Komunikasi Menjadi Bagian BEST Experience

Kerja sama yang sinergis dan solid harus terus dipelihara guna memadukan antar lini dalam menjaring konsumen sebanyak-banyaknya

Dalam persaingan dagang yang semakin kompetitif ini, keunggulan produk bukan menjadi yang nomer satu lagi. Karena banyak produk yang semestinya bagus dari segi kualitas namun tidak dapat diterima oleh masyarakat luas karena produsen barang / jasa tersebut tidak bisa merebut “hati konsumen”. Hal ini sudah di antisipasi oleh sejumlah produsen sebagai suatu aset / pilar yang sangat besar pengaruhnya, tidak terkecuali oleh Astra Motor. Dan tergambar jelas dengan adanya filosofi / nilai-nilai inti (core values) BEST nya.

Dalam masalah ini penulis sempat merasakan sendiri bagaimana seorang calon konsumen bisa menjadi konsumen yang fanatik hanya dengan diberikan sentuhan yang me-manusia-kan pribadinya sehingga calon konsumen tersebut merasa bahwa dia memang layak untuk dihargai. Padahal kalau di lihat dari sisi cost, tidak banyak mengeluarkan biaya namun hasil yang di dapat bisa menjadi efek domino dan bisa menjadi ajang promosi yang tidak akan terhenti dalam satu waktu.

Untungnya pihak management Astra Motor sudah membuat satu konsep yang bisa membuat seluruh karyawan nya bisa ikut berperan serta dalam membuat “nyaman pelanggan”. Seperti dalam nilai-nilai Catur Dharma Astra yang antara lain berisi kalimat “Memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan” serta “Saling menghargai dan membina kerja sama”. Hal ini dalam nilai inti yang sekarang menjadi “Excellence Services” dan ‘Synergetic Teamwork” dan tertuang dalam BEST.

Pentingnya Excellence Services

Kenapa excellence services itu sangat penting untuk di kedepan kan dalam persaingan yang semakin ketat ini ??. Karena menurut hasil survei yang banyak dilakukan oleh lembaga independent, bahwa pelanggan yang puas dengan pelayanan yang kita berikan akan berdampak pada iklan yang menyebar di sekitar lingkungan nya sebanyak 3 kali. Sedang bila konsumen tidak puas dengan pelayanan kita, akan menyebar ke orang sekeliling nya sebanyak 33 kali.

Dilihat dari sisi biaya, dengan iklan gratis kepada minimal 3 orang tentulah sangat menghemat cost biaya promosi dan bisa digunakan untuk cost yang lain, namun saat konsumen merasa disepelekan dan tidak merasa di manusiakan, black campaign akan dengan mudah menyebar kepada minimal 33 orang. Tentunya cost yang dikeluarkan untuk merehabilitasi nama baik yang terlanjur menyebar ini tidak sedikit. Belum lagi waktu yang dibutuhkan dalam merehabilitasi black campaign itu, seandainya waktu yang hilang itu digunakan untuk mencari pelanggan baru tentunya akan bisa mendatangkan profit lagi.

Dalam realitas sehari-hari, masih banyak karyawan di Astra Motor belum memahami pentingnya Excellence Service ini dengan benar. Tidak sedikit pula yng beranggapan bahwa, semua itu sudah ada cost yang sudah dianggarkan dan cost itu memang sudah seharusnya dikeluarkan. Menghadapi kelompok yang ber-negatif thinking ini, memang perlu pendekatan yang lebih. Dalam artian bagaimana membawa mereka kembali kejalan yang benar tentang pentingnya filosofi BEST ini.

Synergetic teamwork dan solid

Antar bagian dalam satu perusahaan itu ibarat satu tubuh dalam jiwa dan raga sama. Sama dalam misi serta visi yang akan diraih kedepan nya. Bagaimana seandainya dalam tubuh itu ada salah satu bagian yang sakit ?? tentunya akan berpengaruh dalam kinerja tubuh itu dalam beraktifitas. Begitupun dalam perusahaan Astra Motor ini. Jangan meremehkan bagian lain di dalam Astra Motor namun jangan pula merasa bahwa bagian tertentu merupakan pilar paling penting dalam menjalankan roda bisnis yang serba kompetitif ini.

Keunggulan satu bagian (departement) dalam berinovasi dan menjalankan roda bisnis ini tidak akan ada artinya bila bagian itu tidak berkerja sama dengan bagian yang lain. Bagaimana marketing bisa menjual unit sampai sekian ribu perbulan apabila penjualan itu tidak didukung oleh tenaga delivery yang bekerja cepat dan ramah. Apa jadinya setelah unit terkirim di tangan konsumen namun surat-surat administrasinya tidak kunjung selesai karena bagian faktur yang bekerja seenaknya serta lambat ?!?. Tentunya akan berpengaruh dalam benak konsumen bawah urusan surat menyurat kepemilikan motor di dealer Astra Motor sulit, beribet dan lama.

Kerja sama yang sinergis dan solid harus terus dipelihara guna memadukan antar lini dalam menjaring konsumen sebanyak-banyaknya. Jangan karena berada dalam bulan promosi semua bagian bekerja sama namun saat bulan promosi berlalu, antar bagian ini seperti tidak saling kenal dan cenderung saling cuek.

Kerja sama yang solid ini sudah semestinya terus dipupuk karena dengan kerja sama ini bila di suatu waktu ada masalah yang timbul, bisa segera diselesaikan secepat mungkin dan bisa diminimalisir efek negatif nya.

Kerja sama antar bagian ini tidak terlalu sulit untuk dilaksanakan asalkan ada komunikasi yang terjalin dengan baik. Karena komunikasi merupakan sarana untuk menyamakan presepsi yang berbeda dan menyatukan tujuan.

Bagaimana membuat komunikasi yang efektif

Dalam komunikasi ini ada beberapa faktor penentu yang bisa membuat komunikasi ini lebih efektif dan bisa menyampaikan pesan dengan lebih jelas. Yang pertama adalah Respect (sikap menghargai), karena dengan memandang orang lain (yang diajak berbicara) sebagai orang yang penting maka si komunikan akan lebih cepat memahami apa yang kita utarakan. Yang kedua adalah Empaty (kemampuan mendengar), dimana kita mengenali, mempresepsikan dan merasakan diri kita pada posisi komunikan.

Yang ketiga adalah Audible (dapat didengarkan / dimengerti dengan baik), dimana bahasa yang dipakai mengunakan bahasa yang lazim dam mudah dipahami oleh siapapun juga. Yang keempat Clarity (jelas), proses komunikasi ini bisa dua arah dan jelas. Karena dengan kejelasan dalam berkomunikasi ini bisa mengurangi kesalahpahaman dalam menangani permasalahan. Terakhir Humble (rendah hati), ini yang harus tetap di ingat bahwa semua bagian itu sama dan sederajat. Tidak ada yang lebih dominan dan tidak ada minoritas karena semua bertujuan untuk menjadikan teamwork yang solid.

Dengan menjalankan semua faktor penentu diatas, komunikasi antar bagian akan tetap terjaga dan bisa membuat kita tidak perlu tenaga extra dalam menangani satu masalah yang timbul di lingkungan kerja kita. Karena semua sudah ada jobdiscripion nya sendiri dan kita tinggal sama-sama menjalankan tugas dan tanggung jawab masing2 seperti tubuh ini yang bisa bebas bergerak dan beraktifitas karena sehat dan bugar.

Benang merah yang bisa diambil

Kesimpulan yang bisa diambil dari semua uraian diatas adalah kita karyawan di Astra Motor telah diberi core velues yang bisa kita jadikan sebagai pegangan di tengah persaingan yang semakin kompetiitf ini. Apabila kita bisa berkomitmen dan tetap berpegang teguh di dalam pilar utama itu (BEST), penulis yakin bahwa Astra Motor masih bisa eksis dalam persaingan yang semakin ketat ini dan bisa menjadi penguasa market share di dunia otomotif. Karena sudah dapat dipastikan semua karyawan Astra Motor telah menjadi pribadi yang terpercaya (Trustworthiness). Serta seluruh komponen sumber daya manusia nya sudah menjiwai bisnis Astra Motor (Business awareness).

***Tulisan ini aku ikutkan dalam Lomba Penulisan Esay “The BEST experience” yang diadakan di Astra Motor

30 Balasan ke Komunikasi Menjadi Bagian BEST Experience

  1. ahsanfile mengatakan:

    Ayiiikkk aku yang pertama di blog yang terkenal ini…😀

    Selamat pagi Pak Sugeng, salam dari newbie …

    Kalau saya, komunikasi itu kunci dari segala hal ketika berinteraksi dengan orang lain. Sukses atau tidak sebuah kerjasama tergantung dari komunikasinya😀

    Selamat sore juga Ahsan😕 mana blog yang terkenal itu aku juga pingin mampir kesana🙄

  2. MENONE mengatakan:

    waaaooowwwwwwwwwwwww…………….. menyebarnya byk bgt ya klo konsumen ga puas………..

    iya, dan itu akan menjadi black campaign😦

  3. M Mursyid PW mengatakan:

    Wow…! Lengkap banget ulasannya, Mas.
    Semoga sukses ikutan lomba penulisan essay-nya.

    😳😳 jadi malu nih pak.

  4. Pendar Bintang mengatakan:

    Yang penting emang komunikasi Om…….

    Setelah itu baru kita komunikasikan yang lain yah….Om Sugeng makin mantap aja postingannya, heeee

    Komunikasi emang penting karena kita berhubungan dengan manusia lainyangharus membeli product kita dan berhubungan denagn orang lain yang menjadi teamwork kita…

  5. gerhanacoklat mengatakan:

    ini adalah postingan yang berat saya harus membacanya ulang lagi mas sugeng😀

    masa sih Jul…… keknya aku buat tulisan itu cuma 2 kali ngeblog malam😎

  6. Kakang Prabu mengatakan:

    semoga menang

    *lam kenal..

    maksih, salam kenal kembali🙄

  7. genksukasuka mengatakan:

    gud luck om

    godbless to you😉

  8. mandor tempe mengatakan:

    tulisan ini berbentuk essay ya, woa pantes banget saya harus mencerna dengan seksama apa yang tersaji. Semoga menang pak, saya dukung jadi pemenangnya

    Kalau yang ini aku jujur juag pingin menang biar teman kerja sekantor pada tahu kelebihan dengan menjadi seorang blogger😆

  9. Masbro mengatakan:

    Hmm..3 banding 33,,Rugi besar kalau perusahaan nggak menjamin kepuasan pelanggan.
    Semoga sukses ya Mas;

    makasih masbro, kepuasan pelanggan sekarang juga bisa menjadi nilai jual tersendiri loh😛

  10. budiarnaya mengatakan:

    Tantangan untuk menjadi penulis Kang..sukses selalu yach

    Iya bro… secara aku kalau sekedar menulis untuk kantor sih, bisa. Diluar itu masih cupu🙄

  11. irmawaty mengatakan:

    Semoga sukses dengan lombanya ya pak. Salam kenal dari blogger baru. ditunggu kunjungan baliknya

    langsung ke TKP bu➡

  12. fitr4y mengatakan:

    smoga menang mas … ckckck … bacaan yg berat .. hehehe🙂

    Macak cih😕 perasaan cuma nelen aja deh:mrgreen:

  13. TuSuda mengatakan:

    nilai komunikasi yang sangat manusiawi itu akan berkembang sesuai kondisi sosial budayanya..
    Selamat mengikuti lomba penulisan artikel ..semoga sukses selalu
    SALAM hangat dan sukses dari Kendari….

    Makasih Tu😉

  14. usagi mengatakan:

    Wahhhhhhh
    Ini kayak baca buku pelajaran
    Marketing yakkk
    Tapi bener bangettt
    Yang namanya komunikasi itu penting
    Kalo barangnya bagus pasti rekomendenya pas dan gak lebay
    Tapi kalo jelek,, recommendednya itu udah hancur..lebay dan ditambah2 ini
    Kisah A bisa jadi Z

    Ha…ha…ha… bisa saja kamu put, tapi itu juga aku lebay-lebay kan karena kreterianya tulisan sebanyak 2-4 halaman folio spasi 1.5 dengan huruf times new roman😛

  15. andi sakab mengatakan:

    saya setuju. memang komunikasi adalah bagian tim penting dalam suatu lini bisnis apapun🙂

    iya Kang, kalau gak ngomong gimana mau tahu😆 makasih telah mampir

  16. vany mengatakan:

    selama ini mobil keluarga saia selalu keluaran astra dan kami cukup puas dg pelayanan mereka…
    sukses buat lombanya, mas…🙂

    *slm knl jg dan mksih sdh mampir di blogkuw ya*

    Makasih Jeng telah mampir😉 Mobil keluarga nya keluaran Astra😕 pasti ikutan kontes SEO mobil keluraga juga ya😆

  17. achoey el haris mengatakan:

    wow, keren Pak tulisannya.
    Ini mah menang deh. Amin🙂

  18. intan rawit mengatakan:

    semangat mas! moga menang lombanya..ntar traktir deh kita2..hehe

  19. fb mengatakan:

    Komunikasi memang penting banget di segala bidang..

  20. Lozz akbar mengatakan:

    Mas Sugeng, semoga sukses lombanya ya..

    Salam dari Jember

  21. Ifan Jayadi mengatakan:

    Banyak banget kuis yang diikuti. Semoga sukses aja ya

  22. Prima mengatakan:

    Pasti menang!
    Mas kerja di astra? iya mau curhat dikit, kenapa ya SPG motor atau mobil suka gak respect sama orang yang bajunya sederhana, dikira gak punya duit kali ya, boro2 disamperin, dilirik aja gak…sedih saya “memanusiakan” pelanggan kok pilih2, kayanya diskriminasi harus dihilangkan dulu, baru komunikasi *jadi esmosi😦

  23. mas-tony mengatakan:

    Komunikasi salah satu kunci sukses membangun team work, termasuk beberapa pendukungnya.
    salam dari mbantul mas.

  24. joanna mengatakan:

    wew..hebatt..lengkap dan jelas..semoga menang ya mas🙂

  25. Hari Mulya mengatakan:

    kayaknya ini pertama kaLi nya aku ke sini..
    saLam kenaL aja duLu deh..
    saLam hangat dari Blogger Purbalingga…

  26. arisriyadi mengatakan:

    Greetings and salutations prosperous

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: