Solusi Kebuntuan Tulisan

Minuman dingin di ujung malam membuat ide tulisanku mengalir kembali

Menutup bulan ini mestinya aku masih banyak punya tulisan yang belum jadi. Sampai halaman konsep di blog maupun folder tulisan tunda di harddisk PC ku penuh dengan tulisan. Penuh dengan tulisan tapi tulisan yang belum jadi. Tidak tahu kenapa, padahal ide sudah melintas seperti menari-nari di depan mata, tapi masih berupa benang merah yang harus dirajut menjadi helaian kalimat yang enak dibaca.

Kalimat yang enak dibaca versiku mungkin berlainan dengan versi sahabat blogger lain, apalagi yang memang keseharian nya selalu berhubungan dengan surat menyurat dan bersentuhan dengan dunia pustaka. Pasti tulisan itu megalir bak air bah yang susah untuk di bendung. Karena banyaknya ide tulisan itu berseliweran sampai2 tidak ada yang bisa ditangkap dan masuk perangkap tulisan. Seperti diriku ini, banyak ide tapi gak ada action untuk nulis.

Ngomong-ngomong soal kesinambungan ide tulisan ini, kadang menjadi kendala bagi semua sahabat blogger. Gak peduli itu blogger newbie dan baru berkiprah di dunia persilatan blogosphare, blogger yang sudah lama malang melintang sampai nyangkut di dunia maya inipun kadang masih dilanda kemandegan isi tulisan. Malah kebanyakan blogger disiplin dalam mencatat ide tulisan selalu membawa serta senjata untuk mencatat ide tersebut, bisa lewat media notes, buku khusus, laptop maupun HP. Dan kendala berikutnya setelah mencatat adalah idenya tertampung namun untuk merampungkan idenya ini yang terhalang oleh banyaknya aktifitas offline.

Tidak semua blogger ini 100% hari-harinya selalu online oriented seperti diriku ini. Mereka kebanyakan menjadikan aktifitas ngeblog sebagai media penyaluran ide yang masih belum ada saluran pembuang. Karena ngeblog masih menjadi kegiatan pengisi waktu sengang, mereka mengangap tidak terlalu ngoyo dalam menjadikan ide tulisan langsung selesai dalam hitungan jam. Sehingga ide yang sempat tertangkap dan masuk dalah tulisan yang belum jadi tadi, akhirnya menjadi tulisan yang belum jadi secara permanen. Kalau sudah begini bakalan gak akan jadi meskipun nunggu sebulan bahkan setahun.😆

Bagaimana supaya tulisan yang belum jadi ini bisa rampung dalam hitungan jam😕😕 ini yang repot. Ide tulisan nya masih berupa point2 penting tanpa ada polesan yang bisa langsung jadi, membuat ide tulisan semakin hilang. Kalau sudah tidak ada mood untuk menulis, biarpun membuat kopi se mug besar dan bertemankan setengah bungkus rokok kretek ya tatap saja tidak akan selesai. Karena menulis ini bukan berasal luar raga kita tapi berasal dari lubuk sanubari sehingga bisa menyelesaikan meskipun ada tengat waktu yang mepet.

Minuman dingin
Segelas minuman dingin yang membuat diriku menjadi fresh lagi

Bagiku sendiri saat merasakan ketumpulan dalam menyelesaikan ide tulisan ini selalu membuat satu kegiatan untuk menghilangkan kejenuhan itu. Bisa ambil camilan, minuman dingin ataupun menonton tivi sejenak. Namun saat kembali lagi di depan monitor koq terusan idenya belum nemu juga😛 hal ini sering aku alami. Ujung2nya nambah lagi minuman dingin dari lemari es. Makyosss dinginya meski berada di ujung malam, tapi bagiku yang penting ide tulisan mengalir kembali😆

Bagimana dengan anda sendiri, silakan share di komentar, kalee saja bisa aku gunakan saat kemandegan tulisan ini betul2 menghampiriku❓

40 Balasan ke Solusi Kebuntuan Tulisan

  1. Selamat malam pak…😆
    maaf ikut ketawa…
    sudah nambah minuman lagi, tp ide belum juga muncul…

    btw, selama ini saya sering nulis langsung share, jarang saya simpan dulu. pernah dulu sering nyimpen tulisan, ujung2nya nggak jadi terposting.

    itu yang kelihatan cuma segelas mbak, aslinya bergelas-gelas:mrgreen:

  2. indra kh mengatakan:

    Tiap orang pasti punya caranya sendiri, namun sedikit sharing, kalau saya yang sering menjadi ide buat tulisan adalah foto.

    Lewat koleksi foto yang ada biasanya saya coba melacak balik kembali, kenapa saya mengambil gambar itu, ada apa yang menarik dengan foto itu, dan apa yang bisa saya ceritakan kepada orang lain tentang foto itu.

    Bagus itu mas, jadi fotonya yang berbicara dengan pengunjung blognya😆

  3. Bumi Al Fattah mengatakan:

    السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    ——

    Malam.
    Kalau saya, sudah dimanage pk (sok abis.com)
    Dulu sebenarnya juga kyk bpk..
    Nah tp sekarang gaya penulisan aku dimanage.
    Jd setiap ada ide, aku berusaha memasukannya di folder benak tertentu, aku tampung. saat ada waktu luang aku urai itu ide, susun-susun jadi file-file terangkai.

    Nah,di luar waktu luang, sudah ada bbrp jadwal untuk menulis. Jd semua dilakukan secara estafet dan terarah (lebay.com)

    Soalnya jujur pk, kalau saya nulis ky dulu, waktu jd lebih byk terbuang sia-sia, akhirnya jd campur ma ngelamun..hehehe

    ——

    صَلَّى اللّهُ عَلَى مُحَمَّد – صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم

    waalaikum salam…………….
    kalau aku memang sudah ada rencana menjadwalkan smeua tulisan tapi kendalanya kadang tulisan yang sudah terjadwal itu belum jadi secara redaksinya. Hal ini yang menjadi kendalaku juga masalah koneksi yang agak lambat akhir2 ini. Begitu mau nyimpen di konasep blog dan akan publish, eh koneksi abal-abal. :sadl larinay ke konsep kalau sudah begitu.
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  4. Common Cyber mengatakan:

    #_# Salam Sahabat Common Cyber %_%

    Mendengar kisah dan penuturan serta membaca kisah, itu yg mengiinspirasi saya lebih sering mulis pak..

    silakan mas mumpung nulisa masih belum a larangan nya😆

  5. commoncyber99 mengatakan:

    Oh ya, pokoknya petuah dari para senior danteman2 itu juga yg mencairkan semua es batu beku di dalam otak pak..

    Hehhe,,,just share (bukan maksud alay ya pak)

    Yupss….. setuju broo😛

  6. mylitleusagi mengatakan:

    He he he he
    Bener banget kadang kalau di simpan di draft,,, suka gak dapet moodnya buat posting
    Yang penting adalah menulis dengan hatiii
    Menulis dengan jujur
    Dan biarkan tulisan itu memiliki nyawanya

    betul put, tapi yang penting menulis dengan tangan😆

  7. Gadis Jomblo mengatakan:

    Terima kasih atas tipsnya yang panjang, semoga saya bisa menirunya.

    😕 jadi gak enak nih😛

  8. inge mengatakan:

    kalau aku seringnya tulisan yang ada ya tulisan yang nyablak, yang lagi dipikir aja ditullis, walau kadang ada juga ide yang muncul waktu nggak sedang didepan PC tapi akhirnya sering melayang begitu saja walau ide utama udah disimpen >.< dan kadang juga akhirnya keinget lagi dan langsung tulis tanpa tersimpan di draft…

    menunjukan seorang blogger yang disiplin dengan ide yang melayang di depan kepala😛

  9. marsudiyanto mengatakan:

    Kalau saya, selagi ide datang, langsung saya tulis dalam draft. Sehari bisa dapat 5 – 10 tulisan mentah…

    Nah, ketika ide lagi kering, draft tadi saya permak satu2 agar layak tayang…

    Salam untuk Mas Sugeng

    Pak mars, aku pesan mateng nya saja, kalau mentah susah masaknya:mrgreen:

  10. Imelda mengatakan:

    Sama kok pak, Aku juga gitu, punya ide masukin draft tapi kadang draft itu ngga terpakai, atau bisa digabung dnegan cerita lain sehingga saya hapus saja. Kalau mentok liatin draft tapi ngga jalan-jalan pikirannya berarti sedang tidak mood dgn topik itu, jadi biasanya cari topik lain yang lebih ringan dan nulisnya bisa cespleng. Jangan memaksakan HARUS publish apa yang ada di drafts, kadang tidak up-to-date juga sih

    EM

    Tulisanku jarang ada yang update bu, karenamemang males ngomentari yang lagi in sekarang. Biarlah itu bagian dari blogger yang lain😛

  11. choirul mengatakan:

    wah semalem airku habis jadi g ada air minum…. hmmm

    wah apa harus aku kirim dari sini nih❓😆

  12. baguštejo mengatakan:

    kalo saya sambil tiduran terus pegang kepala pak…
    coba deh, pasti akan mengalir ide² cemerlang.:mrgreen:

    tapi jangan lupa minum panad** (obat sakit kepala) dulu ya😛

  13. advertiyha mengatakan:

    Biasanya nulis dulu yang pertama kali seliweran di otak pak, baru dikembangin, dilebarin, dilebay-lebaykan, tidak langsung ditinggalkan, tapi diutak-atik sedemikian rupa sampe jadi tulisan yang utuh,, *malah tambah bingung ya pak* hahaha

    **garuk-garuk pala
    terlalu banyak utak atik atok jadi ngantuk😎

  14. Lozz akbar mengatakan:

    Kalau saya.. sering mandeg di tengah perjalanan saat nulis. jadi draft posting jadi seabreg yang bertumpuk.. Tapi terus semangat nulis deh Bradah… Alon-alon poko’e essip eh.. kelakon he..hee

    terlalu banyak draft numpuk jadi tambah ilang mood nulis nya mas🙄

  15. hamdani mengatakan:

    Jalan-jalan atau baca majalah mas, siapa tahu jadi inspirasi. Keep blogging mas

    kalau jalan-jalan berarti matiin PC dong, tambah ilang topik nya😆
    pas di jalan ketemu ceweq cantik, jadi topik baru

  16. hudaesce mengatakan:

    Kebanyakaan saya tu sering menulis sesuatu ide atau inspirasi pa za dalam buku buku Agenda butut kepunyaan ku yang kebanyakan juga sering kubawa kalo pergi kemana-mana, dan sewaktu-waktu kalo saya butuhin ide tulisan yach darisitu lah asal muasal nya. 😆

    berarti manual book nya ikut kemana pun jua pemiliknya pergi😆

  17. mandor tempe mengatakan:

    kok kasusnya sama ya dengan saya. Ide tulisan banyak di kepala bersliweran namun tidak / belum tertuliskan. Jadinya hanya sepotong-sepotong ide yang belum tuntas dan entah kapan diselesaikan.

    cepetan selesaikan pak, biar bisa saya baca juga😎

  18. edratna mengatakan:

    Jika ada ide, dan waktu cukup, saya menuliskannya dalam bentuk draft langsung di WP. Tapi tak semua yang tersimpan di draft di publish, kadang setelah dibaca ulang, menjadi ragu kembali.

    Tapi ada juga tulisan yang begitu selesai ditulis, berani langung mempublish. Saya sendiri tak mentargetkan berapa hari sekali menulis, tapi menulis jika memang ada ide yang ditulis dan punya waktu, yang penting jangan menjadi beban. Karena tugas di dunia nyata lebih penting, apalagi jika penghasilan kita dari pekerjaan di dunia nyata.

  19. alwathaniyah mengatakan:

    Wah.. boleh dicoba ah.. tapi sayang ndak punya kulkas.😦. Salam kenal dari Jombang

  20. tunsa mengatakan:

    hahaha…siip…susah nyari yg kayak gitu pak. inspirasi terselubung, hehe

  21. choirunnangim mengatakan:

    emang bisa ya Mas wah boleh nyoba yaaa

  22. Ann mengatakan:

    Menulis tenyata tidak semudah yang dibayangkan ya

  23. rizal mengatakan:

    yang dingin yang berjasa

  24. Aldy mengatakan:

    Kalau lagi buntu ditengah malam, ambil bantal, tarik selimut….ngoroookkkk…

  25. Mbah Jiwo mengatakan:

    ayo mas sugeng maju terus…selamat berkarya! salam blogger…

  26. imadewira mengatakan:

    bagi saya, blogwalking bisa menambah semangat untuk kembali menulis.

  27. fitr4y mengatakan:

    klo aku nulis yg ku suka ja mas, dapat ide langsung rampung, tapi klo topik yg aku gak suka, mpe kapan jg gak bakal kelar, mending tidur .. hehe .. 🙂

  28. open your mind mengatakan:

    minum air dingin malem2 pak?
    apa ndak linu?

  29. aiysna mengatakan:

    kalau saya nulis kalau ada ide aja. kalau tidak ada ya tidak nulis…tidak terlalu memaksakan diri

  30. ysalma mengatakan:

    saya nulis yang ingat dikepala aja Pak,,
    ga pakai ngadem di draf,, hasilnya cerita emak-emak ga jelas semua:mrgreen:

    berarti ingetan nya masih cespleng😎

  31. Abied mengatakan:

    Hati-hati, kebanyakan minum air dingin bisa batuk. Hahah …
    Kalo saya kehabisan ide, ya cuma baca-baca punya orang. Kali aja dapat, tapi gak copas.
    Salam kenal …

    setuju, asli tapi tetap gak copas lha iya lah, asli gitu loh

  32. Pendar Bintang mengatakan:

    Aku jarang nulis Om, ngetik langusung biasanya:mrgreen:

    *Om Sugeng langsung nimpukin aku pakai duit

    Kalau aku, nggak ada mood nulis ya nggak nulis Om, kalau dipaksa ntar kasihan aku bakal nangis n teriak2, heeeee

    Tapi melihat bintang selalu membuat inspirasi datang…jd Om jangan heran yah, kalau postinganku seputaran bintang, langit, hujan dan kawan-kawan, heee

    Salam hanta-hangat kuku Om…

    Hani jarangmain karena kesibukan daninetnya 6 hariini g bisa buat BW😥

    gak papa han. kita juga sama-sama sibuk tapi yang penting silahturahmi tetap terjaga😉

  33. nh18 mengatakan:

    Saya ?
    Mmmmm ada TIGA hal pak …
    1. Ngocor
    Jika ide lagi ngejos … tulis di draft saja dulu … dikumpulkan … nanti baru di posting. Jika ide sedang buntu … sehingga kesinambungan tulisan terjaga

    2. Trigger
    Jika ide lagi buntu … Jangan segan-segan untuk meminta trigger atau Stimulus dari Pembaca, saya pernah meminta para pembaca untuk mentrigger saya dengan bertanya apa saja yang mereka ingin ketahui … tentu tidak semua bisa saya tuliskan… karena ada beberapa pertanyaan yang tidak bisa saya jawab atau saya tidak tau permasalahannya …
    Postinganya ada disini …
    http://theordinarytrainer.wordpress.com/2010/06/16/stimulus/

    3. Obeservant
    Memperhatikan sekeliling. Lalu tulis apa saja tentang hal yang Pak Sugeng rasa dan lihat.

    Demikian yang biasa saya lakukan jika ide sedang buntu

    Salam saya Pak

    langsung ke TKP➡➡

  34. Anoraga mengatakan:

    Kondisi penurunan kegairahan memang sering dialami oleh siapapun mas. Bukan menurunnya gairah sex saja tetapi bisa juga dalam bidang pekerjaan, ngeblog,dll.
    Oleh karena pada saat gairah kita sedang naik maka segera kita selesaikan segala urusan sebelum kegairahann itu turun lagi.

    Salam hangat dari Surabaya

  35. TuSuda mengatakan:

    seringkali telah disebutkan,”TULIS apa yang dikerjakan, KERJAKAN apa yang dituliskan”

    Terimakasih telah berkenan berbagi.
    SALAM Hangat dari Kendari… 8)

    Ya seperti ordinary lah, semua tercatat rapi. Maksih pak😉

  36. Blognya Achot mengatakan:

    yang susah itu adalah merangkai benang yang kusut menjadi satu benang utuh.. “masih berupa benang merah yang harus dirajut menjadi helaian kalimat yang enak dibaca” ada ide tapi sepertinya selalu kesulitan menjadikan kata-kata yang mudah di menegrti.. masih harus banyak belajar lagi nih, padahal bentar lagi masa kontrak domain udah mo habis.. halah ga nyambung.

  37. […] makan sembarangan dan tidak ada pantangan, namun sekarang saya sedikit pilih-pilih makanan terutama makanan yang berlemak dan santan. Dulu bila terkena hujansedikit, langsung saja (biar tidak rugi berbasah-basahan) saya berhujan […]

  38. […] Ketujuh, Setiap melihat sesuatu langsung ada ide yang tercetus. Dan seringnya saat ngbiker dalam poerjalanan berangkat atau pulang kerja. Namun karena saat ngebiker tidak membawa alat2 untuk mencatat ide yang muncul jadinya saat sampai di tempat tujuan ide itu ketinggalan di jalan. […]

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

