Serangan Spammer

Dan itu hampir seratus kali lipat dari sebelumnya yang cuma sekitar 250an

Sebagai seorang blogger yang lapuk, dalam artian sudah lama berkiprah di media blogpsphare namun masih selalu saja kalah dengan rasa malas. Malas nulis, malas blogwalking, malas mengumpulkan ide yang berserakan di depan mata. Membiarkan blog kosong tak terjamah adalah sesuatu yang memalukan. Dan blogger lspuk itu tidak lain adalah diri ini.😆 Apalagi kala kesibukan mendera dan rasa payah selalu menghiasi diri ini saat pulang kerja, langsung saja kemalasan itu bersatu dalam raga.

Padahal diri ini masih dengan bangga mengaku di depan teman2 sejawat bahwa diri ini memang seorang blogger. Yang senangnya menulis tentang apa saja yang melintas di depan mata. Tapi akhir-akhir ini kegelisahan akan identitas seorang blogger yang mati suri menghantui jiwa. Bagaimana tidak, kalau tulisan terkahir yang terpublish sudah sekitar 2 minggu yang lewat. Hm…. tidak ada kebanggaan yang bisa di dapatkan apabila diri ini masih terpuruk dengan kamalasan. Keinginan danide menulis mestinya msih menyala, namun karena jari jemari sudah lama tidak digerakan diatas keyboard, jadinya tetap saja ide yang siap jadi tulisan masih saja terbelengkelai tidak bisa menjadi tulisan.

Namun saat diri ini secara iseng mencari sesuatu di dashboard akun wordpress, dan sempat melihat banyaknya komentar yang masuk ke kandang bang Askimet, ada keheranan yang menyeruak di kepala. Bagaimana mungkin blogku yang isinya tidak ada bagusnya koq malah jadi ajang serangan para spammer yang senangnya membuat komentar yang sangat berbeda jauh dari topik tulisan. Apa yang dicari para spammer itu dengan komentarnya yang sangat tidak berguna bagiku itu ?!? apa mencari mangsa baru lewat trafic kunjungan di blog❓ keknya mereka salah karena trafic ku sehari rata-rata cuma 110 kunjungan.

Kalau mereka mencoba peruntungan dengan komentar spammnya siapa tahu ada yang ngeklik tautannya, ini akan salah besar lagi. Karena sebelum ada yang ngeklik komentar itu sudah terhadang oleh penjaga yang tidak kenal belas kasih, askimet. Meskipun begitu masih saja ada yang senang dan berspekulasi dengan komentar spam itu. Dan saat ini di blog ku sudah terkontaminasi dengan komentar yang seperti ini. Malah antara komenar yang benar-benar komentar dengan komentar spammer itu berbanding setengah. Komentar spammer hampir 15ribu, sedang komentar sebenarnya tidak lebih dari 7ribu.

statistik spammer

jumlah spammer yang yang membombandir blogku

Dan saat diri ini melihat statistiknya, komentar spam terbanyak terjadi pada bulan Januari kemarin, sebanyak 2911 buah. Dan itu hampir seratus kali lipat dari sebelumnya yang cuma sekitar 250an buah. Dan tren naik komentar spam itu terjadi semenjak bulan Oktober 2011 dan banyak komentar2 itu yang lolos dari askimet namun masih terhadang di persetujuan / approv komentar. Kalau ada yang lolos seperti ini, langsung saja diri ini tidak banyak berpikir lama untuk mendelete secara permanen. Cirinya sih, kalau ada komentar yang tidak nyambung dengan tulisan dan berbahasa asing. Kadanga ada juga spammer anak negeri yang berkomentar gak nyambung dengan embel-embel mengharap kunjungan balik dengan memasang link terbuka.

Nah kalau komentar yang seperti terakhir ini, diri ini sedikit tidak enak hati. Mau mendelete langsung gak enak, mau di loloskan akan membuat mereka senang karena spammer nya bisa lolos verifikasi😆 dan akan membuat spammer lagi di blog lain. Heh…. serba salah juga ya, bagaimana dengan blog mu sahabat. Apakah diberondong dengan komentar yang seperti itu ??

8 Balasan ke Serangan Spammer

  1. Cahya mengatakan:

    Kalau lolos jangan dihapus dulu Pak, tapi ditandai spam, nanti baru dihapus masal sekaligus bersama yang tertangkap, biar nanti ndak muncul lagi.

    Makanya saya pakai Disqus, meskipun mengorbankan sisi pembaca, tapi admin tidak akan direpotkan dengan spam yang berjubel.

    oh gitu ya, akan saya coba biar gak merajalela😛

  2. alamendah mengatakan:

    Ikutan membuka dashbor. Di blog saya yg tertinggi bulan Desember 2011, mencapai 13.951. Bulan April ini sudah mencapai 1.953 spam.
    Banyak diantaranya yang langsung saya delete saja.

    Kalau di tempat sampean spammnya segitu, ya wajar mas. Lha wong traficnya memang sangat tinggi😆

  3. wahyu nurudin mengatakan:

    itu berarti trafik bang sugeng gede banget.

    itu mah trafic nyasar:mrgreen:

  4. wahyu nurudin mengatakan:

    tukar link bang, boleh nggak?

    Sudah terpasang mas😆

  5. djangkies mengatakan:

    saya juga cukup banyak spam, bahkan seminggu lalu dalam sehari 50 komentar junk dalam satu postingan. Akhirnya saya giring masuk ke kotak spam

  6. Tebak Ini Siapa mengatakan:

    Hihi di blogspot kadang suka kejaring suka engga😦
    Kalau ada komen spam sih aku langsung hapus😀
    Tapi pernah sekali ada komen spam tapi linknya ke google @_@

  7. aldymaripin mengatakan:

    Permasalahannya sama Mas, mau ndak mau menggunakan pengaya keamanan yang lebih ketat, tapi akibatnya ada komentar teman yang tertangkap. Selain itu spam trackback yang paling merajalela….

    permasalahan bersama kalau gitu mas😕

  8. electronic markiting mengatakan:

    I am truly thankful to the owner of this website who has
    shared this great post at at this time.

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: