Sahabatku Sakit Kronis

Ya Allah SWT, berikan lah kesembuhan pada keluarga sahabat dan saudara kami serta kuatkanlah mereka dalam menjalani cobaan yang Engkau berikan

Saya mengenalnya belum begitu lama, sekitar pertengahan bulan Desember 2010. Saat itu saya akan mengadakan hajatan sunatan anak saya, dan saya sebagai seorang tetangga yang bereselahan rumah dengan nya meminta ijin untuk sedikit menganggu ketenangan. Saya bertandang kerumahnya dan mengutarakan maksud hajatan saya tersebut. Baru saat itulah kami (saya dan istri) mengenal tetangga baru kami yang menempati rumah sebelah.

Saat pertama mengenal keluarga tersebut, kami merasakan kehangatan dalam bercerita. Namun setelah berkenalan dengan lebih lama dengan keluarga tersebut, kami baru tahu bahwasanya si ibu (kami lebih mengenal dengan sebutan bu Rizky) mengidap satu penyakit yang kronis. Ya, sangat kronis namun kami tidak pernah melihat ada tanda-tanda kalau dia memang mengidap penyakit kronis tersebut.

Orangnya supel, enak kalau diajak berbicara dan tidak pernah kelihatan ada warna lain di wajahnya selain keceriaan. Meski sang suami (kami mengenalnya dengan sebutan mas Aris yang sudah resign dari tempat kerjanya karena akan full merawat keluarga serta bu Rizky) berasal dari Tabanan, namun bu Risky orang asli Samarinda Kalimantan Timur. Sampai sekarang masih tercatat sebagai seorang PNS guru disana, namun karena menuruti kemauan dari orang tua dia rela berangkat ke Bali sekitar 7 bulan yang lalu (itu yang diceritakan olehnya).

Namun nasib berkata lain, sampai disini dia di vonis sakit kronis dan langsung stadium tiga. Sakitnya itu menurutku sebuah komplikasi penyakit yang mengidapnya selama bertahun-tahun. Namun karena fasilitas kesehatan di Kalimantan (maaf bukan bermaksud meremehkan kualitas kesehatan disana) tempatnya bermukim sebelum ini kurang bagus, penyakit ini belum terdeteksi dengan sempurna. Baru disini ketahuan nya. Sakitnya yaitu kanker payudara stadium tiga, diabetes tinggi serta pankreas nya sudah tidak berfungsi.😯😥

Tapi sungguh kami tidak pernah melihat tanda-tanda sakitnya selama kami berinteraksi dan bertegur sapa. Sakitnya ini saja tidak akan kami ketahui seandainya dia sendiri tidak bercerita. Memang bu Risky jarang keluar rumah. Namun jarangnya dia keluar rumah itu karena dia setiap pagi sebelum bangun harus menyuntikan insulin sendiri dalam tubuhnya hanya untuk menstabilkan gula darahnya. Dan pada kemarin siang saat dia ketemu istriku, dia bercerita bahwa pankreas nya sudah tidak bisa bekerja / rusak.😦 . Duh bu Risky , hatiku sampai bergetar saat engaku menceritakan cobaan ynag menimpamu tanpa ada air mata yang jatuh dari beningnya matamu.

Hal ini terjadi karena seminggu kemarin saat anak pertamanya (Risky) opmane di rumah sakit (karena sakit tipus dan infeksi saluran kencing) dia berusaha menjaga anak2nya dan sampai begadang di rumah sakit dan melupakan suntikan insulin kedalam tubuhnya hanya demi membuat anaknya sembuh terlebih dahulu dan melupakan sakitnya sendiri. Dan saat semua keluarga nya di rumah sakit, mas Aris nya kaget dan sakit jantungnya kumat. Jadi dari lima angota keluarga, tiga diantaranya sakit keras.

Ya Allah SWT, berikan lah kesembuhan pada keluarga sahabat dan saudara kami tersebut serta kuatkanlah mereka dalam menjalani cobaan yang Engkau berikan. Karena sesuai dengan janjiMu, tidak akan Engkau uji hamba diluar batas kemampuan nya. Semoga mukjizat bisa terjadi pada keluarga mas Aris dan Bu Risky, dan mereka bisa beraktifitas lagi seperti dulu saat kami belum mengenalnya.

Dan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya pada keluarga mas Aris dan bu Risky atas tulisan ini. Tidak ada maksud apapun dalam mengekspos cobaan yang engkau alami ke khalayak luar selain ini hanya sebagai sarana dan cara untuk mengekpresikan keprihatinan serta sebagai do’a kami yang tulus (dan semoga makbul) terhadap cobaan yang engkau alami. Dan semoga seandainya engkau kembali pulang ke Samarinda, kesehatan dan kesuksesan mengahampiri keluargamu.

Keluarga mas Aris dan Bu Risky

Yang berdiri baju kuning : mas Aris, samping nya Bu Risky

P.S: Mohon maaf kalau aku juga memasang foto keluarga mas aris dan Bu Risky. Foto ini saya ambil dari album keluarga saat anakku sunat.

34 Balasan ke Sahabatku Sakit Kronis

  1. Lidya mengatakan:

    semoga lekas sembuh ya

  2. alamendah mengatakan:

    (Maaf) izin mengamankan KEDUAX dulu. Boleh, kan?!
    Semoga Mas Aris sekeluarga diberikan ketabahan dan lekas mendapat kesembuhan dari Allah.

  3. joko santoso mengatakan:

    Mudah-mudahan cobaan ini menjadikan kita dan keluarga sebagai ujian, pertanda kita semua disayang Tuhan

  4. harikuhariini mengatakan:

    Semoga lekas sembuh.

  5. masyhury mengatakan:

    Wah.. mas Aris masih muda loh..
    Semoga mereka di kesembuhan dan balasan yang terbaik dari kesabaran mereka. amin..

    Salam hangat pak!😀

  6. zee mengatakan:

    Kita memang tidak pernah tahu cobaan seperti apa yang diberi Tuhan pada kita ya.
    Semoga mas Aris dan keluarga segera diberikan kesehatan ya.

  7. ysalma mengatakan:

    tidak diberikan sebuah ujian yang melampaui batas penerimanya,,
    semoga mas aris dan sekeluarga mendapatkan kemudahan dalam melewati semuanya,,

  8. Ikkyu_san mengatakan:

    aduuuh mereka masih muda😦
    Semoga Tuhan mendengar doa kita.

    EM

  9. Masbro mengatakan:

    Saya turut mendoakan yang terbaik untuk Mas Aris dan keluarga..

  10. Putu Yoga mengatakan:

    moga cepet sembuhh

  11. ratansolomj9 mengatakan:

    Ikut prihatin atas keadaan keluarga Mas Aris.Semoga doa kita semua dikabulkan Nya.

  12. kamal mengatakan:

    setiap cobaan pasti ada hikmahnya … aku ikut prihatin, semoga lekas sembuh.. ” amin”

  13. dhe mengatakan:

    selalu ada hikmah di balik semua musibah.. semoga Allah senantiasa memberi yang terbaik untuk kita semua..🙂

  14. kamaropini mengatakan:

    semoga lekas sembuh, banyak yang mendoakan, insya allah diijabahkan. amin.

  15. nia/mama ina mengatakan:

    Bener mas, kalo dilihat dari penampilannya….ngga kelihatan kalo mereka mengidap penyakit yg sudah kronis…Ya Allah, mudah2an Allah segera mengangkat penyakit mereka dan diberikan kesehatan seperti sedia kala. Kasihan anak2nya masih kecil. Mudah2an yg terbaik yang akan mereka dapatkan. amiin

  16. sang lazuardi mengatakan:

    semoga cepat sembuh

  17. aiysna mengatakan:

    Semoga lekas sembuh. dan smoga semua keluarga diberi kesabaran dalam menghadapi ujian dari Allah SWT.amin..

  18. gerhanacoklat mengatakan:

    semoga sahabatnya lekas sembuh ya mas sugeng

  19. advertiyha mengatakan:

    Innalillah.. semoga lekas diberi kesembuhan dan kembali dapat beraktifitas seperti sediakala… sampaikan salam saya untuk keluarga bu Risky pak…

  20. bintangtimur mengatakan:

    Semoga kesembuhan itu segera datang…
    Amin.
    Ujian hidup, apapun bentuknya, Insya Allah akan memberi pelajaran berharga buat kita.

  21. sakti mengatakan:

    Allah punya rahasia di balik semua ini🙂

  22. Saipuddin mengatakan:

    saya juga ikut prihatin,
    Mudah-mudahan apa yang kita harapkan semua yaitu kesembuhan untuk bu Rizky bisa dikabulkan Allah swt.
    Selamat mas, saya ada award untuk mas. Silahkan ambil award nya disini

  23. fitr4y mengatakan:

    semoga cepat sembuh ..

    salam🙂

  24. M Mursyid PW mengatakan:

    Lam gak menyapa sahabatku yang di Tabanan ini. Semoga tetap sehat selalu. Juga semoga keluarga mas aris segera terbebas dari cobaan Tuhan tersebut.

  25. Brigadir Kopi mengatakan:

    semoga lekas sembuh mas.. amin

  26. kang ian dot com mengatakan:

    aduuh sedih banget semoga cepet sembuh y buat bu risky ^^

  27. HALAMAN PUTIH mengatakan:

    Sakit merupakan salah satu nagian dari cobaan kepada hambaNya. Kalau ikhlas dan sabar, insya Allah sakit dapat menghapuskan dosa2 yang pernah diperbuat. Semoga temannya diberikan ketabahan dan kekuatan pak untuk menjadi hamba yang sabar dan ikhlas.

  28. eyha4hera mengatakan:

    semoga lekas sembuh.. 🙂

  29. Ayahnya Ranggasetya mengatakan:

    Berkunjung lagi… setelah lama.

    Aku terharu sekali, Pak, semoga Ibu rizky lekas sembuh, dan keluarganya diberi ketabahan dalam menjalani cobaan ini.

  30. Kakaakin mengatakan:

    Semoga tetap sabar ya…
    Semoga beliau diberikan kesembuhan oleh Allah Ta’ala…

  31. Jual Rumah Surabaya mengatakan:

    Ikut prihatin juga atas musibah yang menimpa keluarga ini. Semoga cepat diberikan kesembuhan. Ketabahan dan ketegarannya patut dijadikan contoh.

    • Seger Raharjo mengatakan:

      maaf,sekedar informasi.bagi yg punya PENYAKIT atau yg lg SAKIT.coba aja mengkonsumsi PROPOLIS insllh penyakit kita berangsur – angsur SEMBUH.saya sendiri pernah sakit mag kronis.bolak – balik kedokter belum sembuh.tp alhmdllh dengan ijin Allah SWT melalui PROPOLIS saya sembuh total lho.saya memang promosi Obat Herbal ini.tp sesama muslim yang baik-baik itu wajib diinformasikan.anda bisa cari tahu Testymony Obat yang satu ini melalui teman2 dekat disekitar anda.jadi kalo teman anda sendiri yang bercerita pasti anda lebih percaya.semoga ini bermanfaat.amiiin [ raharjo.seger@yahoo.com]saya tinggal di jakarta,untuk yg berminat hubungi saya 081386295145.atau boleh keteman dekat anda ngga harus ke saya.trims NB; untuk wilayah jakarta harga Propolis Rp.100 /botol @6ml

  32. Nunung Hastina Hutami mengatakan:

    Semoga lekas sembuh. Hanya untuk menginformasikan silahkan minum Propolis untuk penyembuhan berbagai macam penyakit.

    Untuk lebih detilnya silahkan kunjungi web kami di propolisindonesia.com

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: