PLN Bersih ?!?

Tulisanku ini tidak ada sangkut pautnya dengan event yang sedang atau sudah dilaksanakan oleh blogdetik namun sekedar curhatan setelah membaca beberapa tulisan di blog tentang PLN. Bukan akrena diriku seorang banci kontes  atau sebutan yang senada untuk menandai bahwa blogger itu memang cuma beraninya sekedar corat-coret tanpa mau dinilai bobot dari tulisannya, Bagiku gak masalah. Karena memang diriku nulis blog itu bukan untuk pesanan ataupun menuruti kemauan pihak tertentu. Ya itung-itung sedikit idialis meskipun hal itu akan berbenturan dengan kebutuhan pulsa modem😆 **sedikit ngakak**

Tapi memang tulisan ku kali ini ada hubungannya dengan slogan ataupun kampanye yang sering di dengung-dengungkan oleh pihak PLN. “PLN bersih NO SUAP“. Diriku juga setuju dengan slogan itu, namun apakah itu sudah membudaya dari jajaran atas di tingkat pimpinan cabang sampai petugas bawah semisal tukan catat meteran ?!? (diriku tidak menyangkutkan pimpinan pusat karena sudah jauh lebih rapi permainannya) keknya diriku tidak yakin. Tidak yakin karena memang kenyataan yang ada di lapangan masih jauh panggang dari api.  (maaf bukan mengeneralisir semua karyawan tidak yang bersih, namun memang begitulah kenyataannya).

Fakta yang pertama, saat terjadi pemadaman listrik sementara yang disebabkan diluar faktor alam , PLN  tidak pernah memberi kompensasi kepada pelanggan. Dan kejadian ini aku alami sendiri di lokasi rumahku beberapa waktu yang lalu pas sehari sebelum lebaran. Listrik di perumahan kami padam dan hampir di seluruh kecamatan (diriku tahunya  dari petugas 147 yang ku hubungi) listrik PLN dipadamkan. Padahal suasana / cuaca di luar terang benderang dan cerah. Bisa dibayangkan bagaimana kami yang sedang mempersiapkan pernak-pernik lebaran  tidak bisa beraktifitas termasuk persiapan kue kering istriku:mrgreen:

Selidik punya selidik, ternyata ada acara ngaben dari puri di sebelah kampung yang masih satu desa. Dan dari informasi yang kudapat panitia ngaben itu membayar jasa pemutusan aliran listrik sementara itu sebesar 30juta.  Buih…. 30jeti bok,  dan ternyata kami pelanggan yang dirugikan itu tidak dapat kompensasi apapun. CATETTT…….. !!

Fakta kedua, saat tetangga / kolega mempunyai hajat bulan kemarin dan daya listrik di rumahnya tidak mencukupi untuk peralatan sound system dan tata panggung yang akan dipasang. Sang shohibul hajat berinisiatif untuk melapor ke PLN dan meminta daya loss sementara saat acara berlangsung. Dan memang saat acara berlangsung memang ada petugas dari PLN yang datang untuk menyambung loss daya nya. Tapi yang membuat diriku kaget dan sempat terbengong dengan aksi beraninya yang nyambung aliran listrik dalam keadaan bertegangan adalah orang itu tidak mengenakan seragam meskipun diriku tahu bahwa dia memang kerja di PLN kota ku. Dan saat tanya sana-sini di teman2 perumahan, diriku menjadi “maklum” ternyata biaya loss listrik untuk acara itu (cuma semalem) adalah 300rb dan itu masuk kantong pribadi (karena diluar jam tugas).

Sakit gede !! ternyata itu masuk dalam ceperan kerja petugasnya. makanya tak usah kaget kalau banyak kebocoran aliran listrik yang di pasok oleh PLN ternyata salah satu sebabnya ya  seperti ini. Dan hanya satu petugas yang kutahu, padahal petugas PLN itu ada ribuan di negara ini. Jadi bisa di bayangkan seandainya ada oknum-oknum lain yang berwatak seperti ini😦

Berikutnya, saat  beberapa hari lalu ada tetangga yang melapor ke 147 tentang keluhan kabel listrik di dekat rumahnya menimbulkan percikan api dikarenakan ada bekas tali layang-layang yang membelit di kabel. Sebagai orang awam, wajar saja kalau sang tetanggaku itu sangat risau dan resah dengan keberadaan percikan api di kabel dekat rumahnya. Setelah melapor dan di akhir telepon yang banyak basa-basinya dengan kata-kata klise “Jangan memberi tips atau apapun kepeda petugas yang datang dan bla….bla…bla……bla….. yang membuat pulsa pelapor kesedot, di tunggu sampai 20 menitan eh datang cuma membawa senter (kejadian malam hari sekitar jam 21) dan bilang “gak papa, itu karena kabelnya basah, nanti kalau kering tidak akan ada lagi”😛 :shock: Kalau cuma itu ya dari tadi kita sudah tahu pak.

Diriku jadi teringat saat ikut training pelayanan konsumen beberapa waktu lalu. Tentang konsumen buta yang bertanya jalan menuju toilet. Bagi diriku yang sudah paham dan tahu letak toiletnya, tinggal jalan sudah pasti nyampe. Tapi akan beda untuk orang yang tidak tahu letak dan bagaimana kondisi toiletnya, apalagi bagi si buta. DIjelaskan cuma sekedar teori, jalan ke kanan terus belok kiri masuk di pintu sebelah kiri dan pilih toilet yang duduk dengan semprotan sebelah kanan yang nempel di tembot setinggi 40cm dari lantai tentunya tidak akan semudah itu.  Begitu juga dengan kami konsumen awam yang tidak mengerti seluk beluk perlistrikan. Kuatir dan takut dengan adanya percikan api di malam hari di kabel listrik tegangan (setengah) tinggi merupakan hal yang wajar. Dan kekuatiran tersebut tiak bisa di hilangkan dengan sekedar omongan “gak papa” tanpa ada tindakan yang signifikan untuk menanggulangi nya. :mad: Sampai sekarang saat tulisan ini saya publish, belum ada tindakan yang nyata dari petugas PLN.

Lha sekarang para sahabat ramai-ramai nulis berbagai harapan kosong dan sanjungan untuk PLN tentang kinerjanya. Bagiku masih belum bisa dijadikan tolak ukur tentang kinerja PLN. Harapan sih ada untuk membenahi BUMN milik negara ini untuk berbenah diri dan bisa menjadi klebih baik lagi. Dan diriku juga menghargai kinerja petugas PLN yang memang bebar-benar bersih dan bertanggung jawab dengan tugasnya. Sampai nyawa menjadi taruhan, karena mereka pahlawan untuk mewujudkan “PLN TERANG TERUS

25 Balasan ke PLN Bersih ?!?

  1. ajipgg mengatakan:

    Di negara ini gak ad yg brsih Mas,,, ane aj jengkel jg tau tu

  2. syakirurahman mengatakan:

    Ternyata PLN ngadain kontes lagi yaah.. tahun lalu saya ikutan. tapi sekarang nggak.. Semangat pak. Semoga jadi pemenangnya😀

    • Sugeng mengatakan:

      Gak mas, saya gak ikut daftar meskipun kemarin masih ada waktu, karena aku nulis itu cuman sebagai ungkapan hati selama ini tentang pelayanannya.

  3. belalang cerewet mengatakan:

    Menarik sekali fakta yang Anda sampaikan, Mas. Semoga pihak PLN membaca dan mengakomodasi tulisan ini. saya juga tidak ikut kontes PLN Bersih ini. Namun bagi saya, harapan itu ruh manusia, jadi walaupun kecil setidaknya nyalanya bs digadang2 untuk memberi semangat perubahan. Walaupun berat, walaupun terasa tidak mungkin dan hampir mustahil. Tapi menebar optimisme toh tak ada salahnya. Salam kenal dari Kota Hujan🙂

    • Sugeng mengatakan:

      Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

      Intinya tulisan ini bukan untuk memojokan namun ada harapan yang meskipun kecil tapi bisa di gadhang2 agar menjadi besar seperti kata sampean mas

      • belalang cerewet mengatakan:

        Betul Mas, saya juga melihat tulisan Anda secara jujur kok. Semoga setelah hajatan ini mereka bersih2. Ga cuma koar2 kampanye doang Mas…
        Saya baru tahu kalau pemadaman bayar segitu gedenya haha😉

  4. Lidya mengatakan:

    mudah-mudahan bener2 bersih ya pak PLN

  5. mamaniyya mengatakan:

    salam hangat pak sugeng,,,
    udah lama gak mampir ke blog ini….🙂 mudah2an masih ingat ama “DELIA”
    wahh baru tau ya kalo ada pemutusan listrik krn ada acara di tetangga bayar ampe 30 juta ckckckck..

    perusahaan plat merah susah kita kalo mau komplain😦

    • Sugeng mengatakan:

      Setelah saya buka2 file ternyata kita sudah berteman lama mbak karena saking sibuknya sampai saya gak tahu kalau sudah berubah nama😆

      • mamaniyya mengatakan:

        iya pak.. kita sahabat lama🙂
        blognya berubah nama karena blog sblumnya salah data jadi gak bisa dibuka lagi
        ohya komennya kemarin dalam blog lia kemasuk spam.. tapi udah lia buka…
        terima kasih sudah mengingat🙂
        salam hangat dari Batam

  6. Cahya mengatakan:

    Ya, namanya juga petugas listrik, kalau mau dibersihkan ndak bisa. Mau dicuci? Bisa kesetrum nanti🙂.

    Pun demikian, jujur mungkin masih bisa diharapkan, tapi tergantung oknum sih.

  7. Pakies mengatakan:

    sekitar bulan april lalu, saya juga dikecewakan sama pihak PLN, Kang dan sempat saya tulis sampai 2 tulisan.

  8. Bang Aswi mengatakan:

    Saya share di twitter PLN ya, Mas, biar mereka dapat masukan yang ‘baik’ dan yang ‘buruk’ dan dijadikan pelajaran ^_^

  9. http://www.monicarental.com mengucapkan trimakasih buat slogan PLN bebas uap, biar ini jadi kenyataan

  10. Miftahgeek mengatakan:

    Bwahahaha, sisi lain dari yang ikut kontes😄

  11. akuraurus mengatakan:

    semoga PLN bisa lebih baik lagi
    Karena masih banyak orang baik nya

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: