Optimisme 2014

Tak terasa tahun 2014 sudah menghampiri kita semua. Padahal di tahun 2013 masih banyak harapan dan angan yang belum kesampaian, terutama pada diriku dan keluarga. Secara pribadi, memang sudah banyak kenikmatan yang diri ini peroleh dariNya. Namun dari sisi ke-egoan manusia, ada beberapa keinginan yang belum bisa terwujud dan tidak bisa merealisasikan dan kenyataan. Ya mungkin kalau diberi kesempatan berkhayal lagi mungkin khayalanku itu akan bisa terwujudkan di tahun 2014.

Apa keinginan yang belum bisa di wujudkan itu❓ kasi tahu gak ya secara naluriah diriku berkeinginan menjadi pribadi yang lebih baik dari hari kemarin Kalau dalam bahasa agamaku, “Orang yang beruntung itu adalah orang yang (ibadahnya) hari ini lebih baik dari hari kemarin”. Sedang orang yang merugi itu adalah ” orang yang (ibadah) hari ini lebih jelek dari hari kemarin. Jelek disini bukan jelek dalam bentuk rupa dan penampilan namun lebih kearah esensi dalam beribadah itu sendiri. Yaa kalau di ibaratkan skor nilai, jangan sampai nilai kita hari ini lebih sedilit dari hari kemarin. Seandainya kemarin dapat nilai 6,5 hari ini harus bisa mendapat nilai 7. begitu seterusnya.
Nah dalam hitungan seperti itu, diriku masih belum bisa mendapat skor yang bagus atau menimal bisa bertahan dengan nilai yang sama. Jangan malah lebih rendah dari kemarin.

Dalam kaitan pemanfaatkan ladang ibadah di tahun 2013 itu, diriku bisa merasakan sedikit naik meskipun kadang ada kendala dan kebanyakan stagnan. Tiak bergerak naik maupun tidak banyak turun. Karena yang bisa mengethui naik turunnya itu diriku sendiri maka sudah sewajarnyalah di tahun 2014 ini aku harus bisa menetapkan target dan harus bisa merealisasikan. Caranya,….. ya dengan keoptimisan yang tinggi bahwasanya hari esok akan ada perubahan untuk wajah Indonesia pada umumnya dan wajah Islam pada khusunya (ngambil kosa kata bahasa jaman orba dulu).

Intinya di tahun 2014 diriku harus bisa menjadi manusia yang baik. Namun baik untuk diri sendiri itu mah mudah dan tidak akan banyak tantangannya. Sedang menjadi manusia yang baik pluss mengajak orang lain untuk berubah menjadi baik, ini yang menjadi ladang amal serta ibadah bagiku. Karena apalah artinya bilamana kita bisa baik sendiri namun di sekeliling kita masih banyak manusia yang bobrok dan kurang baik dalam hal norma agama.

Untuk itu, di tahun ini dirku berkeinginan serta bertekad untuk menjadi lingkungan perumahanku lebih baik dari hari kemarin. Karena diriku masih banyak melihat kefasikan yang dilakukan lingkunganku. Semoga.

11 Balasan ke Optimisme 2014

  1. Iksa mengatakan:

    Mari menjadi lebih baik untuk Indonesia yang lebih baik!

  2. Sugeng mengatakan:

    Sip pak, semua bermula dari diri sendiri😉

  3. Made Wirautama mengatakan:

    Selamat tahun baru 2014 mas

  4. Lidya mengatakan:

    Sealamat tahun baru pak. Harapan yang sama semoga saya bisa menjadi lebih baik lagi

  5. jtxman mengatakan:

    semua akan lebih baik kalau kita berusaha

  6. zasmiarel mengatakan:

    berusaha dan berpikir baik itu akan lebih baik….:-)

  7. jarwadi mengatakan:

    insya Alloh pak sugeng semoga kita bisa menjadi orang yang mampu beribadah lebih baik *menengok ibadah saya yang kurang baik pada tahun lalu*

  8. Rawins mengatakan:

    apapun kondisinya asal selalu semangat, rasa bete bisa diminimalisir. apalagi di awal tahun…😀

  9. Fiz mengatakan:

    Terus berjuang menyeru kepada kebaikan dan mencegah yang munkar🙂

  10. ysalma mengatakan:

    menjadikan lingkungan rumah baik,
    bisa ditularkan kelingkup lebih besar, mudahan segera menyebar luas ya Pak.

  11. Mr. Andry mengatakan:

    Selamat tahun baru ya…

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: