Cara Setting Remote Honda

Seharian kemarin aku ada acara gathering Service Advisor di daerah Pelaga Badung. Hawa di daerah itu hampir2 menyamai Bedugul karena memang dekat dengan bedugul hanya berjarak beberapa kilo saja. Tentunya sangat dingin namun wilayah itu masih itu daerah Badung. Padahal daerah Badung itu mulai dari Nusa Dua sampai naik di pertengahan pulau Bali. Dingin iya. Namun acara itu dalam bungkus outbound, jadi berjemur dipanasan sampai tengah hari. 😦

Pada saat beroutbound ria itu ada sesuatu yang terasa aneh dalam tubuhku. Tengorokanku terasa gatal padahal seingatku dari pagi tidak ada makanan yang “ecek-ecek” ku makan. Paginya sebelum berangkat diriku cuma sarapan dengan menu buatan istri, gule lidah sapi. Saat baru datang di arena gatheringpun diriku cuma makan snack yang diberi panitia dan welcome drink berupa juss strowberi yang merupakan produk unggulan dari daerah itu.

Ha…. juss strowberi, lah mungkin ini biang keroknya.Memang diriku agak peka dengan makanan yang menggunakan pemanis buatan. Diriku tidak menuduh pihak Bagus Argo (tempat acara itu) berbuat curang dengan mengguanakan pemanis buatan untuk juss nya namun minum juss strowberi terus tnggorokanku gatal bukan kali pertama ini. Sebelumnya diriku juga pernah ngalamin kejadian seperti ini, habis minum juss strowberi buatan anakku tenggorokan langsung gatal. Jadi penyebabnya juss itu, sehingga tenggorokan gatal.

Dalam acara gathering SA ini selain acara outbond, ada juga sharing ilmu tentang motor Vario 110 FI. Yaitu cara setting remote ABS (Answer Back System). Seperti yang diketahui, Vario 110 FI adalah motor terbaru dari Honda yang menerapkan fitur baru yaitu adanya remote ABS. Gunanya untuk menjawab keberadaan motor disaat pemiliknya tidak tahu ada dimana. Contonya saat di tempat parkir yang luas dan banyak motornya, kita lupa dengan keberadaan motor kita. Dengan adanya fitur baru itu, pemilik tinggal mencet remote maka keberadaan motornya diketahui karena adanya suara beep yang keluar. Namun remote ini bukan remote anti maling lho, jadi beda dengan remote yang banyak dijual di toko aksesoris motor.

Kerumunan parkir yang membingungkan

Bagaimana caranya ?!? ada beberapa fungsi yang bisa dilakukan pada remote itu. Pertama untuk mendaftarkan (register) pada motor. Kedua untuk mengatur volume yang keluar dari suara beep di motor. Ketiga untuk mensetel suara tone / beep pada motor, karena ada 3 pilihan suara. Dan yang terakhir, untuk menghapus register (pendaftaran) remote pada motor. Untuk lebih jelasnya akan diriku “jelentrehkan” secara detail. :mrgreen:

Pertama. Dalam satu motor Vario 110 FI bisa didaftarkan sampai 3 remote yang berbeda. Gunanya saat remote yang pertama hilang, konsumen bisa membeli remote baru di dealer / ahhas sebagai penganti. Namun untuk menggunakan remote baru itu harus didaftarkan / register terlebih dulu. Caranya dengan memainkan kunci kontak ON – OFF sambil memencet remote beberapa kali.

Untuk meregister / mendaftarkan remote baru :

Putar kunci kontak ON tunggu sampai lampu MIL mati (kira-kira 5 detik) baru tekan remote
1. ON >> tekan remote 1x >> OFF
2. ON >> tekan remote 1x >> OFF
3. ON >> tekan remote 1x >> OFF
4. ON >> tekan remote 1x >> tunggu sampai lampu MIL berkedip terus menerus yang menandakan register / pendaftaran berhasil >> OFF. Kalau tidak, ulangi lagi karena pendaftaran belum sukses.

Kedua. Untuk mengatur volume yang keluar dari motor. Ada 4 pilihan volume suara beep, kecil sekali (bisu), kecil, sedang dan besar. Cara menyetelnya :
1. ON >> tekan remote 2x >> OFF
2. ON >> tekan remote 2x >> OFF
3. ON >> tekan remote 2x >> OFF
4. ON >> tekan remote 1x >> pilih volume sesuai selera kita dengan cara tekan remotenya >> OFF

Ketiga. Untuk memilih tone suara beep. Ada pilihan 3 suara tone, bunyi sekali (tit), dua kali (tit tit), dan tiga kali (tit tit tit).
1. ON >> tekan remote 3x >> OFF
2. ON >> tekan remote 3x >> OFF
3. ON >> tekan remote 3x >> OFF
4. ON >> tekan remote 1x >> pilih tone sesuai selera >> OFF

Dan yang terakhir untuk menghapus register remote yang tadi (kalau masih ada remotenya) caranya
1. ON >> tekan remote 4x >> OFF
2. ON >> tekan remote 4x >> OFF
3. ON >> tekan remote 4x >> OFF
4. ON >> tekan remote 1x >> tunggu sampai lampu MIL berkedip terus menerus (yang menandakan berhasil) >> OFF
Lha kalau remotenya hilang bagaimana dong ❓ tenang masih bisa dihapus dari memory di motor namun harus ada bantuan remote yang lain. Daftarkan remote lain di motor sampai 3 remote maka otomatis remote yang pertama akan terlempar / ditendang dengan sendirinya oleh memory di motor. Settingan ini juga berlaku untuk motor Scopy FI yang baru.

Kembali pada diriku, rasa aneh pada tubuhku ternyata masih berlanjut. Saat pulang dari Plaga kemarin, daya tahan tubuhku ngedrop yang ditandai dengan telingaku yang terasa buntu. Sampai-sampai suara motorku sendiri tidak terdengar apalagi suara klakson dari kendaraan lain. Hal ini kurasakan sepanjang 42Km perjalanan pulang. Bagaimana gak tersiksanya diriku namun untungnya masih bisa fokus di jalan meskipun dengan kondisi seperti itu. Dan kondisi ini masih berlanjut sampai sekarang, badan sakit semua. Mungkin gejala flu dan batuk. 😦

 

NB: Gambar dipinjam dari situs empunya

Iklan

3 Balasan ke Cara Setting Remote Honda

  1. Lidya berkata:

    ooh ternyata motor juga bisa pakai romote ya pak

  2. Abu Hanifah berkata:

    Salut, mas Sugeng, masih setia ngeblog

  3. Bayu kamulyan berkata:

    Mereset ny kok gk bisa ya

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: