Jaringan Evdo Menjangkau Rumahku

Dalam mengarungi dunia maya yang tanpa batas ini, kita memang diharuskan untuk melengkapi diri dengan perangkat yang memang mampu untuk itu. Laptop ataupun PC menjadi senjata utamanya. Meskipun sekarang perangkat gadget yang support untuk aktivitas itu sudah menyebar ke semua kalangan. Baik gadget yang berupa HP yang smart ataupun perangkat semacam iphone ataupun ipad tapi yang namanya koneksi tetap menjadi prioritas utama. Percuma juga kalau gadget canggih tapi koneksinya abal-abal dan seperti siput yang kakinya pincang. Lemottt…… ke laut aja lu !!😆

Tidak memungkiri diri ini juga kepingin mempunyai koneksi yang super ampuh dalam mengarungi belantara dunia maya ini. Meski keberadaan titik aksesku jauh dari kota besar namun setiap ada cerita di warung tentang koneksi yang makyooss baik di jaringan GSM ataupun CDMA diri ini langsung ngiler. Apalagi ada tawaran ngenet gratis, langsung tanpa pikir panjang lagi diri ini bersiap meluncur menuju ke TKP. Namun sayang tawaran ngenet gratis 24 jam sehari, 7 hari seminggu yang ditawarkan kepadaku dari seorang sahabat dengan fasilitas wuzz….wuzz….. itu, lokasinya nun jauh disana. Diri ini gak tahu apakah kalau naik sepeda onthel bisa sampai di depan pintu gerbang warnet itu❓😆

Oleh karena itu, terpaksa ke-ngileranku ini aku wujudkan dengan keinginan yang kuat agar bisa mendapatkan koneksi yang maskyus. Berbekal modem yang selalu menemani saat jalan-jalan ke dunia maya ini, diri ini hunting kartu CDMA yang katanya bisa membuat sang pengendara nya ngebut dan harus memakai helm😆 Smartfren. Hunting di websitenya ternyata lokasiku tercoverage oleh jaringan nya. Dan yang lebih memikat lagi, hampir semua daerah di Bali ini sudah tercoverage oleh kartu ini.

Dan tanpa rasa curiga sedikitpun diri ini mencoba kengebutan nya. Dengan modal awal 5000 langsung saja registrasi via SMS Data unl1 ke 123. Dapat notifikasi bahwa layanan data telah siap digunakan. Langsung tancap, speed tidak terlalu lemot dan tidak terlalu ngebut seperti yang di iklankan. Yang jelas secara performace sudah lumayan namun ada yang membuat ragu adalah sinyal di dashborad hanya 2 bar. Dan itu tidak bisa lebih meskipun modemnya diri ini sedikit perkosa kemampuan nya. Dari sekedar ngikat dengan kawat ataupun yang digantung. Sinyalnya sama saja.

Ngantung Modemku

Segala macam cara dilakukan untuk mencapai yang terbaik termasuk dengan cara menggantung seperti ini

Meskipun begitu tetap saja koneksi ini saya ujicoba paksa dengan kondisi yang demikian. Hasil ujicobaku ternyata lumayan secara performace (ya gimana gak OK dibanding layanan yang selama ini aku gunakan, harga terpaut 2 kali lipat). Tapi ada yang membuatku gak sreg, yaitu modemnya super panas. Dan saat dibuka kartu SIM nya ternyata sampai melengkung. Tentunya bisa dibayangkan, kartu SIM telepon bisa melengkung seperti ini tentunya terpapar sumber panas yang lumayan. Kalau sekedar anget-anget tai ayam sih gak bakalan bisa bengkok.😆

SIM bengkok kepanasan

Setelah dipaksa ternyata modemku panas dan kartunya bengkok

Akhirnya tidak mau berhubungan lagi dengan operator layanan ini. Dan saat browsing lagi, ketemu tulisan yang menginformasikan bahwa di wailayahku sudah tercover **exi evdo. Sedikit gak yakin kalau di tempatku sudah ada jaringan evdo, karena yang saya tahu hanya beberapa kota besar saja yang dimanjakan dengan layanan ini. Tapi patut dicoba juga sih. Selanjutnya tanpa ragu diri ini melangkah di plasa cellular yang menjadi mitra tel*** di daerah Tabanan. Sebuah stater pack **exi evdo langsung diri ini ambil setelah sedikit berbasa-basi menanyakan jangkauan signal evdo **exi untuk wilayah Tabanan. Ternyata BTS nya tidak sampai 1 Km dari titik dimana diri ini biasa menjangkau dunia.

Mencoba pertama, koq signal cuma 1-2 dan sangat tidak stabil. Walah koq begini sih, tapi selalu saja ada akal untuk menyiasati kendala. Dengan sangat terpaksa modemnya diikat sambil digantung di tempat yang agak tinggi. Cuma ngikat asal dengan kawat dan digantung di atas PC. Hasilnya tidak terlalu mengecewakan karena nambah satu bar dan manteng tidai turun naik lagi di bar ketiga. Dan saat diri ini coba speednya lewat speedtest hasilnya lumayan jauh dari speed provider yang sering aku gunakan. Karena senang dengan speed yang hampir tanpa buffering ini, akhirnya semua film yang ada di youtube yang bisa diri ini sudah aku lihat.

Speed pada tengah malam dengan server jakarta

Speed dengan server luar negeri

Padahal speed segini bagi sebagian teman mungkin sudah biasa, karena memang speednya sangat mumpuni. Namun diri ini masih sangat bersyukur diberi kesempatan untuk menikmati kecanggihan tekhnologi karena masih banyak teman dan sahabat di dunia lain tempat lain yang harus menjadi orang yang penyabar demi menikmati tekhnologi.

speed mumpuni makyoss

Speed dari tanah seberang yang makyoss

Bagaimana rasanya kalau menikmati speed yang seperti diatas, tentunya akan sangat menyenangkan. Dan diri ini berharap suatu saat namu Indonesiaku juga bisa menggelar layanan yang makyuss seperti ini.

34 Balasan ke Jaringan Evdo Menjangkau Rumahku

  1. nique mengatakan:

    hahahaha …
    kasian itu mas sampai digantung kayak gitu xixixi
    ya ya ya membaca hal2 seperti ini membuat saya harus banyak bersyukur yah hehehe

    selamat berjuang deh!

  2. apikecil mengatakan:

    Wah, sampek diiket iket gitu ya Mas?
    hehehehe…

  3. alamendah mengatakan:

    Nasipnya hampir sama dengan saya yang juga tinggal dipelosok desa. Gonta-ganti provider hanya untuk mendapatkan koneksi yang lancar.

  4. marsudiyanto mengatakan:

    Saya termasuk beruntung karena koneksi dirumah maupun ditempat kerja sama cepetnya…
    Saya nggak pernah mempedulikan kecepatan. Yang saya jadikan ukuran cuman dua hal. Pertama, anak saya nggak komplain saat main game online. Kedua, kalau nonton film dari youtube nggak ada lingkaran muter2, itu bisa dipastikan levelnya sudah dewa.
    Yang lain2 pasti katut ngebut

    • Sugeng mengatakan:

      Yang terakhir itu pak, sudah aku coba, cacing yang putus2 muternya cuma seperempat kali. Dan filmnya ketinggalan jauh sama unduhan nya😆

  5. saptriyawati mengatakan:

    hohoho…kasian banget kartu na ampek bengkok gt mas,,, semua tergnatung daerah na si mas,,,kadang provider yg jangkauan na luas, tiba di daerah pedesaan hilang dalam sekejap

  6. wah… perjuangan pak Sugeng. 😀

    kalo gitu mending pakai yg gratis aja pak. ada triknya lo.

  7. Djangkies mengatakan:

    modeme melu stress sampek gantung diri bahkan sampek bengkok gitu Kang hhhh. Saya juga pernah dengar tentang evdo, tapi masih belum mengerti dengan jelas

    • Sugeng mengatakan:

      EVDO itu 3G nya telepon seluler berjaringan CDMA kang. Karena memang jaringan itu yang saya sukai dalam berinternet ria dari pada GSM😆

  8. Cahya mengatakan:

    Di mana-mana sepertinya Internet kencang itu mahal Pak, hanya saja kebetulan di Indonesia biaya segitu sering ndak sampai buat masyarakat luas mengingat rendahnya pendapatan per kapita kita🙂.

    • Sugeng mengatakan:

      Tapi di negeri jiran itu inet konon gratis dan kenceng karena itu hanya sisa dari frequensi voice. Jadi yang menggunakan voice yang bayar sedang inet nya sekedar sisanya doang. Benar gak itu Mas Cahya ?!?

      • Cahya mengatakan:

        Wah, ndak tahu ya, karena di sana pendapatannya kan lebih tinggi, ada banyak uang negara bisa digunakan membangun infrastruktur dari pajak.

        Kalau kita kan gosipnya infrastruktur dihambat demi kepentingan pemakmuran ISP dan pengemban jabatan. Yah, maklumlah, kita dah mulai seperti kapitalis.

  9. mintarsih28 mengatakan:

    betul pak kalau jalannya siput kakinya pinjang lagi. hems merepotkan. kalau saya mau ngunduh pembelajaran di youtube wah makan ati berulam jantung, alias sengsara tujuh langit.

  10. jarwadi mengatakan:

    selamat menikmati koneksi kenceng nya mas🙂

  11. sunarno2010 mengatakan:

    saya pakai smartfren edvo pas pulang kampung hanya tinggal gambar towernya tanpa satupun strip ternyata masih okey apalagi kalau di hp

  12. Fiz mengatakan:

    Kalau saya mah sempat kepikiran untuk beli modem untuk internet rumahan, tapi sejak pabrik pake jaringan baru dengan bandwith super, keinginan itu pudar. Pilihan jatuh ke pemanfaatan fasilitas yang unlimited itu…🙂

  13. baha5758 mengatakan:

    woyyyy kreatif banget pak. :-bd

  14. Evi mengatakan:

    Wah ngenet di Tabanan ternyata penuh perjuangan ya Mas..Hehehe..gak apa-apa lah demi bersilancar di dunia maya, dibela-belain ganti kartu..Tapi jangankan ditabanan yg di serpong, yg dekat Jakarta, operator yg aku gunakan X an L jalannya juga gak lebih cepat dari cacing. Keki banget ..

  15. nandobase mengatakan:

    Aaahh…. walaupun di Bekasi, inet saya juga lemot. Untuk youtube, sebagian pake buffering, sebagian lancar.
    Selamat buat Mas Sugeng yang udah dapetin operator yang maknyus.🙂

  16. kaget mengatakan:

    Wah, saya denger si **xi evdo juga sudah merambah ke kota saya. tapi belum ada niat mencobanya. lagipula, jaringan oprator gede satu ini memang meluas dan menjangkau berbagai wilayah, sinyal kuat pastinya.

  17. bintangtimur mengatakan:

    Wah, tulisannya canggih banget, mas Sugeng…saya susah komen nih!
    Tapi sepanjang buat sesuatu yang lebih baik dan menyenangkan, saya pasti ikut seneng…selamat😀

  18. Lidya mengatakan:

    wah kartunya sampai bengkok begitu ya pak

  19. Rāma Putra Īśvara mengatakan:

    Wah, kenceng banget. Sy lg nunggu evdo di Mataram bli. Kampung saya di Tabanan.😀

    Kalau pulang kampung mampir ke rumah mas😆

  20. EL mengatakan:

    alo.. bisa dishare lokasi BTS-nya tepatnya di sebelah mana? karna saya sendiri juga di Tabanan.. Tepatnya di daerah Denbantas.. Kalo untuk smartfren ngerti ga posisi BTSnya? mo buat pointing antenna yagi nih..🙂 thanks..

    Kalau felxi bts nya da di gedung PO gunung harta kediri, smartfren terdekat di Mengwi. Kalau Tabanan, gak tahu percisnya dimana. Aku sendiri ada di sebelah timur lapangan Kediri

  21. I’m curious to find out what blog system you have been utilizing?
    I’m experiencing some small security issues with my latest website and I’d
    like to find something more safeguarded. Do you have any solutions?

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: