Menghubungkan Modem di Ubuntu

Ternyata modemku tidak familier dengan opensource ubuntu ku

Sudah semingguan ini aku berelancar di dunia maya ini dengan mengunakan moedm baru ku, venus vt-80n. Secara referensi yang saya baca di forum2 di internet, speed venus untuk jenis ini lumayan bagus. Meskipun yang sudah support EVDO (evolution data only) dari jaringan CDMA, saya masih mengunakan layanan dari provider langganan ku yang lama. Mungkin aku terpukau dengan harga murah nya untuk pemakaian yang unlimited dan speed koneksi yang stabil sehingga aku enggan berpindah kelain hati. Toh kebutuhan ku akan koneksi internet tidak terlalu memerlukan speed yang mumpuni, bagiku biar lambat asal selamat stabil menjadi patokanku.

Dan kebanyakan dari modem yang bermerk venus (semua type) sudah dijual tanpa CD driver di dalam kotak bungkusnya.

modem ku

Modem yang selalu aku usahakan terhubung di Ubuntu ku

Karena di dalam modem nya sendiri telah tertanam file driver yang bisa berjalan sendiri saat modem tersebut kita hubungkan dengan USB. Istilahnya plug and play. Ini sangat praktis bilamana kita sering mobile dan sering berpindah-pindah dari satu kompie ke satu lapie lain nya. Kita tinggal tancap dan sudah bisa terhubung dengan internet. Tapi itu semua hanya bisa berjalan di OS windows saja.😥

Secara aku yang sudah berusaha meninggalkan OS windows bajakan dan beralih ke OS yang opensource, hal ini sangat merepotkan. Dan hampir membuat aku pingsan😯 serta kecewa dengan keadaan ini. Saat saya menggunakan ubuntu dengan modem ini, beberapa kali keheranan ku timbul. Karena saat mengunakan di windows semua berjalan sempurna, namun di ubuntu modem ini tidak dikenal sama sekali. Saat aku mengunakan perintah “sudo wvdial” yang saat mengunakan modem lamaku langsung konek ke internet, dengan modem ini tidak bisa.

Setelah bertanya pada mbah gugel, saya mendapat jawaban. Katanya, modem ini mengunakan divice sendiri yang berjalan di windows sehingga saat di gunakan di ubuntu divice in tidak berjalan. Makanya modemku tidak dikenali, oalaaaa…… ternyata ini ta yang menjadi persoalan nya.

Dan pencarian tentang solusi untuk permasalahan ini saya temukan lagi dari si embah yang pintar. Namun caranya saya harus tetap menggunakan media windows dulu sampai modemku siap digunakan untuk konek ke internet, selanjutnya kompie harus di restart dan baru bisa masuk di ubuntu. Selanjutnya mengubah beberapa parameternya, baru bisa aku terhubung di internet. Selesai permasalahannya ?!? ternyata belum.😦

Karena saat digunakan di windows, speed koneksinya sangat memuaskan meski kartunya berbeda-beda. Namun saat aku gunakan di ubuntu dengan kartu starone ku, jalan nya seperti siput yang sudah tua renta. Jadi jalan nya sangat membutuhkan kesabaran dalam membuka sebuah website. Hm ….. ternyata modemku ini (dan kebanyakan dari modem venus lain nya) tidak support dengan opensource ubuntu.

Ada solusi lain nya gak dari sahabat blogger, karena saya masih setia dengan ubuntu. Kalau di haruskan selingkuh dengan windows secara terus-terusan sepertinya aku bakal nyerah deh.😥

30 Balasan ke Menghubungkan Modem di Ubuntu

  1. TUKANG CoLoNG mengatakan:

    aku make windows. jadi ga bisa bantu..sorry ya..

    Gak bisa bantu yang biasa😦

  2. yanuar catur mengatakan:

    aduh kang, aku kokk bingung yoo

    Bingung yang dipaksakan😆

  3. masyhury mengatakan:

    Waduh! Saya pake Huwawei di Ubuntu, lancar aja mas. Kadang langsung konect sendiri, kadang harus konect manual..
    Modemnya minta di ganti kali mas,,😀

    Jangan dong, ini baru aku ganti baru seminggu. Bisa juga aku gunakan di ubuntu dengan kartu starone tapi lemotya yang gak kuat😥

  4. Lidya mengatakan:

    sama seperti suami saya pak pakainya Ubuntu. kalau saya masih setia sama windows🙂

    Maunya aku kan memakai yang free dan halal. Kalau di windows bisa sih tapi ada rasa gak sreg😦

  5. joe mengatakan:

    wah kalau saya malah tidak menggunakan ubuntu pak, lebih suka pakai windows saja

    Maklum pak, aku belum bisa mengunakan windows yang original. Windows ku masih bajakan🙄

  6. Kakaakin mengatakan:

    Wah, saya juga gak ngerti untuk yang satu ini🙂

    Sama mbak, gak ngerti😆

  7. joko santoso mengatakan:

    saya juga masih pake windows sob, jadi nggak bisa kasih solusi

    :mrgreen: gak apa pak, yang penting silahturahmi tetap jalan😉

  8. Masbro mengatakan:

    Saya nggak punya solusi Mas (maaf), tapi pengen mampir dan berucap salam hangat..!

    Makasih masbroo, salam hangat kembali😉

  9. Cahya mengatakan:

    Wah…, saya ndak rekomendasikan venus, di Windows saja saya pernah kapok karena bermasalah, apalagi di Linux, ndak bisa membayangkan.

    Untungnya modem CDMA saya lancar saja di semua jenis Linux.

    Tapi rasanya ada yang bisa pakai modem ini di Linux/Ubuntu: http://nangdul56.blogspot.com/2011/02/venus-vt-80n-di-ubuntu-910.html

    Aku juga bisa menghubungkan modem ku dengan bantuan blog nya. Tapi masalah lemotnya yang gak bisa aku tahan. Btw, kalau di windows modem ini banyak mendapat jempol😦

  10. menone mengatakan:

    menone pki prolink nich sob hehehehehehehe….
    salam persahbatan dr MENONE

    😥 aku cuman dapat venus, prolink memang makyoss😛

  11. indobrad mengatakan:

    lama gak berkunjung kemari. provider apaan yg dipake, Mas? AHA bukan?! hehehe

    Pakai starone, AHAmasih dalam tahap percobaan😎

  12. yas mengatakan:

    Pernah dengar unbutu,tp tak pernah guna….

    Coba saja mas, free dan halal:mrgreen:

  13. M Mursyid PW mengatakan:

    Sy masih mendua hati. Kadang windows kadang linux, Mas.

    Saya sekarang dipaksa selingkuh pak😛

  14. aryna mengatakan:

    hmmm…nasib kita sama yah? setelah migrasi ke ubuntu koneksi internetku juga kaya siput. bikin tensi naik….tapi gak ada masalah soal pengaturannya. sekali disetting di ubuntu langsung online….

  15. marsudiyanto mengatakan:

    Saya pengin segera migrasi ke Ubuntu tapi kok belum bisa2 Mas…

    Kalau sudah pakai yang ori, ngapain ngapain pindah pak😕

  16. decrewz mengatakan:

    Jai teringin jugak nak guna ubuntu, tapi masih tak faham lagi.. Banyak nak kena belajar.. Best tak guna ubuntu?

    Tak papa lah, kalau tak bisa bantu.🙄

  17. holichaxor mengatakan:

    ane pake ubuntu bisa gan, setinggnya diedit pake perintah gedit /etc/wvdial.conf
    terus masukin seting parameternya, kalau sudah baru dijalankan dengan perintah wvdial nama setingnya di terminal

    Masalah ku adalah bisa konek tapi lemot. Apa ada hubungan nya dengan parameter “baud = 2304” karena modemku support sampai 2,4 Mbps. Ngawur saja karena binggung😕

  18. ratansolomj9 mengatakan:

    Soal ubuntu, saya samasekali masih buta mas … jadi, ya saya cuma ingin sambangi sampeyan saja🙂

    Salam

  19. auraman mengatakan:

    pernah nyoba sih dulu mas, dan hasilnya adalah berhasil tapi make vodafone langsung install dia karena support ^_^

  20. ysalma mengatakan:

    kalo saya masih benar2 buntu dengan linuk yang ubuntu itu Pak,, terbiasa dengan windows😦

  21. mamah Aline mengatakan:

    kalo ditanya soal ubuntu, saya nyerah deh🙂

  22. tunsa mengatakan:

    saya pengen banget blajar linux, tapi kalo mau bertanya tidak banyak org yg menguasai linux..gmn? hmm…

  23. mas-tony mengatakan:

    pake windows sajalah… masih belajar linux dan ubuntu

  24. bundamahes mengatakan:

    nggak ngerti yang beginian Om!😳

  25. dhe mengatakan:

    waaahh, 2thumbs deh untuk kamu mas.. hahahaha, dhe masih setia dengan windows yang hanya mampu digapai dengan versi bajakannya.. pengen sih pake linux juga, tapi masih ragu dan dilema.. dan masalah modem, dhe angkat tangan.. hehe (maap)

  26. Krisna Shop mengatakan:

    wah… saya kalo kerja juga pake ubuntu mas😛

    cuman ga pake modem:mrgreen:

    PS: udah bisa buka file word tanpa acak2an ga mas hehe…

  27. Nurul Imam mengatakan:

    Saya Juga menggunakan Ubuntu 10 Dan Modem SpeedUp 6200u CDMA 1X Dan Ternyata Ngga Ke Detect. Ada Solusi Pak ?

  28. Ucup mengatakan:

    Klo saya gk bisa dual booting, Mas.. Semuanya saya install Ubuntu..
    Kbetulan saya jg pke modem venus vt80n ini.. Biasany klo dari Ubuntu lngsung, cara saya seperti ini:
    – lsusb
    – sudo eject /dev/sr0
    – restart komputer
    – sudo wvdial ( krna saya pke wvdial, Mas😀 )

    Nah, modemnya udh bsa dpke, tpi msih ribet jg mnurut saya Mas.. Apakah ada yg lbih mudah lg..? Hmmm..

  29. xxx mengatakan:

    coba instal wine dulu gan

  30. bandsen mengatakan:

    pakai saja puppy linux

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

