Kontesnya Sahabat

….. tidak bisa memaksa ide untuk keluar dari persembunyian nya …….

Menulis itu mudah, benarkah begitu ❓ . Kalau pertanyaan ini ditujukan kepada komunitas di warung blogger jawaban nya pasti akan serempak bilang “Tidakkkkk…. !!”. Namun bila pertayaan ini di berikan kepada orang lain yang jarang berhubungan dengan tulis menulis, tentunya dan pasti jawabannya akan bilang “Susah bo ..!!”. Tetapi kalau komunitas warung blogger diberikan waktu sekian jam untuk merampungkan satu tulisan dengan tema tertentu dan harus di publish sekian jam dari sekarang, tentunya tidak semua komunitas warung blogger bisa melakukannya.

Dan yang tidak bisa melakukan tulisan yang kejar tayang seperti itu, salah satunya yang termasuk di dalam kelompok itu adalah diri ini. 😆  Memang harus diri ini akui bahwa kesenangan membuat tulisan seperti disini hanya secara kebetulan saja. Karena dari dulu diri ini memang senang corat-coret (di media lain) tulisan yang tidak layak jual. Namun karena senang saja (hobi) yang membuat diri ini tetap bertahan dengan tulisan amburadul ini. Hanya untuk menghilangkan kepenatan setelah seharian berjibaku dengan deru dan debu. 😆

Padahal kalau di lihat dari kesibukan ku sehari-hari, banyak yang tidak percaya kalau saya memang bisa menulis ngawur seperti ini. Karena memang sehari-hariku tidak ada kesempatan untuk bisa fokus pada satu topik. Pernah sekali waktu saya mencoba mengisi waktu istirahat kerja di kantor untuk berselancar di dunia maya ini. Dan ada tawaran kontes menulis (lupa dari siapa) dengan tema tertentu. Tanpa menunggu waktu berganti malam (karena diri ini bisa menulis memang saat malam hari, saat mau berangkat tidur dan semua keluargaku sudah pada tidur) langsung saja aku menggerak-gerakan jari jemari untuk membuat tulisan.

Namun apa jadinya, hasilnya tidak sampai selesai ide itu tertulis (mungkin cuma 1/16 bagian) menguap hilang entah kemana bersama hilangnya keringatku setelah berkatifitas yang menguras tenaga. Setelah saya teliti lagi, ternyata tulisan itu tidak jadi karena banyak yang kosong tidak terisi 😆 intinya diri ini sangat tidak bisa untuk membuat tulisan yang mateng hanya dalam hitungan menit (kalau membuat nasi goreng mateng, bisa). Biasanya tulisan yang belum jadi saya simpan di open ofiice dan itu bisa memakan waktu beberapa hari sampai tamat.

Jadi berbahagialah bagi sahabat blogger semua yang bisa mengikuti kontes yang kejar tayang. Saya sendiri, bukan tidak mau mengikuti kontes-kotesan semacam itu namun karena memang tidak bisa memaksa ide untuk keluar dari persembunyian nya hanya dalam waktu sekian jam. Tapi pernah juga sebuah tulisan bisa rampungkan hanya dalam hitungan jam dan bisa langsung di upload di blog. Namun itu terjadi 1 diantara 50 tulisan ku. 😳

Dan sekarang lagi musim kontes dari blog sahabat dengan banyak tema dan keyword tertentu. Maksud hati pingin juga ikut namun apa daya jari tangan ini tidak bisa menulis cepat. alasan saja, padahal tidak ada ide untuk menulis.

Iklan

26 Balasan ke Kontesnya Sahabat

  1. Adi Nugroho berkata:

    hehehe aku 1jam bisa buat 1fiksi pak =) itu pun ngetik via hape.. Heheh, kebiasaan batle fiksi sama teman, jadi terbiasa berpikir cepat..

  2. bundamahes berkata:

    hehehe… sama donk kita Om! 😀

  3. monda berkata:

    kalau ikut kontes2an itu biasanya baru saat2 terakhir diselesaikan pak…idenya mah udah disimpan lama

    kalau yang kontes ala pak de itu biasanya karena kebetulan pas lagi punya ide yang sama jadi bisa ikutan..

  4. tunsa berkata:

    hehe …saya juga tak pandai nulis. makanya tak prnh ikut lomba.

  5. Irfan Handi berkata:

    saya baru belajar nulis Om. sama kaya Om tunsa.
    Salam kenal.

  6. nia/mama ina berkata:

    dicoba om…pasti bisa koq….tanggal 2 okt ada kontes “batik-kan harimu” lochh…woro-woronya ada di bolgnya orin…bisa cari ide dr sekarang om…kalo dah dapat langsung tulis di postingan terjadwal utk tgl 2…itung2 latihan om…kalo dah sekali ikutan kontes biasanya nyandu hehehe….

  7. Lidya berkata:

    kalau saya lagi ga mood ikutan pak, drop banget nih 😦

  8. Orin berkata:

    Heheheh…kadang ide emang ga bisa dipaksakan ya Om… 😀

  9. mechta berkata:

    betul..ide memang tak bisa dipaksakan…tapi seringkali kontes semacam itu justru menjadi pemecah kebuntuan ide..hehe…

  10. Mabruri Sirampog berkata:

    kadang perlu juga dipaksakan pak biar bisa keluar idenya.. 😀

  11. Asop berkata:

    Hehe, ketik saja dulu poin-poin kerangkanya, Mas. 🙂

  12. pakde sulas berkata:

    ketik, ketik, dan ketik jadi deh sebuah kata,kalimat, dan terangkai menjadi sebuah cerita ato tulisan, entah bermutu atau tidak.
    ada sebagian orang yang suka dengan tulisan yang kejar tayang, karena dia sangat menikmati deg deg an-nya

  13. Citro berkata:

    saya juga sangat sulit kalau harus kejar tayang, tapi kadang kalau asal nulis ngawur dalam sehari bisa 4 posting update

    he.. he… tapi asal saja tidak fokus pada topik tertentu, apalagi topik yang itu

    salam dari pamekasan madura

  14. alamendah berkata:

    Saya sering kali juga harus angkat tangan saat ada beberapa sahabat yang menggelar kontes menulis. Pengennya ikutan tetapi apa daya ide dan kreatifitas kadang tidak mumpuni. Apalagi dengan blog yang isinya dipatok gak boleh melenceng terlalu jauh dari tema yang telah saya tetapkan sebelumnya.

  15. sakti berkata:

    justru itu…..

  16. Kaget berkata:

    Saya ngga pernah ikutan kontes kejar tayang. Apapun tulisannya harus melalui editing yang pas, jadi memang ditujukan untuk memuaskan 🙂

  17. Mas Jier berkata:

    perlu tirakat dulu cari wangsit untuk mendapatkan ide yang segar. Tapi memang benar semua tidak bisa dipaksakan.

  18. Sofyan berkata:

    hehehe,,saya juga orang yang bukan ahli nulis secaa cepat dan tepat lo Om,,tapi berusaha menulis apa adanya hehehe

    Salam….

  19. lovetiffa berkata:

    perlu diasah dan dilatih biar ide bs muncul cepat

  20. Dhenok berkata:

    hehe, kalo dhe mah mengalir saja om.. pas dapat idenya, langsung tulis.. nah itu kadang nunggu idenya muncul bisa berhari-hari.. pas udah muncul ide, nulisnya yang susah.. hahahaha, tapi ahamdulillah sampai sekarang masih bisa meramaikan.. 😀

  21. muamdisini berkata:

    aih…pak sugeng gak sendiri kok….
    saya juga kalo ngeblog itu juga palingan malam, dan yang namanya posting gak bisa dalam waktu singkat (kecuali kalau sedang galau, aneh yah?….hehehehe)
    tapi begitulah pak… yang penting ada yang ditulis daripada tidak sama sekali… hehehehe…
    keep posting pak, dan tetap memberikan semangat untuk para sahabat….
    salam

  22. rawins berkata:

    wah, aku ga pernah sempat ikutan kontes
    kebiasaan nulis ngaco ternyata susah kalo disuruh nulis berdasarkan tema
    yoweslah apa adanya saja…

  23. Imelda berkata:

    ah, aku juga tidak bisa. Tergantung kontes apa dulu, apa tema dan keywordnya. Kadang meskipun bisa, fakta pendukungnya sulit dicari (semisal foto) dan aku biasanya tidak mau menampilkan tulisan yang setengah-setengah. Memang seharusnya begitu ada ide langsung tulis, sehingga tidak menguap ide itu

    Yang penting keep blogging. Tujuan utama kita itu apa? Blogging atau kontes? Aku paling benci orang yang RAJIN IKUT KONTES< tapi tidak konsisten menulis di blog nya 🙂 (berarti dia itu bukan blogger tapi kontestan 🙂

    Tapi saya salut dengan peserta kontes Aduk nya pakdhe yang dengan sigap menulis lengkap dengan fotonya.

    Ada juga blogger kontestan to 😕

  24. r10 berkata:

    makanya saya ga suka ikutan kontes krn tidak sanggup melawan deadline :mrgreen:

    menulis saja saya masih suka terburu-buru klik publish 😦

  25. HALAMAN PUTIH berkata:

    Saya juga gak ikut kontes pak, karena termasuk tipe yang suka2 nulis tanpa tema yang harus ditentukan.

    Tapi pesan tulisan bisa juga kan 😛

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: