Mencoba Layanan Data Seluler

Intinya jangan lah main coba-coba untuk menjajal layanan data karena kita akan menjadi santapan empuk provider seluler karena ketidak mengertian kita selaku pelanggan. Bisa ambalas deh pulsa kita tanpa mendapat layanan yang memuaskan.

Setelah modemku rusak, saya sempat dibuat pusing dengan pilihan modem. Mau yang GSM ataupun yang berada di jaringan CDMA seperti yang selalu saya pakai selama ini. Dan saat masih belum ada pengantinya, saya iseng-iseng mencoba kualitas dari jaringan GSM via modem HP nokia 2730c ku. Padahal saya juga tahu kalau memakai layanan data dari porovider GSM tanpa berlangganan, siap-siap saja dengan harga yang harus dibayar.

Pertama saya mencoba layanan dari XL yang terkanal dengan iklan murahnya. Ternyata layanan yang saya terima sangat tidak sesuai dengan jargon yang selama ini di dengung-dengungkan. Jangankan merasakan wus….wus…..wus…. , membuka satu halaman saja saya harus menunggu sampai setengah jam. Terus begitu, pulsa yang kepotong membuat jantung ini berdegup kencang. Kenapa sampai berdegup kencang ??? tidak lain karena harga layanan yang tidak bisa membuka satu halaman pun itu dihargai sebesar Rp.10.000,- 😦

Kedua saya mencoba peruntungan dengan kartu AXIS. Karena axis di daerah rumahku support jaringan 3G yang terlihat di layar HP modem. Dan ini yang membuat saya penasaran kepingin merasakan speed jaringan 3G yang katanya bisa sampai 2,1Mbps. 😆 ternyata semua itu hanya isapan jempol semata. Jaringan 3G hanya simbol yang di jual dimana-mana. Hasilnya sama saja, membuat kita harus belajar bersabar. Namun yang tidak bisa membuat aku bersabar adalah ketidaktahuan (saya) pelanggan tentang tata cara berlangganan paket data, di manfaatkan dengan berbagai layanan berbasis SMS.

Hal ini sempat saya alami saatakan mencoba layanan dari axis. Sebelum aku memakai layanan data nya, pulsa nya sudah aku isi sebesar Rp.35.000,- harga segitu merupakan harga untuk layanan data sebesar 1Gb untuk 30 hari. Karena tidak tahu untuk tata cara membeli layanan data itu, aku pakai layanan *123# (berbasis SMS). Saat memakai layanan itu saya mencari tahu tentang layanan data unlimited untuk satu hari sebesar Rp.15.000,- . Itu saya lakukan hanya untuk mencari informasi tentang layanan itu, ternyata oleh operatornya saya dianggap membeli paket layanan tersebut.

 

Waduh !!! ilang lagi deh pulsaku dan itu terjadi kurang dari 24 jam setelah pulsaku di rampas oleh XL.  Terpaksa saya pergunakan juga layanan itu namun sebutan unlimited hanya nama doang. Karena setelah saya pergunakan ternyata tidak unlimited. Hal ini baru saya sadari setelah memakai lebih dari 12 jam, jaringan nya sering mati sendiri dan speed nya tidak bisa menyentuh 1Mbps. Pretttt ……………. !!!

Ketiga aku mencoba memakai jaringan luas sampai di semua kecamatan se Indonesia. Ya ….. telkomsel. Jaringan nya 3G juga bok !!. Dan setelah saya pakai ternyata saya harus lebih belajar menjadi pribadi yang penyabar dan baik hati. Penyabar karena memang aku harus sabar menunggu halaman yang aku buka nonggol utuh dan harus baik hati. Karena meskipun sampai satu jam gak kebuka juga saya tidak boleh ngedumel dan berkata-kata kasar untuk mengomentari layanan flash ini. 😥

Ternyata memakai layanan data tanpa berlangganan di jaringan GSM kita harus siap2 kaget dengan harga yang selangit untuk layanan yang lemot seperti jalan nya siput. Intinya jangan lah main coba-coba untuk menjajal layanan data karena kita akan menjadi santapan empuk provider seluler karena ketidak mengertian kita selaku pelanggan. Bisa ambalas deh pulsa kita tanpa mendapat layanan yang memuaskan.

 

Akhirnya pilihan modemku yang baru tetap dalam jaringan CDMA yang sudah support EVDO. Untuk layanan EVDO ini saya belum bisa berkomentar karena saya belum mencoba speed koneksinya. Mungkin setelah mencicipi layanan ini aku kan ber AHA…AHA….AHA…. :mrgreen: .

(tapi mungkin gak ya speednya sampai 3,2Mbps setelah ber AHA…AHA…. ria ❓ ❓ )

Bagaimana dengan anda sendiri, pernahkan merasa ditipu oleh layanan dari operator seluluer dalam layanan data ❓ 😕

Iklan

17 Balasan ke Mencoba Layanan Data Seluler

  1. marsudiyanto berkata:

    Kalau tersedot pulsa sudah sering Mas…
    Nggak tau knapa tiba2 pulsa berkurang sendiri.
    Untuk cadangan koneksi, sementara saya paaki AHA juga.
    Pengen coba yg lain tapi kayaknya nipu semua

    Betul pak, nipu tapi terbungkus bahasa marketing yang mempesona 😦

  2. didta7 berkata:

    wkwkwk saya sampe pengen bunuh tu ISP nya

    He…he….he…. perlu bantuan dan dukungan ta ❓ 😕 😉

  3. Ade Truna berkata:

    saya pernah komplen, langsung ke bosnya provider via facebook….saran saya, googling aja nama provider lantas cari tahu juga siapa bosnya, nanti ketahuan kok para pejabat2nya biasanya beserta jejaring sosial yg dia gunakan. Sy berhasil komunikasi dgn pejabat telkomsel, paling tdk komplen kita sampe ke pihak yg bersangkutan…demikian pa sugeng 🙂

    Begitu ya pak, patut dicoba nih. 😆

  4. mamah Aline berkata:

    hampir sama kang sugeng, pernah ngalamin seperti itu. saya pakai AHA kalo outdoor atau bepergian 🙂

    AHA di rekomendasi oleh banyak temanku, katanya makyus……. tapi aku msih belum pernah mencoba.

  5. archer berkata:

    saya pake flexy, lumayan kalo buat browsingan mah cuma 50rebu, lemotnya pada jam makan siang dan jam 6-11 malam. sisanya lumayan lah

    Kebetulan modem pengantiku unlock jadi bisa untuk semua kartu CDMA.kapan2 pingin nyoba juga flexy 😛

  6. Cahya berkata:

    Pak Sugeng, kalau mau dapat 1 Mbps unlimited, siapkan dana 5-10 juta rupiah per bulan untuk kontrak resmi sama operator :D. Itu sudah patokan standarnya.

    Saya saja dengan CDMA EVDO MOBI yang 100rb sebulan, hanya dapat maksimal 200 kbps di jam renggang (paling lebih sedikit), dan di jam sibuk agak sedikit di bawah 100 kbps untuk mengunduh dari server yang bagus. Kalau di test speed memang sih sampai 1,8 Mbps, tapi pas mengunduh ya ndak segitunya.

    Jadi intinya masih gombal semua ya dok 😕

    • Cahya berkata:

      Ndak juga Pak, yang kita dapat adalah jaringannya sesuai iklan, dan iklan memang bener kecepatan jaringan 3G/3,5G/EVDO up to sekian-sekian itu 😀 – kalau jaringannya lho. Tapi kalau jatah kita, ya baca lagi klausal perjanjian layanan ISP-nya.

      Sayang aku belum bisa merasakan koneksi EVDO. Kalau yang GSM aku sudah gak percaya 😯

  7. Asop berkata:

    Saya rasa saya udah pernah mencoba Flash-nya Simpati, internet unlimited-nya XL, dan internet-nya Axis. Semua udah pernah, tapi saya lupa gimana dengan kualitasnya. 😀

  8. ysalma berkata:

    saya pernah coba,, mulai dari telkomsel instan, Flash, Axis, XL, Indosat dan sekarang 3,, ini malah barusan ada perubahan 3 yg saya ga tau, biasanya kuota 2G/30hr 55rb ,, eh barusan diisi 60 rb, dia bilang pulsanya kurang, tapi sisa pulsanya teutap 0,, ga tau nih hasilnya,, baru dikasih tau kalo sekarang ada promo, paket ini bonus 20% tp harganya naik jadi 75rb,,hiks,..

  9. fitr4y berkata:

    pernah mas, tapi karena kelupaan aku, sekarang qu dah gk boleh lupa agy,, dan menghentikan sementara hubunganku dengan kartu yg udah nipu qu itu,, ntar kalo qu dah gak marah agy baru qu pake lagi.. hehehe

  10. Saya pernah coba pakai XL, memang betul seperti kata bapak. Lemot e poooool… Tambah pusing rasanya…

  11. sedjatee berkata:

    korban iklan ya Kang
    memang harus diakui, bahwa iklan banyak menipunya
    tetap semangat Kang

    sedj

  12. Lidya berkata:

    sejauh ini memakai layanan data seluler baik2 saja

  13. Sya berkata:

    Ga pernah nyoba data seluler, secara kalau browsing di HP aja udah mahal kalau pakai paska bayar.

  14. didta7 berkata:

    saya dateng ke gerai nya dikasih paket hemat 25rb/bulan

  15. kang ian dot com berkata:

    hehehe kataya AHA bagus yaa ditunggu reviewnya pak 🙂

    Aku mencoba yang harian, ternyata memang mak nyoss…….. 😎

  16. andyc berkata:

    pake three yng unlimited aja bro… nmnya juga ingin murah.. ya hrs sabar.. klu ingin enak pake speedy aja.

    Murah meriah jadi merana, begitu intinya 😆

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: