Batikkan Harimu ! Kendala Dalam Me-rajakan Batik Indonesia

Sekiranya warisan budaya ini hilang dari keberagaam budaya Indonesia karena telah di klaim negara lain, kita tidak bisa berbuat apa-apa selain hanya dengan menyesal 

Semenjak presiden SBY mencanangkan hari batik pada tanggal 2 oktober dan badan dunia Unesco menetapkan batik sebagai warisan budaya, semenjak itu batik seperti mendapat tempat di masyarakat Indonesia. Padahal sebelum-sebelumnya, batik hanya sebagai baju tradisional. Meskipun banyak di daerah di Indonesia mempunyai ciri khas batik sendiri, tapi tetap saja batik tidak terlalu mendapat tempat dalam bisnis tekstil di negeri ini.

Namun semenjak mendapat pengakuan dari Unesco, pamor dari batik sedikit terangkat. Tidak cuma digunakan di lingkungan keluarga keraton dan sekitarnya (masyarakat tradisional) namun sudah mendapat tempat di kalangan menengah ke atas. Apalagi semenjak diakui pemerintah RI dengan menetapkan setiap tanggal 2 Oktober sebagai hari batik nasional. Pamor itu semakin kuat dan ditambah lagi dengan sambutan positif dari pengusaha dengan menetapkan setiap hari jum’at sebagai hari (mengunakan seragam) batik.

Dengan sambutan positif ini semakin mengairahkan iklim usaha di bidang per-batik an di tanah air. Semakin laku dan banyak digunakan oleh orang banyak, otomatis di baca pasar sebagai obyek yang berpotensi menghasilkan duit. Demikian juga dengan batik. Semenjak mendapat hati di masyarakat luas Indonesia, usaha batik (dilihat dari kaca mata marketing) semakin mengairahkan iklim usaha. Dan cara-cara untuk mendapat untung sebanyak-banyaknya lewat batik mulai di gunakan asal kantong pribadi bisa cepat tebal. Tanpa memperhatikan banyak orang yang terpukul dengan jalan curangnya (menyelundupkan TPT batik).

Ya benar, semakin batik berjaya di negeri ini semakin saja para pengusaha (pengerajin dan orang2 yang berkecimpung dengan) batik tertindas dengan masuknya batik dari luar negeri khusunya China. Tepatnya sekarang banyak tekstil dan produk tekstil dalam negeri yang sudah kalah dengan tekstil dan produk tekstil dari negeri tirai bambu itu. Salah satunya produk tekstil itu adalah baju batik.

Itu masih dari segi industri dan marketing, kita sudah banyak teriak-teriak kalah dengan produk bertipe dan berkategori yang sama dari luar negeri. Ini ancaman yang sangat serius bagi kita . Selain sekarang ada lagi satu ketakutan mayarakat indonesia tentang batik, yaitu masalah hak cipta. Karena seperti yang kita ketahui, bahwa batik meski sudah diakui secara aklamasi merupakan warisan budaya asli dari Indonesia tapi negeri jiran kita (Malaysia) juga mengklaim bahwa batik juga merupakan warisan budayanya.

Dan dalam memperingati hari batik nasional yang jatuh tepat hari ini, sudah semestinya kita tetap bangga dengan warisan budaya yang telah mendunia ini. Meskipun masih banyak kendala yang mengancam keberadaan batik Indonesia. Salah satu cara adalah dengan mencintai batik sebagai busana kebesaran kita dalam segala aktifitas resmi. Dan tidak hanya saat hari Jum’at saja kita berbatik namun juga saat diluar hari Jum’at itu kita bisa berbatik dengan bangga. Seperti yang telah diri ini lakukan pada beberapa tahun yang silam saat ada sesi pemotretan (pepanjangan SIM).

SIM baru ku memakai Batik

Sekiranya warisan budaya ini hilang dari keberagaam budaya Indonesia karena telah di klaim negara lain, kita tidak bisa berbuat apa-apa selain hanya dengan menyesal karena memang tidak pernah cinta pada warisan budaya itu. Semoga saja dengan di berlakukan hari batik nasional ini, kita semua bisa lebih mencintai batik melebihi mencintai busana produk dari luar negeri. Karena langkah itu yang bisa kita lakukan untuk menunjukan pada dunia bahwa ini adalah warisan budaya dari Indonesia.

Bagaimana, mau berpartisipasi dalam mempertahankan batik sebagai warisan budaya kita❓ Ayo mari kita batikkan hari-harimu !!

NB : Postingan ini diikutsertakan dalam Kontes Batikkan Harimu yang diselenggarakan Nia, Puteri dan Orin

34 Balasan ke Batikkan Harimu ! Kendala Dalam Me-rajakan Batik Indonesia

  1. monda mengatakan:

    akhrinya mas Sugeng ikut ngontes….
    setuju ..kapanpun pakai produk negeri sendiri… batik dan aneka kriya hasil karya dalam negeri cantik2 dan mutupun semakin meningkat … jadi …tunggu apalagi//

    Ups jadi malu nih bu😳 sekedar memenuhi hajatan sahabat saja koq.

  2. Citromduro mengatakan:

    saya belum mbatik pak sugeng
    selamat dech dan sukses batik indonesia yang beraneka ragam motif

    salam dari pamekasan madura

    Gak usah membatik sendiri pak, tinggal beli saja di pasar klewer Solo😆

  3. Wong cilik mengatakan:

    Hidup batik Indonesia …🙂

    Salam hangat pk Sugeng …

    Hidup !! Merdeka !!😎

  4. yunie mengatakan:

    Aku juga suka sekali Batik… ntar klo pas perpanjangan SIM ikutan pake batik aja deh kayak Bapak sugeng😀 soale d kantor juga harus pake batik sich d luar seragam dinas:mrgreen:

    ewujudkan batikers sejati😛

  5. LIdya mengatakan:

    coba komen lagi ah, susah sekali pak dari subuh🙂

    Kesalahan bukan pada blog tapi pada layanan internet anda😆

  6. riez mengatakan:

    Coretan indah dalam kain

    Bukan kain tapi gombal:mrgreen:

  7. Workshop Bisnis Online. Malang, 29-30 Oktober 2011. Peserta terbatas 30 orang. Tempat LAB Statistik FE UIN Malang.

    Materi UTAMA : Membangun TOKO ONLINE, Riset PRODUK, Teknik JITU Promosi dan Marketing INTERNET. Materi TAMBAHAN : Optimasi Blackberry+Facebook+Twitter Untuk BISNIS Online.

    Garansi 1 BULAN Jualan.

    Info Lengkap: http://www.GuruBisnisOnline.com | PIN BB 2310BF87 | 0856 4960 8915.

    Hm ………..😦

  8. bundadontworry mengatakan:

    asik, kayaknya makin banyak nih yg meramaikan acara batik nya Nia , Puteri dan Orin

    semoga sukses di acara ini ya Mas Sugeng
    salam

    Makasih Bunda, sukses memakai baju batik😆

  9. lozz akbar mengatakan:

    bener cak, jangan sampai nunggu ada yang ngaku batik milik mereka baru kita mau makai batik.. cintai dari sekarang dan tanamkan pada anak-anak kita jika memakai batik itu adalah sebuah kebanggaan

    Sip ….. dan saya bangga memakai batik pada foto SIM ku😆

  10. nia/mama ina mengatakan:

    Mas Sugeng terimakasih atas partisipasinya yachh….wah pas fotonya pake batik yachhh…..bagus juga……

    iya bener mas, sejak ada batik china….produk batik kita agak tersisihkan di pasaran karena harga batik china lebih murah….

    Iya mbak, batik china mengelontor kita dengan harga murah. Dan ini banyak mempengaruhi para pengemar batik tanah air😦

  11. alkahfi77 mengatakan:

    byk bener y yg ikut ngontes batik kan harimu,, ampe poto di sim pun masuk,,salam sahabat

    He… he… he…. foto itu saat aku posting tulisan di tanggal yang sama 2 tahun lalu😆

  12. muamdisini mengatakan:

    setujuh pak sugeng…
    pake batik di setiap kesempatan yah….

    Pokoknya cinta batik. Titik !!😎

  13. arie fabian mengatakan:

    Memang harus kita yang bangga kepada budaya kita. Ayo maju Indonesia …

    Kalau bukan kita, siapa lagi🙄

  14. Akmal mengatakan:

    jadi pengen beli batik baru nih..😀

  15. Cyber Katrox mengatakan:

    Dengan mengenakan batik, berarti kita sudah ikut melestarikan budaya bangsa Indonesia.

  16. Puteriamirillis mengatakan:

    wah sim baru pun bebatik ya pak sugeng
    makasih ya pak udah ikutan batikkan harimu

    Sang empunya hajat sudah ngecek ke TKP :arow:

  17. maminx mengatakan:

    mantap pake batik di foto nya. itu maksudnya apa ya mas di lingkari merah? tanggal 2 gitu ya?

    moga sukses kontes nya

    He…. he…. he…. maksudnya, foto itu lampiran pada postinganku pas tanggal 2 Oktober tahun 2009 pas hari batik. Aku perpanjang SIM dengan batik😆

  18. Orin mengatakan:

    Wah…jadi terinspirasi untuk berbatik ria saat berfoto untuk SIM nih Pak😉

  19. Kakaakin mengatakan:

    Batik memang membuat penampilan lebih keren ya, Pak.
    Btw, ketahuan deh, Pak Sugeng telat memperpanjang SIM-nya, hehe…

  20. .:: setiaONEbudhi ::. mengatakan:

    om sugeng makin ciamik kalo pake batik..
    Hehehehe

  21. pakaian indonesia mengatakan:

    semoga sukses ya..

  22. bintangtimur mengatakan:

    Ayo…ayo…saya juga salah satu pencinta batik, kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikan warisan budaya Indonesia ini…
    Selamat ikut lomba ya!

  23. Nurul Imam mengatakan:

    Kebetulan saya juga mau perpanjang KTP, Ganti foto pake Batik ah … hehehhe

  24. Asop mengatakan:

    Wah saya harus meniru ini. Foto SIM atau KTP pakai batik.😀

  25. niee mengatakan:

    Sebenernya batik itu banyak macamnya, di Malaysia juga ada batik, mungkin namanya batik Malaysia. Tapi tetep yang paling bagus menurut aku itu batik Indonesia deh..

    Kalau kontribusi aku? Hmm,, gak tahu juga deh, gak punya batik selain untuk seragam kantor. Lagian pemerintah di kota aku juga udah mengganti batik dengan kain khas kota disini, jadi mulai tahun depan mungkin aku gak lagi pake batik ke kantor..

  26. Dhenok Habibie mengatakan:

    pas banget yaa om, bisa perpanjang SIM pas hari batik, jadi bisa pamer batik sekalian..

  27. edublog2010 mengatakan:

    pak presiden baru bisa ngurusin yg beginian. gak berani bersikap ama malaysia, gak berani tegas ama koruptor. padahal rakyat dukung banget. contohnya pak harjo. bela2in bikin ka te pe berbatik. keren kan. mestinya presiden tahu tuh kemauan rakyatnya

  28. ysalma mengatakan:

    Mari cinta batik,
    sukses kontesnya ya Pak.

  29. sitekno mengatakan:

    Salam kenal Mas SUgeng,
    Sy selalu pake batik kalu menghadiri kegiatan2 sakral, sprt; ke udangan hjatan, dll.
    Batik memang keren.🙂

    Salam hangat!

  30. tunsa mengatakan:

    hihi..meski di SIM tetep eksis, hehe

  31. iiNgreeN mengatakan:

    wah, kayanya perlu diwajibkan di setiap kelurahan yang buat E-KTP .. fotonya wajib pakai Batik..🙂

  32. iffa hoet mengatakan:

    ide bagus, foto SIM n KTP pake batik…bisa jadi ciri khas Indonesia tuh kayaknya. Pantent pula…..seeppp!!

    Moga sukses ya kontesnya..

  33. iffa hoet mengatakan:

    ralat:
    patent maksudnya xixixi… *kabuuuur…….

    Sebelum kabur, tak cegat di depat pintu😆

  34. aqila mengatakan:

    budaya kan batik di diri sendiri jangan sampai orang asing menbudayakan kebudayaan kita, sudah banya asset kita hilang dan di kabur ke negara asing Ex Rumah2 joglo jawa sudah sampai di negara lain.

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: