Renungan Di Penghujung Tahun

Sudah hampir habis tahun 2012 ini, happy ending ataukah sad ending, namun bagi diri ini tahun 2012 menjadi tahun yang ringan namun sangat berat untuk memasuki tahun 2013. Bagaimana tidak, ditahun ini serasa banyak kemudahan yang diri ini dapatkan namun akan berefek domino bagi kehidupan di tahun mendatang. Gara-gara pancingan yang serasa ringan, diri ini terprovokasi masuk dan terkena kerikil yang tidak bisa di hindari. Dalam bahasa religinya, “nanti pada suatu zaman semua manusia akan terkena riba, kalaupun tidak terkena, akan terkena debu nya”. Audzubillah min dzalik…………… Astaghfirullah ful adzhim.

Mungkin para sahabat blogger sudah pada mafhum dengan arti kasar dari hadist diatas, dan jujur dalam tahun 2012 diri ini sudah terkena kerikil (bukan sekedar debu, karena debu hanya untuk orang yang tidak tahu namun diri ini sudah tahu tapi tetap saja menerjang) 😦 . Ya Rabb, ampunilah diri hambamu ini yang selalu saja berbuat kefasikan dalam mengisi waktu di dunia yang hanya sebentar ini.

Keluarga
Selain dari itu, di tahun ini juga diri ini mendapat jagoan baru di usia yang tidak muda lagi. Usia yang dibilang banyak orang sebagai usia yang memasuki puber kedua. Dan memang diri ini benar-benar memasuki puber kedua, namun untungnya dalam puber kedua ini, tepat sasaran. Padahal maunya sih cuma sekedar refreshing akhirnya menjadi bunting 😆 Dan langsung cespleng, jadi.

Sosial masyarakat
Di tahun ini kegiatan di sosial masyarakat banyak diri ini kurangi. Karena diri ini mulai malas melihat keadaan yang tidak pernah mau berubah di kampungku. Kebanyakan diri ini menjadi pendorong dari belakang, malah kadang sembunyi di belakang dan hanya melihat keadaan yang ada. Mestinya hal ini sangat bertentangan dengan hati nurani. Ada banyak pergolakan bathin dengan keputusan ini, namun ego ku mengalahkan segalanya.

Namun untungnya di seperempat terakhir di penghujung tahun ini, diri ini mendapat support moril dari kajian liqo yang diri ini ikuti. Kemauan mundur teratur dan tidak mau peduli dengan lingkungan bisa diri ini singkirkan. Dan di penutup tahun ini, diri ini mulai mencoba ‘memberi warna” di kehidupan sosial lingkungan. Karena kalau bukan kita yang mau peduli, siapa lagi yang akan membawa perubahan itu 😕

Dunia kerja offline
Mulai awal tahun diri ini mempunyai tanggung jawab baru dan itu merupakan pekerjaan rangkap (bukan rangkap jabatan lho 😦 ). Dan itu murni sebagai kerjaan rangkap yang tidak ada dalam SK. Jadi, benar-benar kerja sia sia yang tidak terprogram dan tidak ada dalam hiraki job discribtion. Karena tidak ada dalam point2 yang menjadi penilaian diri ini, serasa kerjaan setahun tidak ada record di kantor pusat. Meskipun dengan tanggung jawab baru itu secara over all bisa dikatakan diri ini sukses. Buktinya bisa mendapat reward sebagai terbaik se Bali. Tetapi tetap saja hal itu tidak membuat diri ini puas dan membawa ketenangan. Malahan ada perasaan bahwa sengaja diri ini dijadikan pelengkap penderita.

Dunia maya
Ha…ha…ha…. kalau di dunia maya, di tahun ini banyak vakum nya. Bukan vakum dari koneksi ke dunia maya, namun banyak vakum nya dari kegiatan menulis di blog. Karena koneksi ke dunia maya hampir tidak pernah lepas dan selalu nyambung tanpa putus. Maklum saja koneksi itu di perlukan oleh keluarga untuk bisnis pulsa listrik dan HP di rumah, dan diri ini ikutan numpang di penghujung malam. Karena numpang di penghujung malam, sedang kepenatan sudah mendera sejak sore sepulang kerja dengan Labib memebuat otak tidak bisa berpikir sempurna. Jangankan membuat satu halanman penuh ide tulisan, baru membuat judulnya saja sudah terganggu dengan suara tangisan yang minta dibuatkan susu. 😥 .

Dan yang bisa menjadi penginggat di tahun 2012 ini, budaya konsumsi menyeruak keatas permukaan alam sadarku. Karena ada beberapa barang elektronik keluarga yang tidak terlalu penting, namun karena kenal dengan situs belanja online menjadikan diri ini sebagai member nya. Waduh…. gawat ini. Padahal kalau belanja offline diri ini paling anti dan paling malas. Urusan belanja biasanya sang istri atau anak pertamaku yang mewakili, namun kalau belanja online biasanya diri ini lakukan dengan diam-diam dan tidak pernah membutuhkan pertimbangan dari keluarga. Selalu cari sendiri di tengah malam, dan deal untuk dibayarkan keesokan harinya.

Demikian renungan di akhir tahun 2012 yang bisa diri ini ingat, semua mendapat catatan penting dengan garis bawah dan di bold. Semoga di tahun 2013 diri ini tidak mengulangi hal-hal jelek yang diri ini lakukan. Semoga tahun 2013 bisa lebih baik lagi, terutama dalam hal ibadah kepada Nya.

Bagaimana dengan tahun 2012 mu sahabat blogger semua ❓

NB: Diri ini tidak ikut dalam perayaan pergantian tahun masehi ini, karena tahun baru ku sudah lewat lebih dari sebulan yang lalu.

Iklan

12 Balasan ke Renungan Di Penghujung Tahun

  1. imadewira berkata:

    Baru kemarin saya membuat catatan akhir tahun di blog saya juga. Ya bagaimana pun juga kita mesti tetap bersyukur terhadap apa yang sudah kita lewati di tahun 2012 ini.

  2. marsudiyanto berkata:

    Semoga 2013 menjadi tahun yang lebih baik dibanding 2012…
    Salam untuk Mas Sugeng Harjono sekeluarga.

  3. Wah…lengkap catatan akhir tahunnya Kang…
    hehe saua juga banyak hiatus blogging kang.

    btw moga makin sukses dan penuh berkah bersama keluarga dan jagoan kecilnya.

  4. Cahya berkata:

    Selamat tahun baru Mas Sugeng, maju terus pokoknya.

  5. SIge berkata:

    Hi Mas Bro, selamat tahun baru 2013, sukses ditahun yang baru.

  6. meski memeiki jabatan rangkap tanpa SK, kalo Njenengan jalani dengan keikhlasan maka Insya ALloh ini sebagai sarana ibadah dalam mendulang pahala, kelak bayarannya di kehidupan berikutnya.
    Sayapun nggak merayakan tahun masehi Pak, banyak tidurnya dalam dua hari ini karena badan remek kabeh hhh
    Salam silaturahim dari Blitar

  7. Erwin berkata:

    sukses selalu nggih, pak…
    tetap semangat berubah ke arah yg lebih baik selagi masih diberi kesempatan hidup. 🙂

  8. Lidya berkata:

    selamat tahun baru pak, semoga kita bisa lebih baik lagi ditahun ini ya

  9. jtxtop berkata:

    Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

  10. applausr berkata:

    selamat tahun baru mas sugeng.. sebuah instropeksi yang baik sekali…. maju terus dan sukses selalu….

  11. sakti berkata:

    sama pak, tahun baruku juga sudah lewat sebulan yang lalu

  12. Agung Pushandaka berkata:

    Semoga di tahun sekarang bisa dilalui dengan lebih baik lagi ya mas.

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: