena SPAM yang bejibun bisa ribet pak😀 tapi saya g pake moderasi, melainkan pake pengamanan lain aja…yang penting blog aman dari SPAM n pengunjung juga nyaman komennya sih….

  21. tunsa mengatakan:

    di rumahku terbuka lebar buat pak sugeng, hehe…cuman gak ada suguhan kopinya, hehe

  22. aldy~PF mengatakan:

    Temanya teman saudaranya teman saya bilang, komentar yang belum dijawab, walaupun sudah muncul termasuk dimoderasi juga😆

  23. Nissa Dwi mengatakan:

    humm..
    kalu punya ku si, udah disetting open moderasi. tapi kadang2 suka ada yang komen ke tempatku, tapi nunggu approve dari ku dulu. itu kenapa ya??ditunggu jawabannya plis…

  24. citromduro mengatakan:

    wah gitu ya, kalau ada blog saya yang seperti itu tolong diinformasikan pak

    salam dari pamekasan madura

  25. Rafi mengatakan:

    salam kenal ….ini merupakan kunjungan perdana saya di tempat ini, wow keren sekali nih blognya dan informasinya sangat bagus……kalo ada waktur mampir ya ke tempat aku…..

  26. saipuddin mengatakan:

    iya, saya juga kesal, niat baik komentar malah dibuang.
    Ada award yang bisa diambil disini, ditunggu.

  27. Nugs mengatakan:

    Wah itu ibarat berkunjung kerumah tetapi di usir, memang sih agak tdk mengenakkan

  28. teguhsasmitosdp1 mengatakan:

    Setuju banget sahabat,…saya kadang-kadang juga males kalo coment yang harus nunggu persetujuan, sepertinya kurang merdeka, salam persahabatan selalu dari pekalongan

  29. […] blogger, maaf seribu maaf. Sekali lagi maaf seribu maaf kalau dalam beberpa hari ini sahabat berkomentar di sini dan dibiarkan tanpa balasan komentar dari si empunya blog. Aku juga baru tahu setelah di sentil […]

  30. bundadontworry mengatakan:

    semoga di blog ku Mas Sugeng gak menemukan kesulitan ini ya.
    krn aku lebih senang blogku terbuka utk siapa saja yg ingin berkomentar,kritik dan saran juga, mungkin ada yg gak sengaja masuk spam , itu biasanya krn ulah si aki Mas.
    happy blogging!
    salam

  31. nandini mengatakan:

    Blog saya memang disetel moderasi untuk narablog yang baru pertama kali berkomentar. Berikutnya akan langsung melenggang tanpa harus saya approve terlebih dahulu. Kecuali jika si Aki curiga, saya hanya bisa mencoba membebaskan..:mrgreen:

  32. Tri Setyo Wijanarko mengatakan:

    saya juga mengeset dengan moderasi terbuka, jadi siapapun bebas berkomentar dengan sepuasnya..😀

    kalo ada komentar yang nggak sreg ya seperti om bilang tadi, tinggal di-delete..:mrgreen:

    setuju, aku juga menerapkan yang seperti itu😛

  33. Gratisan Only mengatakan:

    Keknya ditempat saya juga bebas komeng dah, Tapi kok jarang yang komeng yak?😦
    padahal dah set Do Follow pula.😦😦😦

  34. isdiyanto mengatakan:

    setuju..setuju..
    blogku terbuka buat siapa aja
    yang mau kasih comment..

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: