Kenapa Motorku Boros

Saat jalanan macet, motor akan lebih boros lagi karena banyak BBM nya yang terbuang sia-sia menjadi asap

Dalam bekerja sehari-hari yang selalu berhubungan dengan konsumen bengkel, pertayaan seputar motor bors sudah menjadi santapan yang lumrah dan mencandu-i. Karena kalau tidak ada pertayaan seputar masalah boros dan bunyi engine abnormal mungkin bukan seorang mekanik namanya😆 Dan diri ini yang selalu menjadi tempat curhat-an konsumen, kadang geli juga mendengar keluhannya. Tapi diri ini masih sabar dengan menerangkan sedetail mungkin sampai jelas karena diri ini menempatkan mereka sebagai (mohon maaf) orang buta. Hah orang buta !!

Kenapa sampai diri ini perlakukan begitu karena bagi kami yang memang setiap hari bergelut dengan kerjaan bengkel yang menguras keringat, hal itu sudah menjadi hal biasa bagi kami namun bagi orang lain bisa dirasa sangat mengganggu dan mengkuatirkan. Contohnya, metic keluaran Honda pada kecepatan antar 40-50Km/jam akan terasa gret-gret meskipun bukaan gasnya konstan dan stabil. Kadang gret-gretnya dengan ritne yang panjang (greeettttttt-greeetttttt-greeetttt) kadang bisa pendek (gret-gret-gret). Keluhan ini bagi kami merupakan hal biasa dikarenakan tali V-beltnya yang bergerigi dan keras.

Namun bagi konsumen yang tidak paham dengan engine, keluhan yang semacam itu bisa menjadi sesuatu banget dan bisa membuat komplain yang panjang. Bagi kami hal biasa namun bagi konsumen sangat luar biasa. Atau kalau masih belum jelas bisa diri ini analogikan seperti, kita yang setiap hari menggunakan toilet di bengkel, tentunya sudah paham letaknya dimana. Kalau kita jalan dengan mata terpejampun akan sampai di toliet. Hal ini akan sangat berbeda dengan orang lain (dalam hal ini konsumen) yang akan pergi ke toilet. Meskipun dengan mata melek, lampu penerangan semua dinyalakan dan terang karena matahari bersinar dnegan garangnya, tetap saja mereka akan bertanya ”Pak, dimana toiletnya ?!?” padahal saat bertanya itu sudah berada di depan toilet.:mrgreen: mas, tinggal selangkah saja sudah bisa buang hajat

Begitu juga dengan keluhan motor boros. Hal ini sering kali disampaikan konsumen meskipun dibarengi dengan keluhan tarikan kurang.😕 bingung sendiri.
Seorang yang berlari kencang tentu berbeda konsumsi minumnya dengan orang yang jalannya pelan. Saat berlari kencang itu tentunya akan banyak minum yang dibutuhkan agar lari kencangnya itu bisa maksimal. Dan ini sudah lumrah, kenceng larinya suka minum banyak. Terus kalau disuruh lari kencang terus tapi minumnya cuma dikasi segelas gimana dong❓ tentunya dia tidak akan bisa lari cepat lagi. Itu yang pertama.

Yang kedua, habit (kebiasaan) si pengendara dalam menjalankan motornya juga berpengaruh. Saat jalanan macet, motor akan lebih boros lagi karena banyak BBM nya yang terbuang sia-sia menjadi asap sedangkan motornya tetap tidak bergerak maju. Belum lagi saat macet kita sering menekan rem, jadinya tenaga yang semestinya bisa untuk menempuh jarak 100meter karena di rem cuma sampai 20meter padahal dengan konsumsi BBM yang sama. Kalau hal ini terjadi terus menerus tentunya motor akan bors karena BBM nya terpakai tanpa ada korelasi yang sesuai dengan jarak yang ditempuh.

Jadi intinya, kalau masih senang ngebut, kalau masih sering gas-rem dengan intensiatas tinggi dijalanan yang macet, kalau masih belum bisa merubah habit dalam berkendara yang baik dan benar jangan sering mengeluhkan BBM nya boros karena itu sudah sunnatullah dan tidak dapat diganggu gugat😆

21 Balasan ke Kenapa Motorku Boros

  1. Nchie mengatakan:

    Ohhh…begitu tho Mas..
    iya kemaren2 motor maticku mulai agak boros juga,..
    Entah di ganti apanya gitu itu..
    Alhamdulillah normal kembali..

    Sebagai tukang ojek anak sekolah, aku ga pernah ngebut..
    kalo sendiri ?? ..hmm ..boleh tho ? hihi..

    Met malem ..

    • Sugeng mengatakan:

      Oh ya mbak, ada yang kelupaan. BIasanya setiap 16000Km saringan udara matic harus diganti karena saringannya bertype basah, jadi tidak bias dibersihkan. Dan setelah dibersihkan, konsumsi BBM nya jadi irit lagi😉

  2. Cahya mengatakan:

    Yah, seperti itulah Pak, intinya perlu jalan mulus dan bebas macet😀. #ngacir

  3. Ni CampereniQue mengatakan:

    alhamdulillah, sampai hari ini gak ngalamin boros memboros😀 soale sing bawanya kalem, gak kenal ngebut2
    gimana mo ngebut, ada yang cubit2 dari belakang soale hahaha

  4. Lidya mengatakan:

    makanan sehari-hari paka kalau dijakarta macet🙂

  5. marsudiyanto mengatakan:

    Motor Matic saya kalau dari kecepatan sedang ganti ke rendah malah sering bunyi seperti ledakan…
    Bagi orang awam mungkin terasa aneh, tapi bagi saya itu adalah anti biasa…
    Lha kalau bunyi meong atau guk guk, barulah anti biasa…
    Bukan begitu Pak Sugeng????

  6. Applaus Romanus mengatakan:

    mas sugeng sudah lama tidak naik motor.. memang kalau macet bikin boros…

  7. rawins mengatakan:

    makanya mending pindah ke kalimantan
    bebas macet dan irit bbm
    lebih iritnya lagi karena disini bbm juga susah didapat
    hehe

  8. Agung Rangga mengatakan:

    hahha, untunglah saya gak suka ngebut2, makanya motor saya masih sehat sentosa~:mrgreen:

  9. bensdoing mengatakan:

    mmg sebaiknya berjalan dengan norma yang berlaku dijalanan…sedang2 aja kecepatannya…😀
    #biar irit

  10. alkahfi mengatakan:

    tentang motor matic yg bunyi greet2 saya juga mengalaminya awalnya sy kira bunyi mesin yg gk beres,,hehe konyol juga pemikiran awal2 saya ttg matic

  11. I Made Pariartha mengatakan:

    hmmm…begitu ya?? artinya borosnya penggunaan BBM bersubsidi juga dipengaruhi oleh konsumen sendiri (masyarakat) dan kondisi lalu lintas. Sekarang kendaraan tambah banyak, orang gampang dapat kendaraan, dengan uang 500 ribu aja sudah bisa pulang bawa motor, trus angkutan umum juga belum tertata rapi, malah kadang2 tidak aman maupun sering kecelakaan…jadi dari mana kita mengurai benang kusut ini?

    Salam kenal, Mas….hehehehe

  12. Basofi mengatakan:

    hehehe
    sipenulis dokter mesin rupanya…
    pekerjaan apapun kalau
    dilakukan dengan niat yang bagus
    akan menuai hasil yang bagus juga.

  13. I Gede Nurhadi mengatakan:

    Menurutkku sih Bli, jika uang bukanlah suatu masalah maka gag akan pernah ada tuh istilah boros…wakaka…

  14. Fiz mengatakan:

    Tempo hari saya merasa motor boros sekali, dari bensin full yang biasa habis 3 hari jadi 2 hari saja. Terlebih setelah beberapa minggu terakhir knalpot suka meletus seperti bunyi tembakan. Usut punya usut, ternyata bukan karena itu, lupa pernah jalan-jalan seharian di hari minggu. Ah, ternyata faktor ingatan manusia juga berpengaruh🙂

  15. legiunnaire mengatakan:

    emang kok, tapi kenceng boleh, asal lihat kondisi

  16. alamendah mengatakan:

    Dua hal yang terkadang tanpa rasa bersalah sering kita lakukan. Padahal di udara ini sudah terlalu banyak polusi. Semakin boros bahan bakar, semakin besar pula polusi yang dihasilkan.

  17. ranids mengatakan:

    wah sy blm pernah bawa motor yg matic ni hehe.. makasih tulisannya pak, informatif🙂

  18. Necky Effendy mengatakan:

    mas sugeng….banyak orang tahunya cuma makai motor/mobil tapi belum mengerti hal2 yg sepele seperti yg disampaikan di atas. Cara berkendara yg paling kesal kalau liat orang yang bolak balik memainkan gas seperti mau start race moto GP….hehehhe

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: