secara finasial kita tidak ada untungnya namun secara nyawaniah kita bisa terselamatkan
Menulis tetang safety riding seperti tidak akan ada habisnya meskipun (seandainya) blog ini aku ganti tema dengan keselamatan berkendara π . Karena memang budaya safety riding di negara kita masih sangat sangat kurang. Menurut pejabat kepolisian Indonesia trend kecelakaan lalu-lintas pada tahun 2010 meningkat sebanyak 6,72% (61,606 kasus) dibanding tahun 2009 yang sebanyak 57,126 kasus. Meski jumlah korban jiwa menurun namun yang namanya kecelakaan ya tetap kecelakaan dan korban phiskis pasti ada. dan itu tidak bisa hilang dalam hitungan hari.
Kenapa sampai terjadi banyak kasus kecelakaan lalu-lintas di Indonesia β tidak lain adalah karena kesadaraan berkendaraan bagi sebagian masyarakat kita yang sangat kecil malah bisa dikatakan cenderung kurang. Kanapa bisa begitu β ini yang menjadi PR bagi aparat-aparat yang berwenang. π Dari kasus-kasus itu ternyata yang menjadi penyebab utama sejumlah kecelakaan lalu-lintas itu adalah faktor pengemudi (manusia).
Ada 4 faktor penyebab kecelakaan lalu-lintas itu, 3 diantaranya diluar kehendak manusia. Penyebab itu adalah : 1. Pengemudi (manusia), 2. Kendaraan, 3. Jalan dan terakhir 4. Cuaca. Jadi jangan berharap bisa merubah 3 penyebab diluar manusia, mending kita ngerubah kebiasaan kita dalam berkendara. Dan itu dikenal dengan sebutan safety riding. Apa itu safety riding β . Safety riding adalah perilaku pengendaraan sepeda motor yang ideal dan aman bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Jadi dengan menerapkan safety riding setidaknya kita bisa berbuat amal dengan tidak mencelakai orang lain.
Safety riding sendiri mencakup beberapa persiapan dan kesiapan yang harus dilakukan sebelum dan selama mengendaraai kendaraan. Persiapan itu meliputi pemanasan tubuh sebelum berkendara, kesiapan kendaraan, serta posisi berkendara yang ideal. Meskipun tidak harus melakukan senam kesegaran jasmani sebelum berkendaraan, pemanasan diri perlu dilakukan. Minimal melakukan beberapa perenganangan otot, apalagi berkendara itu dilakukan pada pagi hari. Biar kita enjoy dalam melakukan manuver menaklukan medan jalanan.
Kesiapan kendaraan ini penting dilakukan sebelum melakukan perjalanan. Mengecek fungsi lampu depan dan belakang (rem), lampu sign (reting) kanan-kiri, klakson (horn/bel), kaca spion kanan-kiri serta rem depan dan belakang wajib dilakukan. Dan yang lebih penting lagi jangan lupa mengecek isi tangki motor. Karena gak asyik kan kalau pas di tengah jalan kita kehabisan bensin dan terpaksa diisi bensin campur. Maksudnya bensin campur dorong π .
Dan ada lagi persiapan safety riding yang termasuk safety gear. Safety gear sendiri berguna melindungi pengendara dari cedera seandainya terjadi kecelakaan lalu-lintas. Yang meliputi safety gear itu adalah sarung tangan, jaket, sapatu serta helm. Nah masalah safety gear ini kadang diabaikan oleh bikers, mereka memakai yang abal-abal. Kalaupun memakai yang sesuai standard kadang tidak dipakai dengan benar seperti memakai helm yang tidak di klik, tidak memakai jaket dan sepatu padahal melakukan perjalanan jauh.
Jadi sekarang apa untungnya bila kita melaksanakan safety riding β yang jelas secara finasial kita tidak ada untungnya namun secara nyawaniah kita bisa terselamatkan bilamana kita terlibat dengan insiden kecelakaan lalu-lintas di jalan. Jangan kita sayang dengan uang untuk membeli helm yang sesuai dengan standard SNI namun saat mengalami kecelakaan lalu-lintas helm itu remuk tak beraturan.
Terus, kepalanya kemana. β π π
P.S : gambar saya ambil dari sini & tulisan nya full linkΒ
Kesadaran dari dalam diri akan suatu keselamatan sangat diperlukan sekali ya mas? tanpa dipaksakan hee
waaah udah dikomen langsung oleh pak pulisi π
kesadaran dari diri sendiri itu perlu ya mas, karena kalau merasa cuma sebagai kewajiban pastilah akan sering di langgar
sukses yaaa…moga2 menang π
Penting banget pak. Cuma saya ada kendala dalam bersafety riding nih.. kalau pake helm, rambut saya jadi berketombe.. ada solusi pak? hehehe..
(Maaf) izin mengamankan KETIGAX dulu. Boleh, kan?!
Yup, safety riding perlu kesadaran dari masing-masing tiap kita. Demi keselamatn diri sendiri dan orang lain, tentunya.
safety riding bukan hanya utk kita saja, namun bila kita disiplin, juga utk keselamatan bersama.
orang lain tdk celaka krn ulah kita yg ugal2an atau sembarangan di jalan raya.
Semoga beruntung di kontes ini , Mas Sugeng π
salam
Dukung Program Safety Riding…
aku dukung pak Mars mendukung safety riding-nya pak sugeng π
nyawaniah, dengan safety riding akan lebih aman
jika memang masih celaka itu namanya nasib apes
salam dari pamekasan madura
udah sering baca ginian, tapi kadang masih bandel aja kalo mo pergi2 yang gk terlalu jauh dan tak terjangkau polisi, masih males make helm.. hehe π
Ya pak, ternyata masih banyak yang tak peduli dengan keselamatannya sendiri. Padahal p. Pol dah masang spanduk guede di tengah jalan ‘ingat anak istri menunggu di rumah’.. Haha..
Kunjungi blog anyarku pak… Kucritlife.co.cc.
Haya…, ini lagi dia lomba Internet tidak sehat, awas lho Pak Sugeng, biasanya saya melaporkan blog seperti ini ke wordpress.com karena menyalahi TOS dengan menebar spam linking dan splogging :lol:.
He he…, tapi kan perlu pakai splogging segala Pak π – tulisannya bagus kok, tapi taut-nya itu lho – coba apa hubungannya marketplus dengan safety ridding, itu kan pengecohan pembaca – IMHO ;).
ai elof Safety Riding..
setuju sekali! tapi yang lucu nyawaniah itu lo ha ha ha ha
Ikut dukung gerakan ini pak.
“nyawaniah” π
safety riding penting banget, beneran! tapi sayangnya selama ini para pengendara (motor) bukan untuk safety riding-nya, melainkan lebih kepada “supaya ga ditilang” π¦
Helmnya keren Om..
hehehheheh
Pastinya penting banget OM….
Hani ikut mendukung Om!
good posting pak…ngomong2,jaketnya keren bgt… π
Semoga menang dah kontesnya..
Yang penting peralatan safety jangan dipake’ sblm tidur
Selamat siang dan selamat beraktifitas kembali.
kalau saya didalam berkendaraan selalu lengkap semuanya pak .. karena keselamatan adalah yang utama …
bener2, full link…hihihi….
numpang nampang…ajah gitu..
mendukung gerakan safety riding,,
yang banyak banget sambil main Hp itu lho Pak,, bukan nelp,, tapi kayaknya FB-an apa sms-an,,, hiks..
Duh.. rasane puegel banget aku pak.. blog ku yang tak gadang-gadang kemarin sekarang malah mati..
sekarang pindah kesini pak.. “suoroku.tk”
sory pak, sambil numpang promosi nih.. haha..
matur nuwun sebelumnya..
Weleh, pak Sg ikutan juga ya.. π
bagus ini pak, himbauan untuk bersafety riding yang lengkap.. π
moga sukses di kontes ini.. π
Wah artikel anda sangat berarti bagi saya.trima kasih sudah membahas hal ini.maaf br ngunjung mas soalnya lg sibuk kerja.salam persahaban dari kami di sulawesi
hahahahaa…kok saya malah ngakak lihat du kartun di samping kanan-kiri blog’e Pak Sugeng yo
safety ridding terkadang menjadi sebuah kampanye penyelamat jiwa untuk para pengendara khusus nya biker’s..namun kesadaran masyarakat terkadang masih sangat minim untuk sadar bahwa nyawa mereka terancam dengan tak mengindahkan arti dari safety itu sendiri ya Pak…ya banyak sih contohnya seperti melawan arus di jalur yang semestinya untuk 1 jalur..itu sering saya jumpai di kota seperti JAKARTA…memprihatinkan..
salam hangat
Kadang pakai pakaian yang safe justru menyulitkan saya. Apalagi dalam situasi cuaca panas. Bah! Bisa sauna di jalan. π
Tapi kita ndak cuma bisa mencegah sebaik mungkin dari sisi manusianya saja. Dari sisi kendaraan kita juga harus berusaha untuk meminimalisir kemungkinan celaka di jalan. Misalnya dengan melakukan pemeriksaan rutin terhadap kendaraan pribadi kita.
mantappp..
tapi jangan lupa juga tentang sms saat berkendara, atau menelpon.
keduanya sering dilakuin pengendara, sepengalaman saya begitu. π
semoga menang kontes ya mas.. π
mamapir dari blog tetangga, wakh keliatannya lagi kontest nih, selamat yah semoga menjadi sukses
mendukung pak. selain perilaku selama mengendara juga kelengkapan pakaian dan kendaraan
keamanan berkendara untuk kita, bukan untuk siapa2..
Utamakan Selamat !