Bagaimana Adab Ber-HP Itu ??

Kebebasan kita akan berhadapan dengan kebebasan dan hak asasi orang lain

Sekarang yang namanya tekhnologi handphone sudah menjamah semua lapisan masyarakat. Tidak peduli laki-perempuan, tua-muda, PNS-swata, pekerja kantoran bonafid atau pekerja kasar jalanan. Yang nama nya HP pasti ada di salah satu saku kantongnya. Nomer nya (sim card), ini bisa lebih banyak lagi. Satu orang bisa mempunyai lebih dari satu nomer panggil, malah ada yang mempunyai nomer khusus untuk melakukan penggilan tertentu. Mungkin maksudnya biar gak ketahuan oleh orang lain dan khusus untuk satu orang yang special. khusus untuk TTL nya πŸ˜† Malah sekarang ada lagi yang lebih gres lagi, smart phone dan BBM Blackberry.

Tapi yang aku postingkan kali ini adalah tentang kebiasaan kita saat ber hallo ria atau ber eS eM eS an. Karena tidak setiap saat kita bisa bermain2 dengan barang komunikasi itu. Bisa – bisa saat kita asik masyuk dengan HP kita di cap orang yang tidak tahu sopan santun apabila sembarangan memainkan barang itu.

Aku sendiri beberapa hari yang lalu sempat merasa negh dengan ulah seorang kerabat dengan keasyikan nya bermain-main HP (baca: SMS an dan berhallo ria). Padahal saat itu kami sedang berkumpul dengan keluarga besar dan sedang membicarakan sedikit masalah yang agak serius. Eh …. malah dia dengan enaknya dan tanpa rasa bersalah duduk di tengah dan asik dengan HP nya sendiri dan ber ha-ha hi-hi sendiri. Bagaimana saya dan orang lain yang hadir itu bisa diam dengan aksinya tersebut 😈

Menelpon Yang Ngawur

kebebasan kita bertelepon ria akan berhadapan dengan kebebasan nya menelpon

 

Mungkin kebebasan kita dalam memakai peralatan komunikasi itu ada batas batas yang tidak boleh dilanggar karena akan berhadapan dengan kebebasan dan hak asasi orang lain, antara lain :

1. Jangan sekali-kali mengunakan HP saat kita sedang mengadakan rapat. Kecuali kita meminta ijin dulu untuk meninggalkan tempat karena ada sesuatu yang penting untuk di jawab. SMS an, jangan sampai dech karena sama saja efeknya (malah lebih menganggu) dengan saat kita berbicara dengan HP.

2. Jangan mengunakan di tempat 2 yang berbahaya, yang karena pengunaan HP tersebut bisa menimbulkan bahaya untuk diri sendiri ataupun orang lain. Contohnya saat kita mengisi BBM di area SPBU, atau kita mengunakan HP saat kita dalam pesawat terbang.

3. Jangan mengunakan HP saat kita menjalankan kendaraan yang sedang berjalan. Karena saat kita mengunakan HP (baik menjawab telepon maupun SMS an) akan membuyarkan / menghilangkan konsentrasi kita akan situasi di jalan. Ujung-ujungnnnya gerak reflek kita akan berkurang.

4. Jangan mengunakan HP saat kita berada di tengah hutan belantara πŸ˜† karena itu akan membuang2 power HP anda kecuali kalau itu telepon satelit. He…he…he…. ini cuma nambah-nambahin saja karena sampai saat ini cuma ke 3 hal pertama itu yang saya lihat bisa menganggu serta membahayakan kita dan orang lain.

Itu larangan kita saat mengunakan HP versi ku sendiri, mungkin sahabat blogger yang lain bisa menambahain biar kerabatku itu bisa membaca ya sendiri ❓ ❗ ❓ πŸ‘Ώ

Iklan

65 Balasan ke Bagaimana Adab Ber-HP Itu ??

  1. Masbro berkata:

    Sepakaaatt…Menggunakan HP emang butuh sopan santun juga;

    πŸ˜› tambah satu yang setubuh dengan aku πŸ˜†

  2. aldy berkata:

    Ada juga larangan menggunakan telepon dirumah sakit, SPBU dan dalam Pesawat terbang πŸ˜€

  3. bnr tu mas.. ane se7 deh hehehe…

    Se9, se8, se7 kalau pagi aku se6 πŸ˜†

  4. edratna berkata:

    Dan etika orang menggunakan hape ini penting sekali, tak sekedar mengirim sms atau menilpon orang lain tanpa kenal waktu.
    Saya juga merasa terganggu, sehingga pernah menulis di
    http://edratna.wordpress.com/2010/09/13/silent-mode/
    dan
    http://edratna.wordpress.com/2008/07/09/apakah-telemarketing-efektif-untuk-menjaring-konsumen/

    Aku juga pernah marah pada anak ku mbak, karena dia menjawab teman nya yang nelpon pas tengah malam. Gitu katanya penting tapi ngobrolnya lama pake bisik2 lagi, darah ku langsung naik 😦

  5. Pendar Bintang berkata:

    Initinya:

    Gunakan HP Anda pada tempat yang benar, pada porsi yang tepat kalau tidak Anda akanmendapatkan masalah besar!

    πŸ˜‰

    Semoga hari-harikita selalu indah, ya Om!

    betul Hani, masalahnya adalah pulsa nya akan habis πŸ˜›

  6. yusuf berkata:

    Jangan mengunakan di tempat 2 yang berbahaya, jika waktu perang kira-kira butuh Hp gak?

    ya tetap butuh mas, untuk minta di kirimi pulsa bom πŸ˜†

  7. BENY KADIR berkata:

    Iya, benar tu Mas.
    yg ingin saya tambah, jangan menggunakan hp saat jalan kaki di jalan raya, bisa ketabrak kendaraan. ada juga yg tabrak sesama pejalan kaki, lho.

    haha, foto monyet yg asyik dgn hp bikin saya terpingkal….

  8. BENY KADIR berkata:

    Apa kabar Mas Sugeng dan keluarga?
    Lama saya tak bisa online.
    Salam kangen dari Flores.

    kabar baik pak, gimana kabarnya flores juga ❓
    Pak yang jelas foto itu bukan aku lho πŸ˜†

  9. adin berkata:

    sering nih pas lagi mimpin rapat pemuda, tapi malah pada sibuk ber-sms ria sendiri2, malah dulu waktu lagi booming mig33 pada sibuk chattingan rame2, duh…

    pemimpin rapat nya juga ikutan chat juga ❓

  10. isnuansa berkata:

    Saya paling gemes kalo lihat orang naik motor atau mobil sambil bertelpon. Apa dipikirnya nyawa itu dobel ya?

    Alumus debus kalee mbak πŸ˜›

    • mylitleusagi berkata:

      ha…ha…ha…ha..ha
      tapi yang lebih keren lagi..
      sambil bawa motor mbak..
      tangan kanan megang stang…

      tangan kiri sms-an..

      keren apa gila ya…

      Mungkin merasa punya cadangan nyawa
      **koq aku banget ya πŸ˜›

  11. Cahya berkata:

    Dilarang menggunakan ponsel buat nimpuk maling, nanti dia malah kesenengan :D.

    πŸ˜› oh iya, itu juga tadi mau aku tulis dok πŸ˜†

  12. ysalma berkata:

    dilarang ber HP saat rapatnya dengan “BOS” kalo kita sendiri BOSnya yaa gaa masalah, paling anak buah yang ngedumel dalam hatinya masing πŸ˜€

    itu namanya mau enak menang sendiri :mrgreen:

  13. omiyan berkata:

    Pas Shalat juga jangan lupa mas itu hal paling penting

    Dan di simpen dengan benar biar gak ada yang ngambil 😎

  14. advertiyha berkata:

    Yang jelas jangan pernah maen HP sambil tidur, karena dapat merusak kesehatan dan mengganggu mimpi indah pak, hehehe… πŸ™‚

    jkalu aku tidur gak pernah mainan HP mbak karena sudah gak sadar dan ngorok zzZZzzZZzz……….. πŸ™„

  15. joe berkata:

    yang nomor 3 itu yang berbahaya, sebab menyangkut juga dengan keselamatan orang lain

    Tapi banyak yang gak sadr mas πŸ˜•

  16. budiarnaya berkata:

    Dilarang membawa Hp ke kamar mandi karena pasti mengundang tanda tanya besar heee..waduh maaf nich bang..kemalaman masuknya lagi kerja keras tadi heeee

    Kalau aku kerja keras memamng sudah tiap hari Broo waktu berkunjung nya jadi tengah malam dan gak dapat kopi πŸ˜†

  17. melianaaryuni berkata:

