Pengalaman Bongkar Memory RAM

sampai tuker memory RAM ke Denpasar tidak tahunya masalahnya cuma karena keteledoran ku sendiri dalam memasang kabel

Lama tidak bisa konek di dunia maya membuat tangan serta kepala ini gatal. Kalau gatal karena eksim atau digigit nyamuk, ada obat gosoknya. Tapi gatal karena tidak bisa online ini yang membuat gatal semakin jadi. Terakhir bisa online hari Minggu dini hari tanggal 27-03-2011 setelah itu kompie eror dengan meninggalkan pesan β€œmemory dumping 3”. Waduh !! makanan apa ini πŸ˜• maklum saja, masalah beginian saya paling nol besar karena semua yang bisa saya lakukan di depan kompie ini adalah hasil coba-coba. Dan dari coba-coba ini tidak semuanya berhasil, seperti pada kasus kali ini. 😳

Setelah tahu ada pesan dumping seperti itu, langsung kompie ku matol alias mati total. Tidak mau hidup begini biasanya cuma karena memory RAM nya kotor. Langsung saja saya buka dengan peralatan seadanya dan bekal keberanian yang sedang-sedang saja. Tapi proses bersih bersih ini tetap saya lakukan tidak saja pada RAM nya namun juga pada semua isi jeroan CPU nya. Kabel yang berseliwiran aku cabutin semua dan kuas serta kain basahku mulai bekerja sebagaimana tugasnya. Kurang lebih 30 menit semua piranti di dalam CPU sudah aku bersihkan dan sekarang saat nya memasang kembali.

Jrenggg……..!! koq malah gak mau hidup sih. Ada apa sebenarnya β€œmemory dumping” ini, terpaksa aku bongkar pasang lagi sampai 5 kali tetap saja lampu power warna hijau tidak mau menyala. Wadohh……….. tolong !!! terpaksa HP saya fungsikan sebagai browser dan tanya sana sini dan pada om gugel. Jawaban nya ada kemungkinan memory RAM nya rusak. Walah RAM ini kan masih setahunan saya beli besarnya 2 GB dan bermerk Visipro. Koq sudah rusak sih ?!?

Saat saya memutuskan untuk memakai memory RAM merk ini salah satu point yang membuat saya tertarik adalah jaminan lifetime warranty nya. Saat ada kendala seperti ini kenapa tidak dicoba untuk menukarnya. Dengan semangat dan antusias tinggi saya berangkat ke dealer yang ditunjuk yang ada di dekat kotaku. IT clinic cabang Denpasar di komplek pertokoan sudirman agung. Tidak banyak administrasi yang ditanyakan disana saat saya sodorkan memory RAM 2 GB yang saya bilang rusak (ini diagnosa hasil dari diskusi dengan beberapa teman di internet dan SMS).

Langsung saya diberi memory penganti dengan spek yang sama namun dengan kemasan lebih baru. Ternyata tidak salah saya membeli memory RAM produk dari Visipro ini karena memang bergaransi seumur hidup (recommended sale). Rasanya tidak sabar hati untuk memasang RAM baru ini dan langsung tancap gas online lagi. Namun keinginan ini masih harus aku pendam lagi karena saat memory RAM ini saya pasang pada tempatnya, CPU tetap saja tidak berjalan sebagaimana mestinya. 😦

Gara-gara kabel hitam kuning tidak terhubung saya tidak bisa online

Sudah lebih seminggu kejadian itu saya alami tapi belum ada solusi yang bisa saya jadikan jalan keluar. Padahal sudah mencoba bongkar pasang lagi tapi belum juga beres. Tiba-tiba terbesit untuk memeriksa kabel yang sempat saya cabutin saat membersihkan hardisk dan motherboard nya. Ternyata ada satu kabel warna kuning hitam yang memang belum saya pasang. 😯 Jadi biang keladi selama seminggu lebih tidak bisa online nya diriku hanya karena kabel ini saja. Hm…. sampai tuker memory RAM ke Denpasar tidak tahunya masalahnya cuma karena keteledoran ku sendiri dalam memasang kabel-kabel power CPU.

Untuk awak dan punggawa IT clinic Denpasar, saya mohon maaf kalau memory yang saya tukar kemarin masih dalam kondisi baik dan tidak rusak. Itu hanya kesalahan ku dalam memvonis rusak RAM ku dan ternyatakesalahan bukan karena memory RAM Visipro yang saya pakai tapi karena kesalahan tekhnis yang saya buat sendiri. Namun saya salut dengan cepatnya penangganan laporan claim dari pelanggan untuk produk Visipro. Dan kalau sahabat blogger semua membutuhkan memory RAM pilih saja Visipro karena memang garansi lifetime nya sudah terbukti.

33 Balasan ke Pengalaman Bongkar Memory RAM

  1. Selamat Malam Pak Sugeng…
    Maaf lama tak berkunjung. πŸ™‚

    Wah, pak sugeng hebat ya, dan pantang menyerah, bongkar pasang berkali-kali, akhirnya menuai hasil.

    Salam jabar erat selalu… πŸ™‚

    Aslinya bukan pantang menyerah, tapi nekad saja karena saya pikir yang rusak bukan software nya jadi kan cuma ilmu katon (ilmu yang kelihatan). πŸ˜†

  2. Cahya berkata:

    Ha ha…, tapi kok mau ya ditukar? Harusnya kan dicek dulu apa memang RAM yang rusak atau tidak.

    Gak tahu saja juga bli, apa mungkin saat itu wajahku aku pasang mode memelas sehingga mereka langsung terima saja :mrgreen:
    atau ini memang sudah standart mereka dalam menangani pengajuan claim πŸ˜• aku gak tahu.

  3. Asop berkata:

    Wah, saya masih pengguna Corsair! πŸ˜€

    Gak papa, yang penting cocok dengan spek DDR kita. jangan memory RAM DDR2 di colokin di DDR3 πŸ˜†

  4. masyhury berkata:

    Wah,, berani banget bongkar-bongkar CPU.
    Saya anak komputer saja masih ragu untuk mencoba, hihi… takut kesetrum.. πŸ˜€

    Kalau masalah kesetrum kan di lepas dulu colokan listriknya tapi masalah hardware dan software aku gak ngerti sama sekali. Yang aku bongkar kan yang kelihatan saja :mrgreen:

  5. danymencoba berkata:

    Tapi sekarang kan pak Sugeng sudah bisa kembali ke dunia maya πŸ˜€

    membungkah rasa kangen tuk bersapa dengan para sahabat semua πŸ˜›

  6. TuSuda berkata:

    Pengalaman seru juga ya Mas, ada pengetahuan baru agar jgn salah sambung lagi.
    Salam hangat dari Kendari.. 8)

    Masalah kelupaan kabel nya bukan yang pertama kali terjadi dok 😳 tapi semangat pantang menyerah ini yang jadi penyemangat bongkarnya πŸ™„

  7. bundamahes berkata:

    memory dumping itu bukannya diminta untuk mbuang memory-nya ya Om??? 😎

    Menurut yang saya baca sih itu karena memory nya kotor. Bisa RAM nya bisa juga harddisk nya πŸ˜‰

  8. Vulkanis berkata:

    Satu pengalaman yang menarik

    😳 jadi malu aku 😎

  9. Vulkanis berkata:

    tertangkap spam Mas komennya ternyata ,,sukses pokonya

    Telah dibebaskan oleh pahlawan bertopeng 😎

  10. Lidya berkata:

    dulu selagi ada bapak saya serahkan kebeliau,sekarang selagi ada suami saya serahkan ke suami juga hehehe

    Wah enaknya jadi keluarga para tukang bongkar 😎

  11. cerita dewasa berkata:

    Wah Salam hangat dan jabat erat kembali Pak Sugeng, senang neh dapet kenalan dengan orang Tabanan Bali.
    Dan tentang pengalamannya, saya katro neh pak, dengan istilah2 ram, memory, visipro dll, saya hanya user doang, rusak ya saya nda bisa mbetulin ndiri. Kalo gytu Pak Sugeng termasuk ac dc ya dirumah, serba bisa. He.
    Meski sayang tadi nda telaten kabel kuningnya ketinggalan dipasang, ya manusiawi yang berguru pada pengalaman. Hehe

    Sebetulnya aku juga gak ada basic sama sekali dengan hal beginian. Cuma berani saja dengan logika yang rusak bukan software, jadi masalah hardware kan seperti mekanikal di tape recorder πŸ˜›

  12. Mabruri Sirampog berkata:

    memang harus berani ya pak kalau pengen bisa… πŸ˜€
    Modal nekad tak masalah…
    semangaaattt..

    πŸ˜† yang penting usaha dulu

  13. Firaun NgebLoG berkata:

    klo urusan bongkar-bongkar saya juga bisa mas, cuma pasang ulangnya yg ga bisa πŸ˜€ hehehe…

    Pertama bongkar, kalau gak bisa bawa ke tukang bongkar beneran πŸ˜›

  14. tutinonka berkata:

    Hwaa … kalau urusan kayak gitu, saya nyerah aja sama teknisi yang ahli IT. Saya cuma bisa pake aja, gak tahu seluk beluk software … πŸ˜€

    Sama bu, software aku gak berani kalau hardware kan cuma asal colok sana colok sini πŸ˜†

  15. sedjatee berkata:

    gak tahu banyak tentang komputer
    tapi ada tips menarik
    kalo tiba-tiba hang waktau booting, periksa RAMnya
    hehehe…

    sedj

    Keknya seperti itu sih, tapi kebetulan benar juga 😎

  16. giewahyudi berkata:

    Saya kok rasanya belajar banyak sama Pak Sugeng, saya enggak ngerti soal beginian.. 😦

    Sama ngak ngertinya mas πŸ™„

  17. gerhanacoklat berkata:

    ibarat kate tubuh ya mas, ada yang rusak dan korslet satu semuanya bisa ngambek itu πŸ˜€

    Yups…. gimana mau jalan kalau kabel power nya gak nyambung :mrgreen:

  18. tunsa berkata:

    waahh..promo terselubung, hihi…
    saya blm pernah ganti RAM πŸ˜€

    Bukan promo mas, tapi sekedar sharing pengalaman dengan produsen memory RAM yang bagus layanan after sales nya πŸ˜‰

    • tunsa berkata:

      RAM yg 2 gb berapa pak? pernah beli kah?
      kalo HDD yg 500 GB brp?

      Saat aku beli setahun lalu di kisaran 450rb kalau harddisk ku cuma harddisk internal 250GB (harganya lupa)

  19. M Mursyid PW berkata:

    Terus terang untuk DDR, saya juga minded dengan merek seperti yang mas Sugeng pilih itu.

  20. M Mursyid PW berkata:

    Terus terang untuk DDR, saya juga minded dengan merek seperti yang mas Sugeng pilih itu…

    Layanan purna jualnya pak, bagus dan betul2 lifetime warranty πŸ˜†

  21. mood berkata:

    Jaaah, sudah dituker gag bisa pula. Rupanya ada kabel yang lupa dipasang, tapi ini bisa jadi pengalaman yang berharga ya pak.

    Salam.. .

    😳 pengalaman memalukan

  22. isnuansa berkata:

    kalo saya pasti udah nangis dapat masalah begitu…

    Habis nangis bawa ke tukang service πŸ˜†

  23. Alam berkata:

    kalau aku udah tak bakar tu cpu :mrgreen: hehehe..

    Gak segitunya deh, paling diprotolin satu-satu πŸ™„

  24. budies berkata:

    wah ini bakal ada calon pakar IT baru yang pintar membongkar, lupa memasang

    Terima bongkar saja pak πŸ˜†

  25. joe berkata:

    gak berani saya gan, takut gak bisa balikin ….

    Bongkar saja mas, ntar aku yang masang
    **sambil nginget2 jalur kabelnya** πŸ™„

  26. wien berkata:

    Met malem pak Sugeng…wah jadi menambah pengalaman nih pak, bongkar2 PC sendiri…kalau saya ga ngerti blas pak…cuma bisa makai tok…hehe

    Bisa karena terpaksa πŸ˜›

  27. Lockjaw berkata:

    ngebersihin isi kompi kok pake kain basah sih pak?

    klo ngalamin hal itu belum tetntu meorynya rusak, kadang karena kurang kompatibel aja satu sama lain di dalam mobo, atau ada error di chip motherboard bisa dibenerin lagi di bengkel komputer, paling mahal kena 10ribu. atau coba reset Mobo secara manual dengan mencabut baterai Mobo lalu pasang lagi.

    cmiiw


    Aku pakai PC koq bukan laptop jadi gak ada baterai nya. betul mas, belum tentu memory nya yang rusak dan itu saudah saya buktikan sendiri πŸ˜†

    • Lockjaw berkata:

      iya pak, maksud saya baterai Motherboard, bentuknya seperti baterai jam tangan tapi ukurannya lebih besar

      Oh …. baterai di motherboard itu. Kan ada dua, satu untuk jam dan satunya itu untuk motherboard nya to ❓ . maklum gak ngerti blas masalah gituan πŸ˜†

  28. Masbro berkata:

    Komputer saya juga lagi jebol Mas, power supply nya..

    Selain RAM yang sering eror karena rusak, monitorku yang sering ngadat. Maklum saja kalau lagi on selalu overtime, power supply sampai sekarang belum pernah bermasalah. Padahal aku langsung colokin di jala-jala PLN (gak pakai trafo stabilizer).

  29. NURA berkata:

    salam sobat
    karena keteledoran memasang kabel jadi tukar RAM di Denpasar.
    buat pembelajaran agar lebih teliti.

  30. joko santoso berkata:

    lumayan dapet yang baru … wkwkwkkkk

  31. Wah, asal yg jebol bukan harddisk. Soale semua data ada di situ.

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

