Cara membuat Susu Kedelai

dari sisi kandungan, susu kedelai lebih unggul dari pada susu sapi

Kali ini saya mau sharing tentang susu. Ya susu, pasti sudah kenal semua. Baik blogger remaja ataupun blogger yang sudah senior. Namun susu yang mau saya bagi disini bukan susu produk pabrik ataupun susu produk kandang namun hand made sendiri. bukan ASI lho :lol: Susu kedelai. Pasti tahu kan dan pernah merasakan nya.

Dilihat dari sisi kandungan,

Susu kedelai

susu kedelai lebih unggul dari pada susu sapi. Namun saya bukan ahli gizi yang peduli dengan kandungan gizi dari setiap makanan. Biarlah itu di tulis pleh blogger yang lain. Aku cuma kebagian membaca dan kasi komeng. :cool: Yang mau saya bagi cuma cara membuatnya. Sudah pernah membuat sendiri belum ??? kalau saya sendiri, mendingan membuat sendiri dari pada menikmati yang siap minum seperti banyak di jual di warung.

Saya kenal susu ini sudah lama, kira2 tahun 80an saat saya masih bersekolah SD. Saat sering membantu paman yang mempunyai pabrik tahu. Dan saat memasak sari kedelainya saya ambil beberapa gelas dan saya beri gula. Rasanya saat itu, …… masih terasa bau kedelai nya. Mungkin karena saat itu campur dengan sari kedelai yang untuk bahan tahu. :lol:

Langsung saja tutorial cara buat blog, cara membuat susu kedelai nya. Bahan yang diperlukan tentunya kedelai. Kalau untuk konsumsi keluarga kecil dengan dua orang anak, ½ Kg saja sudah bisa jadi 4 liter dengan kekentalan yang wajar dan tidak seperti kebanyakan yang di jual di warung, encer.

Pertama-tama kedelai dibersihkan dan direndam air kurang lebih 3 jam (semakin lama semakin baik). Hal ini bertujuan agar kedelai nya agak empuk dan gampang di tumbuk / digiling / diblender. Setelah selesai di rendam, kedelai langsung dicuci sampai bersih dan ditiriskan sampai agar kasat airnya. Hal ini bertujuan agar rasa dan aroma susu kedelai segar dan tidak bau kedelai. apa namanya kalau bau ledelai itu

Setelah itu giling / blender sampai hancur dan saat dilakukan pemblenderan (kalau dulu aku membuat dengan digiling oleh tenaga tangan) sambil diberi air hangat sampai menjadi seperti bubur. Selanjutnya bubur tadi kita saring dengan kain dan kita masak sampai matang. Jangan lupa memberi garam satu sendok teh dan beri daun pandan. Setelah matang baru diberi gula sesuai selera.

Susu kedelai ini sudah siap minum selagi hangat tapi bagiku sendiri lebih enak kan di sajikan dalam keadaan dingin dari lemari es.

Bagaimana dengan anda, tertarik membuat minuman sehat dengan modal murah meriah ??? dari pada beli yang sudah jadi dan ada pengawetnya :???:

 

P.S: gambar saya pinjem dari sini

About these ads

42 Balasan ke Cara membuat Susu Kedelai

  1. ahsanfile mengatakan:

    Sambil membayangkan wujudnya…

    Kalo ada gambarnya Pak… ditunggu ya :D

    AKu gambarnya pinjem mas, belum sempat ngambil gambarnya :lol:

  2. Lidya mengatakan:

    kurang suka susu kedelai, tapi anak saya suka sekali

    Coba bikin sendiri, calvin pasti suka :lol:

  3. dhe mengatakan:

    hmm, sampai saat ini dhe masih tak berani mencoba susu kedelai.. pasti rasanya lucu, hehe..

    oya kang, dhe ini cewek lho, jadi jangan dipanggil mas lagi yuaaaaa..

    :oops: :oops: Ups ……. masa sih ?!? kirain seperti aku. coba tak periksa sendiri

  4. djangan pakies mengatakan:

    mirip-mirip bikin tahu ya Kang, emang sama bahannya.
    tapi boleh dicoba tuh karena susu kedelai banyak manfaatnya

    Memang seperti itu pak, itupun aku curi ambil saat membuat tahu :cool:

  5. lozz akbar mengatakan:

    mantep Cak.. kenapa sampean enggak bikin perusahaan aja Susu Kedelei cak Sugeng.. trus dipasarkan secara online.. keren kan Cak hehehe

    Kalau dipasarkan secara online ya gak kuat mas. Kan tanpa bahan pengawet :???:

  6. tunsa mengatakan:

    saya tertariknya kalao dikasih pak Sugeng :-D
    Saya kurang suka sama susu kedelai, tapi kalau ada ya habisin…hihi

    berarti kamu yang ngabisan susu kedelai ku tadi ya :lol:

  7. gerhanacoklat mengatakan:

    saya minum yang udahjadi aja deh mas sugeng hehehhe

    Iya , agak ribet :cool: maklum wanita karier :razz:

  8. Cahya mengatakan:

    Sebenarnya itu bubur kedelai sih :D.

    Iya dok, malah seperti juice kedelai tanpa ampas :mrgreen:

  9. kang ian dot com mengatakan:

    jadi kepengen ni pak..kayanya kalao sore enaknya anget kalao siang enaknya y dingin dingin sueeger hehe

    Seratus kang, siang di buat dingin jadi makyusss…………… :D

  10. bintangtimur mengatakan:

    Keren nih cara-cara bikin susu kedelainya.
    Saya dulu pertama kali buat susu ini waktu KKN di Ponorogo. Ada salah satu temen yang jago banget bikin susu kedelai dan berminat mengajarkan keahlian ini sama masyarakat disana…
    Sambutannya?
    Hangat banget, susu kedelai memang enak dan bergizi :D

    Perlu di kembangkan dan bisa menjadi penghasil rupiah bagi ibu2 :lol:

  11. fitr4y mengatakan:

    besok qu praktekin mas,, kya na enak bkin ndiri y .. :)

  12. personal health care mengatakan:

    berkunjung ..

    trims infonya mas,,

    salam :)

    Wah mulai nernak blog nih :?: oke langsung ke TKP :arrow:

  13. Ayahnya Ranggasetya mengatakan:

    saluuuut buat postinganmu kali ini, Pak! Kebetulan aku paling suka makanan/minuman yang dibuat dari kacang kedelai… tahu, tempe, kecap… dan kali ini aku dikasih tau cara buat susunya… :-)

    Aku juga salut dengan tutur bahasa tulisanmu mas :razz:

  14. nitnot mengatakan:

    mauuuu susu kedelenya….hehehee…

    Mau :?: gampang cuma 4rb sebotolnya :cool:

  15. HALAMAN PUTIH mengatakan:

    Saya juga suka susu kedelai bang, namun terkadang bau kedelainya masih tertinggal kalau mengolahnya belum tepat.

    Ini tips untuk menghilangkan bau langu pada susu kedelai olahan http://halamanputih.wordpress.com/2008/01/22/bau-langu-pada-susu-kedelai/

    Ooo….. begitu ya **barusan datang dari TKP**
    Okelah nanti aku kasi instruksi pada asisten ku :lol:

  16. Asop mengatakan:

    Iya Mas, saya suka lho, susu kedelai. :D
    Segala jenis susu saya sukaaaa.. :oops:
    Proteinnya itu lho, luar biasa. :)

    Asop ini penyuka susu atau pecinta susu :???: :lol:

  17. mas-tony mengatakan:

    Saya sudah disiapkan oleh mbok rondo tiap 2 hari sekali mas, so ga perlu bikin sendiri, soalnya malas hehe

    Maksudku juga begitu mas, kalau aku yang membuat sendiri pasti baunya lengu :lol:

  18. Bau kedelai = langu. Jadi inget jaman dulu KKN. Saking bingungnya bikin program, ada teman yang ngasih pelatihan bikin susu kedelai. Pas hari H, dia inget klo nggak punya saringan. Akhirnya dia make kaus dalemnya buat ganti. Huek.

    :shock: Kaos dalem yng bekas keringat itu, enggak banget deh :lol:

  19. ysalma mengatakan:

    saya beli yang bubuknya Pak,, mahel,,,
    resep yang manjur dan harus dicoba,, :D

    Aku juga pernah mencoba yang bubuk itu mbak, tapi rasanya koq enggak banget deh :sad:
    mending bikin sendiri, murah meriah dan bermakna :lol:

  20. aryna mengatakan:

    selera kita sama yah? tos tos tos…saya sering buat susu kecdelai…

    Yup…… :lol:

  21. joe mengatakan:

    kalau yang ini pasti dijamin tidak terkontaminasi sama bakteri sakazakii

    Minum nikmat sakazakii minggat :mrgreen:

  22. sedjatee mengatakan:

    saya suka susu kedelai
    rendah lemak dan kaya protein
    salam sukses..

    sedj

    Saya juga suka dan mencintai susu :lol:

  23. Srikandi Hati mengatakan:

    kalau gak salah susu kedelai ini bisa untuk mengobati penyakit juga ya,,, saya sering membeli susu kedelai yang sudah jadi tapi sekarang sudah tahu deh cara bikinnya,,, makasih ya infonya.

    Sama-sama Jeng ;)

  24. mida mengatakan:

    Lebih suka beli aja, bikin sendiri mah lama, hehehe… *males
    Btw, saya pernah dengar kabar nih Pak, katanya ga boleh terlalu sering mengonsumsi susu kedelai karena ada efek kurang baik (lupa apa), itu bener ga ya?

    Aku juga pernah membacanya, tapi aku kan gak terlalu sering. Paling cuma seminggu sekali :lol:

  25. Sepeda Gunung mengatakan:

    Hmmm… Lezat!!!!

    Mau ….. :?:

  26. edratna mengatakan:

    Saya suka minum susu kedelai…tapi belum pernah mencoba membuatnya sendiri.

  27. bundamahes mengatakan:

    rasa kedelai rasa “langu” kali ya Om!
    Dulu saya pernah bikin, tapi karena si kecil ga suka, ga pernah bikin lagi deh! :mrgreen:

  28. refa mengatakan:

    terima kasih resepnya, ku hoby banget susu kedelai. akan ku coba resepnya. makasihhhhh

    Silakan dicoba dan jangan lupa kasih contoh hasilnya :lol:

  29. Devi Yudhistira mengatakan:

    tar dicoba ah…bungsuku alergi susu sapi :)

    makasih ya sharenyaaaa

    Coba saja mbak dan tak kalah dengan yang banyak di jual di supermarket :lol:

  30. ir_ mengatakan:

    kl resep2 laen pd disaring kl dah jd bu2r gt,ini qo ga ya…..
    aq pernah bikin tp baru 2 hari di kulkas qo kental sediri ya,kepisah antara air bening ma kentalannya (kaya yg buat bikin tahu tu…)
    bisa kasih tau,knp???

    Oh ya…. psti ada yang kelupaan :lol:
    Btw, kalau misah berarti basi karena kalau terkena asam sedikit saja dia akan misah antara air dan kedelainya

    .

  31. Sepeda MTB mengatakan:

    Good artcle!

  32. DS'Soya mengatakan:

    Sebaiknya setelah direndam, kulit kedelai dikelupas, hal ini untuk menghilangkan kandungan purin yang tidak cocok untuk penggemar susu kedelai yang memiliki masalah dengan asam urat …

    ato jika tidak ingin repot dan menginginkan kandungan vitamin dan gizi yang lebih, kunjungi blog kami:

    http://ds-soya.blogspot.com

    Joy with Soy

  33. asep mengatakan:

    Bagaimana cara membuat susu kedelai agak bisa tahan / tidak mudah berasa asam…?

    Usahakan dalam pengolahan bahan harus bersih dan penyimpanannya harus higienis

  34. ada mesin itu lho pak, khusus untuk membuat susu kedelai. jadi ampas dan airs susunya sdh terpisah sendiri.
    memang lebih baik buat sendiri,

  35. wakidi mengatakan:

    saudara,, setelah kedelai di rendam selanjutnya hanya dicuci saja?, apa kulit kedelainya tidak di buang?

  36. ana mengatakan:

    sy suka susu kedelai tp kok ribet banget yach bikinnya mending beli aja deh

  37. hauraa mengatakan:

    masa pas udah jadi rasanya aneh bangt~ ga kaya yg di abang abang:|

  38. mardiyanto setia murni mengatakan:

    Bagaimana caranya supaya susu kedelai bisa tahan lama…?

  39. Sahid mengatakan:

    MANTAP SUSU KEDELAI APALAGI DI NIKMATI KETIKA
    HANGAT

  40. ratna mengatakan:

    direndam lama kok masih bau ya…..? apakah saat perendaman airnya harus diganti beberapa kali? atau kulitnya ikut digiling atw dibuang ,aku jadi biggung, kan lumayan klu buat sendiri drpd beli, soalnya manfaatnya kan byk ,ya ngirit2 dikit
    jawab dong jadi penasaran nih

  41. Susu Kedelai mengatakan:

    Jual Susu Kedelai Bubuk Organik Online.

    Pembelian Silahkan Kunjungi Website Kami. Terimakasih :)

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 107 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: