Benarkah Ini Penyakit Menular ??

orientasi sex manusia itu bisa berubah karena faktor pengalaman

Ini cuma pengalaman pribadi dan tidak ada pendekatan ilmiah ataupun akademik, namun semua benar-benar terjadi. Aku gak tahu ini memang benar-benar menular atau karena beban physkiologi yang membuat mereka benar-benar terjangkiti penyakit yang sama. Dulu saat senang kluyuran di kota asal, saya bersama teman CS (sahabat karib) senang bermain bersama kesana kemari sampai masuk di lingkungan daerah hitam. (Sehitam warna monitorku sekarang😦 ). Tapi percaya deh kalau aku dulu cuma sekedar main disana karena memang senang saja lihat yang klimis2😆 Kami berlima ini dari kecil sudah berkumpul dan besar bareng, jadi kami sudah tahu betul bagaimana kami kesehariannya.


Kami juga sama-sama senang dengan cewek dalam artian orientasi sex kami normal saja. Namun tanpa sepengetahuan kami berempat, teman kami yang satu (angap saja namanya amir) saat bermain di tempat-tempat itu dan kebetulan ke tempat mangkalnya para waria dia secara iseng (atau dengan sengaja, aku gak tahu) mengunakan jasa dari salah satu waria tersebut. Dan kejaidan ini selalu luput dari kami berempat.

Selang beberapa waktu setelah dia sering mengunakan jasa dari waria tersebut, kami berempat secara tidak sengaja mendapati (melihat sendiri) si Amir sedang mengunakan jasa dari waria tersebut. Dan yang membuat kami shock😯 setelah melihat dengan mata kepala sendiri kejadian tersebut adalah si Amir tidak berdua mengunakan jasa waria itu, namun dia berkolaborasi bertiga. Jadi (maaf beribu kali maaf, bukan maksud saya untuk mengumbar pornografi di blog ku namun sekedar sharing saja) dia dilayani oleh salah satu waria tersebut terus dia melayani waria satunya dan waria ketiga melayani waria pertama.

Terus terang saat itu kami semua langsung kabur dari tempat itu begitu mengetahui si Amir teman kami melakukan itu. Rasa kaget, mau muntah, jengkel bercampur aduk jadi satu ujung-ujungnya kami wujudkan gak pernah ketemu sampai seminggu lamanya.

Kembali ke topik semula, benarkah ini penyakit menular❓ Saat itu aku belum mengerti benar kenapa si Amir sampai berubah drastis seperti itu padahal kami tumbuh dan besar di tempat yang sama. Sampai beberapa tahun setelah itu aku baru nyadar bahwa kalau sebenarnya orientasi sex manusia itu bisa berubah karena faktor pengalaman. Seperti yang banyak kita baca dalam kasus pembunuhan yang disertai dengan sodomi. Seperti kasusnya Ryan (Jombang), Robot gedeg dan Babe (Jakarta) serta kasus-kasus yang lain. Mereka si pelaku sebelum terjangkiti penyakit itu selalu mengalami kekerasan seksual di masa kecil. Dan saat mereka dewasa pengalaman terseut selalu mengoda mereka untuk berbuat hal sama. Gak peduli itu dilakukan dengan orang yang sebaya atau dengan anak-anak.

Namun yang jelas meski ini bukan berwujud bibit penyakit yang kelihatan kalau tidak disembuhkan dengan benar bibit penyakit ini akn kembali berulah di kemudian hari. Dan akan membuat perilaku sex dari yang bersangkutan akan membuat korban-korban baru lagi. Terus kalau di runut kembali siapa yang salah❓ aku sendiri tidak bisa menjawab. Tapi kembali pada si Amir tadi, aku tidak tahu dia ini sebagai korban atau sebagai penguna jasa yang ketularan😕 mungkin hanya Amir yang bisa menjawab.

P.S: Mohon maaf kalau tulisan ini membuat ada yang tersinggung, tapi ini hanya sekedar pengalaman pribadi.

68 Balasan ke Benarkah Ini Penyakit Menular ??

  1. Pendar Bintang mengatakan:

    Be the first !
    (I wish, he he)

    Kalau menurut pengalaman yang saya lihat di lapangan (bola kali…) bisa jadi memang menular, Om.

    Dulu saat di Malang, saya menemui banyak teman-teman model yang biasa bekerja sama dengan kami untuk acara fashion show itu orieantasi sexualnya udah gak ke cewek lagi, padahal pada awalnya mereka itu juga suka cewek kok, karena salah satu dari mereka ada sahabat dekat saya…

    Yah, di balik itu juga memang ada motiv dan atau penyebab lain sih, karena kebutuhan (biologis maupun materi) dan banyak hal lain…

    Tapi, pengakuan dari salah satu teman dekat saya, yang berusaha menyukai cewek lagi. Dia ingin juga sembuh🙂

    salam hangat selalu, Om!
    thanks udah sharing..

    Aku juga punya teman yang seperti itu, dia berusaha mencintai lawan jenis namu yang terjadi itu hanya sebagai kedok untuk menutupi hal yang sebenarnya😦 malah sekarang terancam berantakan keluarganya

  2. acacicu mengatakan:

    Yang dimaksud penyakit menular, itu psikologisnya ya Mas? Maksudnya efek lingkungan sedari kecil hingga bertumbuh dewasa?
    Kalau itu, ya ada pengaruhnya juga mas dalam kejiwaan. Tapi sebenarnya yang terpenting adalah perhatian dari orang2 terdekat. Entah itu orang tua (pas si ‘amir’ masih kecil), atau saudara2nya. Intinya, jika kebutuhan bocah akan rasa aman tercukupi, ada potensi kenangan masa kecil (yg pahit2) nggak akan membentuk karakternya di saat dewasa.
    Saya dapet referensi itu dari pilemnya Sean Penn Mas. Judulnya Mystic River, pilem lama;

    Betul mas, faktor lingkungan sangat berpengaruh. Bisa membuat parah kalau salah masuk lingkungan dan juga menyembuhkan seandainya ada dukungan dari keluarga dekat

  3. alamendah mengatakan:

    (Maaf) izin mengamankan KEDUAX dulu. Boleh, kan?!
    Wah membaca cerita ini keknya kita emua musti hati-hati jangan sampai ketularan ‘penyakit’ yang kek gini. Gak usah bermain api, lah…

    memang ada kang yang “bermain api” seperti itu namun juga banyak juga yang “tersulut api” dengan bukan atas kemauan dia alias jadi korban😦

  4. Tamba Budiarsana mengatakan:

    Saya percaya hal ini menular Mas. Selain karena faktor dalam diri (sejak kecil begitu adanya), hal ini juga ditentukan oleh faktor lingkungan. Orang-orang yang jiwanya labil dan masuk ke pergaulan seperti itu akan lebih gampang “tertular” walaupun tidak ada ajakan/paksaan dari teman-temannya. dan yang lebih parah lagi, akhir-akhir ini hal tersebut dijadikan sebagai gaya hidup! Whoaaa….

    Gaya hidup😕 tapi ada benarnya juga karena sekarang di televisi yang model begituan laris manis

  5. Denuzz BURUNG HANTU mengatakan:

    ini adalah pengalaman pribadi yang memang patut untuk dibagikan …
    banyak referensi yang Denuzz baca, dan sebagian besar referensi memang mengatkan bahwa orientasi seks menyimpang itu paling banyak karena faktor orang lain … artinya, apabila terlalu lama seseorang bergaul dengan seorang gay, tidak menutup kemungkinan orang tersebut lama kelamaan akan menjadi gay juga … ini bukan sembarang hipotesis Denuzz, Denuzz tau ini karena ada seorang temen Denuzz yang sekarang positif menjadi gay setelah terjun ke dunia modelling (notabene-nya memnag banyak gay dan lesbian di sana)

    Semoga persahabatan kita tidak lekang oleh waktu dan tidak terbatas oleh ruang

    Dunia modeling seperti gunung es “jebakan maut” yang siap melumat siapa saja yang berani masuk disana😦 jadi sedih aku

  6. julicavero mengatakan:

    menurutku sih ada faktor psikologi disitu ya, ntah itu trauma pada sosok seorang perempuan atau mungkin jg faktor lingkungan, serta keluarga yang membuat amir itu begitu. perlu dibawa ke psikologi tuh biar sembuh, sayangkan begitu byk perempuan eh malah menghajar waria sih..cek..cek..cek.

    Aku juga gak habis pikir dengan temanku itu, tapi mau gimana lagi. banyak perempuan yang menjomblo jadinya😆

  7. budiarnaya mengatakan:

    Faktor lingkungan yang tidak sehat dan pergaulan yang menyebabkan hal ini menimbulkan penyebaran ke orang lain… wah…jadi berpikir nich mas…, apa lagi sampai berkolaborasi

    Aku saja sampai shock bli, kaget sampai mual2😯

  8. iwan prasetya mengatakan:

    temannya tuh sdh terpengaruh psycho-sex yg over addicted Pak..

    terpengaruh sampai terbawa arus ………………….😦

  9. Reza Saputra mengatakan:

    lingkungan pondok juga biasa seperti ini mas, maaf maksud saya pondok yang khusus untuk pondok putra saja atau yang putri saja, karena kurangnya waktu mereka bertemu dengan lawan jenis mereka sehingga mereka melampiaskan ke sesama jenis. saya sendiri belum pernah merasakannya kak, kayak apa ya, hemm

    Lingkungan pondok ?!?😯 Aku juga pernah dengan dari temanku (juga) yang sempat mengenyam pendidikan di pondok. Malah ceritanya lebih serem lagi tapi aku gak tahu itu cerita beneran atau …………………….

  10. TuSuda mengatakan:

    menurut pakarnya, keadaan disorientasi itu terjadi karena faktor lingkungan psikososial: trauma kejwaan, pergaulan bebas.

    Salah satu pakarnya ikutan menjawab😆 , makasih dok ikutan urun rembug.

    • TuSuda mengatakan:

      iya Mas, dalam kasus yang menyangkut disorientasi seperti ini, memang sangat bersifat privasi sekali…
      Kita hanya bisa berempati dengan kasus yg begitu…

      Melalui orang terdekatlah, sejak dari awal bisa menelaah adanya perubahan perilaku, bahasa tubuh, gerak-gerik, cara komunikasi ybs, agar bisa diajak berkonsultasi dan direhabilitasi sedini mungkin.

      SALAM hangat dari Kendari… 8)

      Betul dok, keluarga sebagai pilar utama penyembuhan

  11. Bibi Titi Teliti mengatakan:

    Waduh…
    Serius nih?
    Aku pikir orientasi seksual seseorang itu suatu kondisi kejiwaan yang dibawa dari lahir gitu, dan gak bisa di ubah ubah…

    Mungkin pikiran ku itu terlalu naif aja kali ya…

    Benera Bi’ cerita itu nyata dan aku menjadi saksinya. Jadi, menular atau tidak kenyataan nya memang begitu😥

  12. MoBy mengatakan:

    http://bukuonline.lkmd.net/ — Investasi dengan modal kecil, tapi hasil yang didapat LUAR BIASA.. sungai uang mengalir deras ke ATM Anda.. Buruan kesana… buktikan dan daftarkan segera diri Anda.

    SPAM !! Mau aku delete masih kasihan.😈

  13. suarakelana mengatakan:

    menular yg model begini jadi mirip dgn penularan model2 lain, seperti penggunaan narkoba, dsb. Intinya karena ada pengaruh yg simultan dan ada kesempatan.
    Mari kita manfaatkan jenis penularan semacam ini dgn cara bergaul dgn para orang sukses dan baik. Sama aja kan potensi menularnya ?

    Ha…ha…ha….. betul pak, aku setuju sekali.
    Kalau kita bergaul dengan pedagang minyak wangi pasti kita akan kena bau harumnya.
    Kalau bergaul dengan penguras septitank pasti akan tertular bau yang menyengat.
    Kalau kita bergaul dengan tongkrongan orang berjudi meski kita sendiri tidak ikut berjudi, pas ada gerebeg an palisi kita bisa ikutan ketangkap dan masuk bui😆

  14. Asop mengatakan:

    Jangan tanya saya, saya tak punya jawaban…😦

    Saya gak nanya tapi cuma memerlukan kepastian😕

  15. kakve-santi mengatakan:

    jauh jauh dah saya dari hal yang seperti itu..

    mungkin jika dilihat dari faktor lain mungkin..?
    uhm, tapi nampaknya orientasi juga bisa berubah, bayangkan saja, jika dulu kita sudah cukup puas dengan hape yang bisa telepon dan sms, sekarang kita justru terperangkap dalam orientasi lain yaitu BB..

    banyak faktor tentunya

    Yah, mungkin seperti itu juga orentasi yang ada di kepala manusia😛

  16. Mila mengatakan:

    Kq bisa?

    😕😕😛

  17. arsumba mengatakan:

    semoga terhindar dari penyakit itu ya pak..😀

    Jangan coba-coba kalau gak kuat segalanya🙄

  18. hudaesce mengatakan:

    Jadi ngeri sendiri ngebayanginnya,semoga kita senantiasa dilindungi oleh Tuhan dari hal-hal yang demikian ini.

    Yups….. perbanyak do’a dan jauhi dari hal-hal yang demikian😆

  19. M Mursyid PW mengatakan:

    Kasihan sekali mereka yang terjerumus ke perilaku yang menyimpang ya, Bang. Semoga mereka segera memperoleh hidayah untuk kembali ke jalan yang lurus, dan kita yang normalpun tidak jadi ketularan.

    Betul pak, semoga kita tak tertular oleh mereka😛

  20. jarwadi mengatakan:

    mungkin kasus ini bisa dijelaskan dengan teori interaksi dan penyebaran perilaku pak,

    salam

    waduh ini yang aku tulis di alenia pertama pak, bahwa tidak ada pendekatan akademis ataupu yang lain, hanya sekedar pengalaman pribadi😐

  21. Teras Info mengatakan:

    wah jadi kaya kembali ke mas jahiliyah dulu….
    saya inget tuh cerita tentang kisah kaum sodom…yang dimana orang-orangnya semuanya penyuka sesama jenis…hih….naudzubillahimindzaliq……

    Terimakasih banyak atas infonya….

    Zaman sekarang masih ada mas, ke-jahiliyah-an itu msih ada sampai kini.

  22. celoteh mengatakan:

    menular, karena berhubungan dengan rasa dan kepuasan…
    semua orang menantikan rasa puas dan senang, nah saat itu dialami orang lain, dia pun akan tergoda melakukan hal yang sama,,,,

    😕 mencoba menerjemahkan dengan yang lebih mudah di ingat😆

  23. HALAMAN PUTIH mengatakan:

    Awalnya coba, lama-lama ketagihan. Banyak deh hal yang kayak begini terjadi pada teman saya…

    Dalam banyak hal kejadian ini selalu berulang dan ber ending yang sama. Sedih😦

  24. munir ardi WP mengatakan:

    menular tapi juga karena kekurangan budi pekerti , banyak di daerah sini waria yang jadi sadar setelah nggak gabung lagi dengan teman-teman waria mereka

    yang penting kita harus masuk di lingkungan yang benar ya pak😛

  25. Erdien | Sundagasik mengatakan:

    Bisa jadi karena terlalu lama bergaul dan terpengaruh.Lingkungan kan memang bia mempengaruhi kebiasaan seseorang. Mungkin gitu ya Pak?😀

    Betul sekali pak Erdien😆

  26. icad mengatakan:

    three some ya kang😉

    😆 Bukan three some tapi berkolaborasi:mrgreen:

  27. JUN mengatakan:

    menurut penelitian ilmiah yg pernah saya baca. Faktor gen juga berpengaruh.

    tapi menurutku meski ada faktor gen yang bisa mempengaruhi kalau masuk di lingkungan yang baek2 tentunya perilaku itu dapat di minimalisir setidaknya oleh dirinya sendiri😎

  28. tunsa mengatakan:

    pengalaman yang penuh makna…
    smoga pengalaman dari pak sugeng bisa menjadi pelajaran berharga bagi kami,
    salam dari denpasar

    Cuma sekedar sharing saja, mungkin ada yang bisa mengambil manfaat dari postinganku😆

  29. Cahya mengatakan:

    Katanya sih manusia sudah memiliki kecenderungan untuk menyukai lawan jenis dan sesama jenis sejak lahir. Nah kecenderungan ini (jika tidak salah) ditentukan oleh faktor genetis dan faktor lingkungan.

    Artinya (misal) seorang cowok secara wajar dalam kesehariannya menyukai cewek, namun sebenarnya dalam dirinya sudah ada bakat juga (secara genetis) untuk menyukai cowok, tapi bakat ini tidak muncul ke luar karena tidak ada yang mencetuskan.

    Jika dalam hidupnya ada peristiwa atau kejadian yang mencetuskan (biasanya peristiwa yang membuat syok), bisa jadi ini membuat sifat dibawa gen-nya aktif, yaitu sifat menyukai sesama jenis. Jadi lambat laun sifat ini menjadi lebih dominan dibandingkan sifat pada masa awal kehidupannya.

    Jadi jangan heran, jika seorang pasca trauma batin karena ditinggal (dikhianati) pacarnya bisa jadi berubah halauan ke sesama jenis.

    CMIIW.

    Makasih masukan nya Dok, karena aku sangat awam dalam hal ini😆

  30. tiket pesawat murah mengatakan:

    ya mnrt ku menular juga karena aku juga diceritain dari temenku yg sempat ikut model. bnyk dari teman2 dia yg awalnya tuh normal, mungkin karena faktor lingkungan jg yg mempengaruhi mereka.
    ada jg aku teman yg mau bersama mereka tp temanku cuma mau materinya saja dari pasangan nya, ya mereka normal suka sama cewe juga tp jg melayani sesama jenis tp tuntutan materi.

  31. pututik mengatakan:

    saya sangat menyangkal jika dikatakan penyakit menular, karena kegiatan jahanam ini memang sudah terjadi sejak jaman jahiliyah yang sumbernya adalah orientasi menyimpang dan tidak mau bertanggung jawab namun ingin enaknya saja tanpa resiko misal lawan jenisnya hamil dan orang seperti ini sudah ditutup mata hatinya kecuali suatu saat sadar.

    kecenderungan untuk suka terhadap orang adalah ada sejak dia bisa melihat dan mendengar dengan baik. lihat saja anak kecil akan tertawa melihat saya yang lucu heheheh, namun jangan dipelintirkan bahwa jika ia menyimpang itu wajar. kondisi lingkungan, tekanan mental, permisifnya ulah menyimpang dan dikondisikan menyimpang hal itulah yang membuat ini terjadi.

    ***Nyimak***
    mencoba menjadi pendengar yang baik aku😆

  32. citromduro mengatakan:

    faktor lingkungan sangat berpengaruh pada psikologi seseorang (maaf bukan psikiater)
    tapi kayaknya memang akan menular sih dari faktor lingkungan dan pergaulan

  33. fitr4y mengatakan:

    Wadh gak tau pak, penyakit nular apa gak,, tapi kayaknya kalo dah kena susah sembuhnya ..

    Salam …

  34. Usup Supriyadi mengatakan:

    menularnya di sini bukan sebagaimana menularnya flu. tapi lebih kepada pembiasaan dan pengwajaran dari hal tersebut.

    wa allaahu a’lam

  35. walah… ane gak ngerti yg beginian… xiixixiiii

  36. Fir'aun NgebLoG mengatakan:

    sebaiknya kita menjauhi apa pun yang buruk, baik perilaku mau pun penyakit, klo emang ga mau tertular!😀 hehehe…

  37. sedjatee mengatakan:

    hasrat seksualitas adalah hajat paling purba pada kalangan manusia… inilah hasrat yang selalu dipertaruhkan, dituruti sesuai ambisi hawa nafsu.. harus diakui, inilah nafsu biologis paling sulit dikendalikan… namun penyimpangan seksual bukanlah sesuatu yang harus ditoleransi…

    nice post, tengkyu pencerahannya…
    salam sukses..

    sedj

  38. Penyakit psiskologis yang dapat menular dalam pergaulan, tapi tidak menjadi momok dalam lingkungan kehidupan kita.

    Belajar sesuatu yang kecil akan melahirkan sebuah sesuatu yang lebih besar.

    Sukses selalu.

    Salam ~~~ “Ejawantah’s Blog”

  39. imadewira mengatakan:

    mungkin karena faktor lingkungan juga ya..

  40. bolang mengatakan:

    keterbukaan kadang menjadi obat mujarab berbagai penyakit, sayang nggak semua orang bisa terbuka untuk berbagi masalah. Maaf kalo saya menilai hal ini salah tapi mungkin amir (teman anda) tidak memiliki keterbukaan pada keluarga dan teman dekatnya sehingga penyakit tersebut mungkin sudah dimiliki lama itu akhirnya muncul

    ini kemungkinan hanya pendapat saya pribadi juga kok, tapi semoga teman anda bisa sembuh dari penyakit tersebut

  41. Fir'aun NgebLoG mengatakan:

    masih blon sembuh juga nich?…😀 hehehe

  42. mamah Aline mengatakan:

    katanya menular, bukan sebab ada virusnya seperti penyakit biasa. Penyakit ini menularkan kondisi psikis dari kebiasaan perilaku seks yang biasanya coba diperlihatkan teman dan sekali mencoba si teman bisa mudah tertuilar.

  43. aldy mengatakan:

    Mungkin tepatnya hanya perubahan orientasi seksual, penyebabnya? teman-teman diatas sudah menguraikannya😀

  44. idana mengatakan:

    waaah ini ngak ngerti saya…banyak orang bilang ini menular sih, tapi tergantung orangnya juga kali mas…sama halnya org yg bergaul di lingkungan yang suka pake narkoba…kalau dlm dirinya kuat dan bertekat utk tidak menyentuh barang haram itu, ngak bakal kejadian. Menurutku sih begitu🙂

    Mas…msh di Tabanan kan ? Mau ikut kopdar ngak…hari minggu rencananya…kl mau ikut buzz aq di ym yaa, atau hub hani pendar bintang🙂

  45. darmantomuat mengatakan:

    itulah sebabnya mengapa Rosululloh menyuruh membunuh orang yang homoseksual sbgmana dlm hadist:
    “Barangsiapa yang kalian dapati sedang melakukan perbuatan kaum Luth (homoseksual) maka bunuhlah pelaku dan patnernya” (HR Ahmad, 1/ 300 dalam shahihul jami’ no: 6565).
    salah satunya adalah karena kelainan ini menular.

    salam,

  46. pur mengatakan:

    Katanya manusia itu tawanan lingkungannya… Selain bergaul dengan mas sugeng si mas amir ini punya lingkungan yg lain… Faktor media juga harus diwaspadai, tak sedikit orang yg ingin mencoba apa yg telah dilihatnya
    salam persahabatan

  47. isdiyanto mengatakan:

    semoga ndak tertular…

  48. ratansolomj9 mengatakan:

    Lepas dari menular atau tidak, hal itu kayaknya tergantung dari pengendalian diri pribadi …
    Salam persahabatan dari Solo

  49. Putra Eka mengatakan:

    Saya pernah baca, seperti yang ditulis diatas orientasi sex bisa berubah gara2 lingkungan. Jadi perlu hati-hati untuk memilih temen

  50. aRai mengatakan:

    ga ada videonya yah pas adegan saling melayani … xixixi

    *muntah2*

  51. waroeng ubuntu mengatakan:

    aku rasa bukan penyakit menular… masalah orientasi seks…. tp memang faktor lingkungan dapat mempengaruhi perilaku seseorang

    krn itu bertemanlah dgn orang baik, insya Allah perilaku kita akan ikut2an baik😀

  52. dikma mengatakan:

    hanya ikut menyimak
    dan sepertinya saya harus tetap hati-hati deh

  53. wahyu nurudin mengatakan:

    itu adalah hasil kebiasaan terselubung. kita tak bisa tahu sepenuhnya orang lain di luar pengawasan kita.

    Kebiasaan yang harus dihindari oleh siapa saja❗

  54. Brotoadmojo mengatakan:

    hal itu bisa juga disebabkan oleh bawaan genetika, tapi saya pikir kebiasaan yang menyimpang itu berawal dari pengalaman dan bisa juga dari lingkungan.

    keknya saling berkait antara pengalaman dan lingkungan😕

  55. Adi mengatakan:

    Waw, pengalaman yg hot itU, hiHi. .
    ItU adalah piliHan hIdup dia, bukan suatU penyakit.
    Mengenai menular, bisa jadi pengaruh negatif teman disekitarnya juga melakukan hal yang sama. Hati2😀

    Jadi tetap harus hati-hati dlam bergaul😐

  56. budiastawa mengatakan:

    Mas Sugeng, kala menurutku… ada kemungkinan itu juga bisa menular. Yang namanya perilaku, itu bisa ditiru, juga bisa dirasakan.

    Sama halnya dengan perilaku mencuri; orang bisa ketularan karena merasakan hal itu wajar-wajar aja. Dan penularannya jelas melalui pergaulan.

    Waspada lah, waspada lah !!!!

  57. Gusrizal mengatakan:

    Ass Ww aku sarankan para pelaku penyakit orentasi sex sual sebaiknya mendekatkan diri pada allah, hingga akan berpikir melakukan hal yang dilaknat allah apalagi usia sudah 1/2 abab apa ngak ingat hidup ini tidak lah kekal dan cobalah bersyukur dgn pasangan yg sudah ditakdirkan allah semoga saran aku bisa menjadi pertimbangan bagi pelaku orentasi Sex

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: