(Tips) Belanja Online Lagi

Benar-benar diluar ekspektasiku dalam berbelanja online

Bagaimana menurut sahabat pengalaman berbelanja itu❓ mungkin untuk sahabat wanita, yang namanya sesi berbelanja itu adalah hal yang paling menarik dan menantang. Tapi tidak bagiku. Karena bagi diri ini yang namanyaberbelanja itu hal yang sangat membosankan dan melelahkan. Tidak untuk berbelanja busana dan keluarga, namun berbelanja barang tehknik dan elektronik bagi diri ini sama saja. Sama capeknya karena harus berputar seperti gangsing untukmencari produk yang akan kita cari. Sudah dapat pun akan kesulitan mencari informasi produk dan membandingkan dengan toko sebelah yang menjual barang yang sama.

Kalau sahabat yang bertempat tinggal di kota besar semisal Jakarta, Surabaya,Yogya dan kota besar lain nya dalam urusan mencari informasi pembanding sebelum berbelanja bisa dilakukan dengan mudah. Namun untuk orang seperti diri ini yang tinggal di pelosok kampung dan di pojokan kamar, hal itu sangat susah. Apalagi diri ini tidak ada bakat dan tidak merasa enjoy saat jalan-jalan di mall (yang akan menambah dosa maksiat mata). Namun hal itu sedikit berubah saat diri ini mengenal internet. Karena seringnya browsing dan searching kemana-mana, jadinya sedikit tahu tentang informasi beberapa produk yang ada di pasaran.

Dimana diri ini mendapat informasi tentang produk itu, tidak lain dan tidak bukan diri ini mendapat informasi toko online. Hah …. !! toko online yang tidak berbentuk itu ta ?!? Yups,… dari toko online yang banyak bertebaran di ranah internet. Jadi diri ini sebelum membeli sesuatu produk selalu saja mencari informasi tentang produk itu dari internet. Jadi seperti menanyakan langsung ke SPG nya tanpa ada rasa canggung dan malu-malu dari A sampai Z dari produk itu dan ujung-ujungnya menanyakan ada gak discount nya😆 tipikal Indonesia banget

Dengan duduk manis di rumah sambil dengerin music diri ini muter-muter di beberapa toko online untuk satu produk. Membanding bandingkan harga dan spek dari satu toko ke toko lainnya, akhirnya ada yang menarik dan cocok, deal lah jadinya. Tinggal bayar via rekening dan tunggu beberapa hari barang sudah diterima. Koq enak dan percaya sih, apa gak takut di bohongin ?!? terus terang diri ini sudah beberapa kali berbelanja dari toko online ternama dan kesemuanya barangnya sukses diterima. Meskipun diri ini percaya dengan pengelola toko online, namun ada juga terbesit keraguan, rasa takut akan di bohongin. Maklum saja, kita bayar dulu barang baru datang beberapa hari setelahnya.

Namun yang terakhir, diri ini berbelanja online di lazada. Pasti sudah sering tahu kan, itu loh yang sering ngiklan di web dan blog. Karena saking seringnya diri ini melihat iklan nya, jadilah mampir di link yang tertaman di iklan itu. Biasa saja sih, kaya’ kebanyakan toko online lain nya. Namun setelah masuk di beberapa menu2 nya, baru diri ini ngeh meskipun tidak terlalu mengerti sekali😆 . Maklum sih karena memang tidak ada niat untuk membeli sesuatu. Namun karena melihat banyaknya diskon yang ditawarkan mulailah virus itu mengenai diriku.

Akhirnya diri ini mencoba ngeklik HP plus memory card 2Gb yang ada dsicount gede (hampir 26%). Namun karena belum pernah sekalipun berbelanja disana diri ini cuma ngeklik2 saja tanpa ada niat untuk meng-deal kan transaksi. Sampai 2 hari belum juga saya deal meskipun sudah ada email konfirmasi. Iseng lagi, login dengan akun dan email lain terus melihat ada menu COD (Cash On Delivery). Nah ini, apa iya ada toko online yang mau ngirim barang dulu sebelum dibayar ?!? coba saja klik. Ternyata transaksi tetap berlanjut sampai akhirnya ada email untuk mempersiapkan sejumlah uang seharga barang saat barang diterima. Wah,… sesuatu banget.

Lazada

Lazada02

Tidak hanya email, sang admin Lazada juga SMS nomerku mengenai pesanan itu dan besoknya langsung diberi nomer resi kurirnya. Padahal belum sepeserpun diri ini membayar. Benar-benar diluar ekspektasiku dalam berbelanja online. Sampai akhirnya barang itu sampai di tempat hanya selisih 3 hari dari waktu pesanan (itupun karena kurirnya mengirimkan keseokan harinya dengan alasan pesawat delay). Gak apalah, yang penting barang sudah sampai dengan packing yang lumayan oke dan barang tidak cacat sedikitpun.

packing luar

Mohon maaf kalau tulisan ini terkesan ngiklan padahal tidak karena diri ini tidak mendapat fee apapun namun jujur tulisan ini diri ini buat untuk atensi pada Lazada atas layanan yang diberikan. Intinya diri ini puas akan layanan yang diberikan. Jadi kalau sahabat memang tinggal didaerah dan memerlukan barang yang oke dan berkualitas, toko online Lazada bisa menjadi rujukan. Saya sudah membuktikan. Dan untuk tambahan seandainya sahabat akan melakukan belanja online, tips berikut ini harus diperhatikan kalau tidak mau menjadi korban penipuan (copas dari kaskus).

1. Apakah mereka memiliki situs sendiri
Lebih baik lagi jika anda berbelanja pada toko online yang memiliki situs dengan hosting sendiri, bukan situs gratisan. Karena dengan begitu manandakan bahwa mereka memang serius melakukan bisnis dengan membeli nama domain dan menyewa hosting sendiri.
2. Lihat ranking Alexa situs
Apa itu ranking Alexa? ranking Alexa atau Alexa rank adalah ranking yang dibuat oleh Alexa.Com berdasarkan banyaknya trafik atau kunjungan terhadap suatu website. Angka semakin kecil berarti semakin baik. Cara mengetahuinya yaitu dengan memasukkan nama situs ke kotak search Alexa.Com atau jika anda memakai browser Mozilla Firefox anda dapat menginstall add on Alexa Toolbar.
3. Harga yang pantas
Pada kasus diatas, si korban tergiur dengan harga yang murah. Oleh sebab itu pastikan harga yang ditawarkan oleh si penjual adalah harga pasaran produk. Tidak terlalu murah juga tidak terlalu mahal.
4. Situs memiliki halaman kontak yang dapat dihubungi
Apalah artinya jika toko online tidak memiliki kontak atau customer service yang dapat dihubungi oleh pelanggannya. Dengan memiliki customer service yang dapat dihubungi maka anda dapat menghubungi mereka jika anda memiliki pertanyaan atau terjadi sesuatu pada waktu shipping. Kontak bisa berupa form email, alamat email atau nomor telefon/HP.
5. Testimonial
Situs yang memiliki testimonial menandakan bahwa situs tersebut telah memiliki pelanggan, dan ini bagus untuk dapat mengetahui tentang kualitas produk yang mereka tawarkan dari pelanggan mereka.
6. Memiliki Twitter atau halaman Pages di Facebook
Toko online yang memiliki Twitter dan Facebook Pages menandakan bahwa mereka memiliki strategi marketing. Halaman Facebook Pages yang dimaksud disini adalah akun Facebook Pages, bukan akun Facebook individu. Apa perbedaanya? Facebook Pages memiliki tombol “Like” untuk bergabung, sedangkan akun Facebook individu memiliki tombol “Add as Friend” untuk menjadi teman.

10 Balasan ke (Tips) Belanja Online Lagi

  1. applausr mengatakan:

    widih servicenya keren banget nih…. lazada termasuk cepat sekali memang… ketimbang e-commerce lainnya…

  2. DjangKies mengatakan:

    manteb tuh Kang, belum pernah yang saya temukan seperti itu karena selama ini kita mesti bayar dulu, verifikasi dan barulh nunggu pengiriman yang kadang bikin kita was-was.
    Di satu sisi, kita mesti ati ati karena kayak Kemarin saja ada kasus cewek di surabaya yang bisa ngantongi uang 16 M dengan penjualan BB abal-abal tanpa pernah terkirim.

  3. giewahyudi mengatakan:

    Saya belum terlalu percaya sih sama belanja online, mending belanja langsung selama punya waktu.

  4. Aldy M. Aripin mengatakan:

    Sudah beberapa kali sih belanja online dan alhamdulilah barang sampai ditempat tujuan diatas satu minggu, maklumlah tinggal dikampung.

  5. Lidya mengatakan:

    jangan sampai tertipu ya pak kalau belanja online

  6. imadewira mengatakan:

    Beberapa waktu lalu saya malah dapet email dari Lazada yang mau numpang ngiklan di blog saya, karena belum tahu apa itu lazada, sementara saya abaikan😀

  7. Rie Rie mengatakan:

    kirain cewek doang yg suka belanja online, hehe…

  8. Jefry mengatakan:

    saya pernah juga melakukan belanja online disalah satu toko online, harganya cukup murah dan biaya pengirimannya ternyata gratis..
    salah kok jadi lebih suka belanja secara online ketimbang langsung ya..

  9. Ryan Septyanto mengatakan:

    Salam SUKSES untuk kita semua.
    Batik is Amazing!!! apalagi kalo udah punya baju atau batik sendiri.

    agan/sist yg terhormat, kami dari pemegang merk dagang Batik aqila Menyediakan berbagai Produk BATIK murah dan berkualitas.

    BAJU BATIK – ANEKA batik-BAJU batik – KEMEJA batik – kaos BATIK – batik SARIMBIT- TOPI batik – CELANA batik – BLOUSE batik – JAKET batik – JUAL batik – batik MURAH – GROSIR batik – PAKAIAN batik – ACCESSORIS batik – batik PEKALONGAN
    JUAL macam-macam baju BATIK, TOPI, KAOS, BAJU, KEMEJA, CELANA, PAKAIAN, HARGA MURAH DAN GROSIR, terima PARTAI BESAR DAN KECIL

    silahkan kunjungi kami di toko online kami http://www.kaosbatikpekalongan.wordpress.com
    Batik Aqila For Smart Fashion
    Kepuasan Anda berbelanja di tempat kami, adalah kebanggaan bagi kami.

  10. jual hosting murah mengatakan:

    Great post. I was checking constantly this blog and I am inspired!
    Very helpful information particularly the last phase🙂 I maintain such info a lot.

    I used to be seeking this particular info
    for a very lengthy time. Thank you and best of luck.

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: