Bugar Dengan Bersih2 Rumah

Euforia piala dunia mengelora diseluruh dunia. Gak tahu kenapa koq sampai seluruh penduduk bumi ini menjadikan sepak bola sebagai olah raga yang paling banyak digandrungi❓ namun yang pasti karena sepak bola merupakan olah raga yang merakyat dan bisa melibatkan orang banyak dalam permainan nya. Hal ini tidak serta merta (untuk saat ini) membuat diriku ini bisa ikut mengandrungi olah raga yang mempermainkan 11 orang dalam satu teamnya. Mungkin beberapa tahun yang lalu aku sempat juga mengandrunginya sampai waktu tengah malam saat waktunya badan ini istirahat, aku dengan rela dan tanpa paksaan pun datang di tempat2 nobar (nonton bareng) yang diselenggarakan beberapa café dan perusahaan hanya melihat si kulit bundar dikejar kesana kemari oleh 22 orang.😆

Sekarang saat lagi rame2 nya orang ngomongin sepak bola, gairahku untuk mengerakan badan dan kaki agar berkeringat jauh dari ideal😦 . Jangankan untuk mengerakan badan dan mengikuti irama musik yang rancak (aerobic) untuk mencari keringat lewat push up atau sit up aja sudah males dengan alasan yang klise dan dibuat-buat. Males dan cepat sekali capek.

Namun beberapa hari yang lalu aku googling di internet mencari olah raga penganti yang bisa digunakan saat kita melakukan aktivitas sehari-hari. Karena banyak aktifitas pekerjan rumah yang bisa dijadikan salah satu bentuk olah raga. Mungkin yang pas bukan olah raga sih tapi kebugaran. Yang pertama :

  • Menyapu.
Ajari Menyapu Sedari Kecil

Ajari Menyapu Sedari Kecil

Ini merupakan pekerjaan wajib yang harus dilakukan oleh orang yang tinggal di rumah. kalau tinggal di kebon atau hutan tentu tidak perlu menyapu 😆 . Usahakan saat menyapu lakukan dengan bergantian antara tangan kanan dan kiri. Hitung aja 5 kali tangan kanan terus ganti 5 kali tangan kiri hal ini bertujuan agar beban yang diterima sama. Gak asyik kan kalau tangan dan lengan anda sebesar popeye tapi hanya di kanan nya aja atau di kiri aja.:mrgreen:

  • Mengepel lantai.
Mengepel Rumah

Mengepel Rumah

Setelah menyapu tentunya dilanjutkan dengan mengepel lantai. ”Loh yang saya sapu barusan itu halaman luar rumah ku koq, gimana mau mengepelnya ??” pasti ada yang nyeletuk begini😀 , tapi yang saya maksud di atas itu memang menyapu. Gak peduli lokasinya dimana pokoknya lakukan secara bergantian antara kanan-kirinya. Nah yang mengepel itu untuk yang di dalam rumah dan sudah ada lantainya. Lantai keramik atau apapun asal bisa di pel, ya lakukan aja. Biar kita tambah bugar terutama untuk otot bagian perut. Mengepel dengan tangkai (pegangan) atau tidak karena dengan aktivitas mengepel itu otot bagian perut akan mengambil bagian yang lebih dengan cara menahan (mengejan).

  • Membersihkan kamar mandi.
Sikat Kamar Mandi

Menyikat Kamar Mandi

Kamar mandi yang licin dan kotor tentu sangat tidak nyaman saat kita berada di dalamnya. Membersihkan nya merupakan suatu keharusan agar kita bisa enak dan nyaman saat memakainya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan dan ini memerlukan banyak tenaga ekstra. Menyikat dinding dan lantainya, atas dan bawah, kiri dan kanan, muka dan bekakang, duduk dan berdiri serta sesekali kita bisa menjinjit untuk mengapai bagian yang tinggi. Hal ini bisa melatih otot bagian kaki, pingang serta punggung.

  • Membersihkan kaca.
Membersihkan Kaca

Membersihkan Kaca

Rumah modern jaman sekarang banyak yang mempergunakan kaca sebagai aksesoris eksteriornya. Kaca di bagian luar rumah tentu sangat sering kotor, hal ini juga bisa menjadi cara bagi kita agar bisa memperbugar diri. Caranya ya sering-sering membersihkannya. Gerakan yang bisa dilakukan pada kegiatan ini yaitu memutar lengan ke kiri dan ke kanan (untuk membersihkan / mengelap kacanya) atau gerakan ke atas dan ke bawah. Gerakan ini bisa dilakukan dengan hitungan 5 kali pada tengan kanan dan kiri, baik dengan mempergunakan alat ataupun hanya bermodal kain lap.

  • Membersihkan perabotan bagian atas.

Kegiatan ini juga sangat berguna bagi otot lengan serta otot kaki (betis). Kenapa berguna bagi otot-otot tersaebut ??? karena membersihkan pada tempat yang tinggi mengharuskankita untuk menjinjit. Semakin tinggi tempat yang akan kita gapai tentunya jinjitan nya semakin intensif. Selain kaki menjinjit, tangan juga terulur ke atas maka otot lenganpun akan bekerja. Kalaupun tempatnya tinggi dan tidak tergapai pleh tangan anda meski menjinjit anda bisa mempoergunakan alat bantu. Kalau tidak ada tangga lipat anda bisa mempergunakan kursi atau bangku. Gerakan naik turun tangga atau kursi/bangku inilah yang membuat kita bugar. Gerakan nya bisa disesuaikan atau mengikuti pola gerakan membersihkan kaca.

Apabila semua kegitan ini rutin kita lakukan, aku yakin kita akan bugar tanpa perlu berolah raga berat dan yang penting bisa menghemat uang kita apabila kegiatan kebugaran ini dilakukan di fitnes center.😆 Sekarang bagaimana dengan anda dalam melakukan acara bersih-bersih rumah ini ???

NB: dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi.

Gambar aku pinjam dari sini, sini, sini dan sini.

15 Balasan ke Bugar Dengan Bersih2 Rumah

  1. Eyangresi313 mengatakan:

    Postingan ini sangat baik dan memberikan aspirasi untuk dapat dijadikan lomba menyapu antar dunia. Dan hal ini termasuk kata gori olahraga yang dapat menyehatkan dan membakar kalori dalam tubuh.

    Cerahkan hati dengan pancaran sinar Illahi
    Tebarkan kedamaian dengan cinta kasih dan kelembutan.
    Tetaplah berkarya mengisi kreatifistas dengan pancaran cahaya Illahi
    Karyamu tetap dinanti…….

    makasih kunjungan nya eyang, mungkin nanti akan ada lomba menyapu jalana sedunia biar membantu pasukan kuning yang sering nyapu jalanan

  2. imadewira mengatakan:

    sambil menyelam minum air ya? hehe

  3. Gede Lumbung mengatakan:

    Kalau saya jarang bisa bersih-bersih rumah…
    Karena tugas kuliah yang numpuk…
    Hehehe….
    Idenya keren mas, bersih dapat, sehat pun dapat…
    Salam kenal mas….

  4. chugy mengatakan:

    Baru tahu ya … ngepel ma nyapu bisa bikin sehat…!!!
    jadi kyanya ga perlu ke tempat fitnes lagi.heheheheheee.
    nice post.

  5. TUKANG CoLoNG mengatakan:

    abis itu kerumah saya ya bersih2nya..:)

    aku gak biasa bersih2 kerumah orang😆

  6. tukang tolong mengatakan:

    mohon dukungannya komentarnya..saya tunggu kunjungan baliknya..:)

  7. tukang tolong mengatakan:

    ditunggu kunjungannya baliknya..:)

    sudah BW ke TKP😆

  8. tukang tolong mengatakan:

    komen saya udah nongol belum ya?

  9. Rani mengatakan:

    ada satu lagi..
    untuk mengencangkan otot perut diusahakan kalau duduk jangan terlalu berleha leha,,kencangkan dan kempeskan otot perut supaya ga buncit..huehehe

    he…he…he…. buncit itu kan aku banget😀

  10. isil mengatakan:

    oh..baiklah…
    makasih info nya mas dira..

    akan sil coba praktekkan..
    hehe biar badan bugar

  11. TuSuda mengatakan:

    Paling segar sekali, saat membersihkan halaman rumah sambil berkebun ya Mas. Bisa menata tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan keluarga…

  12. alisnaik mengatakan:

    kok gak ada cuci baju, itu bisa menyehatkan otot2 tangan lho😆

  13. miyosi chan mengatakan:

    wahhh bener2

  14. […] bisa kita lakukan, mulai menjaga asupan makanan yang akan kita santap, menjaga kebugaran diri ini dengan rutinitas berolah raga serta. Dan tidak ada salahnya juga kalau saat mau membuat postingan blog, usahakan rokok tidak […]

  15. Keluarga Bugar mengatakan:

    Salam Keluarga Bugar, apa cara ampuh untuk berhenti merokok.

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: