Penipuan Dunia Maya

…jangan bertukar nomer telepon apalagi pin BB karena mereka bukan orang yang kita kenal…

Jaman sekarang yang namanya penipuan bisa saja terjadi dimana-mana. Ada yang secara online ada yang offline dan ketemu langsung. Dan ada juga yang mengabungkan keduanya, setelah online dilanjutkan offline, temu darat terus embat. Yang begini ini kadang tidak di sadari oleh sang korban. Dan ada juga yag sudah ngeh serta sadar dengan kondisi yang seperti ini. Jadi sebelum menjadi target lebih lanjut si korban searching di internet dan menemukan bahwa modus yang seperti itu sudah dipastikan bahwa suatu penipuan. #selamat dech

Pada postingan kali ini, tulisananya masih sekitar penipuan. Namun ini sekedar sharing saja bahwa ada juga modus yang seperti ini. Tulisan ini terinspirasi setelah membaca answers.yahoo.co id yang menanyakan bagaimana kita bersikap seandainya kita menjadi target dari sindikat penipun internasional.

Ceritanya ada yang bertanya tentang sikap kita seandainya kita berkenalan dengan orang asing via media sosial. Dan ada penjawab dengan ranking terbaik mensharingkan pengalaman nya saat berkenalan dengan orang asing. Mulanya dia tidak curiga meskipun kenalan nya lewat YM dan email (gak tahu email nyasar atau sengaja di kirim sebagai pishing). Dan celakanya acara YM dan email2 lan ini berlanjut dnegan tukar pin BB. Gila ngak tuh 😕 padahal belum kenal. Setelah berjalan sekian lama, sampai berlanjut pembicaran bisnis, dan si orang asing itu bermaksud (pura-pura atau sengaja, aku gak tahu) mentransfer uang.

Setelah mengutarakan mau tranfer uang, sang orang asing itu menanyakan nomer rekening yang masih aktif. Sampai disini mungkin sang calon korban tidak sadar bahwa dengan menanyakan rekening yang aktif itu, mereka bisa mengecek sang calon korban ini orang tajir atau kere. 😆 mungkin kalau kere misi penipuan nya tidak dilanjutkan biar tdak menghabiskan banyak modal tapi hasilnya nihil. Setelah tahu bahwa sang calon tajir, jurus selanjutnya jalan. Singkat cerita sang orang asing ini (katanya) mengirimkan uang namun bukan lewat rekening tapi lewat kurir langsung.

garong maya

Dan saat kurir datang dengan membawa uang dan paket, dia ditahan oleh pihak bea cukai. Untuk bisa mengambil kita harus menebusnya 😯 nah lo !! disini mulai terkuak kedok sang orang asing ini. Seandainya kita tidak kuat hati (terlena dan berbunga2) karena di kirimi uang dan paket langsung dari luar negeri, tentunya kita akan kena 😦 menebus harus mengeluarkan duit, padahal belum dapat duit. Kalau sudah keluar, kita tidak tahu paket yang datang itu berupa apa atau apa isinya. Seandainya saja, itu sindikat narkoba internasional yang jangkauannya lintas negara. Dan paket itu berisi paket narkoba kelas tinggi. Mereka akan enak melenggang masuk Indonesia tanpa ada resiko. Sedang kita hanya dijadikan korban.

Makanya, kita sebagai blogger yang mengerti akan trend kejahatan dan penipuan sudah seharusnya mensharingkan. Mungkin saja ada teman, tetangga, saudara, kenalan atau siapapun yang bakal jadi calon korban / korban bisa lebih dini tahu akan resikonya. Dan kepada sahabat yang sudah familier dengan dunia maya, jangan sekali2 kita terlalu percaya dengan orang yang baru kita kenal hanya lewat chatting, FB, atau media sosial lain nya. Dan yang terpenting, jangan bertukar nomer telepon apalagi pin BB. Karena mereka bukan orang yang kita kenal sesungguhnya, bisa jadi sikap sok akrab dan pedulinya hanya sebagai senjata awal dari jurus rayuan maut selanjutnya.

NB: Diri ini juga sering menerima email / chatt dari orang yang tidak dikenal yang bersay hallo. Padahal diri ini tidak merasa pernah menerima add pertemanannya. Pluss email yang mau memberikan dana super emang dana daari mbah e opo ??

44 Responses to Penipuan Dunia Maya

  1. Lidya berkata:

    terima kasih sharingnya pak, bisa dijadikan pengingat untuk kita semua agar selalu berhati-hati

  2. marsudiyanto berkata:

    Penipuan seperti ini sudah banyak terjadi dan korbannya malu melapor…

  3. bensdoing berkata:

    buat ingatkan kita semua…dunia maya mmg bagai pisau bermata dua…

  4. rayuan maut berkata:

    wah parah gan, kita harus lebih pinter dari penipu

  5. mechtadeera berkata:

    Trims sudah kembali mengingatkan kita pak.. 🙂
    Meskipun bukan modus operandi baru, tapi masih banyak juga yg kebobolan…

  6. Cahya berkata:

    Pokoknya, hati-hati, ada celah ketika kita ragu, maka celah itu mungkin akan menyelamatkan kita.

  7. Pesatnya kemajuan IT, makin meningkatkan kreativitas manusia dalam segala bidang. Dalam urusan tipu menipu sebenarnya tidak tepat kalo dikatakan kreativitas, tapi dengan itu semakin hari semakin banyak bermunculan cara-cara yang unik dan up to date dalam menipu orang lain. Entah di dunia maya ataupun nyata.
    Dan kita yang lebih memahami akan hal-hal semacam ini sudah seharusnya memberikan wawasan pada orang-orang di sekitar kita agar tidak menjadi korbannya

  8. Mas Huda berkata:

    wow ngeri juga ya kayak gitu… tapi aku tuker-tukeran nomer juga sih sesama blogger he he

  9. nice share sob, bisa membantu kita agar lebih berhati2 lagi……..

  10. affanibnu berkata:

    ngapain juga membeberkan sesuatu yang sangat pribadi.. 🙂

  11. Applausr berkata:

    ya betul sekali nih…. kita harus hati hati nih… banyak juga orang mencari uang dengan cara seperti ini….. nice post sob….

  12. Imelda berkata:

    waduh ngga usah yang kenalnya lewat YM atau chatting, yang sudah pernah ketemu /kopdaran pun bisa jadi penipu… atau benalu! Pikirnya karena toh sudah bertemen bisa saja minta pinjem sana sini. Daaaan biasanya yang kena tipu adalah perempuan yang tinggal di LN. Fitur chatting di FB aja aku jarang on kan, padahal teman2 FB udah pilihan semua hehehe

  13. Irfan Handi berkata:

    Syukurnya saya belum pernah ketipu Om, boro-boro mau nyantumin PIN BB, wong BB-nya aja gak punya. 😆
    Happy Blogging Om…. 😎

  14. imadewira berkata:

    Kontak pribadi memang sebaiknya jangan diumbar di jejaring sosial. Kalau pun sudah terlanjur, ya sebaiknya extra waspada pada orang asing.

  15. irmarahadian berkata:

    ma ksih infonya pak…:)

  16. rawins berkata:

    tapi di blog atau akun online aku sengaja pasang identitas lengkap
    antisipasi saja kalo kalo jurnalku menyenggol orang lain agar tidak dianggap lempar batu sambil ngumpet
    minimal ada sarana japri untuk mengoreksi biar aku bisa instropeksi
    bertahun tahun aku lakukan itu tapi sampai sekarang belum pernah ada masalah

  17. Kaget berkata:

    dulu, saya sering terima email dan pesan singkat lain yang berisi ‘penipuan’. Tapi, saya sering membuat marked ‘spam’ dan lam kelamaan motif seperti ini ngga keliatan lagi di inbox. Clear, sebersih mencuci pakaian 😀

  18. isnuansa berkata:

    Terima kasih sudah berbagi soal ini Pak SUgeng.. Belom pernah ngalamin sendiri sih.. Soal email tawaran dana dari luar negeri, sepertinya makin hari makin berkurang, berganti dengan iklan obat kuat, hahaha… 😆

  19. Tebak Ini Siapa berkata:

    Waw serem ya…
    Aku paling tuker nomer sama temen blog, belum pernah sih ada masalah, hehehe…

  20. arif berkata:

    belum pernah tertipu via dunia maya, tapi klo dapat pesan via email, chat, atau social media yg berbau penipuan, seringkali

  21. Dewi SH berkata:

    wah,,bener tuh,,, saya juga baru2 ini hampir tertipu krn kenalan dgn org asing via fb, awalnya biasa ngobrol lama2 dia curhat dsb,…sampe saya mau dikirimkan uang sebesar 3000pound,..awalnya siyy kaget tp gak masuk diakal juga krn dia kirim lewat hsbc dan saya harus kirim charges lewat western union sejmlh 1200 dolar,,,,ke rek seseorang….untung saya gak asal percaya kalo gak yg ada duit melayang…..

  22. Sulistyowatipkm berkata:

    Alhamdulillah tks atas infonya…..saya juga dpt pengalaman spt itu, tips nya supaya dicuekin aja, lama-lama diam sendiri

  23. Royal berkata:

    actually i on the situation like mention above, thank you very much for the sharing, sekarang tinggal memikirkan bagaimana caranya menghindari mereka

  24. Nyit Nyit berkata:

    huhuhuhuhuuuuuu…..percis modus yg baru aq alami…!!!
    Dan sayang beribu sayang….aq TERLAMBAT membaca posting macam ini….huhuhuuuu….

  25. arzack berkata:

    Wah ternyata teman sekolah saya bener ketipu modusnya sama persis seperti ∂ƿa yg anda tulis. Sindikat penipuan internasional. Teman saya sudah transfer uang 7 jt. Dan paket datang tetapi di tahan pihak bea cukai bandara harus mentransfer 7 jt lagi. Krn dia di Surabaya sedangkan paketnya di Jakarta. Saya disuruh ambil. Paketnya yang berisi uang. Trs saya langsung fonis ke dia. Mana αϑα orang mau transfer uang bnyk ke kita, apalagi orangnya kita ga kenal. Lalu saya sadarkan dia klw anda tuch tertipu mentah”… Trs dia baru sadar..

  26. Yantie berkata:

    Ah, saya baru aja tertipu. Padahal semua sudah saya cek. Hari H+1 saya masih cek, ke teman2. Semua bilang Ok. Akhirnya saya kirim uang. Padahal uang tsb adl Uang saudara, Teman, dan Gaji. Cilaka, saya. Baru sadar setelah minta dikirim lg karena, di paket ada uangnya. Dan harus bayar lg Rp. 19.500.000,- Fotonya ada di FB. Sekarang dia nya blokir saya. Saya lg cek, foto2 tsb di FB benar apa tidak. Sy lg cari teman2 dr Diplomat. Saya tdk terima.

  27. istri muda TNI AD berkata:

    Congrat, You have been awarded with the sum of $650,000USD by our office, This award has been selected through the Internet where your e-mail address was indicated and notified.contact Tim Larry via email( timlarry@dgoh.org ) with your details for claims

    • istri muda TNI AD berkata:

      Aq baru aja tdi malam dapat email atas nama western union,,huft hampir aja percaya untung q baca blog ini,,makasih share nya pak,,,

  28. tony efendi berkata:

    Betul itu barusan saya juga sempat dapat chatting via YM dan ujung2nya modus persis seperti itu, untungnya saya dulunya banyak bergaul dengan orang asing sehingga paham betul sifat2 mereka dan alhamdulilah saya tidak kena tetapi malah dia saya bikin malu. ( buaya mau dikadalin, ngak mempan )

  29. aripasuka berkata:

    Betul juga kata anda bro saya juga sedang mengalaminya yang mana saya di info ada kiriman uang dari afganistan tapi masuk ke Bali kemudian orang yang urus telp saya bahwa saya hars bayar Bea Cukai sebesar 25.000.000 sampai sekarang saya masih tetap coba komunikasi dengan dia karena saya pengen gimana caranya saya bs ketemu ama orangnya baru kemudian kita habisi, gimana rekan2 setuju ga?

  30. mimi berkata:

    saat ini saya masih dalam proses kenal dengan orang asing . sebagai bentuk penghargaan terhadap saya, dia akan mengirimi saya hadiah dan akan mengirimkannya ke indonesia dengan dilekatkan uang juga. tapi saya bikin dia bingung karena terkesan ganjal…..apa ini sama dengan modus penipuan juga?

  31. Lucy Eka Savitri berkata:

    Trima kasih sudah di ingatkan ,barusan saya juga ada kenalan fb dari afganistan yg mau kirim uang…….makasih banget. untuk postingnya ….untung aj nggak kena….tapi tu bule oon juga orang kere mau ditipu…,hehehe…

  32. James berkata:

    gue mo cerita, dpt kenalan di Skype, ngakunya dokter yg kerja buat pemerintahan USA, gombal luar biasa, singkat cerita dia niat transfer $2,5 millions buat gue. berhubung ga punya rek dollar, si dokter tukang tepu ini sok baik mau bantu bukain rek dollar buat gue, udah gitu gue diminta isi biodata yg dia karang-karang sendiri & minta gue kirim duit $2500 ke dokter tukang tepu via Western Union. Agh, aje gile!!! sok ngaku2 dokter, punya duit $2.5million tapi $2500 aja minta dari gue
    gue kibulin aja tuch tukang tepu, bilang gue udah transfer&buktinya gue buang deh
    Tungguin deh tuch duit sampe BEGO
    ahhahaha

  33. Akhadi Kurnia berkata:

    hua …untung nemu blog ini…. aq separo tetipu ga ya….

  34. jojo berkata:

    trima kasih sekali info ini sangat bermanfaat karena baru2 ini saya juga ditawarin kerjasama ama orang asing, emang dari awal saya udah ragu nih, padahal dari awal saya jawabnya ogah-ogahan tapi sampe hari ini dia masih email ke saya, katanya sih pengen invest di sini trus ntar duit yang akan dikirimnya berupa barang berharga. jadi saya makin gak percaya jadinya. tapi kalo dia mau tipu saya apa untungnya coba saya udah bilang saya gak punya duit 🙂

  35. Rudi berkata:

    saya sedang berkenalan dengan seorang wanita dari london, sejak beberapa minggu kenalan dia tertarik untuk datang kepada saya dan ingin berumah tangga dengan saya.. dia mengatakan bahwa dia anak orang kaya berdarah campuran inggris malaysia, dia telah melihat profil saya di Facebook dan mengatakan bahwa saya org yang sangat baik dan penuh kekeluargaan (merayu),, dia juga meminta tolong untuk mencarikan rumah di indonesia dan dia berencana membeli rumah tersebut. saya juga telah menceritakan bahwa saya ini adalah orang yang punya apa-apa dan malahan saya juga menceritakan bahwa saya orang yang sedang mengalami kebangkrutan dan memiliki hutang di salah satu bank lokal indonesia.. dia menjawab, dia tidak membutuhkan uang dari pria manapun karena orang tuanya kaya raya..dan dia juga akan membantu saya dengan mengirimkan uang untuk melunasi hutang-hutang bank saya. karena dia merasa masalah saya adalah masalah dia.. dan dia ingin satu saat nanti tinggal dan menikah dengan saya.. untuk membuktikannya itu, beberapa hari lagi dia akan mengirimkan paket surprise kepada saya.. dia meminta alamat, nomor HP dan email saya. dan alamat saya dan nomor hp saya itu sudah saya kirimkan ke dia.. dalam beberapa hari kedepan dia akan mengirimkan paket pemberian dia yang dia anggap surprise dari dia.. oah iya dia beberapa hari ini menelepon saya terkadang pakai nomer +44 xxxxx nyang mana nomer tersebut benar dari inggris dan terkadang nomer telpon dia juga pakai +62xx yang mana +62 itu kan kode negara indonesia,, bagaimana bisa dia dia dari inggris memakai nomor kode negara indonesia.. pertanyaan saya bisakan telpon dari luar negeri yang kita terima itu kode nomernya dari dalam negeri indonesia yaitu +62xxx??

    dengan apa yang sedang saya alami ini saya ingin dengar pendapat agan-agan disini supaya menjelaskan,, sebenarnya apa yang sedang saya alami ini. Apakah saya akan menjadi target korban atau beneran dia ingin serius hidup bersama saya,, secara dia telah mengirimkan photo-photo dirinya lewat email dan dia begitu cantik dan kelihatan smart.. Mohon pencerahannya..

    • herawan berkata:

      sy punya pengalaman yg sama dengan redaksi yg berbeda, dia tinggal dilondon suaminya meninggal dunia, sang suami meninggalkan bnyk duit, dia minta tolong kesaya untuk menerima duit dia. yg katanya akan dikirm dari london.., dia lupa keluarganya yang ada diindonesia karna dari kecil udah diluar negeri..

      sy jadi berpikir ng kenal koq berani ngirim duit kesaya.. kemungkinan penipuan ini adalah penipuan…

      • wah sama itu… ini kata2nya Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

        Saya minta maaf memilih media sosial ini untuk menghubungi anda. Ini karena menurut saya lebih cepat dan lebih nyaman untuk berkomunikasi dengan anda.Baiklah,saya tahu anda pasti terkejut mendapat pesan dari saya,karena kita tidak saling mengenal satu dan lainnya,tapi saya berusaha memberanikan diri untuk menghubungi anda.

        Saya melihat profile anda dan hati saya merasa yakin anda bisa dipercaya untuk bekerja sama membantuku dalam transaksi ini.Karena atas nama Tuhan saya memang sedang mencari orang yang bisa saya percaya untuk membantu menerima dana saya begitu tiba di Indonesia.

        Namaku JULI RAMADHANI,aku berasal dari Indonesia tapi sampai dengan saat kita berkomunikasi ini aku tinggal di Inggris.Aku menikah dengan seorang pria warga negara Amerika dan tinggal di Inggris.Kami di karuniai seorang anak perempuan.Dan sekarang suamiku sudah meninggal karena kecelakaan udara di Brazil pada 7 Pebruari 2009.

        Ayahku seorang warga negara Indonesia,tapi beliau hidup di Singapura dan bekerja sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil.Beliau menikah dengan seorang wanita warga negara Amerika dan mempunyai seorang anak perempuan yaitu aku. Aku anak tunggal dari pernikahan kedua orang tuaku,sebelum mereka bercerai dan kemudian ibuku berencana pulang kembali ke Amerika,dengan membawaku serta bersamanya.Tapi ayahku tidak mengijinkan ibuku untuk membawaku ke Amerika,jadi setelah ibuku pulang kembali ke Amerika,aku hanya tinggal bersama ayahku.Beberapa tahun kemudian,ayahku pensiun dan kami kembali pulang ke Indonesia,aku tinggal di Indonesia sampai aku dewasa.

        Beberapa tahun setelah tinggal di Indonesia,ayah meninggal dunia karena bertengkar tentang suatu masalah harta dengan adik lelakinya.Setelah kematian ayah,hidupku menjadi tidak nyaman karena pamanku menolak untuk mengurus hidupku.Jadi,aku memutuskan untuk kembali ke Singapura serta mencari pekerjaan.Kemudian aku bertemu dengan suamiku yang warga negara Amerika,yang pada saat itu perusahaannya di Inggris mengirimkannya untuk bertugas ke Singapura.Setelah dia menyelesaikan tugasnya di Singapura,dia membawaku pulang ke Inggris,dan di sana kami hidup bahagia sampai dengan kecelakaan pesawat udara itu membawaku jauh dari suamiku.

        Setelah kematian almarhum suamiku,para kerabat suamiku seperti menjadi tulang di leherku,karena mereka ingin mewarisi dan menguasai seluruh harta peninggalan suamiku termasuk uang hasilku bekerja selama bertahun tahun.Dan juga termasuk uang kompensasi dari perusahaan almarhum suamiku atas insident kecelakaan tersebut.Karena tekanan itulah,aku memutuskan untuk memindahkan uang peninggalan tersebut,sejumlah($ 3.200,000)dalam konversi tiga juta dua ratus dollar $ ke negaraku Indonesia.

        Jadi karena alasan seperti yang telah saya ceritakan itulah,secara pribadi saya memohon bantuan anda untuk membantu saya menerima dana tersebut dan menyimpannya di Indonesia,setelah saya memindahkannya dari Inggris. Saya menawarkan 20% dari total dana yang terkirim untuk segera anda ambil dan menyimpan yang 80%nya untuk saya dan putri saya,sampai dengan saya mengambilnya nanti. Saya menunggu jawaban anda secepatnya,atas permintaan saya ini. Dan apabila anda bisa dan mau membantu saya, mohon segera kirimkan data pribadi anda,antara lain:

        1.Nama Lengkap.
        2.Umur.
        3.Jenis Kelamin.
        4.Nomor Telepon.
        5.Alamat Lengkap.
        6.Pekerjaan.
        7.Fotocopy tanda pengenal/KTP.

        Karena hal ini akan saya sampaikan kepada Pengacara saya untuk digunakan menyiapkan Dokumen Perjanjian yang dibutuhkan apabila kita bisa bekerjasama. Terimakasih.Tuhan Memberkati anda. Wassalam. JULI.

  36. jhon berkata:

    ni gan salah satu wajah pelakunya, ngaku tentara amerika di afganistan, mau kirim uang dan emas dari bank dia di afrika (ecobank).

  37. jhon berkata:

    ini gan link identitas penipu yang saya buat tentang penipu itu,semoga bermanfaat

    http://sandinaora.blogspot.com/

  38. INEU berkata:

    Yap!!! teman saya juga kena penipuan persisi seperti ini, karena dia cewek msh gadis modusnya mengirim paket sebagai lamaram dari pria Perancis, berisi laptop, hp mahal dll bernialai 850.000 USD dan uang senilai 800.000 USD tp tertahan bea cukai karena ada uangnya dan akhirnya minta dikirim uang Rp. 7.500.000,- untuk nego bea cukai, setelah dikirim dengan beribu alasan minta lagi Rp. 20 jt, anehnya temen saya pada situasi itu susah untuk diingatkan dan disadarkan keukeuh tumekeuh transfer…..sadarnya setelah nyata2 barang yang ditumggu ga datang datang baru … Inna Lillahi wa inna lillahi rojiun….. WASSALAM INEU

  39. Rakhel berkata:

    Saya pernah hampir tertipu seperti ini bahkan orang yang bersangkutan melibatkan mamanya yand terdengar suaranya sudah sangat tua. Dia membuat semuanya terkesan buru-buru dan harus segera mendapatkan uangnya, mungkin dia tidak mau kalau saya punya waktu untuk menyadari keadaannya. Singkat cerita saya hendak mengirim uang tetapi Tuhan masih melindungi, saya alami kesulitan terus menerus dimana Western Union rusak internetnya, kemudian bank tidak bisa mengirim segera sampai akhirnyta saya bilang saya sudah kirim yang sebetulnya belum. Hari berkutinya, saya mencoba menghubungi dia dan ingin bertanya bagaimana dengan uangnya sesudah itu dia sama sekali tidak bisa ditelpon dan di email. Saya selamat dan saya belajar kalau memang kita berniat untyuk berteman dan mungkin menjalin hubungan, lebih baik tidak perlu melibatkan pembicaraan soal uang. Jadi semuanya akan jadi jelas, sekali kita bicara soal uang maka penipuan adalah ujungnya. Selamat berhati-hati kawan.

  40. Purwadipurwa berkata:

    Berawal dari pertemanan di fb…dia gadis dari Iraq dan tinngal di London. Singkat cerita dia mengaku anak yatim piatu dan dia minta tolong kepada saya…dia mau transfer ke saya dan saya harus mengisi biodata dan no tlp.
    Dan kemudian saya menerima email dari bank HSBC London dan saya melengkapi biodata saya , kemudian saya menerima email lagi yg isinya PIN dari Bank HSBC London(20 digit) dan saya coba masukkan PIN tersebut ,disitu ada nomer rekening atas nama saya dan nilai tabungan dlam bentuk dolar ($1.450.000 )
    HSBC Remittance……dan sampai saat ini saya msh sering menerima inbox dari teman fb saya…..dan saya belum menanggapi ini semua….;Dia ingin berinvestasi di Indonesia ,setelah uang ada direkening saya dia akan datang ke Indonesia…..
    Apakah ini modus juga sob…?

  41. Bea Cukai beraksi (y)

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete