Ayo isi Blogmu Sobat

Tulisan ini saya khususkan untuk rekan kerja ku agar tetap semangat ngeblog

blog updateDalam menulis di blog semestinya kita tidak usah terpaku pada pakem-pakem untuk menulis. Dalam artian, tulislah sesuka hatimu tentang apa saja. Walaupun untuk baiknya di sebuah blog memang di tentukan sebuah tema / tagline agar pengunjung blog kita bisa secara spesifik mengetahui blog kita ini membahas tentang apa. Tapi untuk seorang blogger newbie jangan terlalu terfokus untuk membatasi diri dalam menulis. Karena banyak juga koq blog yang di isi gado-gado. Upss…. maksudku banyak juga blog tenar yang isinya gado-gado kehidupan. Entah itu masalah kerjaan yang selalu datang menerpa maupun tentang situasi lingkungan kita. Pokoknya tidak terfokus pada satu tema.

Terus bagaimana kita mendapatkan tema yang gado-gado begitu❓ he…he….he…. yang namanya gado-gado ya tinggal terbuka saja mulut ini dan teriak sekeras-kerasnya. “Gado-gado satu, pedas. Gak pake lama !!!” begitu kira2 saat kita mau mencari inspirasi tema nya.😆 Enggak koq, itu cuma bercanda.

Dalam mencari mood untuk menulis kita bisa mengunakan tema dari diri kita sendiri, dan ini aku yakin gak akan ada yang bisa menyamai dalam dunia blogospare ini. Tapi kalau mood kita mandeq dan tidak bisa cair meski kita sudah duduk dibawah pohon beringin berjam-jam, gak perlu risau kawan. Seringlah blogwalking kemana-mana dan dimana-mana. Baca setiap apa yang ditemui disana, karena biasanya dari sana keluar mood untuk menulis. Boleh jadi tema sama dengan yang di tulis di blog tetangga tapi karakter ceritanya kan berbeda. Ceritanya (tulisan kita di blog) tergantung dari cara pandang kita dan tata bahasa kita, jadi itu pasti akan berbeda antara blogger satu dengan lain nya meski mengusung tema yng sama. Dan itu sangat ditunggu & dinanti oleh pengunjung blog kita. (:mrgreen: ngarep mode On)

Terus bagaimana kalau mood untuk nulis itu datang pada saat yang gak tepat. Misalnya saat duduk menungu boss yang ngajak meeting namun gak datang2😦 itu memang saat yang bikin bete. Daripada waktu itu kita pergunakan untuk ber FB an saja yang tidak jelas juntrungnya mending waktu itu kita pergunakan dengan menuliskan di dalam memory HP atau kalau gak punya HP (wah… ada gak ya blogger yang gak punya HP❓ ) tulis aja corat-coret di belakang kertas notulen. Oh … maaf bagi pesbuker mania kalau aku bilang gak jelas juntrung nya karena aku sudah gak punya status yang mau aku umbar disana😆 .  He.. he… he… saya teringat cerita dari narablogger yang memory HP nya penuh dengan konsep tulisan yang sering datang saat waktu dan tempat yang gak tepat. Sampai saat mau tidur pun masih sempat nulis di keypad HP tentang ide yang terlintas dan harus di publish secepatnya.

Intinya, selalu semangat Broo. Karena fasilitas sudah ada, sarana sudah punya ngapain gak dipergunakan secara bijak. Daripada setiap online gak karuan kemana-mana mending dipergunakan aktifitas berbagi karena berbagi gak pernah rugi😆

P.S : gambar saya ambil dari sini

49 Balasan ke Ayo isi Blogmu Sobat

  1. rizal mengatakan:

    masalah utama saya dalam ngeblog adalh update postingan, saya kadang buntu mau nulis apa, makanya blog saya kayak gado2 bercampur baur he…he…

    kan sudah aku tulis sering-sering aja blogwalking, kalee aja ada inspirasi yang mampir dari sana😆

  2. pandebaik mengatakan:

    eladalah… ada juga yang nge-ping balik… hehehe… makin banyak ide dan waktu untuk menulisnya, makin keliatan si pemilik blog kurang kerjaan… kira”begitu menurut blogger uedan Pande Baik :p

    ceritanya aku bales dendam biar link pandebaik juga nangkring di rumahku:mrgreen:

  3. That’s wonderful, just keep it up..,.

    thank’s very much😉

    • budiastawa mengatakan:

      Comment dari Sterling Silver Jewelry ini merupakan Spam, mas Sugeng. Di mana-mana comment-nya cuman gitu doang, dan gak nyambung sama topik yang kita bicarakan.

      Baiknya dihapus aja mas. Ga apa2 komentar saya ini juga ikut terhapus bersama spam di atas🙂

      makasih bli sudah mengingatkan, kemarin sempat sih ketangkap bang Aki tapi aku tebus dan bebaskan.😆 besok kalau datang lagi dan ketangkap tak biarin saja disana😛

  4. alamendah mengatakan:

    setuju. yang poenting ngeblog, nulis, publis, nulis, publis

    Betul Kang, biar rame dunia blogosphare Indonesia😆

  5. M Mursyid PW mengatakan:

    Semangat? Harus, donk!

    iya pak, harusnya semangat pagi terus😆

  6. hmcahyo - Indonesian mengatakan:

    saya msh coba aktif ngeblog🙂

  7. Asop mengatakan:

    Oh iya dong, punya blog jelas harus diisi.😀

  8. Darin mengatakan:

    Sebelumnya terima kasih banget dah mengingatkan😀

    Betul, saya setuju dengan kata-kata di awal artikel, bahwasanya nulis di blog itu ngga perlu mengikuti pakem2 tertentu. Pada awalnya saya jg begitu, asal terjang yg penting tulisan eksis di internet hehe.

    Namun lambat laun, entah karena faktor apa, sekarang saya mulai memilah-milah kata dan lebih konsen pada pakem menulis yg ‘mengalir’. Bukannya saya ngga sebebas dulu, malah saya kira sekarang saya jadi lebih mengerti makna dari proses menulis tersebut..yaitu proses untuk lebih mengenali potensi diri, baik dalam hal mengembangkan pemikiran maupun menyerap ilmu menulis dari blog2 yg lain🙂

    Ya, sekali lagi menulis adalah sebuah seni, dan kita ngga bisa berharap semua orang akan mengerti dan setuju dengan tulisan kita. Take it easy saja..namanya jg seniman😀

    Dan masalah mood dan waktu menulis, ya samakan saja dengan seniman, bukankah mereka jg ga setiap hari menelurkan karya seni? So, saya kira tulisan yg didukung dgn mood dan waktu yg tepat akan lebih berkualitas. Tapi ya itu perlu latihan, saya jg msh belajar pak🙂

    Itu saja menurut saya, maaf bila terlalu panjang..soalnya saya suka sekali dengan artikelnya pak ^_^

    Salam hangat.

  9. imadewira mengatakan:

    saya sudah isi kemarin, hari ini waktunya untuk blogwalking

  10. ok mengatakan:

    rekanku juga lagi nyubi ngeblog, trs akhirnya binggung mau nulis apa karna terpaku ma tema blog pedahal bebaskeun we..

  11. Wempi mengatakan:

    ini wempi lagi semangat nih…
    nafsu besar tenaga kurang, haha😆

  12. Gede Lumbung mengatakan:

    Blog saya juga baru hidup lagi nie mas…
    Kelamaan sibuk di kampus..😀

  13. isnuansa mengatakan:

    Hihi, ayo tulis apa saja… *ikut menyemangati teman*

  14. Saipuddin mengatakan:

    walaupun cuma gado-gado tapi rasanya tak kalah saing dengan yang lain, gitu juga ngeblok, iya kan mas.

  15. HALAMAN PUTIH mengatakan:

    Betul sekali pak, guru saya juga pernah menyampaikan agar ide atau gagasan yang datang sebaiknya langsung ditulis meskipun cuma satu kata saja. Intinya agar apa yang sudah terlintas dalam pikiran itu tak berlalu atau lewat begitu saja.

    Thanks sharingnya…

  16. zee mengatakan:

    Saya sering juga buat konsep di hape. Tapi begitu sampai di rumah dan di depan laptop, malah buntu😀.
    Ah memang saya yang malas saja kali ya..

  17. budies mengatakan:

    iya mas, saya juga nggeladrah konten,,,
    salam dari kalimantan tengah

  18. joe mengatakan:

    dulu saya sempat membuat blog tematis, tetapi akhirnya saya sempat macet kehabisan tema, akirnya saya membuat blog baru yang gado-gado. buat saya tidak apa gado2, yang penting harus ada nilai di dalamnya, dan tidak sekedar curhat….

  19. Acacicu mengatakan:

    Iya, ide memang datang di waktu dan tempat yang nggak kita sangka sangka.. Ada baiknya langsung di tulis di memori HP. Masalahnya HP saya lawas, jadi nggak bisa nyimpen banyak2,,hehe..Salam hangat Mas;

  20. Pendar Bintang mengatakan:

    OOm, bener ide itu datang kapan saja yang penting semangat dan mau. Akhir2 ini saya sering ada ide tp mls nulisnya..gak tahu kenapa pokoknya males aja…tapi ada saatnya saya paksakan karena memanjakan si males bikin jadi males beneran,he he he

  21. Fir'aun NgebLoG mengatakan:

    klo duit di dompet lagi kering, mana bisa saya ngebLoG.. wong ke warnet aja harus bayar!
    so semangat ngeblogku tergantung isi dompetku😀 wkwkwk

  22. Andy MSE mengatakan:

    blog saya sedang memalas, pak! terlalu banyak kegiatan offline yang meyita waktu… hiks

    salam dari solo

  23. Agus Siswoyo mengatakan:

    Blog mas Sugeng bagus. Meski masih gratisan tapi sudah berkelas. Just wanna say, mari ngeblog sebagai media pembelajaran bersikap dan berpikir.

  24. Denuzz BURUNG HANTU mengatakan:

    haha … Denuzz juga bangga dengan blog gado-gado … karena kalo dipesifikasikan, takut akan menghambat kemampuan belajar menulis Denuzz…
    sepakat! setiap ide yang keluar dari otak harus segera dituliskan, kalo tidak, sangat rentan lupa dan terlewatlah sudah …
    Saking sering menulis ide langsung, draft di blog Denuzz banyak banget yang kesemua itu menunggu antrian untuk dipublish …

    ~~~ Salam BURUNG HANTU ~~~

  25. ysalma mengatakan:

    ngeracik gado-gado yang pas itu juga butuh beberapa kali percobaan, kalo ga kepedesan, keasinan ;D

  26. ummurizka mengatakan:

    betul pak…sering yang menjadi penghambat dalam menulis jika kita terpaku dalam suatu tema, padahal yang ringan-rangan dan yang sedang terpikir bisa menjadi bahan tulisan..ayo semangat menulis lagi…

  27. orange float mengatakan:

    birin namanya gado-gado yang penting masih enak dimakan:mrgreen:

  28. budiarnaya mengatakan:

    Beri semangat biar tambah Ramai mas Sugeng….ikut mendukung gerakan ini

  29. imroee mengatakan:

    blog saya malah lari jauh dari deskrip awal yang sudah saya tentukan. Awalnya isinya tentang review music, eh lama kelamaan malah semakin aneh. Lihat sendiri deh di http://imroee.wordpress.com/

    makanya aku bikin blog baru di http://imroee.blogspot.com/

  30. sedjatee mengatakan:

    tulisan yang akan menjadi motivator untuk menulis
    thanks inspirasinya
    tetap semangat menulis…
    sukses selalu..

    sedj

  31. BENY KADIR mengatakan:

    Yee, makanya BENY KADIR trus nulis walau kadang macet2 hehehe
    Soal tema, ya gado2 dululah.
    Seperti yg Mas Sugeng tau kan blogku cerita tentang sekitar pengalaman pribadi.
    Pake HP? Iya dari awal sampe kapan pun cuma barang itu yg ada padaku.
    Yuk, kita semangat dan saling mendukung.
    Salam kangen deh.
    Kiranya Mas dan keluarga dlm keadaan sehat.

  32. aldy mengatakan:

    Yaaaa…kalau lagi males, digebukin juga nggak bakalan bergerak. Saya mah udah malas neriaki teman-teman, sudah capek-capek dibuatkan blog, isinya hanya hello word.

  33. M Mursyid PW mengatakan:

    Siiip. Saya sangat jarang nongkrong di jejaring sosial meski saya ndaftar juga di sono. Jejaring sosial semacam fb lebih saya pergunakan untuk mempromosikan blog, Mas.

  34. joO mengatakan:

    hehehe itu ide yang bagus kang… kalo aku lebih milih hape buat nulis ide-ide kejutan.

  35. agoest widodo mengatakan:

    waduh jika bicara masalah konten blog,bisa mati kutu aku…
    blog saya isinya konten suka-suka..konten gado-gado..
    tapi biarin aja wes,daripada nggak ada isinya…
    percuma belajar SEO dan kroni2nya jika isi konten kosong…
    mending konten blog tak isi tulisan gado-gado trus nggak usah belejar SEO dan kroninya,pasti suatu saat ada pengunjung….

    SEO di pelajari siang malam,tips dan trik blog diotak atik sampai botak,tapi blog kosong nggak ada isinya,apa gunanya?

  36. krupukcair mengatakan:

    kok koment yang saya mau tulis, sudah ditulis sama joO ya… apa saya yang kurang kreatif?😆😆😆

  37. adin mengatakan:

    bener, punya blog gado2 itu lebih mudah cari ide postingnya, jadi mestinya g mandeg lama atau jarak updatenya g terlalu lama…keep posting🙂

  38. ~jayaros mengatakan:

    iya betul … aq juga memakai hp bagi ide dadakan …😀

  39. TuSuda mengatakan:

    SIAP Mas…tusuda selalu berusaha menulis setiap hari, walaupun cerita tulisannya masih ngalor ngidul, yang penting bisa update teratur dann berinterasi sama para sahabat.
    Terimakasih telah memotivasi kami.

    SALAM hangat dari Kendari.. 8)

    bagus itu dok, bisa update postingan blog dari pada update statusjejaring sosial😆 , aku saja update posringan paling cepat 3 hari sekali karena banyak permasalahan di dunia luring

  40. purwanto mengatakan:

    mulai saja menulis bung !!! biar tak malu guru SD, SMP dan SMA kita mengajari pelajaran menulis dan mengarang… he…he…

    makasih pak, tambah semangat aku untuk menyemangati😆

  41. cahyo mengatakan:

    pokoknya update blog terus ya mas..Karena update blog juga melatih kita semakin terbiasa menulis apa yang ada dipikiran kita. salam

    siippp……….. yang penting pikiran di kepala keluar semua😆

  42. budiastawa mengatakan:

    Semangat terus, mas Sugeng!

    Kalau sudah ada semangat + ide + kesempatan, pastilah akan terbit sebuah tulisan. Tapi kalau salah satunya nggak ada, biasanya akan Hiatus sebulan seperti saya di budiastawa.com😆

    Salam persahabatan dari Negara.

    semoga ketigany masih melekat dari diri kita bli😛

  43. iskandaria mengatakan:

    Buat yang punya blog gado-gado kayaknya emang gak ada alasan kalo kehabisan ide tulisan. Wong blognya bebas mau diisi apa aja kan?🙂

    mestinya begitu mas, tapi kadang2 juga karena bebas jadi ngebut selama 2 minggu gak update blog:mrgreen:

  44. Tri Setyo Wijanarko mengatakan:

    hallo om, ini kunjungan balik saya..😀

    dulu awalnya saya juga bingung bikin blog mau diisi dengan apa. lalu hanya sekedar asal tulis yang isinya gado-gado yang nggak jelas. semakin kesini saya semakin fokus, isi blog saya hanya tentang aktifitas travelling yang saya lakukan.

    oh ya, blog yang isinya gado-gado ataupun fokus ke suatu bidang itu bagi saya sama saja kok, sama bagusnya. yang penting update terus tulisannya biar pembaca dateng terus dan nggak bosen..😀

    ayoo teruss menulisss!!!

    baguslah mas, kalau bisa fokus berarti sudah menemukan satu tema yang pas mantaffff:mrgreen:

  45. Sriyono Suke mengatakan:

    karena dulu keseringan ide habis terus, ya akhirnya motretin toko toko sebelah untuk dijadiken primbon kota ane gan…🙂

    itu juga merupakan ide orisinil mas. Gak akan ada yang mengikuti😆

  46. isdiyanto mengatakan:

    kalo soal ide tulisan sih biasanya banyak dan sering muncul, cuma kadang kendalanya untuk menuangkan ide itu menjadi tulisan…

  47. nay mengatakan:

    iyep dah, mari ngeblog sebanyak2nya dan minimalkan fb-an (karena ogut kagak pernah ngerasa asik masyuk sama fb), bukannya gado2 itu enak, hehehe.
    mkasih ats tulisan yang menyemangati, Pak!

    salam

  48. Adi mengatakan:

    hohoho.. Saya banget tu bli..
    Hape saya draft sms penuh konsep tulisan…
    Karena saya lebih nyman jadi mobile blogger ketimbang dr pc..

    Salam

    Aku pernah mencoba menjadi mobile bloging tapi gak kuat karena tanganku jempol semua😆

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

