Manggis Dan Rambutan

Kemarin saat arisan keluarga diri ini ketemu teman dan ada obrolan yang ganyeng antara kami. Maklum saja teman ini sudah beberapa bulan tidak ketemu, karena kami disibukan dengan pekerjaan masing2 terutama diri ini. Mestinya kami rutin ketemu setiap bulan tapi karena diri ini jarang hadir dalam acara arisan yang sering kami lakukan (arisan keluarga yang rutin kami adakan setiap bulan sekali) maka pas ketemu selalu saja ada obrolan yang menarik. Kadang malu juga kalau sampai beberapa bulan tidak hadir dalam arisan keluarga itu, ya namanya keluarga mestinya rutin ketemunya 😆 .

Dan yang menarik dalam obrolan itu, ada permainan masa kecilku yang sekarang jadi trend dalam pengobatan alternatif. Pernah mencoba permainan dari kulit manggis untuk dikentalkan dan dijadikan semacam agar-agar ?!? saya yakin banyak sahabat blogger yang ada sekarang ini tidak menggenal permainan ndeso ini kecuali blogger generasi senja semacam pak Mars, pakdhe Sulas dan pakdhe Cholik 😆 . Dan katanya trend sekarang ini kulit manggis yang sering diri ini gunakan sebagai mainan masa kecil, sekarang baru ditemukan manfaat besar dibalik kulitnya yang tebal dan meninggalkan bekas warna merah ini.

Sesampai dirumah, langsung mbah google menjadi sumber rasa penasaranku. Dan ternyata dari banyak sumber yang ada di dunia maya ini memang ada kandungan antiproliferasi dalam kulit manggis yang berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan kanker dan bersifat apotesis. Yaitu sebagai penghancur sel kanker. Juga ada xanthone yang mampu merawat beberapa jenis kanker dan ampuh mengatantiradanasi penyakit tuberkulosis (TBC), asma, leukimia, antiinflamsi dan g.

Sempat kaget dengan kandungan yang sedemikian banyak dari buah manggis. Tidak hanya daging buahnya saja yang bergizi namun kulitnya yang banyak orang tidak mau melirik (juga memakannya) ternyata begitu banyak manfaat yang ada. Ada yang mau gak makan kulit manggis ❓ tenntunya harus diolah dulu baru bisa enak kita konsumsi.

Buah rambutan, ……. siapa yang tidak menggenal buah yang satu ini 😕 karena selain banyak mengandung karbohidrat, protein, lemak, fosfor, kalsium dan vitamin C kulit buahnya juga mengandung tanin dan saponin. Bijinya yang selama ini tidak pernah saya hiraukan akan keberadaan dan manfaatnya ternyata juga mengandung lemak dan polifnol. Dan daunnya mengandung tannin dan saponin.

Buah ini juga menjadi topik obralan kami yang lain. Sampai dikatakan oleh teman bahwa kalau makan rambutan bijinya tidak pernah dibuang. Selalu saja dikonsumsi bersamaan dengan daging buahnya. Wah ini ada yang surprise (baca : aneh) lagi nih (tapi kalau biji kedondong mau gak ya dikonsumsi ❓ )

Dan kandungan buah rambutan yang seperti diri ini tulis diatas memang didapat dari beberapa sumber di dunia maya ini. Mumpung sekarang masih musim buah manggis dan rambutan, ada yang mau mencoba gak 😆 ❓

@@Happy Holyday bagi yang melakukan dan merayakan ^_^

Iklan

17 Balasan ke Manggis Dan Rambutan

  1. bayuputra berkata:

    wah kebetulan sekali pak … di tempat saya lagi musim buah rambutan … dan buah manggis … kalau kecil dulu saya suka tebak-tebak buah manggis.

  2. Cahya berkata:

    Di Jogja sedang musim rambutan, berserakan di mana-mana :).

  3. Sofyan berkata:

    Baru tau kalau kulit pada buah manggis sertabuah rambutan banyak manfaatnya, kalau ditempat saya biji rambutan di bakar n rasanya lebih mantep Mas…

    Salam

  4. Lidya berkata:

    mauuu pak 🙂 manggis enak

  5. Saipuddin berkata:

    Wahh saya baru tahu permainan dari kulit manggis. Happy Holiday 😀

  6. nophakartika berkata:

    hmmmmm manggis dan rambutan favorit ku huhuhu….
    untungnya di kampung halaman saya ada pohon manggis dan rambutan so gx susah susah kalo lagi musim tinggal petik aja hehehe 😀

  7. budiastawa berkata:

    Ini aku lagi makan manggis. Manggis yang mangis (mulut masih ngulum manggis). Tapi makannya nggak sama rambutan, tapi sama durian. Soalnya sekarang lagi musim duren juga lho :mrgreen:

  8. sunarno2010 berkata:

    kalau permainan semacam itu saya tidak mengenalnya, karena memang manggis termasuk jenis yang tak ada di daerah kami

  9. Ilham berkata:

    hah? biji rambutan dimakan? 😕
    kalo wktu masih kecil dulu saya suka bikin telor-teloran dari rambutan. dengan dikupas tapi kulit arinya yang putih itu jangan sampai ikut terkupas. hehhe.

  10. MENONE berkata:

    manggis????? gmn tuch sob…jjr ga pernah nich bikin hehehehehe

    Salam persahabatan selalu dr MENONE

  11. Evi berkata:

    Saya di Tangerang saat ini sedang dilimpahi manggis dan rambutan. Selain rasaya enak ternyata manggis kaya khasiat ya Pak. Dan apakah saya genarasi pendahalu (rasanya iya :)) tapi kok dulu tak main kulit manggis di jadikan agar-agar yah..:)

  12. marsudiyanto.net berkata:

    Buah Manggis Buah Rambutan
    Yang Hitam Manis Jadi Rebutan

  13. amisha syahidah berkata:

    waaah klo bapak2 arisan ceritanya bagus ya..coba kalo ibu2 yang arisan? yang diceritain apa ya? hehehe
    makasih ya pak infox, sy baru tau kalo kulit manggis n biji rambutan itu ternyata bermanfaat..

  14. Necky berkata:

    manggis itu buah yang fenomenal mas….sampai ada lagu yang berlirik “tebak-tebak buah manggis” di tahun 80an…. inget ga hayo?

  15. jarwadi berkata:

    di desa tetangga saya, buah rambutan berserakan …. 🙂 tidak mengira kalau buah buahan lokal seperti itu mempunya kandungan alam yang beragam 😀

  16. Phie berkata:

    dan dengar-dengar info nih, Pak..
    kulit manggis juga digunakan untuk pewarna tekstil.

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: