Penyakitku Kambuh Lagi

Meskipun sudah ditahan dengan sekuat tenaga, tapi karena tenaga ini sudah terkuras habis saat beraktifitas kerja seharian jadinya tetap saja diriku kekurangan tenaga

Pernah merasakan sensasi kenikmatan tidur โ“ pasti semua menjawab dengan suara koor dan bulat PERNAH !!!. Tapi…. masih ada tapinya, pernah ada yang merasakan sensasi tidur sambil naik sepeda motor โ“ ๐Ÿ˜• . Yang ini pasti tidak semua bisa menjawab dengan suara keras. Namun saya mengakui dengan jujur, bahwa ini penyakit yang menderaku akhir-akhir ini. Bener koq, dan saya merasakan ini sesuatu yang tidak wajar lagi. Gawatnya lagi, hal ini tidak mengenal waktu. Baik saat pagi hari saat berangkat kerja maupun sore hari saat pulang kerja. ๐Ÿ˜ฆ

Wajarnya orang dalam mengendarai sepeda motor itu selalu berkonsentrasi dan fokus pada pandangan di depan. Dan ini pasti saya lakukan saat mengendarai sepeda motor. Namun saat mata ini berkonsentrasi dengan pandangan yang di depan, secara perlahan namun pasti kelopak mata ini redup dengan sendirinya ๐Ÿ˜ก . Bagaimana sensasinya, โ€ฆ. jangan di tanya dech. Karena yang keluar setelah mata redup dengan sendirinya adalah kemarahan pada diri sendiri yang disertai umpatan. Yang tetap tertujukan pada diri sendiri.

Dari beberapa artikel yang saya cari untuk mencari kambing hitamnya, ternyata ada beberapa sebab. Dan ini berujung dengan mengurangi aktifitas online ku di dunia maya ini. ๐Ÿ˜† Karena penyebab pertama adalah kurang tidur. Kedua, memiliki masalah dengan tidur. Ketiga, anemia. Keempat, gangguan saluran kemih. Kelima, diabetes dan terakhir karena peralihan jam kerja.

Dari semua penyebab (kambing hitam) itu, yang paling dominan adalah yang pertama, kurang tidur. Dalam sehari rata-rata waktu tidurku hanya 5 jam. Itupun tidak penuh betul. Karena aktifitas sehari-hariku selama ini selalu aku akhiri saat jarum jam diam di angka 00:30 dan sebelum subuh sudah aku awali hari baru dengan penuh semangat pagi. Siang hari, tidak pernah aku lalui dengan memejamkan mata.

Jadinya saat perjalanan pulang kembali sinyal redup ini menerjang mata ini. Meskipun sudah ditahan dengan sekuat tenaga, tapi karena tenaga ini sudah terkuras habis saat beraktifitas kerja seharian jadinya tetap saja diriku kekurangan tenaga ๐Ÿ˜†

biker ngantuk

Kalau sudah ngantuk dimanapun jadi

Akhirnya dengan sadar dan tidak ada paksaan serta tekanan dari pihak manapun, aku berusaha setiap malam rutin mengakhiri cerita harian pada jam 23:00 malam. Dengan harapan esok pagi bisa mengawali hari dengan kesegaran dan kebugaran agar tidak terserang redup kembali. Tapi ceritanya menjadi lain saat aktifitas online ku sudah dikurangi banyak (dengan jarangnya blogwalking dan nongkrong di warung blogger) namun hasilnya tetap saja tidak maksimal. Sensasi tidur di atas sadel sepeda motor ini tetap saya rasakan, kesal dan jengkel menjadi satu.

Adakan sahabat yang bisa memberi solusi ???

NB: Gambar saya ambil dari sini

22 Responses to Penyakitku Kambuh Lagi

  1. Mabruri Sirampog berkata:

    woww,, tidur saat mengendari motor pak???? luarrr biasaaaa…. ๐Ÿ˜€

    solusinya ya cukup waktu buat istirahat, sehari minimal katanya tidur harus 8 jam… ๐Ÿ˜€

  2. savitri berkata:

    lam kenal…
    kebanyakan makan kangkung mungkin.

  3. Mr.o2n berkata:

    Hanya satu saran saya mas/beli sekali2 liburan minimal seminggu sekali apalah artinya uang kalo tubuh ini di siksa dgn kita sendiri ๐Ÿ˜€

  4. MENONE berkata:

    waahhhh bahaya nich hahahhahahahaha………. mending diatas kasur az sob hehehehehehehhhee

    salam persahabatan selalu dr MENONE

  5. mamah Aline berkata:

    kurang tidur memang bisa bikin ngantuk setiap saat, mestinya menambah jam tidur di malam hari biar pergi kerja bisa fresh kang Sugeng, saya juga pernah begadang sampai jam 2 malam, dan efeknya ngantuk terus selama dua hari berturut-turut sampai sempat ketiduran di ruang rapat

  6. Mama Cal-Vin berkata:

    hehehe kalau bergerak sedikit langsung jatuh ya pak

  7. Agung Rangga berkata:

    waw, jaga kesehatan pak. ๐Ÿ˜ฎ
    dan, kalau di jalan terasa ngantuk, istirahat aja dulu sebentar, baru lanjutin perjalanannya. ๐Ÿ˜‰

  8. Masyhury berkata:

    Wah… banyak makan kangkung pak, biar gampang ngantuk.. ๐Ÿ™‚

  9. lylianathia berkata:

    Berbahaya sekali Mas Sugeng…
    Saya bukan pengendara motor…
    tapi mudah2an segera menemukan solusi supaya nggak bobo di motor lagi yah, Mas ๐Ÿ™‚

  10. Necky berkata:

    mas sugeng…saya menawarkan solusi dengan berolahraga. Literatur yang pernah saya baca menyatakan bahwa penyebab kantuk adalah kurangnya pasokan oksigen ke otak kita. Dengan berolahraga yang teratur (seminggu 3x minimal setengah jam aja) mudah2an bisa membantu kelancaran pasokan O2 ke otak. Sebenarnya waktu tidur 5 jam itu sudah cukup karena itu batas minimal orang tidur.

  11. purwanto berkata:

    saya juga mengalami hal yang serupa mas, sering kalau naik motor tiba-tiba kantuk tak tertahankan, biasanya saya langsung berhenti tarik nafas dalam dan memotivasi diri terutama organ mata dilarang ngantuk dulu kecuali sudah sampai tujuan….

  12. imadewira berkata:

    jujur saya cukup sering ngantuk sambil naik motor, saya sadar itu bahaya tapi ya mau gimana lagi.. tapi belakangan ini sudah mulai jarang.

  13. ibnu berkata:

    yang penting istirahat yang cukup pak

  14. jarwadi berkata:

    wah, setelah beberapa minggu lalu saya sakit, sekarang ini jadi mudah sekali mengantuk dan tertidur, jam 9 malam sudah mengantuk sangat, sangat tidak produktif, hehehe

  15. Ann berkata:

    Sama seperti pak Necky, mungkin perlu ditambah porsi olahraganya Mas.
    Atau dilatih biar ngalahin Deddy Corbuzier, mengendarai motor sambil tidur ๐Ÿ˜€

  16. masojrat berkata:

    ojo dipekso, yen ngantuk yo turu wae…… urip rak mung sak dermo nglakoni. monggo……

  17. Luqman berkata:

    Saya juga pernah mengalaminya…namun pas lagi di belakang alias bonceng….kayaknya ini karena sudah menjadi kebiasaan …Tips dari saya, gini. Kalau ini memang kebiasaan, caranya ialah dengan dipaksa….Jadi, selain berusaha lebih banyak waktu tidur, juga memaksa diri untuk tidak ngantuk…
    Semoga berhasil….:)

  18. numpang nyimak aja gan…..
    maap, ga bisa kasih solusi :p

  19. pakde sulas berkata:

    kalo pakde online biasanya dimulai pukul 19.30 dan diakhiri paling lambat pukul 21.30. mengapa?
    pertama, untuk jaga stamina
    kedua, pakde punya penyakit hypertensi , bila begadang pasti kambuh
    ketiga, pakde pemarah, kalo kurang tidur pakde suka marah-marah atau mudah marah, kasihan dong kalo orang kagak slah dimarahi pakde

  20. Rangga berkata:

    saya juga suka kurang tidur pak *Curhat* hati-hati pak kalau ngantuk bahaya. saran saya sih memang sepertinya bapak kekurangan asupan oksigen ke otak akibat kurang tidur dan sebagainya. tidak ada cara lain selain olah raga di pagi hari. semoga menemukan waktu luang untuk blogwalking … eh .. olah raga ๐Ÿ˜†

  21. bintangtimur berkata:

    Rasanya obat ngantuk itu memang tidur deh…apalagi kalau ngantuk berat saat mengemudikan kendaraan, wah, bisa bahaya…jadi, selamat istirahat dengan cukup ya!

  22. Ikkyu_san berkata:

    waduh mas Sugeng, aku kelewatan baca ini… cukup parah ya. Aku sarankan jangan minum kopi/teh mulai sore hari (bagus kalau bisa tidak minum kopi atau teh seharian). Saya dulu sering insomnia, tapi wkatu aku tidak minum kopi, bisa tidur enak dan lebih panjang. Kalau coba kopi/teh dan olahraga tidak smebuh juga, mending ke dokter aja mas… siapa tau ada yang lain

    EM

    Bagiku kopi / teh itu hanya bereaksi saat di minum bu, reaksinya ngantuknya hilang. Tapi kalau sudah tidak minum lagi, ya tetap saja ngantuk lagi :mrgreen:

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