    Di hutan mana ada sinyal,Pak. Tuh gambarnya hebat, monyet bisa pake HP πŸ™‚

    Maka nya aku melarang membawa nya πŸ˜†

  18. mylitleusagi berkata:

    aku suka sama gambarnya.. (^_^)

    aku paling gak suka kalau lagi meeting ada yang sms-an atau main hape..
    biasanya kalau lagi meeting,hp di silent kalau pun ada telpon masuk..cukup klik fitur yang reply by sms aja…

    karena kita di bilang gak menghormati orang lain..
    kalau lagi meeting malah sibuk bbm-an

    BBM yang bermasalah πŸ™„

  19. Budisastro berkata:

    setuju, dan rasanya ikut jengkel juga kalau ada yang gunakan hape gak beretika

    Kadang aku ngerasa keya’ dia saja yang punya HP 😈

  20. yusuf berkata:

    eh Mas, rasanya dunia ini semakin canggih saja ya, monyet saja sekarang ber HP ria..:)

    oh ya, ejaan kata “dengan” pada gambar nya itu kayaknya aneh πŸ™‚

    kunjungan dipagi hari

    He…he….he…. okelah kalau begitu, langsung aku perbaiki πŸ™„

  21. nurhayadi berkata:

    intinya jangan membuat orang lain celaka dengan kecerobohan kita, mungkin gitu juga ya…

  22. Masstyo berkata:

    memang mas, terutama bila kita tidak bisa menempatkan secara tepat penggunaan nya, maka hal itu bisa menjauhkan yang dekat (keluarga) dan mendekatkan yang jauh…(ehem ehem..hehehehe)

  23. Zico Alviandri berkata:

    Nambahin boleh? πŸ˜€

    5. Jangan menggunakan HP kalau tidak punya HP πŸ˜€

  24. jangan maen hape dalam masjid

  25. tunsa berkata:

    hahaha…adab ber hpe tuh kayak yang ada digambar tuh…bergaya sambil denger musik…wkwkwkwk…
    unik…nemu dmn tuh gbrnya pak? hehe

  26. bimasakti85 berkata:

    yg jelas jgn menyusahkan org lain & dirisendiri lah :p

  27. siho berkata:

    jangan pernah menggunakan hape untuk memasak karena akan rusak 😎

  28. tomi berkata:

    nomor 1 sering saya langgar mas πŸ˜€
    nomor 2 wajib hukumnya
    nomor 3 pasti.. saya sering mengumpat orng yg melakukannya malahan πŸ˜€
    nomor 4 blm pernah ke hutan belantara πŸ˜€

  29. kampus blog berkata:

    hahaha..gambarnya keren mas..
    memang sudah sepantasnya ketiga hal di atas harus dihindari.. kecuali no 4.. itu terserah yg pnya hP πŸ˜€

  30. kanvasmaya berkata:

    setuju.. aq juga pernah ngalamin yang urusan begitu.. saat enak2nya ngobrol eh ni orang malah asik nerima telp betul seperti kata om hahahhiii klo yang dibicarain penting ok lah.. nah ini yang dibicarain masak togel.. hmmm gmna gendek coba.. hmmm

  31. Sang Penjelajah Malam berkata:

    beli di mana tuch monyet??

  32. TuSuda berkata:

    sebaiknya jangan aktifkan HP saat ada sembahyang atau doa bersama… make it silent…

  33. pakeko berkata:

    Memang menjengkelkan saat serius malah ditinggal berhape ria.Dan parahnya, sekarang banyak jaringan sosialyang bisa diakses lewat hape. ini menambah kecanduan seseorang terhadap hape.

  34. bapakeko berkata:

    apalagi sekarang sosial media bisa diakses via hape. jadinya lebih sering orang menggunakan hape.

  35. Sawali Tuhusetya berkata:

    etika ketiga itu yang sekarang ini sering dilanggar, mas sugeng. saya jadi sedih juga ketika naik motor tangannya sibuk pegang hp utk sms-an. doh, gimana toh ini?

  36. Sepertinya perlu diadakan sosialisasi sopan santun ber HP ria…

  37. imadewira berkata:

    saya juga beberapa kali melakukan ketidaksopanan seperti diatas, tapi saya sudah mulai menguranginya, setidaknya bisa memberi contoh yang baik kepada orang2 di sekitar.

  38. hpnugroho berkata:

    saya pernah liat ada motor nabrak trotoar gara-gara nelpon, pas didepan mata lagi, untungnya kecelakaan itu gak melibatkan yang lain, itulah akibatnya kalau naik motor sambil telpon-2an. kalau mau aman pakai handsfree.
    yang lebih parah, naik motor sambil sms-an, sebel banget kalau ngeliat yang model beginian …

  39. kereyoben berkata:

    menggunakan hape juga mempunyai tata tertib, saya pernah melihat ada orang yang asyik sendiri dengan hapenya padahal waktu itu sedang khutbah sholat jumat

  40. Mr.o2n berkata:

    Wah lama juga ni baru nongol batang idung gua disini πŸ˜€
    Intinya gunakan teknologi sebagai budak kamu dan jangan pernah diperbudak ma teknologi betul pa benar yo.
    Mampir blk yu.

  41. missjutek berkata:

    iya, apa lagi sekrang udah marak yg pake smartphone… kadang jadi berasa punya dunia sendiri dengan Hp-nya itu… ga sadar dengan keberadaan orang di sekelilingnya…

  42. genksukasuka berkata:

    HARUSNYA sih bsa memanfaatkan teknologi bkan di manfaatkan it …

    wah nma nya sama ama ane mas salam kenal yah om

  43. Dimana-mana kita selalu berhadapan dengan hak asasi orang lain, dan nggak akan mungkin bisa menghindarinya.

  44. Edi Psw berkata:

    Tidak hanya ber-HP, semua aktivitas kita selalu bersinggungan dengan hak asasi orang lain.

  45. bukan detikcom berkata:

    kalau terpkasa harus mengangkat ketika kita sedang ngobrol seru ditengah-tengah kawan atau kerabat, ada baiknya kita permisi dulu untuk keluar dan mengangkat telpon:)

  46. tips about use hp, hahaha, bagus jg mas πŸ™‚

  47. bundamahes berkata:

    hehehehe… potonya lucu!
    yang jelas setelah bekerja saya lebih suka telpon langsung daripada sms-an!

  48. bundadontworry berkata:

    setuju Mas Sugeng, semua itu ada etiket nya.
    apalagi kalau pake hape dgn suara yg keras sambil tertawa2 , padahal kita ada dirumkit………. 😦
    salam

  49. Kelabang's Blog berkata:

    Nambahin tips mas.

    *) Jangan menggunakan hape di tempat2 ibadah, karena mengganggu orang lagi ibadah.
    *) Jangan menggunakan hape sambil2 hujan2an, ntar rusak hapenya.
    *) Jangan menggunakan hape sambil berenang, ntar hapenya rusak.
    *) Jangan menggunakan hape sambil telanjang bulat, ntar diteriakin orang gila.

  50. Bangauputih berkata:

    itulah manusia, kadangkala menganggap sepele suatu hal tapi bisa jadi masalah besar buat orang lain, terutama soal etika dan sopan santun. dalam hal apapun sih mas, bukan hanya soal hp.
    salam, bangauputih

  51. mamung berkata:

    make hape memang kudu pake etika juga ya..
    mantrap kang infonya..

  52. Tamba Budiarsana berkata:

    Orang yang menggunakan HP tidak sesuai kondisi akan terlihat seperti orang buta tuli. Paling jengkel saat meeting, ada suara HP dimana-mana. Apalagi melihat orang sms-an di jalan sambil bawa sepeda motor. Uhh..

  53. komuter berkata:

    etika… sekali lagi etika

  54. masyhury berkata:

    Setujuh sekali dengan pernyataan no 1 di atas pak, yang ini sering sekali di jumpai. Disaat lagi ngumpul atau ngobrol dengan yg lebih tua pun seharusnya kita tidak menyibukkan diri dengan HP,,

    salam, πŸ˜€

  55. tobytall berkata:

    suka sebel kalau ada yg telpon terus teriak2. kenapa sih otomatis volume suara jadi gede banget kalau terima tlp? rrrrrrrr dan ga sadar pulak itu di perpustakaan.

    eh, kemarin baru baca buku soal teknologi dan etika – ternyata ada istilah baru: YELLULAR ahahahaha (plesetan dari SELLULAR), yaitu orang2 kalau terima tlp di hape otomatis akan teriak2 ngomongnya.

    woiiii telpon woiiii, bukan corong! nggak usah teriak juga kedengaran! :p

    mas, salam kenal ya. makasih loh udah ikutan survey saya.

  56. Iya bener.. Juga jangan sampai kita keranjingan hape… Entar malah dicap antisosial lagi hehe

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: