Usia Bertambah Aku Jadi Pilih-pilih Makanan

segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuh kita (meskipun sedikit) yang mempunyai efek merusak tubuh adalah haram bagiku

Saat masih muda saya bisa melakukan apa saja tanpa takut ada pengaruhnya terhadap kesehatan tubuh. Makan sembarangan (yang mengandung kolesterol dan asam lemak, sikat saja ๐Ÿ˜† ) , begadang tiap malam, ditambah kumpul-kumpul dengan teman sebaya dengan membawa botol miras.ย seperti jaman jahiliyah Tapi itu dulu saat tubuh ini masih kuat dengan semua paparan toksin yang menerpa. Namun seiring waktu dan bertambahnya usia, tubuh ini akan semankin berkurang daya resistensi dan kekebalan dengan semua yang merugikan.

Dulu saat usia dibawah 35 tahun, yang namanya masuk angin hampir tidak pernah saya alami meski tubuh ini berhujan-hujanan seharian dan berpergian dengan naik sepeda motor tanpa jaket. Tapi sekarang dengan usia yang bertambah terus, kena angin sedikit saja perut sudah kembung dan bersendawa terus ๐Ÿ˜† belum lagi sakit pinggang yang serasa terus menemani kalau ada beban berat yang mengharuskan untuk diangkat. Memang semakin bertambahnya usia semakin bertambah pula keluhan yang mampir di tubuh.

Dengan berbagai keluhan dan ancaman penyakit yang mengikuti di usia tua, sudah seharusnya saya merubah habits (kebiasaan) yang negatif bagi diri sendiri. Dulu makan sembarangan dan tidak ada pantangan, namun sekarang saya sedikit pilih-pilih makanan terutama makanan yang berlemak dan santan. Dulu bila terkena hujansedikit, langsung saja (biar tidak rugi berbasah-basahan) saya berhujan hujanan sekalian mandi keramas dibawah guyuran air pancuran rumah. Dulu meski jarang berolah raga, tubuh ini merasa fresh dan sehat untuk melakukan aktifitas apa saja. Dulu kalau berpergian keluar dengan naik sepeda motor saya jarang memakai jaket, sekarang selalu saja jaket menyelimuti tubuh ini saat keluar rumah. Dulu merasaakan rasa miras seperti sudah biasa, sekarang minum minuman bersoda terlalu banya sedikit saja langsung kelimpungan.

Yang namannya rokok, saya sudah anti. Meski dulunya merupakan perokok aktif dan tidak bisa lepas dari rokok barang seharipun. Sekarang meski ditawari rokok oleh sahabat akrab, saya bisa menolaknya. Karena bagiku semakin bertambahnya usia ini, tidak seharusnya tubuh yang semakin renta ini di isi dengan toksin dan bergulat dengan semua yang tidak sehat.

Untuk itu saya menghimbau kepada diri saya sendiri dan juga kepada semua blogger yang nyasar di blog kata yang tak terucap, untuk tetap menjadga kesehatan diri karena kesehatan merupakan barang yang sangat berharga bagi kita. Terutama bagi blogger yang berusia diatas 40 tahun ini.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan, mulai menjaga asupan makanan yang akan kita santap, menjaga kebugaran diri ini dengan rutinitas berolah raga serta. Dan tidak ada salahnya juga kalau saat mau membuat postingan blog, usahakan rokok tidak mendekat pada diri kita. Karena ada banyak kerugian bagi tubuh dari pada manfaat yang di dapat, dan bagiku segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuh kita (meskipun sedikit) yang mempunyai efek merusak tubuh adalah haram bagiku. ๐Ÿ˜†

bahaya rokok

Merokoklah dan rokok akan membakarmu

Postingan ini aku ikutkan dalam kontes aku ingin sehat

P.S: gambar saya ambil dari sini

Iklan

20 Responses to Usia Bertambah Aku Jadi Pilih-pilih Makanan

  1. Semoga sehat selalu ya Pak…

    Semoga menang kontesnya..

    Salam dr kami… ๐Ÿ˜€


    Yang pentig kita semua diberi kesehatan ๐Ÿ˜†

  2. lozz akbar berkata:

    Berhentilah merokok Cak.. tapi jangan berhenti beli rokok…hahaha


    Oke lah, ntar aku pake obat nyamuk ๐Ÿ˜›

  3. Ade Truna berkata:

    pernah saya bahas ttg bagaimana saya berhenti merokok di tempatku pa sugeng. Ya wis selamat berlomba ya pak… ๐Ÿ™‚


    Makasih Kang ade, tapi aku sekarang sudah tidak bisa menikmati rasanya rokok ๐Ÿ˜†

  4. marsudiyanto berkata:

    Saya juga pilih2 makanan Mas…
    Pilih yang murah maksudnya… ๐Ÿ˜€


    Aku juga pak ๐Ÿ˜†

    • Cahya berkata:

      Betul Mas, saya juga mahasiswa, mesti pilih-pilih yang paling murah :D.


      Setuju. murah, bargizi, enak dan banyak. Tapai kalau begini ya pedagangnya yang rugi :mrgreen:

  5. agoest_widodo berkata:

    idem dengan pak Guru,pilih pilih makanan yang murah tapi yang bergizi..
    mendol juga enak murah bergizi tuh…
    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    tapi memang betul sih,tidak ada salahnya menjaga pola makan…


    Murah bergizi dan enak

  6. alisnaik berkata:

    selamat pagi.

    kebanyakan penyakit emang bermula dari benda-benda yang masuk lewat mulut.
    jaga kesehatan ya pak

    terima kasih dan mohon maaf ๐Ÿ˜ฎ


    Betul pak, semua berawal dari mulut, selanjutnya terserah anda ๐Ÿ˜›

  7. kakaakin berkata:

    Yang muda dan yang merasa tua memang mesti pilih2 makanan ๐Ÿ™‚

    Terima kasih atas partisipasi Sahabat pada Kontes Aku Ingin Sehat.


    Wah ada shohibul kontes mampir, makasih mbak ๐Ÿ˜‰

  8. bundamahes berkata:

    semoga selalu dikaruniai kesehatan jiwa raga..
    semoga sukses om kontesnya!
    ๐Ÿ™‚


    Maksih Bunda ๐Ÿ˜Ž

  9. purwanto berkata:

    semakin tua banyak onderdil yang aus mas, makanya bensin yang masuk harus benar2 bermutu..kalau gak milih2 dan merasa muda terus bahaya lho mas…
    salam persahabatan


    Ya ini pak, asal gak sampai turun mesin saja sudah bersyukur ๐Ÿ˜†

  10. sedjatee berkata:

    Kang, ada lanjutan kisah Dasrun disini
    http://sedjatee.wordpress.com/2011/01/31/dasrun-lunasi-atau-pergi/
    silakan dicermati
    salam sukses..

    sedj


    LAngsung ke TKP nya dasrun ๐Ÿ˜†

  11. Lidya berkata:

    smua harus menjaga makan tidak muda tidak tua sebainya begitu


    He…he….he…. kirain yang muda main sikat saja ๐Ÿ™„

  12. Saipuddin berkata:

    semoga tambah sehat dan selalu semangat olahraganya mas.

    Dan semoga sukses lombanya ๐Ÿ˜€


    olah raganya belum bisa bersemangat pagi terus nih ๐Ÿ˜•

  13. Karina berkata:

    Weew usiaku baru 21 tahun tapi sudah sering masuk angin. Gimana dong? Hehe.. Saatnya memulai pola hidup sehat nih!!


    ha….ha….ha…. kalau karina masuk angin, berarti angin nya senang sama karina ๐Ÿ˜†

  14. Masbro berkata:

    Cocok nih artikelnya buat saya, maknyuss rasane..!


    cocok dengan rokok e gitu maksudnya ๐Ÿ˜†

  15. wiangga0409 berkata:

    sejak masih muda saya sudah selektif dengan makanan.. ๐Ÿ™‚

    cewek sih, biasa dengan diet2 ๐Ÿ™‚

    cheers.

  16. kang ian dot com berkata:

    sama pak buat yang masih muda juga hihi ๐Ÿ™‚

  17. bro eser berkata:

    Masih mendingan dengan anda bro, saya yang masih mudah sudah mulai ngga bisa makan sembarangan… Dan sepertinya olahraga juga mempengaruhi daya tahan tubuh kita

  18. Ikkyu_san berkata:

    aku juga sekarang milih-milih kalau makan. Rokok sih ngga pernah hihihi

    EM


    Aku juga bu, rokok sudah anti ๐Ÿ˜Ž

  19. monda berkata:

    Terima kasih partisipasinya ya.

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: