CD Install Linux Ubuntu

seharusnya saat membakar CD itu di eksekusi sebagai file image (gambar) dan bukan sebagai file data

Sudah lama aku tidak update postingan di blog ku. Rasanya malu dengan para sahabat blogger yang nyasar masuk disini karena masih saja di beri menu yang sama dari minggu kemarin. Maafkan sahabat, bukan aku gak mau untuk menulis atau sudah bosan dengan blog namun karena ada kendala yang membuat aku tidak bisa kemana-mana. Sekarang aku berusaha akan tetap nulis meskipun tanpa ada tautan / link yang menyertai isi dari postinganku karena postingan ku ini aku postingkan lewat email dan numpang di alamat email teman kantor. Jadi begitu aku posting tulisan baru lewat email, langsung alamat email blogku di wordpress aku delete. Gak asyik kan kalau alamat email blog ku aku sebar kemana-mana, bisa2 aku dikirimi postingan blog yang bukan dari aku sendiri.😆

Dan selama aku berkutat dengan duniaku sendiri (karena untuk online aku gak bisa lihat apa2) aku berusaha dan memahami dengan dunia linux ku. Hei…hei…. hei….. !!! jangan berprasangka aku berkutat dengan repository linux dan membangun script2 bahasa program linux, bukan. Sama sekali bukan. Karena aku gak ada basic untuk mengutak-atik rumus bahasa program linux tersebut. Semua itu bagiku sangat perlu pendalaman lebih lanjut dan bisa membuat kepalaku menjadi agus, maksudnya agak gundul sedikit bin botak. Tapi pendalamanku itu soal kenapa file unduhanku baik itu yang ubuntu10.04 (lucid lynx), ubuntu 10.10 (maverick meerkat) maupun yang di blankon ombilin koq tidak bisa aku pake untuk menginstall. Jangankan untuk nginstall, untuk mencoba di live cd saja gak bisa jalan. Padahal unduhan itu aku perjuangkan dengan speed koneksiku yang bisa membuatku berlatih kesabaran.

Sempat juga sih aku tanya dengan para blogger pakar linux yang memgulas dan membahas tentang ubuntu maupun blankon di blognya. Tapi sampai beberapa hari yang lalu aku masih belum bisa memanfaatkan semua file unduhan itu. Mau tahu berapa lama waktu yang aku habiskan untuk mengunduh semua file linux tersebut ?!?, pertama aku ngunduh ubuntu 10.04 desktop. Karena disana ada pilihan 32 bit dan 64 bit, tanpa pikir panjang aku klik saja yang 64 dengan asumsi 64 lebih besar dari 32 dan pasti dapatnya lebih banyak meski PC ku memakai prosesor dual core nya microsoft.😥 Itu merupakan tangisanku yang pertama, karena setelah aku unduh selama hampir sehari semalam ternyata gak cocok. Setelah aku tanya sana-sini ternyata itu file untuk prosesor sekelas AMD. 😦

Unduhan kedua adalah ubuntu 10.04 desktop untuk PC 32 bit. Proses pengunduhan lancar tapi yang membuat aku sampai tertidur dan aku tinggal berangkat kerja adalah lamanya. Maklum saja koneksi unduhanku cuma manteng di kisaran 14Kbps, dan besar filenya hampir 700Mb, jadinya waktu 21 jam sudah sepandan.😦 Yang ketiga adalah unduhan ku untuk blankon ombilin 6. Besar filenya hampir sama dengan ubuntu 10.04 , sekitar 720Mb dan menghabiskan waktu sekitar 23 jam. Terakhir mau nguduh file blankon sajadah 6.1 tapi melihat besarnya filenya aku jadi ngeri untuk ngunduh karena filenya cuma sekitar 1.4Gb😯

membakar CD sebagai image

membakar CD sebagai image

Setelah mengunduh semua file itu ada ganjalan lagi, karena gak tahu harus di buat format apa langsung saja aku bakar di CD blank sebagai file data. Mungkin bagi orang yang sering berkecimpung dengan linux, apa yang aku lakukan akan membikin dia tertawa. Gimana gak ketawa, ngakunya linuxer sejati dan anti jendela tapi membuat CD install saja gak becus padahal file nya sudah tersedia lengkap. jadi malu aku Tapi sejak beberapa hari yang lalu aku lakukan explorasi tentang cara membuat CD install / live CD nya ubuntu. Ternyata kesalahan ku cuma sepele dan sangat tidak bisa di baca oleh bahasa program di jendela, yaitu seharusnya saat membakar CD itu di eksekusi sebagai file image (gambar) dan bukan sebagai file data. Ini yang membuat aku harus merelakan beberapa kali CD kosongku terbuang percuma karena saat aku lakukan booting ulang (restart) PC ku selalu saja tidak bisa membaca CD nya dan kembali masuk ke OS awalku.

Setelah bisa membuat CD install linux aku berangan lagi akan membuat USB install karena aku juga sering mengantongi flashdisk kemana-mana hanya untuk media penyimpanan berkas. Mungkin pelan namun pasti keinginan kalbu ku untuk menjadukan ubuntu (linux) sebagai priority OS di PC ku sudah mulai ada tanda2 terkabul. Semoga Anganku ini bisa terlaksana dan terwujud😆

26 Balasan ke CD Install Linux Ubuntu

  1. kangtatang mengatakan:

    wah saya suka sekali atas perjuangan Bapak dalam mengexplorasi Linux, semoga saja cita2nya untuk menjadikan linux sebagai Primary OS di komputernya bisa menjadi kenyataan.

    salam


    Makasih Kang atas supportnya, tapi yang jelas kesadaranku dari kemarin aku masih pingsan untuk ber-linux ria ini dari diri sendiri :lol:

  2. chugy mengatakan:

    Kalau urusan linux – ubuntu dan kawan2 opensource saya kurang paham um alnya kompi dirumah masih pake Windows…hehehe.

    Postingan yang menarik sukses selalu

  3. ChugyGOGOG mengatakan:

    Wah salh masukin alamat blog UM….!!!
    Wordpressnya blm dilogout…lams kenal um dr chugy gogog. sukses sealu.

    he…he…he…. bilang saja punya 2 blog pasti akan di samperin di TKP➡

  4. Nur'Amilah mengatakan:

    Assalaamu’alaikum…!
    kunjungan subuh pak,
    maap, barusan komentnya [ga sengaja] ke delete, untung sempet ingat alamat ULR-nya😀

    sekali lagi, maap!
    terima kasih,
    salam😀

    Gak papa mbak, yang penting silaturahmi tetap terjaga😆

  5. alamendah mengatakan:

    (Maaf) izin mengamankan KELIMAAAX dulu. Boleh, kan?!
    Wah perjuangan yang bikin salut banget, Pak. Saya juga sudah lama pengen donlot file2 ubuntu tapi mengingat besarnya file dan lemotnya koneksi yang saya punya, akhirnay belum kesampaian hingga kini😦

    Kalau gak sempat donlot bisa pesan saja di toko online yang jual CD linux

  6. PanDe Baik mengatakan:

    Sebenarnya di instansi kami, sudah mendapatkan surat edaran menkominfo terkait penggunaan os dan office legal. namun karena keterbatasan dukungan printer (panasonic dan epson lx) dan grafis cad, kami memutuskan untuk menunda perpindahan penggunaan os lebih jauh, mengingat batas waktu terakhir yang ditentukan adalah Desember 2011…

    Semoga surat kominfo bisa secepatnya di aplikasikan di semua instansi yang ada😆

  7. tunsa mengatakan:

    maap telat ke TKP, udah kecantum pak…hehe
    maaf ya? pisss..
    salam

    He…he…he….😆

  8. Tamba Budiarsana mengatakan:

    Saya mau pake ubuntu juga ah, jendela saya crash melulu, kemarin saya udah download filenya dan udah jadi bentuk CD, tapi CDROMnya yang rusak.hehe..
    Boleh deh cara kedua, pakai Flashdisk. Posting Pak caranya…hehe..saya tunggu.

    Tunggu tanggal main nya saja😛

  9. Cahya mengatakan:

    Wah…, tulisan para pakar, saya angkat tangan😀.

    Pakar SUSE sudah mapir disini, ditunggu Dok advance nya😆

  10. tole mengatakan:

    memangnya, kalo linux lebih bagus dari windows, lebih efektif gitu..
    saya pngen ganti..
    ahaha

    Kalau gak mencoba sendir tidak akan tahu perbedaan nya😆

  11. Adi mengatakan:

    waduwwh aku ndak paham dah masalah linux

    Sama mas tapi aku penasaran saja dan pingin merasakan juga seperti linuxer yang lain:mrgreen:

  12. aRai mengatakan:

    lebih mudah pake FB daripada cd … hehe

    😕❓😕

  13. fitr4y mengatakan:

    Linuk … hmmmmmmmmmmmm … Gak ngerti pak ….

    Tapi pasti senang setelah melewati perjuangan panjang ..

    ya iyalah😆 karena ada kepuasan tersendiri

  14. Brotoadmojo mengatakan:

    semoga angan-angannya terkabul Pak. walau saya kurang paham masalah linux tapi minimal ikut senang ada orang lain yang bisa.🙂
    terimakasih

    makasih support nya😛

  15. ~jayaros mengatakan:

    sama dgn mbak diatas … saya juga gak faham ttg linux … tetapi sangat tertarik …😛

    Silakan dicoba, dan yang jelas legal😆

  16. Cara beli rumah mengatakan:

    tak cobain dulu ah,….

    Silakan ……………….

  17. aldy mengatakan:

    Kalau sudah berhasil intall linux, untuk membuat intalasi via Flash dish mah mudah kang. Ada menu khusus untuk itu :nari:

    Akan aku coba lebih lanjut pak😉

  18. Pendar Bintang mengatakan:

    Wah…Om Sugeng ternyata udah ada update, btw Om…aku gak bisa comment masalah U Buntu nya..karena aku jujur lagi nggak tertarik, he he he

    Brarti sudah jalan buntu dong:mrgreen:

  19. M Mursyid PW mengatakan:

    Sy jg sedang berusaha mengakrabi Ubuntu, Bang. Tapi saya juga tdk mau jadi alien di kalangan sejawat. Maka kini sy bermuka dua (Kadang pakai Ubuntu kadang pakai Winds).

    Aku juga pingin nya dual boot pak😆 tapi masih gak bisa

  20. asepsaiba mengatakan:

    Go Open Source Goo..!!
    Salam kenal mas, trims dah mampor di blog saya..

    Gooooo………………….❗

  21. Masbro mengatakan:

    Selamat berubuntu ria kalo gitu..
    Pengalaman memang mahal..sampai habis beberapa keping cd, hehehe…

    Habis 5 keping CD-R terakhir aku beli CD-RW yang bisa aku bongkar pasang😆

  22. Mila mengatakan:

    Kunjungan malam🙂

    Waduh, ada yang gag bisa tidur nih. Malam2 koq dengan senanga hati ngeronda😆

  23. wahyu nurudin mengatakan:

    sori, out of my understanding.

    Sama… !!!😛

  24. Denuzz BURUNG HANTU mengatakan:

    semoga artikel kakak bisa berguna bagi Denuzz di masa depan ya. hehe … soalnya Denuzz gak pake linux nih …

    Semoga persahabatan kita tiada lekang oleh waktu dan tiada terbatas oleh ruang

    Persahabatan yang bisa menembus jarak😆

  25. siho mengatakan:

    yup…dulu jaman kenal bakar membakar, saya juga gitu mas…salah bakar tidak dengan image,,,
    kalo sekarang mah enakan pake plesdis…cepet..dan karena cdrom kagak punya juga😆
    itu donlod ampe 21 jam?….mantap surantap perjuangannya…

    Itu demi memuaskan suara hati biar sampai sekian jam gak masalah. Kebetulan di rumah pakai yang unlimited jadi gak masalah dengan lama dan waktu😆

  26. Fahrullah mengatakan:

    Mas yang di bakar itu masih berupa file .iso atau sudah diekstrak? trims

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

