Tugas Si Blogger

Bukan sekedar untuk gaya-gayaan namun seorang blogger harus bisa menjadi seorang agen perubah paradigma bagi orang2 sekelilingnya

Blogger return contestMeskipun sekarang jejaring sosial telah melanda banyak kalangan, namun bagi diriku gemerlapnya tidak bisa melampaui keganyengan dan keakraban aktivitas ngeblog. Bukan karena apa, karena dengan aktifitas ngeblog ini keakraban pertemanan bisa lintas profesi, golongan, umur dan gender. Asal sering nulis dan kerap beranjang sana lewat komentar (yang tidak dibatasi banyaknya karakter) dengan istilah blog walking, tali silahturahmi ini akan tetap terpelihara.😉

Dan untuk tetap menjaga semangat silahturahmi ini, diriku akan merasa terusik manakala kesibukan dunia offline membatasi diri ini untuk berbagi. Ya berbagi tantang apa saja yang bisa terekam oleh diri ini. Namun menenggok kembali kenangan kenapa sampai aku bisa kesengsem di ranah blog ini ada cerita tersendiri. Dan membaptis diri ini menjadi seorang blogger merupakan suatu keputusan yang tidak sekonyong-konyong jadi.

Bermula dari kegiatan yang mengharuskan diriku untuk mengirirm laporan kerja diluar jam kerja. Kalau di kerjakan ditempat kerja rasanya sangat membutuhkan waktu dan tenaga. Terlintas di pikiran mencari solusi agar bisa dikerjakan sendiri dirumah. Jadilah diri ini berlangganan layanan internet di rumah. Dan diantara kegiatan mengeirim laporan kerja, diri ini menyempatkan untuk mencari satu topik artikel yang berhubungan dengan dunia kerjaku. Dan semuanya berujung pada suatu blog.

Saat itu belum ngeh apa itu blog. Dan sering aku mencari topik membuat sebuah blog linknya tertuju pada kolom tutorial di blogspot. Jadinya blog pertama yang aku buat adalah di blogspot, namun sayang sudah tidak pernah di update lagi. Dari sanalah diri ini mulai mengenal apa itu sebuah blog. Ternyata blog tidak saja menjadi saksi kegelisahan diri, namun lebih dari itu. Yang biasanya kegelisahan dan ungkapan hati ini cuma tertulis di buku harian ( buku harian diriku adalah file word yang aku beri pasword dan tidak bisa dibuka oleh istri dan anakku😛 ) namun sekarang isi kapala yang tidak terucap ini bisa diri ini sebarkan kepada semua orang.

Masalahnya, orang bisa menerima ataupun tidak dengan ungkapan kata yang tidak terucap ini bagiku itu urusan lain. Karena isi kepala masing-masing orang bisa berbeda meskipun dipertemukan dengan permasalahan pada waktu yang sama. Dan ini menjadi patokan bagi diriku dalam menuliskan suatu permasalahan, kali saja dengan pandangan yang (sedikit) berbeda dari seorang sugeng, kita bisa melihat keragaman pandangan.

Bagiku sendiri semenjak membaptiskan diri menjadi seorang blogger, banyak hal dan kewajiban yang harus di kedepankan. Bukan sekedar untuk gaya-gayaan namun seorang blogger harus bisa menjadi seorang agen perubah paradigma bagi orang2 sekelilingnya. Kebanyakan orang yang saya kenal secara offline adalah orang yang berpandangan salah tentang dunia internet. Meskipun diri ini bukan seorang pakar yang mengerti semua hal tentang dunia internet, namun merasa miris apabila melihat orang2 terdekat mengenal internet hanya pada hal-hal yang miring, ngeres dan narsis saja.

Banyak yang bisa digali dan di sharingkan lewat internet. Dan semua itu akan bisa sampai kepada mereka lewat tulisan di blog. Caranya bisa secara langsung MLM (mulut lewat mulut) di dunia offline ataupun menarsiskan diri lewat tulisan tersambung di akun facebook atau twitter. Dengan begini tugas atau kewajiban seorang blogger sedikit berkurang, yaitu menyadarkan mereka dan kembali ke jalan yang benar😆

Bagaimana menurut anda, tugas seorang blogger itu❓

*************

Postingan ini diikutkan dalam Blogger Return Contest, yang digagas oleh  Mbak Anazkia, dan yang disponsori oleh Denaihati.

30 Balasan ke Tugas Si Blogger

  1. Lidya mengatakan:

    sukses ya pak dengan kontesnya


    Makasih Jeng😉

  2. berarti kalo blm jd seorang blogger, belum kembali ke jalan yang benar ya pak?😆

    selama nge-blog pernah mengalami hiatus nggak pak?

    Sukses dengan kontesnya ya pak…

    Salam persohiblogan.😀


    Bukan begitu mbak, tapi seorang blogger harus bisa menjadi perubah paradigma yang keliru😎

  3. Hendro Prayitno mengatakan:

    Kalu ane suka membaca dan blogwalking..sekiranya ane mau komen yah..ane komen, tpi kalu ngga yah..ngga komen..

    Menurut ane blogging adalah ide, bransing, gagasan..dan yang utama adalah pengembangan.
    untuk monitize ane belum bisa, tpi blogging juga menurut ane bisa membawa info tentang produk. So, arti untuk blogging sebenernya berbeda-beda untuk setiap nara blog..

    Tergantung loe pada yang mau jalanin dan menilai..
    manfaatkah? menghasilkankah? atau menghiburkah?


    Saya setuju mas, tergantung diri kita. Dan kalau mengajak kearah yang lebih baik kenapa enggak❓

  4. fitrimelinda mengatakan:

    tugas seorang blogger itu, yah berbagi ilmu..walo dikit ga apa2 yg penting berbagi..😀

    semoga sukses yah kontesnya mas..


    Berbagi tidak pernah merugi😆

  5. IndahJuli mengatakan:

    Semoga berhasil ya🙂
    Blogger sekarang sudah seperti wartawan, malah lebih cepat dalam memberikan info.
    Semangat menulis.


    menjadi citizen jurnalisme😆

  6. yoriyuliandra mengatakan:

    Kalo saya lebih menganggap blog sebagai media belajar dan berbagi bagi si blogger itu sendiri. Saya merasa bahwa ilmu masing-masing blogger itu berbeda dengan yang lain dan pastinya bermanfaat bagi sesama blogger dengan latar belakang yang berbeda
    *successWithTheContest*


    Yups….. betul mas. Karena sepele bagi kita, bisa sangat besar manfaatnya bagi sahabat blogger lain😎

  7. Cahya mengatakan:

    Lha, hobi kok tugas, kalau bagi saya, pemiukiran seperti itu saja sudah melenceng jauh😀.


    Mungkin yang pas itu hobiu wajib😆

  8. Adi Nugroho mengatakan:

    sukses dengan kontesnya ya🙂

    Saya setuju, dengan ngeblog mempersatukan orang lintas gender, profesi dll, bahkan usia..

    Salam.
    Budaya Ngeblog


    :mrgreen: Salam ngeblog

  9. Ikkyu_san mengatakan:

    Tidak usah sampai merubah paradigma, karena tentunya sulit (syukur kalau bisa). Paling sedikit berbagi informasi dan pengalaman saja dulu.
    Sukses ya pak

    EM


    ha..ha..ha… aku sih mengharap perubahan dengan sekali tepuk😆

  10. zhanaz45 mengatakan:

    Saya ini seorank blogger tapi ga’ tau persis tugaznya sang blogger..😥


    Tugasnya ngerjakan PR di rumah😛

  11. Mabruri Sirampog mengatakan:

    kalau saya sih yg penting nilai silaturahminya pak dari blogging ini..😀

    selamat & sukses pak buat kontesnya..

  12. Junius mengatakan:

    Masih baru nih pak..
    Mungkin sementara masih mencari ide mau kemana blog saya..
    Salam

  13. Asop mengatakan:

    Tapi sebaiknya blog jangan digunakan sebagai diary… Gunakan saja untuk menulis opini.😀

  14. Abi Sabila mengatakan:

    Banyak hal sama yang juga menjadi alasan mengapa saya menjadikan blog ( ngblog ) sebagai aktifitas favorit di dunia maya, semuanya tertulis di sini. Jika Pak Sugeng mengenal blog pertama di blogspot, justru blogspot adalah ‘istri’ kedua saya, dan wordpress adalah yang ketiga karena yang pertama adalah multiply. Sampai saat ini saya berusaha ‘menghidupi’ ketiganya meski saya akui sulit untuk berbuat adil. Blogspot menjadi markas utama saya, namun apa yang saya ‘nafkah’kan pada blogspot, diterima juga oleh multiply dan wordpress.
    Happy blogging, dan kalau ada yang mengatakan blogger sekedar gaya-gayaan, rasanya nggak juga.
    Salam hangat untuk keluarga di Tabanan.

  15. masyhury mengatakan:

    hups,,, berat juga jadi seorang blogger! pake peer lagi..!
    selamat berkontes pakk..😀

  16. lovetiffa mengatakan:

    sukses buat kontesnya ya

  17. niningsyafitri mengatakan:

    Waaahhh… Bagusnya tulisannya…
    Jadi minder akunya…
    Hehehe…

  18. mamah Aline mengatakan:

    saya juga ingin mengubah perspektif hidup minimal untuk diri sendiri lewat tulisan di blog saat menjadi blogger supaya bisa ke arah yang lebih baik🙂
    selamat sukes dijang kontesnya kang sugeng🙂

  19. Didik-Bali mengatakan:

    Salam Kenal… Bro …. dan Sukses.
    Kalau boleh tahu alamat Tabanan dimana?

  20. Agung Pushandaka mengatakan:

    Saya walaupun masih menulis di blog (walaupun intensitasnya mulai menurun), tapi masih tetap menikmati sisi miring, ngeres dan narsis dari internet. Hehehehe,,

  21. dmilano mengatakan:

    Saleum,
    ngeblog m,emang dahsyat kok, menyenangkan dan juga bikin seru – seruan dengan koneksi, hehehe… tapi apapun itu, buat saya pribadi, ngeblog adalah pekerjaan yang banyak manfaatnya sob,
    saleum dmilano

  22. saptriyawati mengatakan:

    sependek dan sesederhana apapun postingan di blog kita, memang harus kita berikan yang terbaik dan bermanfaat. Semngat blogging dan salam persahabatan. sukses truz mas😀

  23. Nurul Imam mengatakan:

    Oh Ini Kontes toh ?
    Hehehehe Salam Sukses aja deh buat kontesnya

  24. […] Ngeblog 68. Rusdi Himawan, Telepon Dari Jepang 69. Hengki Setiawan, Ceria Bersama Blog 70. Sugeng, Tugas si Blogger 71. Ning Safitri, Blog itu Dunia Kedua […]

  25. fan mengatakan:

    blog memang bukan sekedar gaya2an, tapi dg ngeblog bisa bergaya lho. hehhee…

  26. obinhut mengatakan:

    ngeblog ? saya ngeblog sebab ngenet gratis via hp, kalau tidak gratis, kemungkinan kecil niat saya buat ngeblog, saya ngeblog juga sebabnya memang pengen buat karya, yah walaupun lewat hp, tapi gak apa2lah, yang jelas saya pengen ngeblog dan berbagi..! itu saja !

  27. akhnayzz mengatakan:

    yang pasti tugas tentang blogger itu agak gampang>>
    itu menurut saya

  28. faceleakz mengatakan:

    seorang blogger itu narsis dan ingin poluler seperti selebriti, setidaknya di dunia maya.

    Setubuhhhhh !!! dan itu sudah banyak pembuktian nya

  29. […] sudah lama menjadi seorang blogger yang angin-anginan dan sudah ada 175 tulisan yang sudah aku coba buat, namun sampai detik ini saya […]

  30. […] Sekedar Ngeblog 68. Rusdi Himawan, Telepon Dari Jepang 69. Hengki Setiawan, Ceria Bersama Blog 70. Sugeng, Tugas si Blogger 71. Ning Safitri, Blog itu Dunia Kedua Saya72. Puteri Amarilis, Jangan Tanya Mengapa Aku Punya Blog […]

Silakan Komentar Bebas Tanpa Moderasi Namun Admin Berkuasa Untuk Mendelete

