Minyak rem seharusnya tidak perlu di tambah kecuali bila ada kebocoran di saluran selang hydroliknya
Sudah lama gak posting tulisan karena banyak kesibukan offline yang membuatku tidak bisa bersentuhan dengan PC jadul ku. Namun saat aku lihat email di ponsel gratisanku koq ada banyak email komentar blogku yang masuk padahal aku beberapa hari ini tidak bisa BW, apalagi update tulisan π . Dan ada juga komentar masuk di blogku lainnya pada tulisan lawas. Jadi kepikir kalau (kalee saja postingan ini bisa bermanfaat bagi narablog yang lain. Oke…. langsung saja tulisan nya aku copas dari sana.
Tadi pagi sewaktu aku disibukan dengan pekerjaan rutin sehari-hari, ada pelanggan yang menanyakan seputar minyak rem pada rem hidrolik (cakram). Untuk lengkapnya seperti ini…………
Pelanggan : “Pak tolong minyak rem nya di tambah”.
Sug’h Service : “Minyak rem tidak usah di tambah, asal selangnya tidak bocor minyaknya tidak usah ditambah”.
Pelanggan : “Lho minyak rem nya kan habis”.
Sug’h Service : “Ini yang habis pad set nya (sebutan untuk kampas rem type cakram) bukan minyak rem nya. Kalau sekarang (sewaktu kondisi pad set tipis) minyak rem ditambah terus pad set diganti (karena kondidi tipis), ini akan menyebabkan minyak rem tumpah (bocor) . Karena kondisi penuh terus handle rem ditekan, ini akan menyebabkan minyak rem nya merembes keluar terkena tekanan dari handle rem”.
Pelanggan : “Kalau tumpah kenapa pak pengaruhnya ?”.
Sug’h Service : “Minyak rem yang mengenai cat akan menyebabkan cat nya mengelupas, kalau kena barang dari plastik menyebabkan plastiknya pecah2 (getas) apalagi kena cover2nya dijamin sehari aja pasti pecah”.
Pelanggan : “Oh..gitu, terus gimana enaknya dong ?”.
Sug’h Service : “Kalau minyak rem di lihat dari kaca di master nya sudah turun atau nyaris habis, jangan lngsung di tambah. Cek dulu kondisi pad set nya. Sudah tipis atau masih tebal (layak pake). Kalau langsung ke bengkel menyuruh mekaniknya nambah minyak rem nya tanpa mengecek pad set nya akan menimbulkan masalah di kemudian hari sewaktu menganti pad set nya”.
Ya seperti itu penggalan omongan ku dengan pelanggan setia di bengkel tempat aku kerja. meskipun banyak pelanggan yang rutin men service kan sepeda motornya di tempat kami tetapi masih banyak yang awam tentang seputar informasi dari sepeda motornya.
Dari penggalan tanya jawab ku dengan pelanggan setia tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa “Minyak rem seharusnya tidak perlu di tambah kecuali bila ada kebocoran di saluran selang hydroliknya.” Mungkin yang lebih tepat minyak rem perlu di ganti bilamana minyak tersebut sudah tidak jernih lagi (keruh) sehingga proses menarik handle rem terasa berat.
Demikian sedikit info dari saya, semoga membantu.
hidrolik?menarik juga π
info nice, gan. saya jadi belajar dikit tentang rem nih. hehe π
Informasi yang sangat bermanfaat nih π
(Maaf) izin mengamankan KEEMPAX dulu. Boleh, kan?!
OOOOO….. pantesan minyak rem yang kemarin diganti (bukan ditambah) sama bengkelnya. Mungkin lantaran sudah gak jernaih lagi.
“Dari penggalan tanya jawab ku dengan pelanggan setia tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa βMinyak rem seharusnya tidak perlu di tambah kecuali bila ada kebocoran di saluran selang hydroliknya.β Mungkin yang lebih tepat minyak rem perlu di ganti bilamana minyak tersebut sudah tidak jernih lagi (keruh) sehingga proses menarik handle rem terasa berat.”
wah jadi tahu nih.. makasih banyak infonya mas.
Kunjungan malam tuk menyapa sahabat di Bali.
Semoga Mas Sugeng dan keluarga sehat selalu.
Apa kabar mas Sugeng, selamat Tahun Baru ya.. maaf enggak bisa komen nih maklum enggak ngerti dunia perreman heheh
Salam hangat
Makanya belajar ke Mas Sugeng Kang, biar pinter, hehe..
Makanya belajar ke Mas Sugeng Bro, biar pinter, ehek ehek ehek
Oh…begitu ya Om???
he he he,Hani mah mana ngerti, heeheheheh, maunya terima beres!
he e eh
BTw, apa kabar Om???
Makin mantap jaya ney si Om…
Terima kasih pencerahannya, Pak.
Dahulu juga Denuzz berpikir kalo minyak rem harus ditamabah karena berkurang waktu dilihat di kotaknya yang deket stang… Hehe…
Itu dulu waktu awal2 punya motor…
Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit…Cuit…
Bermanfaat, terutama buat yg awam seperti aku ini.
Ternyata ada Sug’h blogspot juga ya, sering2 di update Mas.
Membaca artikel anda semua menyenangkan rasanya jadi kerasan dg suguhan2 ilmu menawan di sini kawan…
Makasih dan salam kenal juga dari saya,,,,
Wah pantas saja minyak rem saya jarang diganti eh…, diisi. :D.
Hohohohoho…lumayan ilmu baru….thanks mas π
Logikanya seharusnya begitu jika tak ada kebocoran extrem, ya minyak rem akan tetap awet lama tidak perlu dijok-i terus. Mestinya, ya? π
Mungkin ada analogi kasus yang serupa dengan hal ini. Yaitu mengenai pemahaman orang awam tentang mesin pendingin (AC/Kulkas) bahwa secara berkala agar freon ditambah biar tetap dingin. Padahal, bukan begitu seharusnya. Selama tidak ada kebocoran di sistem pendinginnya, ya freon akan tetep utuh selamanya. Tidak perlu ditambah secara berkala.
CIELAH SUPER SEKALI PENGETAHUANNYA BANG ( YA IYA, NAMANYA JUGA UDAH AHLI ) :p. BANG, KALAU GANTI KNALPOT YANG RACE RESIKONYA APA YA?HHE MAKASIH BANG
SALAM, CAHYA NUGRAHA :p
Sampai saat ini saya no problem dengan masalah ini.. π Cuma dengan kampas remnya, hampir tiap tahun ganti. Kenapa ya pak?
wahh, berarti saya orang awam juga tuhhh. hehhehh
hmm.. perlu di kaji ulang neh…. mantab bro
sebuah tips yang sangat bermanfaat, mas sugeng. wah, makin sibuk rupanya nih. jobnya terus bertambah, semoga makin lancar dan sukses.
Aduh, Mas SUgeng, kebetulan saya juga mau tanya ini pas nanti waktunya saya service rutin motor.
Saya masih bingung, kok rasanya gak kelihatan ya, cairan remnya waktu saya lihat di master-nya. Udah sejak 2008 gak pernah diganti sepertinya. Waktu di-servis rutin pun saya rasa gak pernah diganti ato ditambah minyaknya. π
*setidaknya saya selalu membawa motor saya ke bengkel resmi setiap jumlah km-nya mencukupi*
motor saya sudah lama tidak ganti kampas rem cakramnya, tapi masalahnya sekarang minyaknya selalu bocor ketika menekan handle rem tangan minyaknya keluar mengenai tangan sayam apa ini kerusakannya bukan disealnya atau saya ganti kampasnya saja pa. trims